Berolahraga dengan benar mengoptimalkan kesehatan fisik dan menguatkan mental. Baca selengkapnya Selain menyegarkan tubuh, olahraga dapat menyegarkan pikiran. Baca selengkapnya Membaca, bagi pikiran, seperti olahraga bagi tubuh. Baca selengkapnya Tertawa itu seperti olahraga untuk jiwa. Baca selengkapnya

  Artikel/Berita

CPNS

Permasalahan SSCASN yang Sering di Hadapi Ketika Mendaftar Seleksi PPPK

Admin TB

10 November 2022 20:32:17

58.328 Kali Dibaca

Seleksi PPPK merupakan Sebuah Seleksi Untuk Menjadi ASN Abdi Negara. PPPK Lebih baik dari Honorer karena status nya di atas Honorer dan dibawah PNS. seleksi PPPK dilaksanakan pemerintah untuk mengakomodir kebutuhan pegawai diberbagai instansi pemerintah untuk meratakan pemenuhan kebutuhan baik Pemda maupun Kementrian.

Seleksi PPPK dilaksanakan untuk meningkatkan status honorer yang akan dihapuskan pada tahun 2023. Honorer dengan status tidak jelas mulai dari gaji maupun hal-hal lainnya. 

 

Baca Juga :  Cara Atasi Gagal Login di sscasn bkn go id 2022 PPPK

 

Pendaftaran Seleksi PPPK tahun 2022 ini terdapat banyak hal yang terjadi dan menjadi sebuah masalah yang mengakibatkan Pelamarar PPPK gagal dalam mendaftar dan memilih formasi yang dibutuhkan dalam seleksi PPPK. Karena gagal dalam mendaftar Akun Seleksi Pendaftaran maka tidak bisa melanjutkan pendaftaran seleksi PPPK. 

 

Baca Juga :  Pembuatan Akun di Sscasn.bkn.go.id untuk PPPK Tahun 2022

 

MASALAH YANG SERING DI HADAPI PPPK

Berikut ini beberapa masalah yang sering dihadapi ketika mendaftar seleksi PPPK di SSCASN.GO.ID:

 

  1. Sistem SSCASN mengalami error karena sedang ramai diakses oleh pelamar PPPK seluruh Indonesia.

  2. Tidak bisa bebas memilih instansi tertentu karena sudah dikunci sesuai dengan data pelamar terdaftar.

  3. Hanya bisa memilih instansi tertentu, seperti PPPK Guru SD SMP Hanya bisa memilih Pemda Kabupaten Kota, begitu juga PPPK Guru SMA SMK hanya instansi Pemda Provinsi.

  4. Untuk PPPK Non Guru mempunyai syarat mengabdi diinstansi minimal 3 tahun dibuktikan dengan surat pengalaman kerja diinstansi tersebut.

  5. Jika dibutuhkan formasi 1 orang maka pelamar PPPK hanya bisa mendaftar 1 orang atau 2 orang saja, selanjutnya sistem akan mengunci formasi tersebut sehingga pelamar lain tidak bisa memilih formasi tersebut.

  6. Pelamar Instansi Induk hanya bisa memilih formasi di instansi tersebut saja, sedangkan pelamar PPPK dari induk lain tidak bisa memilih di formasi tersebut karena sistem sudah mengaturnya seperti itu kecuali cepat mendaftar sebelum pelamar instansi induk mendaftar formasinya.

  7. Pelamar PPPK baik instansi induk atau non induk banyak yang mengalami tidak bisa memilih formasi tertentu walau instansi induk karena sistem sering bermasalah bahkan sampai akhir masa pendaftaran.

  8. Ada beberapa formasi yang bisa dilamar oleh Pelamar PPPK dari kualifikasi akademik yang lain yang berbeda asalkan bisa memilih formasi tersebut. Misalkan dibutuhkan formasi guru Teknologi Informasi maka formasi tersebut bisa dipilih oleh pelamar dengan kualifikasi akademik Teknik Elektro.

  9. Sistem pendaftaran SSCASN akan mengunci otomatis kuota formasi yang dibutuhkan apabila sudah memenuhi, misalkan kuota dibutuhkan 5 maka ketika pelamar sudah mendaftar 5 maka pelamar PPPK tidak bisa memilih lagi formasi tersebut.

  10. Masalah yang paling signifikan dalam pendaftaran adalah adanya pelamar PPPK yang tidak memiliki sertifikat keahlian.

 

Baca Juga :  Portal Pengecekan Status PPPK

 

SOLUSI MENGATASI MASALAH PPPK

Berikut beberapa solusi untuk mengatasi permasalahan yang terjadi ketika mendaftar dan memilih formasi seleksi PPPK :

  1. Jika SSCASN Error atau server sibuk, pelamar seleksi PPPK cukup menunggu sampai web SSCASN berfungsi normal atau mendaftar di jam-jam sepi, misalnya jam 01.00 sampai Jam 06.00 pagi, karena saat itu web SSCASN sedang tidak diakses oleh para pelamar seleksi PPPK.

  2. Untuk memilih instansi sesuai keinginan pelamar maka kemungkibagi enan mungkin dilakukan tahun ini karena tahun ini semua batasan akan dibuka tanpa ada mengunci pelamar.

  3. pemilihan formasi tertentu untuk tahun ini kemungkinan akan dibuka bebas, misalkan pelamar instansi kemendikbud akan bisa melamar Diinstansi kemenag atau sebaliknya, atau misal untuk PPPK Guru bisa memilih formasi dari Guru SD SMP bisa memilih formasi Guru SMA SMK.namun apabila tidak bisa memilih instansi lain maka pelamar seleksi PPPK mengambil instansi yang sesuai tempat berbakti sekarang atau instansi yang besar peluang.

  4. untuk pelamar PPPK Non Guru Yang memsyaratkan Surat Pengalaman Kerja Diinstansi yang dilamar segera disiapkan agar lulus seleksi Adminitrasi Berkas Pendaftaran Seleksi PPPK. 

  5. usahakan mendaftar dan memilih formasi dihari hari awal pendaftaran karena kalau telat mendaftar dan memilih formasi maka mengakibatkan formasi tersebut sudah dikunci oleh sistem secara otoamtis.'

  6. untuk pelamar induk segera memilih formasi diinstansi induk sendiri dengan secepatnya,apabila instansi induk tidak membuka pendaftaran formasi, segera memilih formasi diinduk lain dengan cepat atau di awal awal pendaftaran sebelum pelamar lain memilih formasi tersebut.istilahnya siapa cepat dia dapat.

  7. Jika tidak bisa memilih formasi baik induk atau non induk dari awal sampai akhir masa pendaftaran seleksi PPPK, pelamar coba terus buka setiap hari berkali kali sampai bisa.

  8. Jika memiliki ijazah kualifikasi akademik berbeda dengan formasi yang dibutuhkan alias tidak linier, maka pilih terus formasi tersebut, asalkan ada hubungannnya sedikit. Misalnya Teknik Elektro ke Teknologi Informasi Komunikasi. Karena banyak pelamar tahun 2021 banyak lulus diformasi tertentu sedangkan kualifikasi akademik berbeda. Namun hal ini berbahaya mengingat berbeda formasi dan kualifikasi akademik. Kami tidak merekomendasi hal ini kecuali jika sudah tidak ada pilihan formasi.

  9. Sebelum sistem SSCASN mengunci formasi yang telah dipilih oleh pelamar lain segera ambil formasi tersebut, bergeraklah cepat diawal-awal

  10. Bagi pelamar yang tidak memiliki sertifikat keahlian segera usahakan dan dapatkan dengan cara ikuti pelatihannya dan dapatkan sertifikat keahliannya sebelum pendaftarannya di tutup.

  11. Pelamar PPPK Non Guru, baik Nakes, Penyuluh Pertanian dan Teknik serta Tenaga Administrasi segera siapkan sertifikat keahlian sesuai kualifikasi akademik, agar bisa mendaftar seleksi PPPK karena hal ini sangat penting mengingat banyak kegagalanl dalam seleksi berkas pendaftaran.

  12. Khusus pelamar PPPK Guru Honorer yang memiliki saingan pelamar dari pelamar PPG atau yang sudah memiliki sertifikat pendidik segera ikut PPG atau pretest untuk mendapat kan sertifikat pendidik, karena sebesar apapun nilai pelamar guru dari honorer tanpa sertifikat pendidik tidak akan cukup karena nilai bagi yang ada sertifikat pendidik sebesar 500. pelamar PPG dan Guru yang memiliki Serdik otomatis nilainya 700.

  13. Jika BKN memberikan kesempatan untuk reset pendaftaran dalam memilih formasi instansi, segera lakukan secepatnya, jangan sampai tertinggal atau terlupa atau lalai karena itu harapan dan kesempatan  terakhir diberikan oleh BKN agar pelamar bisa memilih sesuai keinginan.

  14. Jika pelamar tidak terdaftar di Dapodik atau data instansi segera lapor kepada operator instansi misal sekolah atau dinas secepatnya agar bisa disingkronkan segera.

Untuk melihat kendala-kendala yang dapat diselesaikan oleh Help Desk saat mendaftar CPNS di Portal SSCASN, silahkan Klik Disini

--------------

Agar anda tidak ketinggalan informasi terbaru seputar CPNS, anda bisa join di Channel WA Tenggulangbaru.id dengan KLIK DI SINI. Selain itu Anda dapat menyimak update berita lainnya di tenggulangbaru.id dengan mengakses Google News.

Komentar

Rhisma

26 September 2023 06:23:33

Halo ka sy udah daftar dari tgl 17 namun sampai sekarang formasi tidak bisa di klik, kenapa kah? setiap login selalu masuk ke biodata dulu, sudah di cek berkali-kali sudah betul namun setelah klik selanjutnya tetap gabisa di klik formasinya, mohon dibantu, terimakasih

DOna

12 September 2023 15:00:13

Saya tidak bisa akses formasi kenapa sih situs pemerintah gini amat

Ratna Dwiyanti

09 Juni 2023 12:41:24

Assalamualaikum.... Mohon maaf mau bertanya, dari instansi dulu tempat bekerja tidak mau menerbitkan surat pengalaman kerja, solusinya harus bagaimana?

azrianto

06 Juni 2023 06:07:20

Saya tdk bisa mengakses instansi dan jenis formasi pada Pengisian Formasi PPK Teknis,mohon dibantu

ida wahyuni

19 Mei 2023 05:13:01

Bagaimana jika akun sscasn p3k guru pernah digunakan mendaftar p3k teknis selain guru? Cara mengembalikan ke akun guru bagaimana?

pertiwi

06 Maret 2023 23:45:12

saya tidak dapat mengisi data di tahap formasi

Heri

27 Januari 2023 00:58:05

Saya baru bisa daftar akun pada hari ini 27 Januari 2023. Sementara pendaftaran Sudah tutup, karena pas pendaftaran belum tutup saya tidak bisa mendaftar dengan printah penulisan nama tanpa gelas, dan tempat la lahir tidak sesaui. Padahal saya input data sesuai KTP asli saya yg dikeluarkan oleh dukcapil, apakah ada solusi terkait masalah ini,

Yulita Nia Wulandari

24 Januari 2023 13:18:16

Saya tdk bisa mengakses instansi dan jenis formasi pada Pengisian Formasi PPK Teknis,mohon dibantu

Yulita Nia Wulandari

24 Januari 2023 13:17:13

Saya tdk bisa mengakses instansi dan jenis formasi pada Pengisian Formasi PPK Teknis,mohon dibantu

Yustina Womsiwor

21 Januari 2023 00:02:25

Saya tdk bisa mengakses instansi dan jenis formasi pada Pengisian Formasi PPK Teknis,mohon dibantu

ANDI SAPUTRA

08 Januari 2023 21:32:11

Hallo selamat malam,,izin bertanya, saya memiliki kualifikasi pendidkan yang linier dengan formasi yg dilamar, akan tetapi pengalaman kerja sy berbeda dengan ijazah saya..saat ini sy bekrja sbgi staff tata usaha ,ijazah sy ilmu keolahragaan,, apakah sy langsung gagaal pemberkasan karna porfopolio pengalaman kerja ini? Mohon pencerahannya pak

Tika

22 Desember 2022 14:53:22

Sudah pernah buat akun sscasn pada tahun 2021 dan terdaftar untuk formasi guru, tetapi tidak dilanjutkan ikut seleksi karena formasi sudah tutup dan riwayat pendidikan tidak linier. Saat ini ingin masuk lagi karena ingin mendaftar untuk formasi tenwga teknis tetapi tidak bisa dengan keterangan formasi guru sudah tutup. Mohon solusinya supaya bisa masuk ke akun sscasn dan bisa mendaftar di formasi tenaga teknis

Mariani

24 November 2022 13:01:49

Semoga lolos

Liberinus Satrianus Ranu

18 November 2022 08:16:48

Apakah bisa pilih formasi di kabupaten lain?

Sriwulan Puspitasari

14 November 2022 00:37:54

Ada perbedaan tanggal lahir di sisdmk dan dukcapil, sementara di sisdmk puskesmas sudah sama

Kirim Komentar

Komentar Facebook

Media Sosial

Facebook Twitter YouTube Instagram WhatsApp

Advertisement

Advertisement

Komentar

Azriel Maulana Al-Walid
21 Mei 2024 16:43:18
Saya pingin dapat PIP tahun 2024... selengkapnya
Azriel Maulana Al-Walid
21 Mei 2024 16:40:20
Butuh ... selengkapnya
Lestari marganinhrum
26 April 2024 09:40:01
Saya terdaftar pkh baru dan blom punya kks apakah bisa... selengkapnya
Zaky
25 April 2024 00:36:07
Saya mau dapat PIP, bagaimana cara mengajukannya?... selengkapnya
Topani Sahara
02 April 2024 21:28:46
Semoga artikel ini bermanfaat, ... selengkapnya
Topani
27 Maret 2024 18:33:27
Semoga bermanfaat... selengkapnya
Naning
21 Maret 2024 02:55:45
Kenapa kok dana pip yg lain keluar ini punya anak saya... selengkapnya
Topani
08 Maret 2024 16:10:05
Makasih pak Dafris... selengkapnya
Dafris
08 Maret 2024 15:16:52
Sukses ya...... selengkapnya
Sokewih
08 Maret 2024 10:46:14
Kenapa bpnt saya tidak cair?... selengkapnya

Sinergi Program

Lapak Tenggulang Baru
OpenDesa
PCNU Musi Banyuasin
The Express
SMP Hidayatut Thullab

Statistik Pengunjung

Hari ini:4.825
Kemarin:5.169
Total Pengunjung:220.030
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:172.70.42.77
Browser:Tidak ditemukan