Selamat datang di website resmi Desa Tenggulang Baru -- selengkapnya... Mari kita saling bersinergi untuk mewujudkan pembangunan desa tercinta ini melalui semangat gotong royong dan kerjasama antar elemen masyarakat desa. -- selengkapnya... Lebih bijak dalam menyikaapi pandemi Corona Virus COVID-19 dengan mengetahui mencari informasi yang benar melalui Media Informasi Resmi Terkini Covid-19 -- selengkapnya... Bersama-sama mari kita putuskan rantai penyebaran COVID-19 dengan melakukan hal-hal berikut : 1. Menjaga kebersihan area rumah dan fasilitas umum seperti Masjid, Musholla, Sekolah dan lain-lain. 2. Menyediakan sarana cuci tangan barupa air mengalir dan sabun atau hand sanitizer di depan rumah. 3. Menunda kegiatan yang mengumpulkan banyak orang seperti pengajian, pernikahan, tontonan atau hiburan massa dan hajatan atau kegiatan serupa lainnya. Bersama-sama mari kita putuskan rantai penyebaran COVID-19 dengan melakukan hal-hal berikut : 1. Menjaga kebersihan area rumah dan fasilitas umum seperti Masjid, Musholla, Sekolah dan lain-lain. 2. Menyediakan sarana cuci tangan barupa air mengalir dan sabun atau hand sanitizer di depan rumah. 3. Menunda kegiatan yang mengumpulkan banyak orang seperti pengajian, pernikahan, tontonan atau hiburan massa dan hajatan atau kegiatan serupa lainnya. 4. Menunda bepergian keluar desa ataupun perjalanan keluar daerah. 5. Mengurangi kontak langsung seperti berjabat tangan, jika dilakukan biasakan segera mencuci tangan dengan air mengalir atau hand sanitizer. 6. Cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir /hand sanitizer dilakukan sebelum melakukan aktifitas dan setelah selesai aktifitas. 7. Terapkan etika batuk (tutup hidung dan mulut dengan tisu atau lengan atas bagian dalam). 8. Gunakan masker jika batuk / flu. 9. Melaporkan kepada perangkat desa atau petugas medis desa jika ada anggota keluarga yang baru datang dari luar daerah, terutama terhadap orang yang baru datang dari daerah terjangkit Covid-19, untuk pengecekan oleh petugas medis desa terlebih dahulu.

Artikel

Cara Cek dan Daftar Penerima Bansos BPNT BST PKH & BLT BBM di Cekbansos.kemensos.go.id

14 November 2022 14:00:14  AdminTB  263.836 Kali Dibaca  BERITA

Kementerian Sosial telah menyediakan fasilitas layanan cek bansos BPNT, BST, PKH dan BLT-BBM dengan tujuan agar masyarakat dapat mengecek secara mandiri apakah seseorang terdaftar sebagai penerima bantuan sosial dari kementerian sosial atau tidak. Ini merupakan salah satu dari bentuk transparansi kemensos dalam penyaluran bantuan sosial.

Daftar Isi: Cara Cek penerima bansos BPNT, BST, PKH dan BLT-BBM | Laman cekbansos.kemensos.go.id | Cek menggunakan Aplikasi Cek Bansos | Cara Menggunakan Fitur Usul | Cara Menggunakan Fitur Sanggah | Beberapa Catatan Yang Perlu Dipahami

Adapun daftar penerima bansos BPNT, BST, PKH dan BLT-BBM di DTKS Kemensos terbuka untuk masyarakat umum, di mana pengecekan penerima bansos ini dapat dilakukan secara online melalui aplikasi Cek Bansos dan laman resmi https://cekbansos.kemensos.go.id.

 

Cara Cek penerima bansos BPNT, BST, PKH dan BLT-BBM

Langkah-langkah pengecekan penerima bansos BPNT, BST, PKH dan BLT-BBM secara online adalah sebagai berikut :

1. Laman cekbansos.kemensos.go.id

Cara cek penerima bansos BPNT, BST, PKH dan BLT-BBM melalui laman resmi cekbansos.kemensos.id, dilakukan dengan langkah berikut:

  1. Buka laman resmi cekbansos.kemensos.go.id.
  2. Pilih Nama Provinsi, Kabupaten, Kecamatan dan Desa/Kelurahan pada kolom yang tersedia.
  3. Masukkan Nama anda sesuai dengan nama yang tertera pada KTP.
  4. Ketikkan empat huruf kode verifikasi ke kolom putih sesuai petunjuk, jika huruf kode kurang jelas, klik icon  untuk mendapatkan huruf kode baru.
  5. Klik tombol CARI DATA
  6. Sistem Cek Bansos Kemensos akan mencari Nama PM (Penerima Manfaat) sesuai Wilayah yang Anda inputkan.

Jika masyarakat terdaftar sebagai penerima, maka akan muncul Nama Penerima, Wilayah, Umur, Jenis Bantuan (BST, PBI-JK, PKH, BPNT, dan BLT BBM).

Lebih lanjut, pada kolom BST, PBI-JK, PKH, BPNT, dan BLT BBM, akan ada informasi Status (YA), Keterangan (Proses Bank Himbara/PT Pos Indonesia), dan Periodenya.

 

2. Cek menggunakan Aplikasi Cek Bansos

Aplikasi resmi Cek Bansos Kemensos berbasis android dapat di unduh di Playstore atau Klik Disini

Aplikasi Cek Bansos dapat digunakan untuk melihat kepesertaan bantuan sosial BPNT, BST, dan PKH. Pengguna dapat melihat daftar penerima bantuan sosial yang ada di sekitar wilayah administrasinya dan dapat memberikan sanggahan terhadap penerima bantuan yang dianggap tidak layak. Selain itu Pengguna juga dapat mengusulkan dirinya sendiri atau tetangganya yang dianggap layak untuk masuk ke dalam DTKS dan/atau menerima bantuan sosial.

Halaman Daftar atau Login Aplikasi Cek Bansos Kemensos

Untuk mengakses aplikasi Cek Bansos dibutuhkan akun. Anda yang belum memiliki akun, dapat membuat akun baru dengan klik tombol "Buat Akun".

Halaman Daftar Aplikasi Cek Bansos Kemensos

Anda wajib mengisikan sejumlah informasi sesuai data kependudukan, mengunggah foto KTP, dan akan mendapatkan kode OTP melalui alamat e-mail untuk verifikasi akun.

Adapun langkah-langkah cek penerimaan bansos adalah sebagai berikut:

  1. Login ke aplikasi Cek Bansos Kemensos menggunakan akun yang telah terverifikasi sebelumnya.
  2. Pada halaman Dashboar aplikasi, tekan tombol Cek Bansos yang berwarna merah.
  3. Pilih Nama Provinsi, Kabupaten, Kecamatan dan Desa/Kelurahan pada kolom yang tersedia.
  4. Masukkan Nama anda sesuai dengan nama yang tertera pada KTP.
  5. Klik tombol CARI DATA
  6. Aplikasi Cek Bansos akan menampilkan nama PM (Penerima Manfaat) sesuai dengan nama dan Wilayah yang Anda inputkan.

 

Cara Menggunakan Fitur Usul

Fitur Usul digunakan jika ada orang yang berhak mendapatkan bantuan sosial (termasuk anda) tapi tidak mendapatkannya. Adapun cara menggunakan Fitur Usul adalah sebagai berikut:

  1. Log in.di aplikasi Cek Bansos menggunakan akun yang telah terverifikasi sebelumnya.
  2. Klik tombol menu Daftar Usulan pada halaman menu.
  3. Klik tombol Tambah Usulan.
  4. Mengisi formulir sesuai dengan data kependudukan Calon Penerima Manfaat.
  5. Pilih jenis bantuan sosial (BPNT/PKH).
  6. Unggah 2 foto (KTP dan rumah tampak depan)
  7. Setelah itu, klik “Tambah Usulan” dan pengusulan penerima BLT telah selesai, dan dapat menunggu verifikasi data yang diusulkan oleh Kemensos.

 

Cara Menggunakan Fitur Sanggah

Fitur Sanggah adalah kebalikan dari Fitur Usul. Fitur Sanggah digunakan untuk menilai apakah seseorang di sekitar daerah Anda layak mendapatkan BLT atau tidak.

Nantinya dalam Aplikasi Cek Bansos akan ditampilkan siapa saja penerima BLT di sekitar wilayah Anda.

Berikut cara menggunakan fitur Sanggah:

  1. Buka Aplikasi Cek Bansos.
  2. Klik menu "Tanggapan Kelayakan".
  3. Lalu akan ditampilkan data penerima BLT di sekitar tempat tinggal Anda.
  4. Berikan tanggapan dengan memilih ikon "jempol menghadap ke bawah" untuk dinilai tidak layak atau "jempol menghadap ke atas" untuk dinilai sudah layak.
  5. Setelah itu, isi alasan mengapa orang tersebut tidak layak menerima BLT.
  6. Klik kirimkan tanggapan

Setelah mengajukan diri lewat fitur Usul Sanggah ini, nantinya Kemensos akan memverifikasi data tersebut.

Sebagai informasi, penyaluran bansos BLT BBM diberikan kepada penerima yang terdaftar dalam DTKS Kemensos. Data milik Kemensos ini akan dilakukan perubahan data atau diperbarui setiap bulannya.

 

Bagi anda yang merasa berhak mendapatkan BLT BBM, jangan dulu ke Kantor Pos sebelum mendapatkan pemberitahuan dari Kantor Pos ataupun cek sendiri baik di laman cekbansos.kemensos.go.id maupun di Aplikasi Cek Bansos.

Ada beberapa catatan yang perlu dipahami jika ditemukan suatu nama di laman cek bansos tetapi yang bersangkutan tidak/belum menerima bantuan sosial. Untuk hal semacam ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya :
  1. Ada Nama yang Sama Dalam Satu Desa, Karena di laman tersebut hanya menyebutkan nama penerima, tidak menutup kemungkinan yang terdaftar sebagai penerima bansos adalah orang lain yang memiliki nama sama di suatu desa.
  2. Ada Perbedaan Ejaan Nama antara KTP dengan Buku Tabungan/KKS, Hal semacam ini mengakibatkan gagal bayar / gagal omspan.
  3. Ada Perbedaan NIK antara KTP dengan Buku Tabungan/KKS, Hal semacam ini juga mengakibatkan gagal bayar / gagal omspan.
  4. Dikategorikan Sebagai KELUARGA MAMPU, Karena bantuan sosial ditujukan untuk warga miskin.
  5. Belum Menerima KKS dari Himbara, Untuk beberapa kasus seperti ini, karena penerima tersebut merantau dan KKSnya masih di Bank. 
  6. Gagal BUREKOL, Di beberapa kasus, ketika pengajuan buka rekening kolektif untuk penerima bansos, ada yang gagal burekol karena sudah memiliki rekening bansos PIP dari Kemdikbud atau sebab lain karena ada ketidaksesuaian data kependudukan antara KTP dan KK.
  7. Belum Dimutakhirkan Datanya / Proses Pemutakhiran Data, Untuk kasus seperti ini terjadi apabila orangnya sudah meninggal dunia.
  8. Atau mungkin masih ada penyebab lain selain yang sudah disebutkan diatas.

 

Semoga bantuan sosial ini akan membantu meringkankan serta meningkatkan daya beli bagi masyarakat rentan dan miskin sehingga angka kemiskinan Indonesia tetap dapat kita upayakan menurun. [admin-TB]

 

Marlina Sianipar
06 Desember 2022 15:01:55
Apakah saya masih mendapatkan bantuan PKH dan bansos
SARMIMI KUSNIAWATY
05 Desember 2022 00:20:52
Saya punya pun juga tidak ada di tahun 2022 padahal di tahun 2021 saya dapat semuanya knpa di tahun ini punya saya di beku kan saya mohon kepada ibu menteri ibu Risma saya mohon bantu saya anak saya masih sekolah semuanya dan saya msih punya anak balita juga saya seorang janda punya anak 4 knpa anak yg udh GK sekolah lagi masih dapat ibu Risma saya mohon di lacak lah setiap lingkungan dan alamat rumah saya mohon kpada bapak/ibu mentri wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarokatu...
Neny
03 Desember 2022 17:44:27
Knapa saya terdaftr tpi ngak cair lagi
muhlisin
02 Desember 2022 21:17:12
apakah terdaftar di penerima bantuan
Anggreini Febrini Pandey
02 Desember 2022 20:36:44
Saya sudah pernah dapat bantuan PKH tapi di berhentikan secara sepihak oleh pandamping pkh dengan alasan anak saya skolah di luar kota manado Padahal kan yg namanya Masi sekolah tetap menerima bantuan pkh
Dede listiawan
02 Desember 2022 12:11:38
Saya keluarga miskin,tpi bantuan cuma dpt BLT padahal tetangga saya lebih mapan di banding saya.malah dpt semua
Ramadani
02 Desember 2022 07:33:42
Kenapa nama saya bisa hilang dan tdk menerima bansos padahal saya msh terdaftar sebagai dtks dan peserta kpm.. sementara yg lain menerima bansos... kenapa bisa tebang pilih??.. kemana saya hrs melapor??
Liana ratnasari
01 Desember 2022 23:44:51
Org tua saya gak pernah mendapat kan bantuan saya minta tolong pak tolong kasih bantuan ke orang tua saya karna dia layak mendapat kan bantuan mereka orang yang gak mampu
Liana ratnasari
01 Desember 2022 23:42:22
Org tua saya gak pernah mendapat kan bantuan saya minta tolong pak tolong kasih bantuan ke orang tua saya karna dia layak mendapat kan bantuan mereka orang yang gak mampu
Ayie09
29 November 2022 04:36:14
Kenapa nik saya terdaftar di DTKS sebagai penerima bantuan sosial.. Padahal saya tidak pernah menerima bantuan apapun . Adakah saran untuk saya ? Atau bagaimana cara menghapus nik di dtks ? Krn bagi saya lebih baik buat apa terdaftar,saya juga tidak pernah menerima bantuan apapun..salam
Via viansti
28 November 2022 14:58:07
Sya gak dpet padahal semua orng yg beruang malh dpett dimana keadilan
Yulianti
28 November 2022 08:56:59
Kata nya saya dapat BLT yang 900, RB di bagi 3 orang masing masing 300 RB udah ga dapet lagi tapi yang lain 900 sendiri ga di bagi apa kah saya dapet lagi bantuan masa yang lain 900, aku 300 makasih keluhan nya????????????
Intan
27 November 2022 14:18:12
Kenapa ibu saya tidak pernah mendapatkan bantuan sama sekali?? Padahal ibu saya layak mendapatkan bantuan ibu saya sudah di tinggal bapak meninggal dunia.
Intan
27 November 2022 14:18:06
Kenapa ibu saya tidak pernah mendapatkan bantuan sama sekali?? Padahal ibu saya layak mendapatkan bantuan ibu saya sudah di tinggal bapak meninggal dunia.
Kuseiri
27 November 2022 11:21:23
Mengapa tahap 2 saya tidak menerima surat undangan padahal tahap 1 saya menerimanya .. apakah ada kesalahan yg di sana .. mohon di bantu
PRISTI
26 November 2022 13:52:18
Nama saya terdaftar menerima bantuan.saya lihat di aplikasi tetapi tidak mendapatkan surat undangan..saya harus lapor kemana
ACENG KURNIAWAN
25 November 2022 03:48:01
Kenapa sayah tida pernah dapat bantuan bansos
Rudiyanto
24 November 2022 15:02:02
Kenapa surat undagan saya gak dapat padahal saya penerima bpnt/bansos bbm,sedangkan istri penerima pkh,juga gak dapat ,apa karena ada 2 nama jadi datanya bingung yg ngecek
Lasmini
24 November 2022 02:59:34
Apakah sy dapat bantuan
Ronauli Lubis
23 November 2022 09:16:14
Nama: Ronauli Lubis Alamat: Desa Parmanuhan, kecamatan Garoga, kabupaten Tapanuli Utara, provinsi sumatera Utara. Laporan: saya terdaftar sebagai penerima bansos tetapi tidak cair saya alasan petugas kantor pos: sering terjadi seperti itu.
Nurjanah
20 November 2022 10:06:26
Pak ibu ko PHK q gk turun sembako uang turun kenapa pas q cek LG ATM aku terbelokir tolong pak sembako di turun aku sudah mau setahun gk turun sebako nya pas aku ambil ATM di kader ko terblokir y pak
ABANG HALiDI
19 November 2022 19:20:14
apa saya dapat bantuan,,kalau dapat bantuan bagai mana cara mengambil nya,
ABANG HALiDI
19 November 2022 19:17:11
apa saya dapat bantuan,,kalau dapat bantuan bagai mana cara mengambil nya,
Hani nurhalimah
19 November 2022 14:26:59
Apakah aku terdaptar
Erianto
18 November 2022 18:58:06
Apakah saya dapat bantuan 2022
Nurhayati sulastri
18 November 2022 11:05:06
Bantuan udah keluar apa belum
Ramdani
17 November 2022 16:54:33
Apakah saya dapat bantuan
Evi elvina
17 November 2022 01:49:04
Cek bansos
Munandar
15 November 2022 11:44:49
Apakan saya dapat bantuan

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur

Back Next

 Arsip Artikel

 Statistik

 Media Sosial

 Safelinku

 Peta Wilayah

 Komentar

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : SP 5, Tenggulang Baru Kec. Babat Supat Kab. Musi Banyuasin Prov. Sumatera Selatan
: Tenggulang Baru
Kecamatan : Babat Supat
Kabupaten : Musi Banyuasin
Kodepos : 30755
Telepon : 08117324000
Email : [email protected]

 Sinergi Program

OpenDesa
SMP Hidayatut Thullab
PCNU Musi Banyuasin
Masjid Darul Abror
Lapak Tenggulang Baru
The Express

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:1.993
    Kemarin:47.792
    Total Pengunjung:5.437.228
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:172.71.222.74
    Browser:Tidak ditemukan