AdminTB on Berita
3 Aug 2023 00:46 - 3 minutes reading

Daftar Penerima Kartu Prakerja Gelombang 58 dan Cara Mendapatkan Insentif dari Kartu Prakerja

Hasil seleksi Kartu Prakerja gelombang 58 sudah diumumkan. Bagi peserta yang lolos seleksi diminta untuk segera melakukan pembelian paket pelatihan.

“Buat yang belum lolos seleksi jangan khawatir. Kamu bisa bergabung lagi di gelombang seleksi selanjutnya ya Sob pastinya dengan ragam pelatihan yang terus bertambah kedepannya!” tulis Prakerja dalam salah satu unggahan di instagramnya, dikutip Kamis (3/8/2023).

 

Baca Juga: Cara Mengembalikan Data Pada Drive Partisi yang Terhapus atau Terformat, Terbukti 99,9% Datanya Kembali Utuh!

 

Kemudian Prakerja juga mengimbau para peserta untuk segera membeli pelatihan pertama dalam kurun waktu 15 hari setelah pengumuman penerima Prakerja gelombang 58. Bila tidak, kepesertaan akan langsung dicabut dan kedepannya tidak bisa ikut Prakerja lagi.

“Kamu hanya punya waktu 15 hari untuk beli pelatihan pertama! Jika kamu tidak membeli pelatihan sampai 15 hari sejak hari ini. Maka Kartu Prakerjamu akan non-aktif dan kepesertaanmu dicabut. Kamu tidak akan bisa mengikuti kembali Program Kartu Prakerja,” jelas Prakerja lagi.

Jika kepesertaan dicabut, maka saldo pelatihan akan hangus dan dikembalikan ke rekening Kas Umum Negara (KUN) yang dipegang oleh Bendahara Umum Negara.

Baca Juga: Daftar Jadi Penerima Bansos Lebih Mudah, Bisa Cara Online Maupun Offline

 

Cara Mendapatkan Insentif dari Kartu Prakerja

Insentif Kartu Prakerja sejak 2023 menjadi Rp 600 ribu, diberikan bagi yang sudah menyelesaikan pelatihan.

Meskipun insentif Kartu Prakerja hanya 600 ribu, program ini masih bisa memberikan banyak manfaat bagi peserta.

Berikut adalah tips untuk mendapatkan insentif Kartu Prakerja:

    1. Lengkapi profilmu dengan benar dan lengkap.
      Pastikan semua informasi yang kamu masukkan sudah sesuai dengan data diri kamu.

    2. Ikuti seleksi Kartu Prakerja.
      Seleksi Kartu Prakerja dilakukan secara online.

      Pastikan kamu sudah memenuhi semua persyaratan yang diajukan.

      Jika kamu lolos seleksi, pilihlah pelatihan yang sesuai dengan minat dan kebutuhanmu. Pelatihan yang tersedia di Kartu Prakerja sangat beragam, mulai dari pelatihan soft skill, hard skill, hingga kewirausahaan.

    3. Selesaikan pelatihan yang kamu pilih. Setelah kamu menyelesaikan pelatihan, kamu akan mendapatkan insentif sebesar Rp 600.000 per bulan selama 4 bulan.

    4. Beri ulasan dan rating untuk pelatihan yang kamu ikuti. Ulasan dan rating yang kamu berikan akan membantu calon peserta lain untuk memilih pelatihan yang tepat.

 

  1.  
  1.  
  1.  

Baca Juga: Cek Bantuan Langsung Tunai atau BLT BBM melalui DTKS Cek Bansos Kemensos

 

Berikut adalah beberapa langkah untuk meningkatkan peluangmu mendapatkan insentif Kartu Prakerja:

    1. Daftarlah Kartu Prakerja di saat pendaftaran dibuka. Pendaftaran Kartu Prakerja biasanya dibuka setiap bulan. Semakin cepat kamu mendaftar, semakin besar peluangmu lolos seleksi.

    2. Pastikan kamu sudah memenuhi semua persyaratan Kartu Prakerja. Persyaratan Kartu Prakerja bisa dilihat di website resmi Kartu Prakerja.

    3. Pilihlah pelatihan yang sesuai dengan minat dan kebutuhanmu. Pelatihan yang kamu pilih harus bisa membantumu untuk meningkatkan keterampilan dan kompetensimu.

    4. Selesaikan pelatihan yang kamu pilih dengan baik. Pastikan kamu mengikuti semua materi pelatihan dan mengerjakan semua tugas yang diberikan.

    5. Beri ulasan dan rating untuk pelatihan yang kamu ikuti. Ulasan dan rating yang kamu berikan akan membantu calon peserta lain untuk memilih pelatihan yang tepat.

 

  1.  
  1.  
  1.  
  1.  

Baca Juga: Program Keluarga Harapan (PKH)

 

Cara Mengikuti Pelatihan dengan Kartu Prakerja

Setelah dinyatakan lolos dalam seleksi pendaftaran Kartu Prakerja, peserta wajib mengikuti pelatihan yang tersedia. Saat ini, Prakerja sudah bermitra dengan berbagai platform digital, antara lain Bukalapak, Mau Belajar Apa, Pintaria, Pijar Mahir, Sisnaker, Kariermu, dan Tokopedia.

Berikut langkah untuk mengikuti pelatihan dengan Kartu Prakerja:

    1. Login Prakerja melalui www.prakerja.go.id

    2. Cek dashboard Prakerja untuk melihat 16 angka Nomor Kartu Prakerja dan memastikan dana pelatihan sudah tersedia.

    3. Bandingkan pelatihan di Bukalapak, Mau Belajar Apa, Pintaria, Pijar Mahir, Sisnaker, Kariermu, atau Tokopedia.

    4. Pilih pelatihan sesuai kebutuhanmu.

    5. Beli pelatihan dan bayar dengan Nomor Kartu Prakerja.

    6. Batas waktu pembelian pelatihan adalah 15 hari sejak menerima pengumuman yang ada di dashboard. Bila lewat dari waktu tersebut, maka kepesertaan Kartu Prakerja akan dicabut.

 

  1.  
  1.  
  1.  
  1.  
  1.  

Baca Juga: