4 Okt 2024 21:27 - 2 menit membaca

Mensos Saifullah Yusuf Serahkan Bantuan Rp29 Miliar Lebih kepada Masyarakat Rentan dan Miskin di Kota Ambon

Bagikan

Menteri Sosial Saifullah Yusuf (Gus Ipul) menyalurkan bantuan senilai Rp29.884.920.800 kepada masyarakat miskin dan rentan di Kota Ambon, Provinsi Maluku, Kamis (10/3/2024).

Bantuan yang diberikan terdiri dari PKH (Program Keluarga Harapan), sembako, santunan anak yatim (YAPI), dan bantuan untuk ahli waris korban bencana. Selain itu, ada pula 121 paket Bantuan Rehabilitasi Sosial (ATENSI) berupa paket gizi, 31 unit alat bantu disabilitas (kursi roda, tongkat, kruk, dan alat bantu jalan; 2 armada penangkapan ikan untuk kelompok nelayan; dan bantuan buffer stock kesiapsiagaan bencana.

Penyerahan langsung secara simbolis dilakukan oleh Gus Ipul kepada Penjabat Gubernur Maluku Sadali, di Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Maluku.

“Lebih dari Rp 29 miliar itu untuk Kota Ambon,” kata Gus Ipul di hadapan 70 penerima manfaat.

Gus Ipul, merupakan amanat Presiden kepada Kementerian Sosial (Kemensos) untuk meningkatkan kesejahteraan sosial, salah satunya di Ambon. “Hari ini kita saksikan dalam bentuk bantuan rehabilitasi sosial dan juga dalam konteks pemberdayaan sosial,” katanya.

Menurut Gus Ipul, program-program MoSA ini ditujukan kepada masyarakat yang membutuhkan dukungan dan fasilitasi dari pemerintah.

Program pemberdayaan, kata Gus Ipul, dapat dilakukan melalui pendampingan, pendidikan, kesehatan, dan fasilitas alat bantu bagi penyandang disabilitas. “Jika diberdayakan, kesejahteraan mereka akan meningkat,” kata Gus Ipul.

Achazia Christabel Sopacua (5) warga Desa Rumeseng, salah satu penerima bantuan kursi roda cerebral palsy bersama neneknya Yoseina (54), menyampaikan rasa terima kasihnya.

“Kursi roda Acha yang dulu kekecilan, sekarang sudah ada kursi roda baru, terima kasih,” ucap Yoseina penuh haru.

Gus Ipul menegaskan, Presiden terpilih Prabowo Subianto akan terus memberikan perhatian besar pada peningkatan kesejahteraan sosial. “Itu tertuang dalam visi dan misi Pak Prabowo-Gibran,” katanya.

Gus Ipul juga menegaskan, Pemerintah Daerah Kota Ambon perlu melakukan pemutakhiran data terkait pengajuan PBI guna mendukung visi misi Presiden terpilih Prabowo Subianto.

Pada kesempatan itu, Gus Ipul juga berbincang dengan para penerima manfaat Program Keluarga Harapan (PKH). Ariany (37) warga Desa Waelete, salah satu penerima bantuan PKH BPNT, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Menteri Gus Ipul yang telah berkunjung ke Provinsi Maluku. “Terima kasih atas bantuannya, semoga semakin sukses,” kata Ariany.

Penjabat Gubernur Provinsi Maluku, Sadali yang hadir pada penyerahan bantuan tersebut menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Menteri Sosial atas bantuan yang diberikan kepada masyarakat Maluku. “Terima kasih kepada Menteri Sosial yang telah berkenan bertatap muka langsung dengan penerima manfaat di Kota Ambon,” imbuhnya. (*)

Sumber : Kemensos

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Recent Posts

Klasemen

- - Prediksi Bologna vs Shakhtar Donetsk di Matchday 1 Liga Champions Eropa 2024/2025