Diawali dengan Bismillah, menyambut bulan penuh berkah. Mari tingkatkan keimanan dan takwa. Semoga ibadah kita sebulan mendatang diterima oleh Allah SWT, bisa berpuasa sebulan penuh dan terhindar dari menuruti hawa nafsu Seiring terbenam mentari di akhir Syakban. Berganti, menyambut Bulan Ramadan yang suci. Pesan ini sebagai ganti jabat tangan, Marhaban ya Ramadan! Marilah kita selalu bersyukur, dan semoga Ramadan tahun 2023 ini damai dan penuh berkah. Marhaban Ya Ramadan. Mari kita sambut bulan yang suci dengan hati yang bersih dan saling memaafkan. Marhaban Ya Ramadan! Semoga kita semua mendapat kesuksesan dan kemakmuran, serta rahmat dari Allah SWT. Wishing you a happy Ramadan! May Allah SWT bless your path with knowledge and light that will help to enlighten your heart! (Semoga Ramadanmu menyenangkan! Semoga Allah SWT memberkati jalanmu dengan ilmu dan cahaya yang akan membantu menerangi hatimu!) Selamat Hari Anak Sedunia 2023 untuk semua anak terkasih. Semoga kelak dapat melayani setiap orang dengan penuh kasih sayang dan rasa sabar. -- selengkapnya... Selamat Hari Anak Sedunia. Semoga peringatan ini bisa memberikan kesadaran semua pihak untuk lebih mengutamakan pendidikan untuk anak. -- selengkapnya...

Artikel/Berita

WAWASAN

Perbedaan Call Center dan Customer Service, Pebisnis Wajib Tahu

Admin TB

24 April 2023 13:02:50

2.132 Kali Dibaca

Istilah call center dan customer service sering diartikan sebagai layanan yang menerima keluhan pelanggan. Masih banyak yang belum menyadari bahwa kedua istilah tersebut tidaklah sama. Ada perbedaan call center dan customer service yang terlihat dari cara kerja dan fungsinya.

Layanan yang berhubungan dengan pelanggan menjadi hal penting yang harus ada di sebuah bisnis. Dengan layanan tersebut, Anda sebagai pebisnis bisa memperoleh tanggapan dari pelanggan baik itu testimoni maupun keluhan. Berbagai bentuk tanggapan dari pelanggan dapat dijadikan bahan evaluasi guna mengembangkan bisnis lebih lanjut.

Inilah Perbedaan antara Call Center dan Customer Service

Masih banyak ditemui penggunaan istilah call center dan customer service dalam konteks yang sama. Padahal keduanya memiliki arti yang berbeda dari berbagai sisi dan kemudian menjadikan keduanya memiliki tujuan yang berbeda pula. Inilah perbedaan call center dan customer service:

1. Tugas Utamanya

Pada dasarnya, call center berfungsi sebagai sumber informasi bagi pelanggan. Jadi layanan ini memberikan informasi lengkap mengenai produk kepada pelanggan, mulai dari manfaat hingga kelebihan produk. Call center juga harus bisa menjawab pertanyaan konsumen mengenai produk sampai konsumen merasa yakin menggunakan produk tersebut.

Sementara tugas customer service lebih fokus pada menerima keluhan pelanggan. Layanan ini menjadi sarana bagi pelanggan untuk bisa menyampaikan rasa tidak puas atau harapannya terhadap suatu produk. Dengan kata lain, customer service bisa dikatakan berperan secara spesifik sebagai layanan purna jual.

2. Tindak Lanjutnya

Setelah melakukan tugas utamanya yaitu sebagai sumber informasi bagi pelanggan, selanjutnya call center akan melakukan tindak lanjut. Call center melakukan tindak lanjut dengan menggali lebih dalam informasi dari pelanggan terutama rasa ingin tahunya. Dari data tersebut akan didapat masukan untuk mengembangkan produk.

Customer service yang berperan dalam menerima keluhan pelanggan juga melakukan tindak lanjut. Bedanya, tindak lanjut yang dilakukan customer service adalah dengan meneruskan keluhan ke pihak terkait. Kemudian pihak terkait akan melakukan perbaikan guna memperbaiki citra perusahaan.

3. Lingkup Kerjanya

Perbedaan call center dan customer service sangat terlihat dari lingkup kerjanya. Peran call center dalam dunia marketing lebih luas dibanding peran customer service. Call center bisa menjadi media telemarketing bagi perusahaan. Dari pertanyaan yang diajukan konsumen, call center bisa memberikan lebih banyak solusi dari apa yang ditawarkan perusahaan.

Perbedaan Call Center dan Customer Service, Pebisnis Wajib Tahu
Sumber foto: Pexels.com

 

Sebagai layanan purna jual, peran customer service terbatas pada penerimaan keluhan atau mengatasi kendala yang dialami pelanggan. Dalam melaksanakan tugasnya, customer service harus memiliki kemampuan menenangkan pelanggan dengan memberikan solusi tepat agar kepercayaan pelanggan bisa dipulihkan.

Itulah beberapa poin yang menjadi perbedaan call center dan customer service. Dengan fungsi dan cara kerja yang berbeda, kedua layanan tersebut wajib ada di sebuah bisnis. Apabila Anda termasuk pebisnis baru dan kesulitan untuk menghadirkan kedua layanan tersebut, Anda bisa memanfaatkan aplikasi Koala Plus dengan beragam kemudahannya.

Koalaapp.id merupakan aplikasi yang memiliki fitur online customer service. Dengan fitur tersebut, tugas customer service sebagai penerima keluhan pelanggan bisa dilakukan dengan lebih mudah dan praktis melalui berbagai saluran. Aplikasi ini menjadi solusi bagi perusahaan yang kekurangan sumber daya manusia untuk melakukan tugas sebagai customer service.

Tidak hanya fitur live customer service, Koala Plus juga menawarkan sejumlah fitur modern lainnya. Di antaranya adalah pesan balasan otomatis, cek ongkos kirim, pencatatan transaksi dan mengatur kontak pelanggan. Koalaapp.id adalah aplikasi yang aman dengan menjamin keamanan data pengguna yang akan tersimpan dalam cloud server.

Kirim Komentar

Komentar Facebook

Hosting Murah se Indonesia

Statistik

Media Sosial

Facebook Twitter YouTube Instagram WhatsApp

Hosting Gratis

MHosting Gratis Rp.0

Komentar

Topani
28 Maret 2024 01:33:27
Semoga bermanfaat... selengkapnya
Naning
21 Maret 2024 09:55:45
Kenapa kok dana pip yg lain keluar ini punya anak saya... selengkapnya
Topani
08 Maret 2024 23:10:05
Makasih pak Dafris... selengkapnya
Dafris
08 Maret 2024 22:16:52
Sukses ya...... selengkapnya
Sokewih
08 Maret 2024 17:46:14
Kenapa bpnt saya tidak cair?... selengkapnya
Satria setiawan wijaya
06 Maret 2024 23:47:49
Bagaimana cara mndaftarkan ank saya dpet pip... selengkapnya
Risdiyana
02 Maret 2024 22:48:40
Mohon bantuannya ..utk bisa mendapatkan PIP..Anak saya... selengkapnya
Risdiyana
02 Maret 2024 22:47:46
Mohon bantuannya ..utk bisa mendapatkan PIP..Anak saya... selengkapnya
Risdiyana
02 Maret 2024 22:44:08
Bagaimana cara mendapatkan PIP..suami terkena PHK..... selengkapnya
Epelina
01 Maret 2024 13:04:46
Mohon solusinya , knp ya anak saya pd saat masuk SMA... selengkapnya

Sinergi Program

Lapak Tenggulang Baru
OpenDesa
PCNU Musi Banyuasin
The Express
SMP Hidayatut Thullab

Statistik Pengunjung

Hari ini:6.341
Kemarin:7.253
Total Pengunjung:288.496.656
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:172.70.175.230
Browser:Tidak ditemukan