Diawali dengan Bismillah, menyambut bulan penuh berkah. Mari tingkatkan keimanan dan takwa. Semoga ibadah kita sebulan mendatang diterima oleh Allah SWT, bisa berpuasa sebulan penuh dan terhindar dari menuruti hawa nafsu Seiring terbenam mentari di akhir Syakban. Berganti, menyambut Bulan Ramadan yang suci. Pesan ini sebagai ganti jabat tangan, Marhaban ya Ramadan! Marilah kita selalu bersyukur, dan semoga Ramadan tahun 2023 ini damai dan penuh berkah. Marhaban Ya Ramadan. Mari kita sambut bulan yang suci dengan hati yang bersih dan saling memaafkan. Marhaban Ya Ramadan! Semoga kita semua mendapat kesuksesan dan kemakmuran, serta rahmat dari Allah SWT. Wishing you a happy Ramadan! May Allah SWT bless your path with knowledge and light that will help to enlighten your heart! (Semoga Ramadanmu menyenangkan! Semoga Allah SWT memberkati jalanmu dengan ilmu dan cahaya yang akan membantu menerangi hatimu!) Selamat Hari Anak Sedunia 2023 untuk semua anak terkasih. Semoga kelak dapat melayani setiap orang dengan penuh kasih sayang dan rasa sabar. -- selengkapnya... Selamat Hari Anak Sedunia. Semoga peringatan ini bisa memberikan kesadaran semua pihak untuk lebih mengutamakan pendidikan untuk anak. -- selengkapnya...

Artikel/Berita

BERITA

Cara Atasi Gagal Login di sscasn bkn go id 2022 PPPK

Admin TB

05 November 2022 22:54:05

67.964 Kali Dibaca

Lampiran File

Download

Pendaftaran seleksi PPPK 2022 sudah dibuka untuk jabatan fungsional guru melalui website https://sscasn.bkn.go.id. Pendaftaran PPPK Guru 2022 dijadwalkan berlangsung mulai 31 Oktober sampai 13 November 2022. Namun ada beberapa kendala yang dihadapi pelamar salah satunya gagal login. Kali ini akan kami sampaikan cara atasi gagal login di sscasn bkn go id 2022 PPPK sesuai dengan panduan yang dirilis oleh panitia seleksi nasional.

Baca Juga :  Pembuatan Akun di Sscasn.bkn.go.id untuk PPPK Tahun 2022

Kendala Saat Pendaftaran PPPK 2022 dan Cara Mengatasinya

Berdasarkan buku Panduan Pendaftaran CASN 2022 yang diterbitkan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) ada beberapa kendala yang umum dihadapi pelamar PPPK di sscasn.bkn.go.id.

Berikut daftar kendala tersebut dan cara mengatasinya: 

1. Gagal Login SSCASN

Gagal login di sscasn.bkn.go.id bisa terjadi karena berbagai alasan, salah satunya lupa password akun SSCASN.

Perlu diketahui bahwa pelamar yang ingin mendaftar PPPK 2022 wajib memiliki akun SSCASN. Bagi pelamar yang pada seleksi 2021 sudah membuat akun, maka dapat kembali menggunakan akun lamanya. Sedangkan pelamar yang belum memiliki akun bisa mendaftar melalui link https://daftar-sscasn.bkn.go.id.

Namun, jika pelamar lupa password pelamar bisa mengakses laman https://helpdesk-sscasn.bkn.go.id lalu klik menu "Reset Password Akun SSCASN" dan lengkapi formulir yang tersedia.

Selanjutnya, pelamar tinggal menjawab pertanyaan pengaman sesuai dengan yang pelamar daftarkan sebelumnya. Setelah itu, pelamar dapat membuat password baru yang bisa digunakan untuk login SSCASN.

Baca Juga :  Portal Pengecekan Status PPPK

2. Lupa Jawaban Pengaman

Selain lupa password, lupa jawaban pengaman juga menjadi kasus yang sering ditemui saat pendaftaran PPPK di SSCASN.

Merujuk laman tanya jawab SSCASN, kendala ini bisa diatasi dengan mengisi formulir di laman Helpdesk SSCASN. Caranya, pelamar bisa masuk ke link https://helpdesk-sscasn.bkn.go.id kemudian pilih menu “Lupa Jawaban Pengaman 1” atau "Lupa Jawaban Pengaman 2" dan lengkapi formulir isian yang tersedia.

Selanjutnya, pelamar bisa melakukan membuat password dan jawaban pengaman yang baru. Jika khawatir lupa lagi dengan jawaban pengaman, pelamar bisa mencatat dan menyimpan jawaban yang dibuat di tempat yang aman, namun mudah diingat.

Baca Juga :  Seleksi PPPK Guru 2022 Di Buka, Simak Ketentuan Tahapan Mekanismenya

3. Tidak bisa membuka website sscasn.bkn.go.id

Kendala lain yang sering dihadapi pelamar PPPK adalah kesulitan membuka website sscasn.bkn.go.id. Hal ini mengakibatkan peserta tidak bisa login ke akun maupun mengakses informasi yang ada di SSCASN.

Kendala ini bisa diatasi dengan memastikan akses menggunakan browser yang tepat. Berdasarkan buku panduan yang dirilis BKN, pelamar disarankan untuk membuka website SSCASN menggunakan Google Chrome atau Mozilla Firefox versi terbaru. Selain itu, pastikan sambungan internet yang digunakan pelamar cepat dan stabil.

Baca Juga :  Pendaftaran Seleksi PPPK Tenaga Guru Dibuka melalui portal sscasn.bkn.go.id

4. Galat NIK dan Nomor KK tidak sesuai

Kendala ini dapat terjadi saat proses pendaftaran akun di SSCASN. Jika terjadi ketidaksesuaian antara Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK), pelamar akan menerima pesan: "Galat. Mohon maaf NIK dan No.KK tidak sesuai" Pesan ini muncul begitu pelamar memasukkan data NIK dan KK saat pendaftaran akun SSCASN.

Apabila muncul Pesan Galat NIK dan No KK tidak sesuai, silahkan ikuti instruksi pada Pesan Galat, BUKAN menghubungi instansi atau Badan Kepegawaian Negara (BKN) selaku Panitia Seleksi Nasional (Panselnas).

Jika terjadi kendala ini, maka panselnas menyarankan untuk menghubungi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) setempat bukan BKN. Pelamar juga bisa melaporkan ketidaksesuaian NIK dan KK melalui layanan HALO Dukcapil di nomor 1500537.

Baca Juga :  Segera Digelar Seleksi PPPK Tenaga Kesehatan 2022, Cermati Mekanismenya

5. Gagal unggah dokumen persyaratan

Salah satu tahap dalam pendaftaran PPPK 2022 di SSCASN adalah unggah dokumen atau berkas persyaratan.

Kendati demikian, sering dilaporkan pelamar yang gagal mengunggah dokumen yang disyaratkan. Kendala ini bisa diatasi dengan memastikan bahwa ukuran dan jenis file dokumen yang diunggah tidak melebihi batasan yang ditetapkan.

Mengutip FAQ SSCASN, berikut ketentuan batas ukuran unggah dokumen persyaratan:

  • Scan Pas foto berlatar belakang merah berukuran maksimal 200 Kb bertipe file JPEG/JPG.
  • Scan Swafoto berukuran maksimal 200 Kb bertipe file JPEG/JPG.
  • Scan KTP berukuran maksimal 200 Kb bertipe file JPEG/JPG.
  • Scan surat lamaran berukuran maksimal 300 Kb bertipe file PDF.
  • Scan ijazah dan serdik/STR berukuran maksimal 800 Kb bertipe file PDF.
  • Scan Transkrip nilai berukuran maksimal 500 Kb bertipe file PDF. dan
  • Scan dokumen pendukung lainnya berukuran maksimal 800 Kb bertipe file PDF.

Selain dari Cara Atasi Gagal Login di sscasn bkn go id 2022 PPPK di atas, perlu juga kami sampaikan juga hal-hal sebagai berikut:

1. Perihal Perbaikan Data

Anda TIDAK DAPAT memperbaiki data jika sudah klik “Akhiri Pendaftaran” di halaman Resume. Untuk itu Anda harus BERHATI-HATI dalam mengisi data. Namun demikian, apabila ternyata masih terdapat data yang perlu diperbaiki setelah terkirim maka data tersebut dapat diperbaiki setelah lulus ujian dan akan diproses pada waktu pemberkasan penetapan NIP.

 

2. Penggantian Dokumen yang sudah di unggah

Dokumen yang sudah diunggah masih dapat diganti selama Anda belum klik “Akhiri Pendaftaran”.

 

Komentar

Hamdan

11 Maret 2023 17:20:31

Bagaimana cara mengatasi galat ketika menyanggah.? Karena nilai saya lebih tinggi dibandingkan p3 yang lolos dan penempatan disekolah induk

Hamdan

11 Maret 2023 17:14:11

Bagaimana cara mengatasi galat ketika mengunggah sanggahan..? Karena nilai saya lebih tinggi dari p3 yang lolos dan penempatan disekolah induk

Nuriwayati

07 Januari 2023 16:18:24

bagaimana cara mengatasi galat anda diwajibkan mengunggah foto dan KTP padah sudah di unggah

suseno

29 Desember 2022 19:00:09

mantap gan <a href="www.kabarinhil.com">info</a> nya

Khairil anwar

26 Desember 2022 02:05:19

Bgmn solusi jika akun selalu muncul pendaftaran guru sudah tutup mohon pencerahannya

https://kwikprintsby.business.site/

09 Desember 2022 06:37:29

ok https://kwikprintsby.business.site/

Santi

19 November 2022 21:26:55

Bagaimana cara mengatasi masalah jika gagal melanjutkan pendaftaran pemilihan formasi karena data SISDMK tahun lahirnya beda dengan Data Dukcapil dan IJAZAH.. Mohon pencerahannya secepatnya,karena batas akhir pendaftaran sisa 2 hari lagi????

Santi

19 November 2022 21:18:46

Bagaimana cara mengatasi masalah jika gagal melanjutkan pendaftaran pemilihan formasi karena data SISDMK tahun lahirnya beda dengan Data Dukcapil dan IJAZAH.. Mohon pencerahannya secepatnya,karena batas akhir pendaftaran sisa 2 hari lagi????

Dana Syahidin

17 November 2022 12:03:31

Belum sempat sampai resume karena waktu keburu habis. Bagaimana solusinya?

mei ginna luffiana

16 November 2022 22:15:26

tolong punya saya tidak muncul tenaga pendidikannya

mei ginna luffiana

16 November 2022 22:15:12

tolong punya saya tidak muncul tenaga pendidikannya

mei ginna luffiana

16 November 2022 22:14:04

tolong punya saya tidak muncul tenaga pendidikannya

mei ginna luffiana

16 November 2022 22:11:40

tolong, munculkan kembali formasi di laman punya saya secepatnya

mei ginna luffiana

16 November 2022 22:09:57

saya mohon kepada panitia pppk untuk data saya secepatnya perbaiki mengingat masa sanggah yang terbatas,kenapa di tampilan saya formasi hanya ada tenaga kesehatan padahal sudah jelas di dapodik klo saya guru atau tenaga pendidikan,jadi tolong reset saya berhak untuk ikutan karena saya sebagai warga negara indonesia,jangan di persulit

ziya

16 November 2022 19:52:46

Salam.. bagaimana solusinya jika disana tertera meminta SK Bakti tapi salah mengupload SK Kerja, sedangkan SK Bakti dari kemenkes tidak ada, dan berkas tersebut tidak bisa dihapus dari unggahan. apakah berpengaruh terhadap berkas

Winda Lourensi

16 November 2022 14:53:26

Bgmana cara mengatasi Data anda tidak termasuk pada data SISDMK & NIK tdk terdaftar sebagai calon pelamar PPPK???

Freine

16 November 2022 08:08:29

Jika pada pendaftaran nomor str yg di input di sisdmk adalah str D3 sementara str yang saya unggah adalah str ners,bagaimana caranya agar nomor str bisa di edit ganti yang ners?terima kasih????????

Riyani fatmareza

16 November 2022 07:30:38

gagal mengambil data karena tanggal lahir tidak ditemukan pada basis data kementrian kesehatan bagai mana solusinya terima kasih

wa ida.Amd.Keb

16 November 2022 03:30:17

bagaimana cara mengatasi permasalahan gagal mengambil data dari web service SISDMK karena tanggal lahir tidak ditemukan pada basis data Kementerian Kesehatan

Winda Lourensi

16 November 2022 01:38:29

NIK tidak terdaftar sebagai calon pelamar PPPK

Winda Lourensi

16 November 2022 01:34:56

NIK belum terdaftar sebagai calon pelamar PPPK

Ulfa

15 November 2022 12:46:20

Apa yang harus di lakukan jika klik formasi gagal karna tanggal lahir di SISDMK beda dengan tanggal lahir dukcapil dan ijazah?

jumriah

14 November 2022 23:52:02

Bgamana solusinya jika tgl lahir di SDMK 15 april 1991,sementara yg terdaptar di dukcapil dan ijazah 18 april 1991.mhon solusinya krna pendaptaran sdah di buka

Stefania

14 November 2022 20:30:39

Apa solusinya jika nik sudah terdaftar atas nama pengguna lain. CPNS bisa daftar, tenaga non asn bisa daftar tapi d sisdmk nik tdk terdaftar dan nik sudah d pakai oleh pengguna lain. Ini tolong d jelaskan.. Saya sudah dekati Dispenduk tapi hasilnya sama saja

Stefania

14 November 2022 20:24:33

Apa solusinya nik sudah terdaftar diatas nama pengguna lain.sya suda hubungi Dispenduk terdekat tapi tetap saja Sama. Solosi ya bagaimana

Sriniawati Laia

14 November 2022 16:49:27

Apa yang harus kita lakukan ketika tanggal lahir di sisdmk Kemenkes tidak sesuai dengan dukcapil dan ijazah. Padahal di dukcapil dan ijazah sudah benar INSERT INTO `komentar` (`id`, `id_artikel`, `owner`, `email`, `subjek`, `komentar`, `tgl_upload`, `status`, `tipe`, `no_hp`, `updated_at`, `is_archived`, `permohonan`) VALUES (04-03-1997). Tapi di sisdmk Kemenkes salahINSERT INTO `komentar` (`id`, `id_artikel`, `owner`, `email`, `subjek`, `komentar`, `tgl_upload`, `status`, `tipe`, `no_hp`, `updated_at`, `is_archived`, `permohonan`) VALUES (01-02-1996). Tolong untuk dibantu kami. Terimakasih

Rahmah

14 November 2022 07:48:43

Sepertinya masalah ketidaksesuaian tanggal lahir di sisdmk dengan ijazah dan Disdukcapil banyak, semoga setelah penarikan data sudah bisa lanjut yah teman2

Nursanti

14 November 2022 01:27:52

Bagaimana cara mengatasi masalah jika gagal memilih formasi karena terkendala dengan ketidaksesuaian tanggal lahir di sisdmk Kemenkes dengan data dukcapil padahal sudah melapor di dukcapil bahwasanya data saya sesuai dengan yg tertera di KTP. DAN JUGA SAYA sudah melapor sama operator sisdmk puskesmas mengenai data saya setelah di buka tanggal lahir saya itu 18-06-1990 yg tertera disisdmk puskesmas saya bingung tapi di setiap saya login di akun PPPK saya terkendala mengenai tanggal lahir Tanggal LAHIR YANG SALAH yang DI INPUT DI SISDMK KEMENTERIAN KESEHATAN 17-06-1990. Sebenarnya YANG BENAR TANGGAL LAHIR SAYA ADALAH 18-06-1990

Fissilmi.k

12 November 2022 20:14:54

Ketika memilih jenis PPPK kesehatan terdapat kendala selalu gagal karna tanggal lahir berbeda di sisdmk dan dukcapil..padahal sudah di cek di sisdmk tanggal lahir sama. Apa jaringan sscasn lagi error? Atau bagaimana... Mohon solusinya...

BASTIAR

12 November 2022 10:39:53

Apa yang harus di lakukan untuk melanjutkan pendaftaran gagal mengklik formasi karena tahun lahir di SISDMK berbeda dengan tahun lahir di DUKCAPIL

Maretina Halawa

12 November 2022 02:05:03

Bagaimana cara mengatasi masalah jika gagal memilih formasi karena terkendala dengan ketidaksesuaian tanggal lahir di sisdmk Kemenkes dengan data dukcapil padahal sudah melapor di dukcapil bahwasanya data saya sesuai dengan yg tertera di KTP. DAN JUGA SAYA sudah melapor sama operator sisdmk puskesmas mengenai data saya setelah di buka tanggal lahir saya itu 19-03-1997 yg tertera disisdmk puskesmas saya bingung tapi di setiap saya login di akun PPPK saya terkendala mengenai tanggal lahir Tanggal LAHIR YANG SALAH yang DI INPUT DI SISDMK KEMENTERIAN KESEHATAN 01-03-1997. Sebenarnya YANG BENAR TANGGAL LAHIR SAYA ADALAH 19-03-1997

Rokani

11 November 2022 16:46:10

Harus bagaimana jika data di sisdmk dengan dukcapil tidak sesuai,padahal sdh d perbaiki tetapi msh blm bs melanjutkan dan memilih jenis formasi mohon petunjuk y

Desi ratna Sari

10 November 2022 19:26:40

Kenapa gagal klik formasi PPPK nakes muncul tulisan tanggal lahir tidak ditemukan di sisdmk

Anny

10 November 2022 08:47:00

Bagaimana dengan permasalahan gagal mengambil data dari web service sisdmk karena tanggal lahir tidak ditemukan pada basis datang kementerian kesehatan?

yelvia

10 November 2022 05:16:36

apa yg harus saya lakukan jika gagal klik formasi data tanggal lahir kementrian kesehatan di SISDMK tidak sesuai dengan data DUKCAPIL

Rusni nggilu

10 November 2022 04:22:21

Bagaimana cara mengatasi permasalahan gagal mengambil data dari web service sisdmk karena tanggal lahir tidak ditemukan pada basis datang kementerian kesehatan

Rusdi

10 November 2022 01:52:20

Bagaimana cara mengatasi permasalahan gagal mengambil data dari web service sisdmk karena tanggal lahir tidak ditemukan pada basis datang kementerian kesehatan

Nur Arni

10 November 2022 00:09:32

Apa yang harus dilakukan jika data tanggal lahir pada SISDMK tidak sesuai dengan tanggal lahir di KTP dan IJAZAH

Ayu Maharani

09 November 2022 23:26:31

Bagaimana solusinya nomor STR saya yang terdaftar di SISDMK masih STR yang lama, sementara saya sdh memperbaharui STR saya, jadi nomer STR saya yg di SISDMK tidak update?? Diakun pendaftran P3K msih nomer STR lama dan tidak bisa di ganti, mohon solusinya??

Devi permika

09 November 2022 21:09:42

bagaimana cara nya gagal mengambil data tanggal lahir sisdmk dengan dukcapil berbeda

Isma Astiani

09 November 2022 18:33:46

Bagaimana caranya jika saat penginputan data di SISDMK bulan April 2022 STR saya belum keluar, saat pengisian data No STR dikosongkan. sekarang STR nya sudah ada, sekarang di akun pendaftaran p3K kolom nomor STR masih kosong, dan tidak bisa diganti, atau dimasukkan nomor STR. Mohon solusinya. Terimakasih

Maya novita

09 November 2022 15:54:59

Bagaimana cara ny,gagal mengambil formasi,data tanggal lahir sisdmk dgn dukcapil berbeda,,,semenatar sudh melapor d dukcapil,,tanggal lahir sudh sesuai dgn dukcapil

Apa harus verval lagi karena sudah verval tahun 20

09 November 2022 14:59:16

Mohon di tindak lanjuti kanapa saya tidak bisa ikut PPPK dengan alasan harus verval karena sudah saya verval tahun 2020 mohon di tindak lanjuti

Dandy Krisman Dengak

09 November 2022 12:35:47

Apa yang harus saya buat jika gagal klik formasi dan muncul data tanggal lahir pada basis SISDMK tidak sama dengan data dukcapil.

Eka muhairi

09 November 2022 07:12:07

Saya tidak bisa melanjutkan pendaftaran padahal hanya kuliah saya belum selesai masih belum selesai 21tahun mengabdi tidak ada artinya

tyas

08 November 2022 08:44:25

Apa yg harus dilakukan jika gagal klik formasi,data lahir diismdk berbeda dengan tanggal lahir dukcapil

Fitriana

07 November 2022 20:43:55

Jika pada tahap 3 pendaftaran nomor str saya yang di input oleh puskesmas adalah nomor str D3, smentara str asli yang saya unggah adalah str ners, bagaimana solusinya agar nomor str nya bs sy input pny str ners?? Karena data otomatis,tidak dapat di edit.

Yurliana

07 November 2022 06:41:09

Apa yg harus dilakukan jika gagal klik formasi,data lahir diismdk berbeda dengan tanggal lahir dukcapil

Dzulfikar Sri Bagus Wiratmoko

06 November 2022 08:37:46

Kenapa gagal klik formasi PPPK nakes muncul tulisan tanggal lahir tidak ditemukan di sisdmk

Yulianto

06 November 2022 00:52:18

belum dapat BSU padahal sudah daftar dari dulu dan banyak teman saya yg sudah dapat dan saya Masi mengharap bantuan dari pemerinta

Kirim Komentar

Komentar Facebook

Hosting Murah se Indonesia

Statistik

Media Sosial

Facebook Twitter YouTube Instagram WhatsApp

Hosting Gratis

MHosting Gratis Rp.0

Komentar

Topani
28 Maret 2024 01:33:27
Semoga bermanfaat... selengkapnya
Naning
21 Maret 2024 09:55:45
Kenapa kok dana pip yg lain keluar ini punya anak saya... selengkapnya
Topani
08 Maret 2024 23:10:05
Makasih pak Dafris... selengkapnya
Dafris
08 Maret 2024 22:16:52
Sukses ya...... selengkapnya
Sokewih
08 Maret 2024 17:46:14
Kenapa bpnt saya tidak cair?... selengkapnya
Satria setiawan wijaya
06 Maret 2024 23:47:49
Bagaimana cara mndaftarkan ank saya dpet pip... selengkapnya
Risdiyana
02 Maret 2024 22:48:40
Mohon bantuannya ..utk bisa mendapatkan PIP..Anak saya... selengkapnya
Risdiyana
02 Maret 2024 22:47:46
Mohon bantuannya ..utk bisa mendapatkan PIP..Anak saya... selengkapnya
Risdiyana
02 Maret 2024 22:44:08
Bagaimana cara mendapatkan PIP..suami terkena PHK..... selengkapnya
Epelina
01 Maret 2024 13:04:46
Mohon solusinya , knp ya anak saya pd saat masuk SMA... selengkapnya

Sinergi Program

Lapak Tenggulang Baru
OpenDesa
PCNU Musi Banyuasin
The Express
SMP Hidayatut Thullab

Statistik Pengunjung

Hari ini:2.795
Kemarin:7.253
Total Pengunjung:288.493.110
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:172.70.174.166
Browser:Tidak ditemukan