Selamat datang di website resmi Desa Tenggulang Baru -- selengkapnya... Mari kita saling bersinergi untuk mewujudkan pembangunan desa tercinta ini melalui semangat gotong royong dan kerjasama antar elemen masyarakat desa. -- selengkapnya... Lebih bijak dalam menyikaapi pandemi Corona Virus COVID-19 dengan mengetahui mencari informasi yang benar melalui Media Informasi Resmi Terkini Covid-19 -- selengkapnya... Bersama-sama mari kita putuskan rantai penyebaran COVID-19 dengan melakukan hal-hal berikut : 1. Menjaga kebersihan area rumah dan fasilitas umum seperti Masjid, Musholla, Sekolah dan lain-lain. 2. Menyediakan sarana cuci tangan barupa air mengalir dan sabun atau hand sanitizer di depan rumah. 3. Menunda kegiatan yang mengumpulkan banyak orang seperti pengajian, pernikahan, tontonan atau hiburan massa dan hajatan atau kegiatan serupa lainnya. Bersama-sama mari kita putuskan rantai penyebaran COVID-19 dengan melakukan hal-hal berikut : 1. Menjaga kebersihan area rumah dan fasilitas umum seperti Masjid, Musholla, Sekolah dan lain-lain. 2. Menyediakan sarana cuci tangan barupa air mengalir dan sabun atau hand sanitizer di depan rumah. 3. Menunda kegiatan yang mengumpulkan banyak orang seperti pengajian, pernikahan, tontonan atau hiburan massa dan hajatan atau kegiatan serupa lainnya. 4. Menunda bepergian keluar desa ataupun perjalanan keluar daerah. 5. Mengurangi kontak langsung seperti berjabat tangan, jika dilakukan biasakan segera mencuci tangan dengan air mengalir atau hand sanitizer. 6. Cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir /hand sanitizer dilakukan sebelum melakukan aktifitas dan setelah selesai aktifitas. 7. Terapkan etika batuk (tutup hidung dan mulut dengan tisu atau lengan atas bagian dalam). 8. Gunakan masker jika batuk / flu. 9. Melaporkan kepada perangkat desa atau petugas medis desa jika ada anggota keluarga yang baru datang dari luar daerah, terutama terhadap orang yang baru datang dari daerah terjangkit Covid-19, untuk pengecekan oleh petugas medis desa terlebih dahulu.

Artikel

Cara Mengatasi Masalah PPPK di SSCASN.GO.ID

11 November 2022 21:53:29  AdminTB  25.779 Kali Dibaca  BERITA

Pendaftaran seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau PPPK 2022 masih berlangsung hingga hari ini.

Bagi yang terkendala dengan beragam masalah, calon pelamar bisa mencari solusinya dengan mengunjungi layanan helpdesk Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara atau SSCASN.

Seperti yang diketahui, pendaftaran PPPK Guru 2022 sudah dibuka sejak 31 Oktober 2022 dan berakhir pada 13 November 2022. Sementara untuk PPPK tenaga kesehatan 2022 berlangsung sejak 3 sampai dengan 18 November 2022.

Baca Juga :  Permasalahan SSCASN yang Sering di Hadapi Ketika Mendaftar Seleksi PPPK

Dalam proses pendaftaran, calon pelamar perlu memiliki akun SSCASN terlebih dahulu. Karena itu, perlu login dengan memasukkan NIK dan password sesuai yang terdaftar.

Akan tetapi, beberapa calon pelamar mungkin terkendala lupa password atau tidak ingat jawaban pengaman 1 atau 2.

Nah, tidak perlu khawatir karena semua permasalahan tersebut bisa terselesaikan melalui layanan helpdesk SSCASN BKN yang dapat diakses melalui link https://helpdesk-sscasn.bkn.go.id/.

Bukan itu saja, layanan helpdesk ini juga bisa digunakan bagi pendaftar yang terkendala dalam masalah lain terkait data PPPK atau data pribadi.

Baca Juga :  Cara Atasi Gagal Login di sscasn bkn go id 2022 PPPK

Adapun beberapa kendala yang mungkin terjadi itu seperti:

  1. Lupa nomor THK II
  2. Permohonan Perbaikan Data Eks THK II
  3. Terdaftar sebagai PNS aktif padahal bukan PNS
  4. Sudah bukan ASN tetapi masih terdaftar sebagai ASN
  5. NIK dan nomor KK tidak ditemukan
  6. NIK didaftarkan orang lain
  7. Data tidak sesuai
  8. Lokasi lahir tidak ditemukan
  9. Perguruan tinggi dan program studi tidak ditemukan. (*)
  10. Dan lai-lain

Berikut ini masalah atau kendala-kendala yang dapat diselesaikan oleh Help Desk saat mendaftar CPNS di Portal SSCASN:

Baca Juga :  Portal Pengecekan Status PPPK

 

PERTANYAAN SEPUTAR PENDAFTARAN

  1. Apakah SSCASN itu?

SSCASN atau Sistem Seleksi CPNS Nasional adalah situs resmi pendaftaran CPNS secara nasional sebagai pintu pendaftaran pertama seleksi CPNS ke seluruh Instansi baik Pusat maupun Daerah dan dikelola oleh Badan Kepegawaian Negara RI sebagai Panitia Seleksi CPNS Nasional. SSCASN dapat diakses dengan alamat https://sscasn.bkn.go.id.

 

  1. Bagaimana cara mendaftar seleksi CPNS?

Untuk mendaftar seleksi CPNS, silahkan masuk ke portal https://sscasn.bkn.go.id.

 

  1. Siapa saja yang bisa mendaftar pada Seleksi CPNS?

Warga Negra Indonesia yang berkeinginan dan memenuhi syarat sesuai aturan tiap-tiap instansi (Formasi, Jabatan, dll) selama batas usia yang dipersyaratkan terpenuhi.

 

  1. Bagaimana jika data Kependudukan dan Catatan Sipil (KTP) saya tidak sesuai dengan ijazah?

Hubungi Kantor DUKCAPIL setempat sesuai alamat KTP, atau DUKCAPIL PUSAT untuk melakukan perbaikan data sesuai dengan dokumen resmi (ijazah) yang Anda miliki.

Kontak       DITJEN       DUKCAPIL       dapat        dilihat        pada        tautan berikut http://dukcapil.kemendagri.go.id/contact.

Layanan Helpdesk Ditjen Dukcapil (Call Center : 02130493838)

 

  1. Bagaimana jika data NIK dan Nomor Kartu Keluarga (KK) / NIK Kepala Keluarga tidak sesuai?

Apabila terdapat ketidak sesuaian data antara NIK dan Nomor Kartu Keluarga (KK) / NIK Kepala Keluarga, silahkan mengajukan permohonan perbaikan data ke Kantor DUKCAPIL setempat sesuai alamat KTP, atau DUKCAPIL PUSAT untuk melakukan perbaikan data sesuai dengan dokumen resmi (ijazah) yang Anda miliki.

 

  1. Bagaimana pengisian data nama yang benar?

Nama yang diisikan adalah Nama TANPA GELAR

 

  1. Bagaimana bila salah memasukkan "Nama" identitas saya?

Nama anda tidak dapat diubah, namun dapat perbaiki ketika anda telah lulus seleksi CPNS pada proses Pendaftaran Ulang. Maka tidak menjadi masalah bila saat tes seleksi CPNS nama anda kurang/lebihan huruf, salah nama, dan lain-lain.

 

  1. Apakah saya dapat melamar lebih dari 1 (satu) jabatan?

Untuk formasi CPNS tahun 2022, setiap pelamar CPNS HANYA dapat mendaftar 1 (satu) formasi jabatan pada 1 (satu) instansi dalam 1 (satu) kali periode pendaftaran.

 

  1. Apakah yang dimaksud periode pendaftaran?

Periode pendaftaran adalah satu kurun waktu tertentu dimana ada beberapa instansi yang membuka pendaftaran pada saat yang bersamaan.

  1. Bagaimana jika kode Captcha tidak terbaca atau tidak tampil?

Lakukan clear history(bersikan riwayat dan cookies) kemudian refresh browser Anda dengan tekan (ctrl + f5).

 

  1. Bagaimana jika data tempat lahir saya tidak ada di referensi?

Data tempat lahir yang digunakan sampai pada Daerah Tingkat II (Kab/Kota) pada saat anda lahir dan bukan data wilayah pemekaran saat ini. Pastikan data tempat lahir yang anda ketikkan benar. Jika masih membutuhkan penambahan referensi maka anda dapat melakukan permintaan penambahan data tempat lahir dengan mengklik link tombol HelpDesk HelpDesk SSCASN 2022.Data tempat lahir yang digunakan sampai pada Daerah Tingkat II (Kab/Kota) pada saat anda lahir dan bukan data wilayah pemekaran saat ini. Pastikan data tempat lahir yang anda ketikkan benar. Jika masih membutuhkan penambahan referensi maka anda dapat melakukan permintaan penambahan data tempat lahir dengan mengklik link tombol HelpDesk HelpDesk SSCASN 2022.

 

  1. Sudah melakukan pendaftaran akun SSCASN, apakah bisa langsung login untuk melanjutkan pengisian biodata pendaftaran?

Setelah anda melakukan pendaftaran akun SSCASN 2022, maka anda dapat langsung melakukan pengisian biodata pendaftaran dengan login menggunakan NIK dan password yang sudah dibuat.

 

  1. Dapatkah saya mengganti/membatalkan instansi yang telah saya pilih?

Anda tidak dapat mengganti instansi yang telah anda pilih apabila anda sudah menekan tombol kirim.

 

  1. Tidak ada tombol "REGISTRASI" (DAFTAR) pada formulir pendaftaran, apa yang harus saya lakukan?

Pendaftaran hanya dapat dilakukan sesuai jadwal pendaftaran. Tidak ada tombol daftar berarti jadwal pendaftaan belum dibuka atau sudah ditutup.

Baca Juga :  Pembuatan Akun di Sscasn.bkn.go.id untuk PPPK Tahun 2022

 

PERTANYAAN SEPUTAR PESYARATAN

  1. Berapa Batas Usia Pelamar CPNS Tahun 2022?

Batas usia pelamar CPNS Tahun 2022 sesuai dengan pengumuman persyaratan pada masing-masing instansi.

 

  1. Bolehkah menggunakan surat keterangan lulus untuk pendaftaran?

Surat Keterangan Lulus tidak dapat digunakan untuk persyaratan melamar CPNS Tahun 2022.

 

  1. Bolehkah memilih formasi yang lebih rendah dari ijazah yang saya miliki?

Misal: Saya memiliki ijazah S1 untuk melamar formasi D3. Gunakan Ijazah untuk melamar sesuai dengan formasi dan kualifikasi pendidikan yang dipersyaratkan.

 

  1. Apakah Akreditasi Jurusan yang digunakan saat mendaftar adalah status akreditasi pada saat pelamar lulus atau akreditasi saat ini?

Akreditasi yang diakui adalah status akreditasi yang tertera saat peserta lulus studi.

 

  1. Apakah ada persyaratan khusus lainnya?

Masing-masing instansi mempunyai persyaratan khusus. Untuk itu, harap calon peserta seleksi membaca secara cermat dan teliti sebelum memutuskan mendaftar / memilih salah satu formasi.

Baca Juga :  Seleksi PPPK Guru 2022 Di Buka, Simak Ketentuan Tahapan Mekanismenya

 

PERTANYAAN SEPUTAR PERBAIKAN DATA

  1. Apakah boleh memperbaiki data yang sudah dikirim?

Anda TIDAK DAPAT memperbaiki data yang sudah di kirim, sehingga Anda harus BERHATI-HATI dalam mengisi data. Apabila ternyata masih ada data yang perlu diperbaiki setelah dikirim maka data tersebut hanya dapat diperbaiki pada saat setelah lulus ujian dan akan diproses pada pemberkasan penetapan NIP.

 

  1. Bagaimana cara mengubah pilihan instansi pendaftaran?

Jika Anda belum menekan tombol "simpan" pada pendaftaran maka Anda masih dapat merubah pilihan instansi yang dilamar, namun jika Anda telah selesai melakukan pendaftaran maka Anda TIDAK DAPAT MELAKUKAN PERUBAHAN pilihan instansi yg dilamar.

Baca Juga :  Pengumuman dan Tindak Lanjut Pendataan Tenaga Non ASN Tahun 2022

 

PERTANYAAN SEPUTAR PENCETAKAN KARTU

  1. Bagaimana jika hasil cetak Kartu Pendaftaran SSCASN 2022 tidak sesuai dengan isian?

Lakukan clear history/bersihkan riwayat pelacakan, cache, cookies kemudian refresh browser Anda dengan tekan (ctrl + f5).

 

  1. Bagaimana jika kartu pendaftaran atau kartu ujian saya hilang?

Anda dapat mencetak ulang Kartu Informasi Akun, Kartu Pendaftaran SSCASN, Kartu Peserta Ujian melalui login ke portal SSCASN.

 

  1. Bagaimana cara mencetak ulang Kartu Informasi Akun SSCASN 2022?

Silahkan lakukan Log In ke portal SSCASN dengan menggunakan NIK dan password yang telah Anda daftarkan pilih menu Riwayat.

 

  1. Bagaimana cara mencetak ulang Kartu Pendaftaran SSCASN 2022?

Silahkan lakukan Log In ke portal SSCASN dengan menggunakan NIK dan password yang telah Anda daftarkan pilih menu Riwayat.

 

  1. Bagaimana cara mencetak ulang Kartu Peserta Ujian CPNS 2022?

Silahkan lakukan Log In ke portal SSCASN dengan menggunakan NIK dan password yang telah Anda daftarkan pilih menu Riwayat.

Baca Juga :  Permasalahan SSCASN yang Sering di Hadapi Ketika Mendaftar Seleksi PPPK

 

 PERTANYAAN SEPUTAR DOKUMEN

  1. Tidak bisa upload (unggah) dokumen?

Pastikan ukuran file yang akan di upload tidak melebihi 300 Kb per file, format file dalam bentuk PDF, apabila melebihi ukuran tersebut maka dengan otomatis file atau berkas yang akan anda upload atau kirim akan gagal atau ditolak.

 

  1. Bagaimana cara upload (unggah) dokumen persyaratan?

Pastikan ukuran file yang akan di upload tidak melebihi 300 Kb, format file dalam bentuk PDF, selanjutnya buka link BUKU PETUNJUK PENDAFTARAN SSCASN 2022.

 

  1. Berapa ukuran file yang diupload?
    • Scan Pas foto berlatar belakang merah berukuran maksimal 200 Kb bertipe file JPEG/JPG.
    • Scan Swafoto berukuran maksimal 200 Kb bertipe file JPEG/JPG.
    • Scan KTP berukuran maksimal 200 Kb bertipe file JPEG/JPG.
    • Scan surat lamaran berukuran maksimal 300 Kb bertipe file PDF.
    • Scan ijazah dan serdik/STR berukuran maksimal 800 Kb bertipe file PDF.
    • Scan Transkrip nilai berukuran maksimal 500 Kb bertipe file PDF. dan
    • Scan dokumen pendukung lainnya berukuran maksimal 800 Kb bertipe file PDF.

 

  1. Bagaimana agar proses upload dokumen dapat lebih cepat?

Bersihkan riwayat pelacakan, cache, cookies, gunakan koneksi internet yang cukup stabil, gunakan koneksi internet yang menyediakan space bandwith cukup sehingga dalam pengiriman file atau berkas tidak mengalami kendala.

 

  1. Dokumen apa saja yang harus di upload?

Persyaratan dokumen apa saja yang harus di upload dapat di lihat pada pengumuman pendaftaran instansi.

 

  1. Saya sudah melamar secara online, apakah perlu mengirimkan berkas fisik untuk seleksi administrasi?

Anda dapat memperhatikan pengumuman dan menyiapkan berkas-berkas tersebut ketika dibutuhkan pada tahapan tes tertentu.

 

  1. Apakah saya bisa mengupload ulang dokumen yang sudah saya upload?

Dokumen yang sudah di upload TIDAK DAPAT di upload ulang. Anda HARUS berhati-hati dalam mengunggah dokumen dan pastikan sesuai dengan persyaratan, cek ulang kembali sebelum melakukan proses upload.

 

PERTANYAAN SEPUTAR KONEKSI

  1. Bagaimana jika website yang diakses lambat atau tidak dapat diakses?

Pastikan koneksi internet Anda dalam kondisi stabil. Pastikan layanan internet yang digunakan mempunyai cukup bandwidth. Pastikan Browser yang digunakan adalah yang terbaru.

 

  1. Bagaimana Jika saat pengisian pendaftaran koneksi terputus?

Pastikan Koneksi internet yang digunakan dalam kondisi stabil. Refresh ulang browser yang digunakan. Ulangi proses pendaftaran.

 

 PERTANYAAN SEPUTAR LOGIN

  1. Bagaimana jika saya Lupa Password?

Silahkan Menuju Helpdesk SSCASN Menu Login -> Lupa Password.

 

  1. Bagaimana jika saya Lupa Jawaban Pengaman-1?

Silahkan Menuju Helpdesk SSCASN Menu Login -> Lupa Jawaban Pengaman-1.

 

  1. Bagaimana jika saya Lupa Jawaban Pengaman-2?

Silahkan Menuju Helpdesk SSCASN Menu Login -> Lupa Jawaban Pengaman-2.

 

  1. Tidak ada tombol "REGISTRASI" (DAFTAR) pada formulir pendaftaran, apa yang harus saya lakukan?

Pendaftaran hanya dapat dilakukan sesuai jadwal pendaftaran. Tidak ada tombol daftar berarti jadwal pendaftaan belum dibuka atau sudah ditutup.

 

  1. Pada saat login SSCASN, muncul konfirmasi "User Tidak Ditemukan", bagaimana solusinya?

Cek kembali Kartu Informasi Akun SSCASN Anda, pastikan username yang Anda ketikkan sesuai dengan username pada Kartu tersebut. jika masih mengalami kendala, Anda dapat menghubungi HelpDesk SSCASN 2022. Kami akan melakukan pengecekan pada database SSCASN 2022, beberapa dokumen (FC KTP, KK) akan dibutuhkan sebagai bukti pencarian data.

 

PERTANYAAN SEPUTAR ADUAN

  1. Bagaimana mengetahui Instansi yang saya lamar menggunakan Portal SSCASN atau Portal Instansi Mandiri?

Silahkan hubungi Help Desk/Call Center setiap Instansi yang akan dilamar atau silahkan lihat pengumuman lamaran setiap Instansi pada website masing-masing Instansi.

 

  1. Bagaimana jika saya ingin menghubungi Call Center Instansi yang saya lamar?

Silahkan menuju menu/tombol Call Center pada https://sscasn.bkn.go.id.

 

  1. Apakah ada biaya pendaftaran CPNS?

Pendaftaran CPNS ini TIDAK DIKENAKAN BIAYA. Segera LAPORKAN apabila ada oknum yang meminta sejumlah uang.

 

  1. Ada oknum yang meminta sejumlah uang untuk dapat meloloskan seleksi CPNS

Hati-hati PENIPUAN!!! Segera LAPORKAN kepada PANSELNAS BKN atau pihak berwajib apabila Anda menemukan orang yang mengaku dapat meloloskan seleksi CPNS.

 

Demikian semoga bermanfaat [admin-TB]

 

Download Lampiran : 

TUMINI
03 Desember 2022 14:20:16
Bagaimana saya sudah P1 turun jadi P3 tidak bisa lanjut daftar , dengan mata pelajaran yang saya pilih waktu ujian P3K prakarya dan kewirausahaan, sementara di sekolah mengajar produk kreatif dan kewirausahaan , karena kurikulum kan berubah 2 ,jadi the 2023 nanti apakah nilai P1 masih tetap tersimpan .atau ikut ujian lagi mohon pencerahannya ,atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih kasih umur sudah 48 th,jadi guru 14 th
cici harti afni nato
24 November 2022 03:09:43
aslmkm kk bgmna klw salah krim nama emailx.apakah bisa di ganti kmbali dgn email yg aktif fan apakh informsinya tntang p3k nnti msuk di email atau di no wa yg kita sdh krim.timkasih atas bntuanya
MASYITHAH RAHMAN
22 November 2022 10:29:18
Bagaimana cara menghapus unggahan ketika salah mengunggah data
ANDI ASNANI,SKM
21 November 2022 08:55:48
Mohon solusinya,bagaimana cara perbaikan data setelah meresume/mengakhiri karna baru hari ini ada juknis dari Kemenkes No. DM.03.01/F/2537/2022 tentang Klarifikasi Kualifikasi pendidikan dalam rangka pengadaan CASN (PPPK ) JF Tenaga Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku Tahun 2022 kemarin kemarin kami tdk bisa mendaftar alasan tidak relevan dengan Kualifikasi pendidikan saya yg peminatan AKK tp tugas kami dipuskesmas melaksanakan Jabatan Promkes akhirx kami harus keluar dari puskesmas untuk melamar pada formasi lain karena mengingat batas pendaftaran yg semakin mepet dan jaringan kadang tidak baik makax kami mengakhiri,tp hari ini aturan itu sudah berubah mohon bantuan dan solusinya apakah kami bisa mendaftar kembali.
Dyah apriyani agustina
18 November 2022 18:24:34
Mohin solusi jika muncul notifikasi "Gagal mengambil data dari Web Service SISDMK: Error simpan data dari service kemenkes ke DB Sscasn, karena could not execute statement; SQL [n/a]; nested exception is org.hibernate.exception.DataException: could not execute statement
Sri widayati
18 November 2022 09:32:15
Sy honorer p1 tp waktu pendatran ini sy resum blm ke resum.terus gmn nasib saya mnt tolong kasih solusinya supaya sy ikut thn ini umur sdh tua 47 terus masa sy harus nunggu setahun lagi
Dana Syahidin
18 November 2022 02:07:40
Tidak bisa resume karena waktu keburu habis. bagaimana solusinya?
Riska Maya Managhuang
16 November 2022 05:06:42
tanggal lahir di SISDMK salah 04 september 2020, yang benar sesuai ijasah dan dukcapil adalah 04 september 1990
Winanto
14 November 2022 15:43:11
Kartu skck tidak terupload apakah bisa gagal di tahap Administrasi Pendaftaran pppk 2022 di instansi uo AD Dan di surat lamaran harus nya di tujukan YTH KASAD saya bikin nya di kemenpan
agung
14 November 2022 13:17:24
/>thanks infonya

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur

Back Next

 Arsip Artikel

 Statistik

 Media Sosial

 Safelinku

 Peta Wilayah

 Komentar

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : SP 5, Tenggulang Baru Kec. Babat Supat Kab. Musi Banyuasin Prov. Sumatera Selatan
: Tenggulang Baru
Kecamatan : Babat Supat
Kabupaten : Musi Banyuasin
Kodepos : 30755
Telepon : 08117324000
Email : [email protected]

 Sinergi Program

OpenDesa
SMP Hidayatut Thullab
PCNU Musi Banyuasin
Masjid Darul Abror
Lapak Tenggulang Baru
The Express

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:2.394
    Kemarin:47.792
    Total Pengunjung:5.437.629
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:172.71.222.75
    Browser:Tidak ditemukan