Artikel/Berita

Wawasan

Perbedaan Call Center dan Customer Service, Pebisnis Wajib Tahu

Admin TB

24 April 2023 23:02:50

2.190 Kali Dibaca

Istilah call center dan customer service sering diartikan sebagai layanan yang menerima keluhan pelanggan. Masih banyak yang belum menyadari bahwa kedua istilah tersebut tidaklah sama. Ada perbedaan call center dan customer service yang terlihat dari cara kerja dan fungsinya.

Layanan yang berhubungan dengan pelanggan menjadi hal penting yang harus ada di sebuah bisnis. Dengan layanan tersebut, Anda sebagai pebisnis bisa memperoleh tanggapan dari pelanggan baik itu testimoni maupun keluhan. Berbagai bentuk tanggapan dari pelanggan dapat dijadikan bahan evaluasi guna mengembangkan bisnis lebih lanjut.

Inilah Perbedaan antara Call Center dan Customer Service

Masih banyak ditemui penggunaan istilah call center dan customer service dalam konteks yang sama. Padahal keduanya memiliki arti yang berbeda dari berbagai sisi dan kemudian menjadikan keduanya memiliki tujuan yang berbeda pula. Inilah perbedaan call center dan customer service:

1. Tugas Utamanya

Pada dasarnya, call center berfungsi sebagai sumber informasi bagi pelanggan. Jadi layanan ini memberikan informasi lengkap mengenai produk kepada pelanggan, mulai dari manfaat hingga kelebihan produk. Call center juga harus bisa menjawab pertanyaan konsumen mengenai produk sampai konsumen merasa yakin menggunakan produk tersebut.

Sementara tugas customer service lebih fokus pada menerima keluhan pelanggan. Layanan ini menjadi sarana bagi pelanggan untuk bisa menyampaikan rasa tidak puas atau harapannya terhadap suatu produk. Dengan kata lain, customer service bisa dikatakan berperan secara spesifik sebagai layanan purna jual.

2. Tindak Lanjutnya

Setelah melakukan tugas utamanya yaitu sebagai sumber informasi bagi pelanggan, selanjutnya call center akan melakukan tindak lanjut. Call center melakukan tindak lanjut dengan menggali lebih dalam informasi dari pelanggan terutama rasa ingin tahunya. Dari data tersebut akan didapat masukan untuk mengembangkan produk.

Customer service yang berperan dalam menerima keluhan pelanggan juga melakukan tindak lanjut. Bedanya, tindak lanjut yang dilakukan customer service adalah dengan meneruskan keluhan ke pihak terkait. Kemudian pihak terkait akan melakukan perbaikan guna memperbaiki citra perusahaan.

3. Lingkup Kerjanya

Perbedaan call center dan customer service sangat terlihat dari lingkup kerjanya. Peran call center dalam dunia marketing lebih luas dibanding peran customer service. Call center bisa menjadi media telemarketing bagi perusahaan. Dari pertanyaan yang diajukan konsumen, call center bisa memberikan lebih banyak solusi dari apa yang ditawarkan perusahaan.

Perbedaan Call Center dan Customer Service, Pebisnis Wajib Tahu
Sumber foto: Pexels.com

 

Sebagai layanan purna jual, peran customer service terbatas pada penerimaan keluhan atau mengatasi kendala yang dialami pelanggan. Dalam melaksanakan tugasnya, customer service harus memiliki kemampuan menenangkan pelanggan dengan memberikan solusi tepat agar kepercayaan pelanggan bisa dipulihkan.

Itulah beberapa poin yang menjadi perbedaan call center dan customer service. Dengan fungsi dan cara kerja yang berbeda, kedua layanan tersebut wajib ada di sebuah bisnis. Apabila Anda termasuk pebisnis baru dan kesulitan untuk menghadirkan kedua layanan tersebut, Anda bisa memanfaatkan aplikasi Koala Plus dengan beragam kemudahannya.

Koalaapp.id merupakan aplikasi yang memiliki fitur online customer service. Dengan fitur tersebut, tugas customer service sebagai penerima keluhan pelanggan bisa dilakukan dengan lebih mudah dan praktis melalui berbagai saluran. Aplikasi ini menjadi solusi bagi perusahaan yang kekurangan sumber daya manusia untuk melakukan tugas sebagai customer service.

Tidak hanya fitur live customer service, Koala Plus juga menawarkan sejumlah fitur modern lainnya. Di antaranya adalah pesan balasan otomatis, cek ongkos kirim, pencatatan transaksi dan mengatur kontak pelanggan. Koalaapp.id adalah aplikasi yang aman dengan menjamin keamanan data pengguna yang akan tersimpan dalam cloud server.

--------------

Agar anda tidak ketinggalan informasi terbaru seputar Wawasan, anda bisa join di Channel WA Tenggulangbaru.id dengan KLIK DI SINI. Selain itu Anda dapat menyimak update berita lainnya di tenggulangbaru.id dengan mengakses Google News.

Kirim Komentar

Komentar Facebook

Media Sosial

Facebook Twitter YouTube Instagram WhatsApp

Advertisement

Arsip Artikel

Advertisement

Komentar

Azriel Maulana Al-Walid
21 Mei 2024 16:43:18
Saya pingin dapat PIP tahun 2024... selengkapnya
Azriel Maulana Al-Walid
21 Mei 2024 16:40:20
Butuh ... selengkapnya
Lestari marganinhrum
26 April 2024 09:40:01
Saya terdaftar pkh baru dan blom punya kks apakah bisa... selengkapnya
Zaky
25 April 2024 00:36:07
Saya mau dapat PIP, bagaimana cara mengajukannya?... selengkapnya
Topani Sahara
02 April 2024 21:28:46
Semoga artikel ini bermanfaat, ... selengkapnya
Topani
27 Maret 2024 18:33:27
Semoga bermanfaat... selengkapnya
Naning
21 Maret 2024 02:55:45
Kenapa kok dana pip yg lain keluar ini punya anak saya... selengkapnya
Topani
08 Maret 2024 16:10:05
Makasih pak Dafris... selengkapnya
Dafris
08 Maret 2024 15:16:52
Sukses ya...... selengkapnya
Sokewih
08 Maret 2024 10:46:14
Kenapa bpnt saya tidak cair?... selengkapnya

Sinergi Program

Lapak Tenggulang Baru
OpenDesa
PCNU Musi Banyuasin
The Express
SMP Hidayatut Thullab

Statistik Pengunjung

Hari ini:4.827
Kemarin:6.543
Total Pengunjung:232.233
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:172.70.43.142
Browser:Tidak ditemukan