Selamat datang di website resmi Desa Tenggulang Baru -- selengkapnya... Mari kita saling bersinergi untuk mewujudkan pembangunan desa tercinta ini melalui semangat gotong royong dan kerjasama antar elemen masyarakat desa. -- selengkapnya... Lebih bijak dalam menyikaapi pandemi Corona Virus COVID-19 dengan mengetahui mencari informasi yang benar melalui Media Informasi Resmi Terkini Covid-19 -- selengkapnya... Bersama-sama mari kita putuskan rantai penyebaran COVID-19 dengan melakukan hal-hal berikut : 1. Menjaga kebersihan area rumah dan fasilitas umum seperti Masjid, Musholla, Sekolah dan lain-lain. 2. Menyediakan sarana cuci tangan barupa air mengalir dan sabun atau hand sanitizer di depan rumah. 3. Menunda kegiatan yang mengumpulkan banyak orang seperti pengajian, pernikahan, tontonan atau hiburan massa dan hajatan atau kegiatan serupa lainnya. Bersama-sama mari kita putuskan rantai penyebaran COVID-19 dengan melakukan hal-hal berikut : 1. Menjaga kebersihan area rumah dan fasilitas umum seperti Masjid, Musholla, Sekolah dan lain-lain. 2. Menyediakan sarana cuci tangan barupa air mengalir dan sabun atau hand sanitizer di depan rumah. 3. Menunda kegiatan yang mengumpulkan banyak orang seperti pengajian, pernikahan, tontonan atau hiburan massa dan hajatan atau kegiatan serupa lainnya. 4. Menunda bepergian keluar desa ataupun perjalanan keluar daerah. 5. Mengurangi kontak langsung seperti berjabat tangan, jika dilakukan biasakan segera mencuci tangan dengan air mengalir atau hand sanitizer. 6. Cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir /hand sanitizer dilakukan sebelum melakukan aktifitas dan setelah selesai aktifitas. 7. Terapkan etika batuk (tutup hidung dan mulut dengan tisu atau lengan atas bagian dalam). 8. Gunakan masker jika batuk / flu. 9. Melaporkan kepada perangkat desa atau petugas medis desa jika ada anggota keluarga yang baru datang dari luar daerah, terutama terhadap orang yang baru datang dari daerah terjangkit Covid-19, untuk pengecekan oleh petugas medis desa terlebih dahulu.

Artikel

PIP Oktober 2022 Sudah Cair, Begini Cara Cek Namamu di pip.kemdikbud.go.id

11 Oktober 2022 12:47:21  AdminTB  186.006 Kali Dibaca  BERITA

Memasuki Oktober 2022, pencairan bantuan PIP mulai bergerak lagi. Hingga awal Oktober 2022, terdata bantuan PIP sudah tersalurkan atau cair untuk 11,9 juta siswa peserta didik.

Menurut data dari laman resmi Program Indonesia Pintar (PIP), total alokasi PIP 2022 ialah sebanyak 17.927.308 untuk siswa jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK dan hingga 10 Oktober, PIP sudah dicairkan sebanyak 11,9 juta siswa SD hingga SMK. 

Artinya, masih terdapat 5.985.379 untuk siswa jenjang SD hingga SMK yang menjadi penerima PIP dan belum mendapatkan dana.

Dana PIP merupakan sebuah program pemerintah berupa bantuan uang tunai yang akan diberikan untuk anak yang berusia 6-21 tahun dengan kriteria miskin atau rentan miskin.

Baca Juga: Bansos BPNT Sembako, PKH, BSU, BLT UMKM dan Ojek Online Cair Oktober 2022

Berikut rincian besaran uang tunai dari dana PIP yang akan diterima untuk peserta didik jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK:

  1. Jenjang SD/MI/sederajat akan mendapatkan Rp450 ribu/tahun
  2. Jenjang SMP/MTs/sederajat akan mendapatkan Rp750 ribu/tahun
  3. Jenjang SMA/SMK/MA/sederajat akan mendapatkan Rp1 juta/tahun

Nantinya untuk bantuan dana PIP 2022 yang telah diterima dapat dimanfaatkan oleh siswa jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK untuk membeli alat tulis, uang saku, uang transport, biaya uji kompetensi, dan biaya ujian praktek tambahan.

Berikut update kuota penerima dana PIP 2022 hingga jumlah update penyaluran dana PIP 2022 untuk siswa jenjang SD, SMP, SMA dan SMK per Senin, 10 Oktober September 2022:

  • SD: 6.812.106 siswa
  • SMP: 3.278.623 siswa
  • SMA: 801.971 siswa
  • SMK: 1.049.229 siswa
  • Total: 11.941.929 siswa.


Dana PIP 2022 yang belum tersalurkan:

SD: 3.548.508 siswa
SMP: 1.091.345 siswa
SMA: 565.588 siswa
SMK: 779.938 siswa
Total: 5.985.379 siswa.

Alokasi dana PIP 2022 untuk siswa SD, SMP, SMA, SMK

  • SD: 10.360.614 siswa
  • SMP: 4.369.968 siswa
  • SMA: 1.367.559 siswa
  • SMK: 1.829.167 siswa
  • Total: 17.927.308 siswa

Baca Juga: Cara Daftar BLT BBM dan Bansos Lainnya menggunakan Aplikasi Cek Bansos

Adapun kriteria siswa penerima PIP 2022 adalah sebagai berikut: 

  1. Siswa pemegang KIP
  2. Siswa dari keluarga miskin/rentan miskin dan/atau dengan pertimbangan khusus seperti:
    1. Siswa dari keluarga peserta Program Keluarga Harapan
    2. Siswa dari keluarga pemegang Kartu Keluarga Sejahtera
    3. Siswa yang berstatus yatim piatu/yatim/piatu dari sekolah/panti sosial/panti asuhan
    4. Siswa yang terkena dampak bencana alam
    5. Siswa yang tidak bersekolah (drop out) yang diharapkan kembali bersekolah
    6. Siswa yang mengalami kelainan fisik, korban musibah, dari orang tua yang mengalami pemutusan hubungan kerja, di daerah konflik, dari keluarga terpidana, berada di Lembaga Pemasyarakatan, memiliki lebih dari 3 (tiga) saudara yang tinggal serumah
    7. Siswa merupakan Peserta pada lembaga kursus atau satuan pendidikan nonformal lainnya.

 

Baca Juga: PENDATAAN TENAGA NON ASN TAHUN 2022, Untuk diangkat jadi PNS atau PPPK?

 

Program Indonesia Pintar

Merupakan bantuan berupa uang tunai, perluasan akses, dan kesempatan belajar dari pemerintah yang diberikan kepada peserta didik dan mahasiswa yang berasal dari keluarga miskin atau rentan miskin untuk membiayai pendidikan melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP)

Program Indonesia Pintar atau disingkat PIP adalah bantuan berupa uang tunai, perluasan akses, dan kesempatan belajar dari pemerintah yang diberikan kepada peserta didik dan mahasiswa yang berasal dari keluarga miskin atau rentan miskin untuk membiayai pendidikan.

Program Indonesia Pintar Pendidikan Dasar dan Pendidikan menengah disingkat PIP Dikdasmen adalah Program Indonesia Pintar yang diperuntukkan bagi anak berusia 6 (enam) tahun sampai dengan 21 (dua puluh satu) tahun untuk mendapatkan layanan pendidikan sampai dengan tamat satuan pendidikan dasar dan menengah.

Kartu Indonesia Pintar atau disingkat KIP adalah kartu yang diberikan kepada Peserta Didik pada satuan pendidikan formal atau nonformal sebagai penanda atau identitas untuk mendapatkan PIP.

Data Terpadu Kesejahteraan Sosial atau disingkat DTKS untuk Program Perlindungan Sosial adalah sistem data elektronik yang memuat informasi sosial, ekonomi, demografi dan status kesejahteraan terendah di Indonesia.

Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial - Next Generation atau disingkat SIKS-NG adalah suatau sistem informasi yang terdiri dari beberapa komponen berupa pengumpulan dan pengolahan data kesejahteraan sosial dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi yang dilaksanakan secara berjenjang dan berkesinambungan.

 

Jika merasa layak menerima PIP 2022, Anda bisa mengecek daftar penerima di laman resminya atau pip.kemdikbud.go.id. Caranya,

  1. Pertama tentuk akses pip.kemdikbud.go.id
  2. Masukkan NISN, tanggal lahir, serta nama ibu kandung.
  3. Klik tombol "Cari".
  4. Usai hasil pencarian ditampilkan oleh sistem pip.kemdikbud.go.id, cek pada tahun yang tertera di layar.
  5. Jika mendapat pesan singkat dari Kemdikbud yang masuk ke nomor HP peserta didik, pastikan nama yang tercantum, NISN, dan data lainnya sudah benar.
  6. Konfirmasi ke pihak sekolah apabila nama peserta didik dinyatakan mendapat bantuan dana PIP 2022.

Setelah tahapan di atas selesai, pihak sekolah akan melakukan pengecekan dengan cara login ke situs PIP.

Hal ini dilakukan untuk melihat data peserta didik yang masuk ke dalam nominasi penerima PIP 2022.

 

 

Berikut ini pertanyaan yang sering diajukan seputar PIP:

Siapa Penyelenggara Program Indonesia Pintar?

PIP merupakan kerja sama tiga kementrian yaitu Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Kementrian Sosial(Kemensos), dan Kementrian Agama(Kemenag).

PIP Dikdasmen diselenggarakan bersama-sama dengan Dinas Pendidikan Propinsi dan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota seluruh Indonesia dalam rangka menyampaikan informasi kepada satuan pendidikan

 

Untuk Apa Dana PIP Digunakan?

Dana PIP dapat digunakan untuk membantu biaya personal pendidikan peserta didik, seperti membeli perlengkapan sekolah/kursus, uang saku dan biaya transportasi, biaya praktik tambahan serta biaya uji kompetensi.

 

Bagaimana jika siswa miskin belum menerima KIP?

Siswa dapat mendaftar dengan membawa Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) orang tuanya ke lembaga pendidikan terdekat. Jika siswa tersebut tidak memiliki KKS, orang tuanya dapat meminta Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari RT/Rw dan Kelurahan/Desa terlebih dahulu agar dapat melengkapi syarat pendaftaran.

 

Siapa Yang Mengawasi pelaksanaan PIP?

Selain pengawasan internal sekolah/lembaga pendidikan, pengawasan eksternal dilakukan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Inspektorat Jendral (Itjen) Kementrian pendidikan dan Kebudayaan, dan Badan pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Masyarakat juga dapat membantu pengawasan PIP dengan melaporkan hal yang dianggap tidak sesuai ke kontak pengaduan.

[admin-TB]

Eka alziana
07 Desember 2022 21:32:29
Kenapa ya PIP .saya tdk perna lgi cair..?cair hanya sekali .sampai sekarang tdk pernah cair lagi
Laura sintya
07 Desember 2022 11:45:57
Tahun ini apakah saya dapat bantuan pip lgi sebab saya kls 2 smp ko di tahun ini blm dapat pip. Kemarin kls 1 smp saya dapat pip. Jadi di kls 2 smp ini saya blm dapat bantuan pip lagi.
Dwi novita sari
06 Desember 2022 13:09:23
Cek saldo kip
Rossma
03 Desember 2022 19:40:30
Apakah rossma dapat pip
Muhamad Arfan alfarizie
30 November 2022 23:05:58
Di thn 2021,,sdh cair wkt sy telat ngecek.. Mlah di trik lg pemerintah,,,ank sy yg SMP, pe thun 2022 tdk cair lg,,,, sy rutin tiap bln ny cek ke bank,,, tpi tidak ada ksong terus. Hrs kmna y ngurusin ny ? Mhon info ny. Terima kasih
Muhamad Arfan alfarizie
30 November 2022 22:42:26
Di thn 2021,,sdh cair wkt sy telat ngecek.. Mlah di trik lg pemerintah,,,ank sy yg SMP, pe thun 2022 tdk cair lg,,,, sy rutin tiap bln ny cek ke bank,,, tpi tidak ada ksong terus. Hrs kmna y ngurusin ny ? Mhon info ny. Terima kasih
Tasya
30 November 2022 08:52:09
Apakah anak saya dapat pip
Wikalia
25 November 2022 03:12:13
Apa kah saya mendapatkan pip di tahun 2022 ini
Nayla
23 November 2022 07:19:17
Maaf, padahal sy cek di link pip, pencairan nya d bulan Maret 2022 .tetapi sampai di bulan November belum cair cair. kapan sebenarnya PIP di cairkan ?????
Suci Amelia
21 November 2022 11:11:53
Apakah sya benar menampatkan bantuan pip
Herman pelangi
19 November 2022 04:29:44
Maaf ya . Saya mau tanya , ini anak saya dua bersaudara, Dan keduanya sudah sekolah . Ditahun 2021 kemarin anak saya yang kakak dapat bantuan 450, itu sudah kelas enam SD. Sekarng ini dia sudah SMP ditahun 2022. Sekarang di SMP ini anak saya tidak dapat lagi kenapa? Kalau di SD dari kelas satu sampai kelas enam cuman dapatnya satu kali aja .
Muhammad Iqbal Pratama
17 November 2022 07:57:39
Maaf sebelumnya anak saya dpt PIP bulan september.saya cek akhir bulan September belum masuk.trus saya cek lg bulan Oktober blom masuk juga ..trus saya cek lewat link status nya tidak berlaku...itu kenapa y tolong jawab terimakasih
Jamilawati
15 November 2022 22:09:54
Ank saya ad nm d sekolah dpt dana pip 2022,ud 2x kali saldo y kosong trz,pa penyebab y,,tlong jlskn
SISWANTO
12 November 2022 08:56:28
Saya kenapa gak pernah dapet bantuan program Indonesia pintar padahal saya punya kartu kip apa ada kesalahan dari pihak atas apa gimana
Rifqi al azhari
09 November 2022 13:12:13
Anak saya dapat pip kls 2,dan sekarang sudah kls 4,,blom pernah dapat lagi,cma dapat satu kali d kls 2
Vathan aulia
09 November 2022 07:44:08
Knpa pnya anak saya bln ini d cek pip nya kosong
Yoga Hadi dermawan
08 November 2022 04:22:07
Kapan PIP cair SMA?
Dian Savitri
08 November 2022 03:36:05
Sebenarnya PIP setahun cair brp kali?? Dan kenapa ada perbedaan wkt itu utk yg kls 6,9,12 cair hanya setgh?? tp skrg anak sy kls 7 cair setgh?? harus ke mn yaaaaa sy mncari jwbn yg pasti?????
Silvi maulidha
07 November 2022 22:47:20
Th ini anak sy terdaftar mendapat bantuan PIP tp setelah dana sy ambil dr bank,pihak sekolah mengatakan kalo dana yg menyimpan harus wali kelas nya..knp harus begitu?padahal orang tua jg diberatkan dg membeli pralatan sekolah,uang saku,dll..tp knp stlh mndapat bantuan,dana tidak diberikan pd orang tu masing2
Lilis Sartika Simangunsong
07 November 2022 06:47:40
Selamat siang pak/ibu saya mau bertanya sebetulnya untuk penerimaan KIP SMP berapa sebenarnya, awal anak saya mendapatkan RP. 750.000 ini yg kedua x nya anak saya dapat 375000 kenapa yg kedua x nya ini anak saya dapat bantuan nya segitu pak/ibu mohon informasi sebenarnya pak/ibu
FINGKI SAJOW
07 November 2022 03:20:55
Anak saya dapat bantuan pip tapi setelah saya cek di bank sudah tidak bisa di cairkan lagi karena kata pihak bank uang anak saya sudah di tarik kembali dari pusat???? Minta tolong bapak/ibu mengapa harus di tarik kembali uang anak saya kalau memang itu bantuan dari pemerinta seharusnya di salurkan jangan di tarik2 lagi????????
MARDIANA
02 November 2022 17:16:37
cara cek nma2 pip yg suda cair nma anak saya d cek thin y cair y 2022 tpi sampai sekarang belum.cair dana pip y
Sri hartini
02 November 2022 06:40:32
Anak saya 4 gaji suami saya tidak bisa mencukupi biaya sekolah
Anisa
29 Oktober 2022 03:40:41
Kapan terakhir kip SMP cair
Tri wulan
25 Oktober 2022 12:54:11
Anak saya sejak SD selalu dapat PIP tapi sekarang sudah SMK belum dapat PIP ,gimana ya , ?
Novita Sari
25 Oktober 2022 12:44:21
Bagaimana cara mendapatkan PIP
Khalisa Fairuz Nabil
25 Oktober 2022 02:50:19
Cek pip
Rusika
25 Oktober 2022 00:36:21
Sy baru cek status pip tahun ini ternyata di tahun 2021 nama ank sy terdaftar dgn status tidak berlaku, sy dah coba ke sekolah tuk menanyakan knp sy ga dpt pemberitahuan. Sy dah coba ke banknya tp dananya ga bisa cair, gmn caranya biara di tahun 2022 nama ank sy keluar lg karna skrg dah kelas 9. Tolg di bantu?
Anita indah suryani
24 Oktober 2022 10:08:45
Saya punya anak 2 dan sudah yatim mereka sekolah. SD kakaknya tidak dapat PIP dan adeknya dapat hanya sekali saja .. apakah memang cuma sekali saja dapat nya dan bagaimana caranya agar kakaknya juga bisa. Dapat PIP
Sherin oktariana
22 Oktober 2022 07:54:27
Maaf mau nanya apakah PIP bulan Oktober 2022 sudah cair????
Rafli Iqbal
20 Oktober 2022 13:14:01
Semoga saya bisa dapat pip dri sekolah
Yanuar dede k.a.p
13 Oktober 2022 12:10:14
Saya blom menerima bantuan pip dari sekolah
Alif fathan azilla dzecko
13 Oktober 2022 11:51:45
Di taun 2021 anak saya dapet satu kali..dan ditaun ini saya cek statusnya cmn nominasi..itu kira² knapa ya,sdangkan teman² sekelas juga sudah dapet
Fadil iyas adib
13 Oktober 2022 10:22:32
Cek pip
MARIA OKTAVIA
13 Oktober 2022 03:42:22
kenapa bantuan PIP cuma satu kali saja menerima nya...? itupun di tahun 2021 di bulan oktober...atau emng cuma satu kali saja kah siswa Sd menerima bantuan tersebut..?

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur

Back Next

 Arsip Artikel

 Statistik

 Media Sosial

 Safelinku

 Peta Wilayah

 Komentar

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : SP 5, Tenggulang Baru Kec. Babat Supat Kab. Musi Banyuasin Prov. Sumatera Selatan
: Tenggulang Baru
Kecamatan : Babat Supat
Kabupaten : Musi Banyuasin
Kodepos : 30755
Telepon : 08117324000
Email : [email protected]

 Sinergi Program

OpenDesa
SMP Hidayatut Thullab
PCNU Musi Banyuasin
Masjid Darul Abror
Lapak Tenggulang Baru
The Express

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:2.384
    Kemarin:47.792
    Total Pengunjung:5.437.619
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:172.71.222.75
    Browser:Tidak ditemukan