AdminTB on Bola Copa America
14 Jul 2024 20:07 - 8 minutes reading

Prediksi Argentina vs Kolombia di Final Copa America 2024

Partai final Copa America 2024 akan mempertemukan juara bertahan timnas Argentina dan timnas Kolombia. Duel Argentina vs Kolombia dijadwalkan berlangsung di Stadion Hard Rock, Florida, Amerika Serikat, pada Senin, 15 Juli 2024 pukul 07.00 WIB, tayang melalui siaran langsung Indosiar dan live streaming Vidio.

Argentina merupakan tim yang paling sering menjuarai Copa America, sejajar dengan Uruguay, masing-masing dengan 15 gelar. Sebaliknya, Kolombia baru pernah sekali juara, yakni pada edisi 2001 silam, ketika mereka menjadi tuan rumah.

Argentina meraih gelar Copa America mereka yang ke-15 dengan mengalahkan tuan rumah Brasil 1-0 melalui gol tunggal Angel Di Maria di final edisi 2021 lalu. Kali ini, Lionel Messi dan kawan-kawan kembali menginjakkan kaki di final turnamen tersebut.

Di perempat final, Argentina bermain imbang 1-1 dengan Ekuador. Satu golnya dicetak oleh Lisandro Martinez. Argentina akhirnya menang adu penalti 4-2. Di semifinal, gol-gol Julian Alvarez dan Messi memberi Argentina kemenangan 2-0 atas Kanada sekaligus tiket ke final.

Sementara itu, Kolombia menang telak 5-0 atas Panama di perempat final. Lima gol Kolombia ke gawang Panama itu disarangkan oleh Jhon Cordoba, James Rodriguez (penalti), Luis Diaz, Richard Rios, dan Miguel Borja (penalti). Di semifinal, Kolombia menang 1-0 atas Uruguay berkat gol tunggal Jefferson Lerman.

Di Copa America 2021 lalu, Argentina dan Kolombia bertemu di semifinal. Argentina unggul lewat gol Lautaro Martinez, kemudian dibalas oleh Kolombia melalui gol Luis Diaz. Skor imbang 1-1, Argentina kemudian menang adu penalti 3-2.

Duel Argentina dan Kolombia kali ini sepertinya bakal kembali berlangsung dengan sengit. Sebab, Kolombia punya catatan cemerlang, yakni tak terkalahkan dalam 28 pertandingan terakhir.

Menariknya, terakhir kali Kolombia menelan kekalahan adalah dalam pertemuan terkini dengan Argentina, yakni di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022. Waktu itu, Kolombia kalah 0-1 oleh gol tunggal Lautaro Martinez menit 29.

Baca Juga: Prediksi Spanyol vs Inggris di Final EURO 2024


Preview Argentina vs Kolombia

Lionel Messi beraksi untuk Argentina pada Juni 2024 (© Reuters)
Lionel Messi beraksi untuk Argentina pada Juni 2024 (© Reuters)

Argentina yang berstatus juara bertahan Copa America, bakal berupaya meraih gelar back to back saat menghadapi Kolombia di final. Meskipun tidak mudah, peluang La Albiceleste untuk menang cukup terbuka.

Sebelum menjadi juara Copa America 2021, Argentina sempat gagal di 4 final yang mereka jalani, termasuk 2 final beruntun di edisi 2015, dan 2016. Akan tetapi, sejak memenangi final edisi 2021 di Brasil, Lionel Messi dan kawan-kawan juga berhasil menjadi juara Piala Dunia 2022, lalu sekarang final ke-3 dalam 3 turnamen mayor terakhir.

Andai mampu memenangi Copa America 2024, Argentina yang saat ini memiliki 15 gelar juara bakal menjadi tim tersukses di Amerika Selatan dengan koleksi 16 gelar juara. Dengan kemungkinan tersebut, kapten La Albiceleste, Lionel Messi, meminta rekan-rekannya untuk fokus pada pertandingan dan melakukan yang terbaik di final.

“Mari nikmati apa yang telah kami capai di tim nasional. Tidak mudah untuk mencapai final Copa America lagi. Ini sangat sulit, tetapi kami berhasil melakukannya,” kata Lionel Messi dikutip dari laman Buenos Aires Times.

Di sisi lain, Kolombia yang bakal menjalani final ke-3 mereka sepanjang sejarah Copa America, bakal berupaya melakukan yang terbaik. Meskipun terakhir tampil di laga final pada Copa America 2001, yang artinya tidak ada satu pun generasi terdahulu yang tersisa di turnamen kali ini, Los Cafeteros sedang berada dalam performa yang baik.

Sejak dilatih Nestor Lorenzo, Kolombia belum terkalahkan dalam 28 laga terakhir dan hanya 3 kali gagal memetik kemenangan. Hasil itu bakal coba mereka lanjutkan di final Copa America 2024. Apalagi, secara materi pemain, Los Cafeteros dalam kondisi prima.

James Rodriguez sejauh ini menjadi pemain terbaik kedua di Copa America 2024 versi WhoScored dengan rapor 8,15. Selain itu, Luis Diaz (7,35) dan Davinson Sanchez (7,35) juga masuk dalam 20 besar.

Baca Juga: Spanyol vs Prancis di Semifinal Euro 2024


Berita Tim Argentina vs Kolombia

James Rodriguez merayakan gol bersama rekan satu timnya pada 24 Juni 2024 (© Reuters)
James Rodriguez merayakan gol bersama rekan satu timnya pada 24 Juni 2024 (© Reuters)

Argentina tidak memiliki masalah cedera atau skorsing dan Scaloni bisa saja menurunkan susunan pemain awal yang tidak berubah untuk final, dengan empat bek Gonzalo Montiel , Cristian Romero , Lisandro Martinez dan Nicolas Tagliafico yang tetap utuh.

Giovani Lo Celso dan Exequiel Palacios keduanya akan berusaha untuk menjadi starter di lini tengah-gelandang, tetapi Enzo Fernandez dan Rodrigo De Paul diperkirakan akan mempertahankan tempat mereka di kesebelasan pertama, sementara Angel Di Maria akan menjalani penampilan terakhirnya di panggung internasional di sayap kanan.

Lionel Messi, yang pulih dari cedera kaki untuk bermain penuh selama 90 menit melawan Kanada, akan menjadi starter di lini serang bersama Julian Alvarez, yang berarti bahwa peraih Sepatu Emas Lautaro Martinez – yang telah mencetak empat gol tertinggi di turnamen – akan kembali menjadi pemain pengganti.

Sedangkan untuk Kolombia, Daniel Munoz dipastikan absen karena skorsing menyusul kartu merahnya di semifinal, jadi Santiago Arias yang telah bermain 58 kali akan bermain sebagai bek kanan, bergabung dengan Davinson Sanchez , Carlos Cuesta , dan Johan Mojica dalam empat bek.

Kapten Kolombia James Rodriguez , yang telah mencatat rekor Copa America dengan enam assist dalam lima pertandingan di turnamen musim panas ini, akan melanjutkan peran nomor 10, dengan Luis Diaz dari Liverpool dan Jhon Arias dari Fluminense menempati sayap.

Jhon Cordoba lebih disukai untuk memulai di lini depan, mengungguli Jhon Duran dari Aston Villa dan mantan pemain Eintracht Frankfurt Rafael Santos Borre dalam masing-masing empat pertandingan terakhir, di mana ia menyumbang dua gol dan dua assist, dan penyerang Krasnodar tersebut berpeluang untuk mempertahankan tempatnya di posisi kesebelasan pertama untuk final.

Baca Juga: Jadwal Lengkap Liga Inggris 2024/2025


Prediksi Susunan Pemain Argentina vs Kolombia

Reaksi Angel Di Maria dari Argentina pada 9 Juli 2024 (© Reuters)
Reaksi Angel Di Maria dari Argentina pada 9 Juli 2024 (© Reuters)

Berikut ini adalah perkiraan susunan pemain Argentina vs Kolombia di final Copa America 2024. Kedua tim bakal tampil dengan skuad terbaiknya, meskipun Los Cafeteros kehilangan bek andalannya Daniel Munoz, karena kartu merah.

Argentina

Argentina (4-4-2)

  • Pemain: Emiliano Martínez; Gonzalo Montiel, Cristian Romero, Lisandro Martínez, Nicolás Tagliafico; Ángel Di María, Rodrigo de Paul, Enzo Fernández Alexis Mac Allister; Lionel Messi, Julián Álvarez.
  • Pelatih: Lionel Scaloni.

Argentina

Kolombia (4-2-3-1)

  • Pemain: Camilo Vargas; Santiago Arias, Davinson Sánchez, Carlos Cuesta, Johan Mojica; Mateus Uribe, Jefferson Lerma; Jhon Arias, James Rodríguez, Luis Díaz; Jhon Córdoba.
  • Pelatih: Nestor Lorenzo.

Baca Juga: Semifinalis EURO 2024: Inggris, Prancis, Belanda, Spanyol


Head to Head Argentina vs Kolombia

Dua pemain Argentina, Rodrigo De Paul dan Lionel Messi (@  AP Photo: Julia Nikhinson)
Dua pemain Argentina, Rodrigo De Paul dan Lionel Messi (@ AP Photo: Julia Nikhinson)

Dari sisi head to head (H2H), Argentina masih lebih unggul ketimbang Kolombia. La Albiceleste mencatat 2 kemenangan dalam 5 pertemuan terakhir. Argentina juga menjadi tim terakhir yang berhasil menumbangkan Los Cafeteros sebelum mereka mencatat 28 laga tanpa kekalahan.

5 Pertemuan terakhir Argentina vs Kolombia

  • 02/02/22 Argentina 1-0 Kolombia (Kualifikasi Piala Dunia)
  • 07/07/21 Argentina 1-1 Kolombia (Copa America)
  • 09/06/21 Kolombia 2-2 Argentina (Kualifikasi Piala Dunia)
  • 16/06/19 Argentina 0-2 Kolombia (Copa America)
  • 12/09/18 Kolombia 0-0 Argentina (Friendly)

Argentina di Copa America 2024 (M-M-M-S-M)

  • 21/06/24 Argentina 2-0 Kanada (Grup A)
  • 26/06/24 Chile 0-1 Argentina (Grup A)
  • 30/06/24 Argentina 2-0 Peru (Grup A)
  • 05/07/24 Argentina 1-1/penalti 4-2 Ekuador (Perempat final)
  • 10/07/24 Argentina 2-0 Kanada (Semifinal)

Kolombia di Copa America 2024 (M-M-S-M-M)

  • 25/06/24 Kolombia 2-1 Paraguay (Grup D)
  • 29/06/24 Kolombia 3-0 Kosta Rika (Grup D)
  • 03/07/24 Brasil 1-1 Kolombia (Grup D)
  • 07/07/24 Kolombia 5-0 Panama (Perempat final)
  • 11/07/24 Uruguay 0-1 Kolombia (Semifinal)

      Statistik Argentina vs Kolombia

      Selebrasi gol pemain Kolombia, Luis Diaz (@ AP Photo: Rick Scuteri)
      Selebrasi gol pemain Kolombia, Luis Diaz (@ AP Photo: Rick Scuteri)
      • Argentina cuma kalah 1 kali dalam 12 laga terakhir vs Kolombia (M5 S6 K1).
      • Tak termasuk adu penalti, Argentina cuma menang 1 kali dalam 5 laga terakhir vs Kolombia (M1 S3 K1).
      • Argentina tak terkalahkan dalam 13 laga terakhir di Copa America (M10 S3 K0).
      • Argentina 8 kali clean sheet dalam 11 laga terakhir di Copa America.
      • Argentina tak terkalahkan dalam 10 laga terakhir (M9 S1 K0).
      • Argentina 7 kali clean sheet dalam 10 laga terakhir.
      • Tak termasuk adu penalti, Kolombia tak terkalahkan dalam 8 laga terakhir di Copa America (M5 S3 K0).
      • Kolombia 3 kali clean sheet dan cuma kebobolan total 1 gol dalam 4 laga terakhir di Copa America.
      • Kolombia tak terkalahkan dalam 28 laga terkini (M22 S6 K0), atau sejak takluk 0-1 di pertemuan terakhir kontra Argentina (Kualifikasi Piala Dunia 2022).

      Baca Juga: Jadwal Semifinal Euro 2024, Link Live Streaming dan Siaran Langsung


      Prediksi Skor Argentina vs Kolombia

      Pendukung Argentina akan gembira mengetahui bahwa superkomputer Opta telah memberi tim Scaloni peluang sebesar 62,9% untuk mempertahankan gelar Copa America mereka akhir pekan ini, tetapi menang melawan tim tangguh Kolombia, yang tidak pernah kalah dalam kompetisi apa pun selama lebih dari dua tahun, bukanlah hal yang mudah.

      Meski begitu, sang juara bertahan, yang memiliki banyak pengalaman dalam pertandingan besar, harusnya menang, terutama jika mereka dapat menemukan cara untuk menghentikan Rodriguez yang sedang dalam performa terbaiknya untuk menarik tali kendali dan memiliki pesulap mereka sendiri dalam diri Messi yang melangkah maju untuk pertandingan puncak.

      Peluang Menang:

      • Argentina: 45%
      • Seri: 33%
      • Kolombia: 22%

      Prediksi Skor:

      Argentina 2-1 Kolombia


      Link Live Streaming Argentina vs Kolombia

      Pertandingan antara Argentina vs Kolombia di semifinal Copa America 2024 yang akan berlangsung di Hard Rock Stadium, kick-off Senin, 15 Juli 2024, jam 07:00 WIB ini dapat ditonton melalui siaran langsung Indosiar dan live streaming di Vidio.

      Untuk menonton tayangan live streaming Copa America 2024 di Vidio, Anda dapat berlangganan paket terlebih dahulu. Terdapat 2 pilihan paket langganan yang dapat Anda pilih dengan harga dan durasi yang bervariasi.

      live-streaming Live Streaming Argentina vs Kolombia:

      Link Live Streaming Argentina vs Kolombia di Vidio paca Final Copa America 2024
      Link Live Streaming Argentina vs Kolombia – Vidio
      Link Live Streaming Argentina vs Kolombia di Indosiar pada final Copa America 2024
      Link Live Streaming Argentina vs Kolombia – Indosiar

      DISCLAIMER: Jadwal pertandingan dan siaran Copa America 2024 dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan pemegang hak siar.


      Jadwal Copa America 2024

      SEMIFINAL
      10 Juli 2024, 07:00 WIB Argentina vs Kanada – MetLife Stadium
      Skor: 2-0
      Gol: Julian Alvarez 22, Lionel Messi 51

      11 Juli 2024, 07:00 WIB Uruguay vs Kolombia – Bank of America Stadium
      Skor: 0-1
      Gol: Jefferson Lerma 39

      PEREBUTAN JUARA 3
      14 Juli 2024, 07:00 WIB Kanada vs Uruguay – Bank of America Stadium
      Skor: 2-2
      Gol: Ismael Kone 22, Jonathan David 80 – Rodrigo Bentancur 8, Luis Suarez 90+2
      Adu penalti: 3-4

      FINAL
      15 Juli 2024, 07:00 WIB Argentina vs Kolombia – Hard Rock Stadium

      ARTIKEL TERKAIT

      Post Sitemap

      Follow Berita Tenggulangbaru.id di Google News