Berolahraga dengan benar mengoptimalkan kesehatan fisik dan menguatkan mental. Baca selengkapnya Selain menyegarkan tubuh, olahraga dapat menyegarkan pikiran. Baca selengkapnya Membaca, bagi pikiran, seperti olahraga bagi tubuh. Baca selengkapnya Tertawa itu seperti olahraga untuk jiwa. Baca selengkapnya

  Artikel/Berita

Bansos

Daftar Nama Penerima Bansos BLT 2022 Lihat di Link Ini, Bisa Dapat BLT Rp3 Juta

Admin TB

24 September 2022 14:46:39

310.349 Kali Dibaca

Daftar nama penerima bansos BLT 2022 Lihat di link ini bagi para penerima manfaat (PM) Bansos BLT Tahun 2022 yang belum menerima. Apalagi saat ini, pemerintah membuat program bansos ini akan dicairkan bersamaan dengan bansos tambahan Rp24,17 triliun atas pengalihan subsidi BBM.

 

BACA JUGA: Cara Daftar BLT BBM dan Bansos Lainnya menggunakan Aplikasi Cek Bansos

 

Kenyataan di lapangan ternyata masih banyak mayarakat yang layak mendapatkan bansos, namun terkendala masalah administrasi kependudukan ataupun tidak terjangkau oleh pendata.

Untuk itu pemerintah terus berupaya melakukan pembaruan data penerima bantuan sosial (bansos). Hal ini dilakukan agar segala jenis bansos, termasuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) Bahan Bakar Minyak (BBM), yang saat ini tengah dalam proses salur, tepat sasaran. 

Di lansir dari situs Kementerian Sosial saat menghadiri undangan dialog terbuka yang diadakan Kelompok Cipayung Plus bertema 'Kenaikan Harga BBM Kepentingan Siapa? Masalah atau Solusi?' di Menteng, Jakarta Pusat. "Agar bansos itu tepat salur, tepat sasaran, yang kami lakukan adalah perbaikan data itu sendiri," kata Mensos Risma  Senin sore (12/9). 
 
 Mensos Risma saat menghadiri undangan dialog terbuka yang diadakan Kelompok Cipayung Plus bertema 'Kenaikan Harga BBM Kepentingan Siapa Masalah atau Solusi' di Menteng, Jakarta Pusat
 
Dialog terbuka itu diawali dengan pemaparan pandangan dari sebelas mahasiswa, selaku Ketua Umum masing-masing organisasi, terhadap kenaikan harga BBM dan penerima BLTnya. Pandangan itu, lantas, ditanggapi oleh tiga penanggap yang diundang, salah satunya Mensos Risma. 
 
 
 
 
Mensos mengatakan, saat ini, pihaknya bersama jajarannya melakukan updating data setiap bulan. “Setiap bulan, saya buat SK baru untuk memastikan data tetap update. Tidak setahun dua kali, tapi setiap bulan, karena pergerakan data itu dinamis sekali,” ucap Mensos menanggapi pandangan para mahasiswa. 
 
Selain rutin melakukan updating data, lanjutnya, penerima BLT ini juga diusulkan dan didata oleh daerah masing-masing. “Daerahlah yang harus melakukan pendataan. Tidak ada yang tidak bisa karena ada perangkat desa/kelurahan dan perangkat kecamatan,” katanya tegas. 
 
Hal ini sesuai dengan Undang-undang Nomor 13 Tahun 2011 tentang Penanganan Fakir Miskin yang menyebutkan bahwa seorang fakir miskin yang belum terdata dapat secara aktif mendaftarkan diri kepada lurah/kepala desa. Begitu pun, kepala keluarga yang telah terdaftar sebagai fakir miskin wajib melaporkan setiap perubahan data anggota keluarganya kepada lurah/kepala desa, sehingga lurah/kepala desa dapat menyampaikan pendaftaran/perubahan sebagaimana dimaksud kepada Bupati/Walikota melalui Camat. 
 
Dengan demikian, Mensos mengharapkan bisa menekan angka ketidaktepatsasaran penerima BLT lantaran layak tidaknya target ditentukan sendiri oleh daerah yang bersangkutan. “Kalau daerah mengatakan mereka tidak mampu, ya diusulkan saja. Tapi, kalau mereka dianggap mampu, ya harus didrop,” ucapnya. 
 
Menurutnya, updating data setiap bulan dan usulan penerima BLT oleh daerah ini berkontribusi pada padannya Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) milik Kemensos dengan data kependudukan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil). “Yang jelas, data kami (dalam DTKS) harus padan dengan Dukcapil. Memang, tidak mudah, tapi bukan berarti tidak bisa,” kata mantan Walikota Surabaya dua periode itu. 
 
 
 
 
Tak sampai di situ, Mensos kembali meyakinkan mahasiswa bahwa Kemensos juga mengakomodasi masyarakat dengan fitur Usul Sanggah pada Aplikasi Cek Bansos, yang memungkinkan masyarakat untuk ikut memberi masukan lewat aplikasi apakah penerima BLT sudah tepat atau belum. Aplikasi ini diklaim sebagai terobosan dari permasalahan data selama ini, yakni adanya orang yang berhak mendapatkan bantuan, tapi tidak dapat (exclusion error), dan ada yang tidak berhak, tapi mendapat bantuan (inclusion error). 
 
“Dengan adanya menu ini, masyarakat bisa mendaftarkan atau menyanggah diri sendiri, keluarga atau orang lain yang berhak dan tidak berhak mendapatkan bansos sesuai dengan wilayah masing-masing,” kata Mensos sembari menjabarkan alur penggunaan aplikasi. 
 
Di samping Aplikasi Cek Bansos dengan laman resmi cekbansos.kemensos.go.id dan Jaga Bansos, Kemensos juga memiliki Aplikasi Whistleblowing System Tindak Pidana Korupsi (WBS-TPK) yang terintegrasi dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Lewat aplikasi/laman ini, disampaikan Mensos, KPK juga bisa memantau proses penyaluran, hingga segala bentuk penyelewengannya day to day
 

Kunjungi Juga: Warga yang Belum Terima Bansos BLT BBM 2022 Sebanyak 12 Juta, Cek Penerima Di Cekbansos

 

Rinciannya, ada bansos reguler yang dilakukan Kementerian Sosial. Targetnya 10 juta keluarga penerima manfaat (KPM). Masyarakat calon penerima bansos bisa cek di cekbansos.kemensos.go.id. Untuk besaran bansos PKH berbeda-beda tergantung peruntukkannya.

Penerima manfaat bansos PKH yang memenuhi kriteria mendapatkan bantuan uang tunai mulai Rp900.000 - Rp3.000.000.

 

Daftar nama penerima Bansos 2022 dapat di cek dengan cara berikut ini:

  1. Kunjungi situs cekbansos.kemensos.go.id menggunakan browser HP seperti Google Cek disini.
  2. Masukkan Provinsi, Kabupaten, Kecamatan, dan Desa/Kelurahan.
  3. Masukkan nama PM (Penerima Manfaat) sesuai KTP.
  4. Ketikkan 8 huruf kode (dipisahkan spasi) yang tertera dalam kotak kode.
  5. Jika huruf kode kurang jelas, klik icon  untuk mendapatkan huruf kode baru.
  6. Klik tombol CARI DATA.
  7. Sistem Cek Bansos Kemensos akan mencari Nama PM (Penerima Manfaat) sesuai Wilayah yang Anda inputkan.
  8. Selanjutnya, sistem akan menampilkan data nama calon penerima manfaat bansos PKH serta status penerimaannya.

Jika terdaftar sebagai penerima bansos 2022, Anda bisa mencairkan bantuan tersebut melalui PT. Pos Indonesia atau Bank Himbara seperti BNI, BTN, BRI dan Mandiri menggunakan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS). [admin-TB]

--------------

Agar anda tidak ketinggalan informasi terbaru seputar Bansos, anda bisa join di Channel WA Tenggulangbaru.id dengan KLIK DI SINI. Selain itu Anda dapat menyimak update berita lainnya di tenggulangbaru.id dengan mengakses Google News.

Komentar

Ahmad rojali

03 Januari 2023 15:05:05

saya dari dulu g pernah dapat bansos pak kenapa y pak

Muhammad Usman, ST

21 Desember 2022 15:03:08

Ass. Wr. Wb. Mohon mf knp sy tdk diberikan bantuan apapun dari program pemerintah Republik Indonesia baik PKM maupun BLT yg dipimpin oleh Bpk Jokowi sebagai Presiden RI sdgkan kehidupan sy saat cukup susah jgnkan makan 1 hari 3 kali, 1 kali sehari pun kadang² gk dapat. Tolong bpk pertimbagkannya terhidap kehidupan sy ini. Tks atas kebijakan dari bpk sy ucapkan wassalamu'alaikum. Wr. Wb. Oyaa...! Sy dr Aceh-Kota Lhokseumawe

yulianto

15 Desember 2022 04:43:01

semoga tepat sasaran.....

Ale Alom

05 Desember 2022 02:38:23

Mohon maaf, Saya mendaftar diri untuk mendapatkan bantuan BLT ,namun Dengan syarat harus lapor admin aplikasi mensos maka itu saya datang Mohon dan izin saya daftarkan diri untuk mendapatkan bantuan BLT..

Masrizal

04 Desember 2022 17:57:24

Saya butuh dana untuk anak sekolah

Suyitno

30 November 2022 21:44:25

Saya cek di situs. Saya dapat BLT tapi untuk bulan Desember 2022 mengapa saya tidak dapat. Saya pengen tau alasan nya.

Alfridus Ambanu

27 November 2022 14:39:30

Mohon maaf ibu bapak ???? Kenapa ya saya tidak menerima bansos Caranya bagaimana supaya bisa dapat Bansos

Wa mami

26 November 2022 11:09:27

Ia

Wa mami

26 November 2022 11:06:42

Saya ibu anak 3,2 sekolah sd satu balita,suami kerja buru bangunan,saya baru terdaftar di pkh tahun 2021,baru terima 4kali,tahun 2022 nama saya suda tidak ada.yg ingin saya tanyakan kenapa nama saya tidak ada lagi padahal dikampung saya orang yg terima bantuan pkh yg suda hampir 10thn masi terima,dan kenapa saya baru dapat bantuan 4kali nama saya sudah tidak ada.

Rody hartono

26 November 2022 10:15:22

Assalamualaikum, knapa ibu saya gak pernah dapat bantuan BLT atau bansos sedangkan nama ibu saya sudah terdaftar di PKH ,ibu saya cuma pedagang kecil" an pendapatan 200/300 perhari

ROSDIANA BR LUBIS

22 November 2022 11:38:05

Kok orng tua saya gk dpt padahal kami orng susah mkn saja senin kamis

ROSDIANA BR LUBIS

22 November 2022 11:37:18

Kok orng tua saya gk dpt padahal kami orng susah mkn saja senin kamis

BILLY ANDREAN

17 November 2022 18:43:24

Bantuan sosial

Munayah

15 November 2022 12:48:43

Saya daftar usulan

Belna Wati

14 November 2022 14:50:17

Assalamu'alaikum, Saya salah satu mahasiswi di UNI sjech M Djamil Djambek Bukittinggi dan orang tua saya adalah pak sapran, saya tidak punya ibu dan penghasilan ayah saya 400.000 per bulan tapi kenapa kami tidak masuk sebagai salah satu penerima BLT. sementara banyak orang yang lebih baik keadaan keuangannya dari kami itu masuk. Terimakasih Wassalamu'alaikum w.w

Serlin A Taib

14 November 2022 06:00:26

Penerima baru

Hairiyah

06 November 2022 11:58:52

Saya belum pernah mendapatkan bantuan,hanya bantuan kjp dr 1 anak sedangkan anak saya ada 2 dan saya seorng janda

maya sopa

06 November 2022 08:30:30

Kepada Yth, Bapak/Ibu Di Tempat kenapa saya tidak pernah sekali pun mendapatkan bantuanapapun sedangkan penghasilan saya tidak tetap rumah juga masih numpang tapi tidak pernah sekalipun mendapat bantuan sedangkan saya janda dan warga yang tidak mamputapi kenapa kebanyakan yang mendapat bantuan yang lebih mampu. semoga keluhan saya ini dapat di pertimbangakan dan di tindak lanjuti. Terima Kasih

Erni era wati

05 November 2022 04:56:57

Nama saya masih ada di daftar pkh..tapi sudah 1 tahun pkh sy gk keluar. Apakah karna saya pindah kk ya. Apakah ada solusi nya. Bagaimana vara nya saya dapat kembali pkh dgn data sy yg baru skrg..?. Tolong tunjuk kan ya.

Janri yustitus gea

03 November 2022 21:15:49

Dah 2 bulan BSU gk pernah masuk,????

Andi sakura

01 November 2022 17:53:29

Belum pernah dapet bantuan apapun.

ROBIATUl ADAWIYAH

31 Oktober 2022 11:30:40

Terdaptar anggota PKH,tapi tidak mendapatkan apa apa

Hadie

23 Oktober 2022 23:22:47

Saya nlom pernah mendapatkan blt

Hidayat

23 Oktober 2022 15:12:24

Sampai sekarang belum ada kabarnya atau belum cair"padahal d kemnaker udah terdaftar bantuan bsu 2022 terus udah bikin rekening bank mandiri bayar 100rb engga tau kendala d mna ????

Hidayat

23 Oktober 2022 15:04:20

Sampai sekarang belum ada kabarnya atau belum cair"padahal d kemnaker udah terdaftar bantuan bsu 2022 terus udah bikin rekening bank mandiri bayar 100rb engga tau kendala d mna ????

Iwan Setiawan

19 Oktober 2022 08:45:57

Tidak kerja

Iwan Setiawan

19 Oktober 2022 08:45:25

Tidak kerja

Iwan Setiawan

19 Oktober 2022 08:43:46

Tidak kerja

Dwi

17 Oktober 2022 15:06:40

Rumah saja masih numpang sana-sini,tp tidak pernah ada petugas baik pkh maupun perangkat desa yang bersedia membantu data untuk mengusulkan bantuan,tolonglah siapaun yang bisa membantu saya mohon

Charles manurung

15 Oktober 2022 16:55:52

Saya seorang supir angkutan umum koperasi INSERT INTO `komentar` (`id`, `id_artikel`, `owner`, `email`, `subjek`, `komentar`, `tgl_upload`, `status`, `tipe`, `no_hp`, `updated_at`, `is_archived`, `permohonan`) VALUES ( KPUM ) trayek 06 MEDAN, saya didata INSERT INTO `komentar` (`id`, `id_artikel`, `owner`, `email`, `subjek`, `komentar`, `tgl_upload`, `status`, `tipe`, `no_hp`, `updated_at`, `is_archived`, `permohonan`) VALUES ( saya difoto didepan mobil angkot saya sambil pegang KTP) oleh dishub terminal pinang baris untuk bantuan langsung tunai BBM katanya,tetapi saya tidak dapat bantuan tersebut diakibatkan domisili saya di Deli serdang,jd yang dapat bantuan hanya supir angkot yang KTPnya berdomisi di kota Medan,jd saya sangat kecewa sekali,saya sangat berharap dapat bantuan BBM tersebut,ya karena Boby hanya memberikan bantuan tersebut hanya yg domisilinya di kota Medan,yg sopir angkot bmembawa angkot di kota Medan tetapi KTPnya berdomisili di Deli Serdang ya,gigit jarilah

Wawat

14 Oktober 2022 18:19:02

Saya ingin bantuna

Zulmahdi muhammad

14 Oktober 2022 17:19:00

Saya ingin sekali nendapatkan bansos Dari pemerintah Tolong lah Nanti Allah akan memberi lebih kepada kalian semua

zulmahdi muhammad

14 Oktober 2022 16:43:51

Saya ingin sekali medapatkan bansos Kerena harga bbm makin naik

Mulyadi

11 Oktober 2022 09:00:28

Saya ingin BSU

Wulan Ramadani hasibuan

09 Oktober 2022 14:59:19

Cek bansos

APRYEN SUWARNY

09 Oktober 2022 04:59:12

Selamat pagi sy sudah daftar dtks yg tahap 1 Februari 2022 tapi sampai detik ini sy belum dapat bansos apapun..tolong saya pemerintah Kemsos..karena sy sangat membutuhkan.. untuk KJP anak saya mau daftar SMA. Sekarang anak sy kelas 3 SMP..mohon dengan sangat bantuan pemerintah sangat kami harapkan dengan tujuan mencerdaskan anak bangsa. Sekali lagi saya mohon..Tolong dengarkan kami..Terima kasih wassalam..????????

Nedi

08 Oktober 2022 09:45:48

Mohon penjelas "saat isi data di Bsu.keteagakerjaan.co.id ,saya sebagai penerima BSU,smpe dgn mengaktifkan kembali rekening BNI saya dgn mmbayar 100rb &rekening sdh bisa aktif kembali.tapi setelah saya cek kembali di bsu ketenagakerjaan.co.id, selalu dpt jawaban selalu"data sdg dlm proses perifikasi&Kemensos" smpe dgn detik ini. Dan saya setiap ada Bansos,BLT apapun tidak pernah dapat sampe detik ini.TOLONG JELASKAN ,KNAPA?????

ANDRYAN HIDAYAT

08 Oktober 2022 05:44:59

BANSOSNYA

EUAGGELION JD BALOWAHANI

08 Oktober 2022 03:24:01

Bantuan

RESKI YULIAWAN

06 Oktober 2022 17:38:02

Aneh tapi nyata saya tidak perna dapat bantuan tapi nama saya terdaftar di kementerian sosial tolong penjelasan nya????????????

Niki

05 Oktober 2022 23:24:55

Saya belum perna sama sekli mendapat kan BLT mudah mudahan di bulan ini saya dapat

Dediirawan

05 Oktober 2022 20:34:45

Ingin dapat bantuan pemerintah

Rinadi oloan ritonga

05 Oktober 2022 20:14:47

Dana bantuan lang sung tunai

Ujang Saepudin

05 Oktober 2022 07:15:56

Saya tidak pernah dapat sama sekali sedangkan saya punya banyak anak penghasilan saya tidak tetap rumah jga masih numpang tpi g pernah sama sekali dpat bantuan apa pun , tpi knpa kbnyakn yg dpt bantuan yg lebih dari mampuh ?

Intan imam

05 Oktober 2022 06:44:55

Dr awal bantuan pemerintah tahun 2018 Mencoba daftar dan melengkapi persyaratan sampai skrng 1 pun tidak pernah dapat bantuan apapun,mulai dari pkh,blt,subsidi sampai prakerja udh 5x daftar nda pernah lolos,sampai blt bbm pun dicek nda juga lolos padahal ekonomi dibilang keluarga tidak mempunyai apa2, apakah pengurus dari desa atau mmng pemerintah salah sasaran menyalurkan bantuan.

Giyanti

04 Oktober 2022 07:11:32

Saya membutuhkan dana BLT

SOIMIN

03 Oktober 2022 07:58:04

Apakh saya sdah dpt blt

Wapril rianto

03 Oktober 2022 00:21:52

Saya ingin menerima bansos karna saya belum kebagian padahal ekonomi saya kekurangan

Yediyanto aristo dangga

01 Oktober 2022 09:30:40

Tidak menerima banson

MULYADI

01 Oktober 2022 08:00:19

Saya dari pertama macam2bantuan gk pernah dapat padahal kalau dari persyaratan memenuhi kriteria kok bisa gk dapat

Noldiwanto ndapa domu

30 September 2022 05:25:52

Mendaftarkan diri untuk menjadi penerima bansos

Heni restiningsih

29 September 2022 21:44:00

Pengen dapet bantuan karena kami sangat membutuhkan

PRIMUS SINAGA

29 September 2022 17:31:17

Kenapa saya tidak pernah sekali pun mendapat kan bantuan pemerintah,, Yang kaya tetap di kaya kan, yang miskin ttp di miskin kan.. Tolong di respon

Jamal

29 September 2022 14:51:50

Cek data penerima

Siti Anisa Rachma

27 September 2022 20:30:29

pernah sekali mendapatkan bantuan, tp harus menyerahkan proposal di kelurahan, yang bantuan pkh, blt bbm, dll...belom pernah sama sekali,ditempat saya yang menerima bantuan rata2 orang yang mampu, punya sawah, punya mobil banyak, sedangkan yang benar2 membutuhkan tidak pernah sekalipun merasakan " bantuan pemerintah" tanpa harus menyerahkan proposal terlebih dahulu.

Zulkifli

27 September 2022 17:58:00

Kenapa saya ndak pernah sekalipun dapat bantuan dari pemerintah

Valentinus hambut

27 September 2022 17:20:47

Bisa dibantu cek

Rita Zahara

27 September 2022 12:27:02

Saya ingin mendapatkan blt untuk buka usaha

Moh.iqbal.hamdani

27 September 2022 11:31:23

Semoga indonesia maju

MOCHAMAd ROSYId

27 September 2022 08:34:51

Sya Tak Pernah Dapat kan Bantuan Dalam Bentuk Apapun. Sampai Saat Ini.

Putra satriawan

26 September 2022 17:08:55

Ga cair2 ini boss

ADITHYA ZAKY KURNIAWAN

26 September 2022 14:47:29

ingin mendapat kan bantuan

Tina

26 September 2022 14:05:41

Truntuk bapak/ibu Saya selama usia 21smpe 43blum pernah mendapatkan santunan/pantuan apa pun Walupun saya punya usaha warung kecil tpi ko ga sedikit pun yg kasih saya bantuan mf dan trimah kasih

Benny apriandi

26 September 2022 00:30:21

Assalammualaikum wrb...permisi bapak/ibu yang saya hormati... Saya benny apriandi ingin bertanya saya tidak pernah sekali mendapatkan bantuan seperti uang BLT prakerja dan bansos...saya bekerja buruh atau serabutan kuli bangunan...mohon bantuan nya apa ada yang salah sehingga saya tidak dapat????????????

Tubagus Hanafi

25 September 2022 22:35:40

Saya tidak dapat bantuan BLT tahap 1 Rp 1jt dan tahap ke 2 600 RB padahal sudah didaftarkan oleh HRD kami knpa teman sepabrik dapat klo saya tidak tolong jelaskan

LUKMAN HAMID

25 September 2022 05:42:29

Saya sangat membutuhkan nya pak

Kirim Komentar

Komentar Facebook

Media Sosial

Facebook Twitter YouTube Instagram WhatsApp

Advertisement

Arsip Artikel

Advertisement

Komentar

Azriel Maulana Al-Walid
21 Mei 2024 16:43:18
Saya pingin dapat PIP tahun 2024... selengkapnya
Azriel Maulana Al-Walid
21 Mei 2024 16:40:20
Butuh ... selengkapnya
Lestari marganinhrum
26 April 2024 09:40:01
Saya terdaftar pkh baru dan blom punya kks apakah bisa... selengkapnya
Zaky
25 April 2024 00:36:07
Saya mau dapat PIP, bagaimana cara mengajukannya?... selengkapnya
Topani Sahara
02 April 2024 21:28:46
Semoga artikel ini bermanfaat, ... selengkapnya
Topani
27 Maret 2024 18:33:27
Semoga bermanfaat... selengkapnya
Naning
21 Maret 2024 02:55:45
Kenapa kok dana pip yg lain keluar ini punya anak saya... selengkapnya
Topani
08 Maret 2024 16:10:05
Makasih pak Dafris... selengkapnya
Dafris
08 Maret 2024 15:16:52
Sukses ya...... selengkapnya
Sokewih
08 Maret 2024 10:46:14
Kenapa bpnt saya tidak cair?... selengkapnya

Sinergi Program

Lapak Tenggulang Baru
OpenDesa
PCNU Musi Banyuasin
The Express
SMP Hidayatut Thullab

Statistik Pengunjung

Hari ini:5.340
Kemarin:5.169
Total Pengunjung:220.545
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:172.70.42.76
Browser:Tidak ditemukan