Diawali dengan Bismillah, menyambut bulan penuh berkah. Mari tingkatkan keimanan dan takwa. Semoga ibadah kita sebulan mendatang diterima oleh Allah SWT, bisa berpuasa sebulan penuh dan terhindar dari menuruti hawa nafsu Seiring terbenam mentari di akhir Syakban. Berganti, menyambut Bulan Ramadan yang suci. Pesan ini sebagai ganti jabat tangan, Marhaban ya Ramadan! Marilah kita selalu bersyukur, dan semoga Ramadan tahun 2023 ini damai dan penuh berkah. Marhaban Ya Ramadan. Mari kita sambut bulan yang suci dengan hati yang bersih dan saling memaafkan. Marhaban Ya Ramadan! Semoga kita semua mendapat kesuksesan dan kemakmuran, serta rahmat dari Allah SWT. Wishing you a happy Ramadan! May Allah SWT bless your path with knowledge and light that will help to enlighten your heart! (Semoga Ramadanmu menyenangkan! Semoga Allah SWT memberkati jalanmu dengan ilmu dan cahaya yang akan membantu menerangi hatimu!) Selamat Hari Anak Sedunia 2023 untuk semua anak terkasih. Semoga kelak dapat melayani setiap orang dengan penuh kasih sayang dan rasa sabar. -- selengkapnya... Selamat Hari Anak Sedunia. Semoga peringatan ini bisa memberikan kesadaran semua pihak untuk lebih mengutamakan pendidikan untuk anak. -- selengkapnya...

Artikel/Berita

Bansos

Cara Cek dan Daftar Penerima Bansos BPNT BST PKH & BLT BBM di Cekbansos.kemensos.go.id

Admin TB

14 November 2022 00:00:14

641.862 Kali Dibaca

Kementerian Sosial telah menyediakan fasilitas layanan cek bansos BPNT, BST, PKH dan BLT-BBM dengan tujuan agar masyarakat dapat mengecek secara mandiri apakah seseorang terdaftar sebagai penerima bantuan sosial dari kementerian sosial atau tidak. Ini merupakan salah satu dari bentuk transparansi kemensos dalam penyaluran bantuan sosial.

Daftar Isi:

Adapun daftar penerima bansos BPNT, BST, PKH dan BLT-BBM di DTKS Kemensos terbuka untuk masyarakat umum, di mana pengecekan penerima bansos ini dapat dilakukan secara online melalui aplikasi Cek Bansos dan laman resmi https://cekbansos.kemensos.go.id.

Baca Juga: Berkas Pencairan PIP Madrasah Kemenag Terbaru

 

Cara Cek penerima bansos BPNT, BST, PKH dan BLT-BBM

Langkah-langkah pengecekan penerima bansos BPNT, BST, PKH dan BLT-BBM secara online adalah sebagai berikut :

1. Laman cekbansos.kemensos.go.id

Cara cek penerima bansos BPNT, BST, PKH dan BLT-BBM melalui laman resmi cekbansos.kemensos.id, dilakukan dengan langkah berikut:

  1. Buka laman resmi cekbansos.kemensos.go.id.
  2. Pilih Nama Provinsi, Kabupaten, Kecamatan dan Desa/Kelurahan pada kolom yang tersedia.
  3. Masukkan Nama anda sesuai dengan nama yang tertera pada KTP.
  4. Ketikkan empat huruf kode verifikasi ke kolom putih sesuai petunjuk, jika huruf kode kurang jelas, klik icon  untuk mendapatkan huruf kode baru.
  5. Klik tombol CARI DATA
  6. Sistem Cek Bansos Kemensos akan mencari Nama PM (Penerima Manfaat) sesuai Wilayah yang Anda inputkan.

Jika masyarakat terdaftar sebagai penerima, maka akan muncul Nama Penerima, Wilayah, Umur, Jenis Bantuan (BST, PBI-JK, PKH, BPNT, dan BLT BBM).

Lebih lanjut, pada kolom BST, PBI-JK, PKH, BPNT, dan BLT BBM, akan ada informasi Status (YA), Keterangan (Proses Bank Himbara/PT Pos Indonesia), dan Periodenya.

Baca Juga: Mekanisme Pencairan PIP Madrasah, Program Indonesia Pintar (PIP) Untuk Madrasah

 

2. Cek menggunakan Aplikasi Cek Bansos

Aplikasi resmi Cek Bansos Kemensos berbasis android dapat di unduh di Playstore atau Klik Disini

Aplikasi Cek Bansos dapat digunakan untuk melihat kepesertaan bantuan sosial BPNT, BST, dan PKH. Pengguna dapat melihat daftar penerima bantuan sosial yang ada di sekitar wilayah administrasinya dan dapat memberikan sanggahan terhadap penerima bantuan yang dianggap tidak layak. Selain itu Pengguna juga dapat mengusulkan dirinya sendiri atau tetangganya yang dianggap layak untuk masuk ke dalam DTKS dan/atau menerima bantuan sosial.

Halaman Daftar atau Login Aplikasi Cek Bansos Kemensos

Untuk mengakses aplikasi Cek Bansos dibutuhkan akun. Anda yang belum memiliki akun, dapat membuat akun baru dengan klik tombol "Buat Akun".

Halaman Daftar Aplikasi Cek Bansos Kemensos

Anda wajib mengisikan sejumlah informasi sesuai data kependudukan, mengunggah foto KTP, dan akan mendapatkan kode OTP melalui alamat e-mail untuk verifikasi akun.

Adapun langkah-langkah cek penerimaan bansos adalah sebagai berikut:

  1. Login ke aplikasi Cek Bansos Kemensos menggunakan akun yang telah terverifikasi sebelumnya.
  2. Pada halaman Dashboar aplikasi, tekan tombol Cek Bansos yang berwarna merah.
  3. Pilih Nama Provinsi, Kabupaten, Kecamatan dan Desa/Kelurahan pada kolom yang tersedia.
  4. Masukkan Nama anda sesuai dengan nama yang tertera pada KTP.
  5. Klik tombol CARI DATA
  6. Aplikasi Cek Bansos akan menampilkan nama PM (Penerima Manfaat) sesuai dengan nama dan Wilayah yang Anda inputkan.

Baca Juga: Verifikasi dan Validasi (Verval) Data Penerima PIP Madrasah Terbaru

 

Cara Menggunakan Fitur Usul

Fitur Usul digunakan jika ada orang yang berhak mendapatkan bantuan sosial (termasuk anda) tapi tidak mendapatkannya. Adapun cara menggunakan Fitur Usul adalah sebagai berikut:

  1. Log in.di aplikasi Cek Bansos menggunakan akun yang telah terverifikasi sebelumnya.
  2. Klik tombol menu Daftar Usulan pada halaman menu.
  3. Klik tombol Tambah Usulan.
  4. Mengisi formulir sesuai dengan data kependudukan Calon Penerima Manfaat.
  5. Pilih jenis bantuan sosial (BPNT/PKH).
  6. Unggah 2 foto (KTP dan rumah tampak depan)
  7. Setelah itu, klik “Tambah Usulan” dan pengusulan penerima BLT telah selesai, dan dapat menunggu verifikasi data yang diusulkan oleh Kemensos.

Baca Juga: Orang Tua Siswa Penerima PIP Diminta Perhatikan Aktivasi Rekening

 

Cara Menggunakan Fitur Sanggah

Fitur Sanggah adalah kebalikan dari Fitur Usul. Fitur Sanggah digunakan untuk menilai apakah seseorang di sekitar daerah Anda layak mendapatkan BLT atau tidak.

Nantinya dalam Aplikasi Cek Bansos akan ditampilkan siapa saja penerima BLT di sekitar wilayah Anda.

Berikut cara menggunakan fitur Sanggah:

  1. Buka Aplikasi Cek Bansos.
  2. Klik menu "Tanggapan Kelayakan".
  3. Lalu akan ditampilkan data penerima BLT di sekitar tempat tinggal Anda.
  4. Berikan tanggapan dengan memilih ikon "jempol menghadap ke bawah" untuk dinilai tidak layak atau "jempol menghadap ke atas" untuk dinilai sudah layak.
  5. Setelah itu, isi alasan mengapa orang tersebut tidak layak menerima BLT.
  6. Klik kirimkan tanggapan

Setelah mengajukan diri lewat fitur Usul Sanggah ini, nantinya Kemensos akan memverifikasi data tersebut.

Sebagai informasi, penyaluran bansos BLT BBM diberikan kepada penerima yang terdaftar dalam DTKS Kemensos. Data milik Kemensos ini akan dilakukan perubahan data atau diperbarui setiap bulannya.

 

Bagi anda yang merasa berhak mendapatkan BLT BBM, jangan dulu ke Kantor Pos sebelum mendapatkan pemberitahuan dari Kantor Pos ataupun cek sendiri baik di laman cekbansos.kemensos.go.id maupun di Aplikasi Cek Bansos.

 
Ada beberapa catatan yang perlu dipahami jika ditemukan suatu nama di laman cek bansos tetapi yang bersangkutan tidak/belum menerima bantuan sosial. Untuk hal semacam ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya :
  1. Ada Nama yang Sama Dalam Satu Desa, Karena di laman tersebut hanya menyebutkan nama penerima, tidak menutup kemungkinan yang terdaftar sebagai penerima bansos adalah orang lain yang memiliki nama sama di suatu desa.
  2. Ada Perbedaan Ejaan Nama antara KTP dengan Buku Tabungan/KKS, Hal semacam ini mengakibatkan gagal bayar / gagal omspan.
  3. Ada Perbedaan NIK antara KTP dengan Buku Tabungan/KKS, Hal semacam ini juga mengakibatkan gagal bayar / gagal omspan.
  4. Dikategorikan Sebagai KELUARGA MAMPU, Karena bantuan sosial ditujukan untuk warga miskin.
  5. Belum Menerima KKS dari Himbara, Untuk beberapa kasus seperti ini, karena penerima tersebut merantau dan KKSnya masih di Bank. 
  6. Gagal BUREKOL, Di beberapa kasus, ketika pengajuan buka rekening kolektif untuk penerima bansos, ada yang gagal burekol karena sudah memiliki rekening bansos PIP dari Kemdikbud atau sebab lain karena ada ketidaksesuaian data kependudukan antara KTP dan KK.
  7. Belum Dimutakhirkan Datanya / Proses Pemutakhiran Data, Untuk kasus seperti ini terjadi apabila orangnya sudah meninggal dunia.
  8. Atau mungkin masih ada penyebab lain selain yang sudah disebutkan diatas.

 

Demikian cara cek dan daftar penerima bansos BPNT BST PKH & BLT BBM di Cekbansos.kemensos.go.id. Semoga bantuan sosial ini akan membantu meringkankan serta meningkatkan daya beli bagi masyarakat rentan dan miskin sehingga angka kemiskinan Indonesia tetap dapat kita upayakan menurun. [admin-TB]

Komentar

Zulbaidah

15 Maret 2023 02:14:57

Yg terhormat kemensos, saya ada keluhan sedikit mengenai BPNT tadinya saya penerima bantuan BPNT tetapi tidak masuk ke rekening sedangkan yg lain sudah pada cair itu kenapa ya pak.

Muhamad nurdin

14 Maret 2023 02:28:42

Kartu PKH dari atm

Nia

11 Februari 2023 04:35:25

Ibu saya AMRINA AJA 62THN ASAL TERNATE MALUKU UTARA,JANDA,nama ibu saya terdaftar tapi tidak ada bantuan sama sekali..

Dessy

01 Februari 2023 21:53:47

Saya rakyat kecil, rakyat miskin yang belum pernah mendapatkan bantuan apapun dari pemerintah, saya berharap saya bisa mendapatkan bantuan dari pemerintah guna untuk meringankan biaya hidup terutama untuk biaya sekolah anak.

Apriyandi

18 Januari 2023 18:53:33

Apakah nama saya terdaftar,klo sesuai nama aja kurang failid tolong di tambahkan dengan nik KTP: TOLONG di cek pak minta infonya Nama :UMAYAH NIK. :1871044801830004

Fachrul Riza

11 Januari 2023 14:45:59

Apa saya dapat bantuan PKH?terimakasih

Feri adik Tiya Indra Saputra

05 Januari 2023 19:40:10

Saya membutuhkan bantuan bansos ini buat kepentingan modal hidup dan ingin sekolah belajar bahasa korea

MUHAMAd Tomil

28 Desember 2022 03:51:36

Mohon di usulan saya di lihat.sudah lama banget belum di masuk'' juga ke PM.terima kasih

MUHAMAd Tomil

28 Desember 2022 03:38:44

Akun Cek bansos sy sudah di verifikasi dan saya masuk ke menu tambah usulan dari 2 setengah tahun yang lalu dan sampe saat ini tambah usulan saya belum terealisasi.padahal waktu sudah lama tahunan.saya pingin masuk ke bansos pbi-jk karena saya mau berobat benjolan yg ada di belakang telinga..maaf harap maklum

Suwandi

20 Desember 2022 09:07:27

Bantusaya login saya gak paham????????????

Ahmad MISBAHUDIN

18 Desember 2022 22:22:41

Mau tanya . kenapa ya pas BPNT & BBM tahap 1 saya keluar tapi sekarang pas tahap 2 tidak . sudah di cek masih proses apa akan ada susulan atau bagaimana ya?

suci kurniawati

16 Desember 2022 20:06:36

apakah saya dapat bantuan dari pemerintah

M. Khairi

14 Desember 2022 03:48:06

Tolong d bantu cek data saya. Saya ngk paham

Muhamad Alwih

13 Desember 2022 13:35:56

Orang tua saya kenapa sudah tidak dapat bantuan lagi ya?

dhika zainal

13 Desember 2022 05:31:41

kenapa saya tidak pernah dapat dana apapun darari pemerintah,apakah saya di anggap org kaya/gimana tolong pemerintah harus memperhatikan dan bisa membandingkan mana miskin dan mana kaya

Reza pratama

12 Desember 2022 06:38:06

Apakah saya dapat bantuan

Zontiroh

09 Desember 2022 19:22:33

Ingin ngecek bansos

Zontiroh

09 Desember 2022 19:22:32

Ingin ngecek bansos

UMAYAH

09 Desember 2022 18:12:58

kenapa saya g pernah dapat bansos y saya dari lampung,bandar lampung,panjang,panjang selatan dengan nomor nik ktp:1817044801830004

Marlina Sianipar

06 Desember 2022 01:01:55

Apakah saya masih mendapatkan bantuan PKH dan bansos

SARMIMI KUSNIAWATY

04 Desember 2022 10:20:52

Saya punya pun juga tidak ada di tahun 2022 padahal di tahun 2021 saya dapat semuanya knpa di tahun ini punya saya di beku kan saya mohon kepada ibu menteri ibu Risma saya mohon bantu saya anak saya masih sekolah semuanya dan saya msih punya anak balita juga saya seorang janda punya anak 4 knpa anak yg udh GK sekolah lagi masih dapat ibu Risma saya mohon di lacak lah setiap lingkungan dan alamat rumah saya mohon kpada bapak/ibu mentri wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarokatu...

Neny

03 Desember 2022 03:44:27

Knapa saya terdaftr tpi ngak cair lagi

muhlisin

02 Desember 2022 07:17:12

apakah terdaftar di penerima bantuan

Anggreini Febrini Pandey

02 Desember 2022 06:36:44

Saya sudah pernah dapat bantuan PKH tapi di berhentikan secara sepihak oleh pandamping pkh dengan alasan anak saya skolah di luar kota manado Padahal kan yg namanya Masi sekolah tetap menerima bantuan pkh

Dede listiawan

01 Desember 2022 22:11:38

Saya keluarga miskin,tpi bantuan cuma dpt BLT padahal tetangga saya lebih mapan di banding saya.malah dpt semua

Ramadani

01 Desember 2022 17:33:42

Kenapa nama saya bisa hilang dan tdk menerima bansos padahal saya msh terdaftar sebagai dtks dan peserta kpm.. sementara yg lain menerima bansos... kenapa bisa tebang pilih??.. kemana saya hrs melapor??

Liana ratnasari

01 Desember 2022 09:44:51

Org tua saya gak pernah mendapat kan bantuan saya minta tolong pak tolong kasih bantuan ke orang tua saya karna dia layak mendapat kan bantuan mereka orang yang gak mampu

Liana ratnasari

01 Desember 2022 09:42:22

Org tua saya gak pernah mendapat kan bantuan saya minta tolong pak tolong kasih bantuan ke orang tua saya karna dia layak mendapat kan bantuan mereka orang yang gak mampu

Ayie09

28 November 2022 14:36:14

Kenapa nik saya terdaftar di DTKS sebagai penerima bantuan sosial.. Padahal saya tidak pernah menerima bantuan apapun . Adakah saran untuk saya ? Atau bagaimana cara menghapus nik di dtks ? Krn bagi saya lebih baik buat apa terdaftar,saya juga tidak pernah menerima bantuan apapun..salam

Via viansti

28 November 2022 00:58:07

Sya gak dpet padahal semua orng yg beruang malh dpett dimana keadilan

Yulianti

27 November 2022 18:56:59

Kata nya saya dapat BLT yang 900, RB di bagi 3 orang masing masing 300 RB udah ga dapet lagi tapi yang lain 900 sendiri ga di bagi apa kah saya dapet lagi bantuan masa yang lain 900, aku 300 makasih keluhan nya????????????

Intan

27 November 2022 00:18:12

Kenapa ibu saya tidak pernah mendapatkan bantuan sama sekali?? Padahal ibu saya layak mendapatkan bantuan ibu saya sudah di tinggal bapak meninggal dunia.

Intan

27 November 2022 00:18:06

Kenapa ibu saya tidak pernah mendapatkan bantuan sama sekali?? Padahal ibu saya layak mendapatkan bantuan ibu saya sudah di tinggal bapak meninggal dunia.

Kuseiri

26 November 2022 21:21:23

Mengapa tahap 2 saya tidak menerima surat undangan padahal tahap 1 saya menerimanya .. apakah ada kesalahan yg di sana .. mohon di bantu

PRISTI

25 November 2022 23:52:18

Nama saya terdaftar menerima bantuan.saya lihat di aplikasi tetapi tidak mendapatkan surat undangan..saya harus lapor kemana

ACENG KURNIAWAN

24 November 2022 13:48:01

Kenapa sayah tida pernah dapat bantuan bansos

Rudiyanto

24 November 2022 01:02:02

Kenapa surat undagan saya gak dapat padahal saya penerima bpnt/bansos bbm,sedangkan istri penerima pkh,juga gak dapat ,apa karena ada 2 nama jadi datanya bingung yg ngecek

Lasmini

23 November 2022 12:59:34

Apakah sy dapat bantuan

Ronauli Lubis

22 November 2022 19:16:14

Nama: Ronauli Lubis Alamat: Desa Parmanuhan, kecamatan Garoga, kabupaten Tapanuli Utara, provinsi sumatera Utara. Laporan: saya terdaftar sebagai penerima bansos tetapi tidak cair saya alasan petugas kantor pos: sering terjadi seperti itu.

Nurjanah

19 November 2022 20:06:26

Pak ibu ko PHK q gk turun sembako uang turun kenapa pas q cek LG ATM aku terbelokir tolong pak sembako di turun aku sudah mau setahun gk turun sebako nya pas aku ambil ATM di kader ko terblokir y pak

ABANG HALiDI

19 November 2022 05:20:14

apa saya dapat bantuan,,kalau dapat bantuan bagai mana cara mengambil nya,

ABANG HALiDI

19 November 2022 05:17:11

apa saya dapat bantuan,,kalau dapat bantuan bagai mana cara mengambil nya,

Hani nurhalimah

19 November 2022 00:26:59

Apakah aku terdaptar

Erianto

18 November 2022 04:58:06

Apakah saya dapat bantuan 2022

Nurhayati sulastri

17 November 2022 21:05:06

Bantuan udah keluar apa belum

Ramdani

17 November 2022 02:54:33

Apakah saya dapat bantuan

Evi elvina

16 November 2022 11:49:04

Cek bansos

Munandar

14 November 2022 21:44:49

Apakan saya dapat bantuan

Kirim Komentar

Komentar Facebook

Hosting Murah se Indonesia

Statistik

Media Sosial

Facebook Twitter YouTube Instagram WhatsApp

Hosting Gratis

MHosting Gratis Rp.0

Komentar

Topani
08 Maret 2024 23:10:05
Makasih pak Dafris... selengkapnya
Dafris
08 Maret 2024 22:16:52
Sukses ya...... selengkapnya
Sokewih
08 Maret 2024 17:46:14
Kenapa bpnt saya tidak cair?... selengkapnya
Satria setiawan wijaya
06 Maret 2024 23:47:49
Bagaimana cara mndaftarkan ank saya dpet pip... selengkapnya
Risdiyana
02 Maret 2024 22:48:40
Mohon bantuannya ..utk bisa mendapatkan PIP..Anak saya... selengkapnya
Risdiyana
02 Maret 2024 22:47:46
Mohon bantuannya ..utk bisa mendapatkan PIP..Anak saya... selengkapnya
Risdiyana
02 Maret 2024 22:44:08
Bagaimana cara mendapatkan PIP..suami terkena PHK..... selengkapnya
Epelina
01 Maret 2024 13:04:46
Mohon solusinya , knp ya anak saya pd saat masuk SMA... selengkapnya
Adinda desta natasya
29 Februari 2024 10:16:10
Anak sya SD PIP dapat 2x sekarang masuk SMP gak keluar... selengkapnya
UFIYah AFIYAN
27 Februari 2024 17:34:20
Anak saya pernah dapat pip... Satu kali, kali nya terus... selengkapnya

Sinergi Program

Lapak Tenggulang Baru
OpenDesa
PCNU Musi Banyuasin
The Express
SMP Hidayatut Thullab

Statistik Pengunjung

Hari ini:3.686
Kemarin:5.062
Total Pengunjung:288.427.409
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:172.70.35.65
Browser:Tidak ditemukan