Artikel/Berita

HIKMAH

Inilah Konsekuensinya Seseorang yang Meninggalkan Shalat saat Berpuasa

Admin TB

31 Maret 2023 10:40:27

749 Kali Dibaca

Orang yang berpuasa namun meninggalkan shalat akan mendapatkan sebuah pertanyaan penting di akhirat kelak: apakah puasanya diterima ataukah tidak? Pertanyaan tersebut dapat menjadi hal yang menakutkan bagi sebagian orang, namun jawabannya dapat ditemukan di dalam ajaran Islam.

Pertama-tama, penting untuk memahami bahwa shalat merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dilakukan oleh setiap muslim. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda,

"العهد الذي بيننا وبينهم الصلاة فمن تركها فقد كفر"

(أخرجه الإمام أحمد)

Artinya: "Perjanjian antara kami dan mereka (orang kafir) adalah mengenai shalat. Barangsiapa meninggalkannya maka dia telah kafir." (HR. Ahmad).

 

"بين الرجل وبين الكفر والشرك ترك الصلاة" (أخرجه الإمام مسلم)

Artinya: "Antara seorang dan kekafiran serta kesyirikan adalah meninggalkan shalat." (HR. Imam Muslim)

 

Firman Allah dalam surah Al-Maryam ayat 59

فَخَلَفَ مِنۢ بَعْدِهِمْ خَلْفٌ أَضَاعُوا۟ ٱلصَّلَوٰةَ وَٱتَّبَعُوا۟ ٱلشَّهَوَٰتِ ۖ فَسَوْفَ يَلْقَوْنَ غَيًّا: (المريم، ٥٩)

Artinya: "Maka datanglah sesudah mereka pengganti yang jelek yang menyia-nyiakan salat dan memperturutkan hawa nafsunya maka mereka kelak akan menemui kesesatan."

Ayat ini mengandung peringatan bagi umat Islam agar tidak mengikuti jejak orang-orang yang telah mendahului mereka dalam melakukan perbuatan maksiat dan meninggalkan kewajiban-kewajiban agama seperti shalat. Orang-orang yang meninggalkan shalat akan menemui kesesatan dan dijerumuskan ke dalam lembah Ghayya di neraka Jahanam.

Konteks ini menunjukkan bahwa Islam mengajarkan pentingnya menjaga ketaatan kepada Allah dengan melakukan kewajiban-kewajiban agama seperti salat dan menjauhi perbuatan-perbuatan maksiat. Jika seseorang tidak mematuhi hal ini, maka ia akan mengalami akibat buruk seperti dijelaskan dalam ayat tersebut. Oleh karena itu, umat Islam harus selalu berusaha untuk memperbaiki diri dan tetap berpegang pada ajaran Islam yang benar.

Pendapat yang mengatakan bahwa meninggalkan shalat merupakan suatu kekafiran juga didukung oleh ijma' (kesepakatan) para sahabat Nabi. ‘Abdullah bin Syaqiq –rahimahullah– (seorang tabi'in yang sudah masyhur) pernah mengatakan, "Para sahabat Nabi saw. tidaklah pernah menganggap suatu amalan yang apabila seseorang meninggalkannya akan menyebabkan dia kafir selain perkara shalat."

Dengan demikian, apabila seseorang berpuasa namun meninggalkan shalat, puasa yang dilakukannya tidak akan diterima. Amalan puasa tersebut tidak akan bermanfaat pada hari kiamat kelak. Oleh karena itu, bagi setiap muslim, sangatlah penting untuk menjalankan shalat secara konsisten dan teratur.

Baca Juga: Dampak Negatif Video Porno Dalam Pandangan Agama, Apakah Dapat Membatalkan Puasa?

 

QODHO SHOLAT: Memperbaiki Kewajiban Sholat yang Terlewat

Qodho sholat merupakan salah satu kewajiban bagi umat Islam, di mana seseorang harus mengganti sholat yang telah terlewat pada waktu yang telah ditentukan oleh syariat Islam. Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT dalam Surat Al-Baqarah ayat 238,

حَافِظُوْا عَلَى الصَّلَوٰتِ وَالصَّلٰوةِ الْوُسْطٰى وَقُوْمُوْا لِلّٰهِ قٰنِتِيْنَ: البقرة، ٢٣٨

Artinya: “Peliharalah semua salatmu, dan salat wustha atau pertengahan. Berdirilah untuk Allah dalam keadaan taat.”

 

Qodho sholat dilakukan dengan cara melaksanakan sholat yang telah terlewat pada waktu yang telah ditentukan oleh syariat Islam. Sebagai contoh, jika seseorang tidak dapat melaksanakan sholat zuhur pada waktu yang telah ditentukan, maka ia harus melaksanakan qodho sholat zuhur pada waktu lain. Namun, jika seseorang tidak melaksanakan qodho sholat dalam waktu yang telah ditentukan, maka ia akan berdosa dan harus meminta ampun kepada Allah SWT.

Baca Juga: Larangan Bersetubuh di Siang Hari saat Puasa. Dan Inilah Konsekuensinya

Adapun hukum qodho sholat dalam Islam adalah wajib, karena sholat merupakan salah satu rukun Islam yang harus dipatuhi oleh umat Islam. Hal ini sesuai dengan hadis dari Nabi Muhammad SAW,

بُنِيَ الْإِسْلَامُ عَلَى خَمْسٍ شَهَادَةِ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللهِ وَإِقَامِ الصَّلَاةِ وَإِيتَاءِ الزَّكَاةِ وَالْحَجِّ وَصَوْمِ رَمَضَانَ.(رواه البخاري)

Artinya: "Islam dibangun di atas lima rukun, yaitu syahadat bahwa tiada Tuhan selain Allah dan bahwa Muhammad adalah utusan Allah, melaksanakan sholat, membayar zakat, berpuasa Ramadhan, dan haji ke Baitullah."(HR. Bukhari)

Baca Juga: Bacaan Niat Sholat Tarawih dan Witir serta Doa-doanya, LENGKAP

 

Oleh karena itu, umat Islam harus selalu menjaga waktu sholat dan memperhatikan kewajiban untuk melaksanakan sholat sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Jika terlewat, segera lakukan qodho sholat pada waktu yang telah ditentukan oleh syariat Islam. Hal ini menunjukkan bahwa Islam sangat mementingkan ketaatan dan kepatuhan dalam menjalankan ibadah, sehingga qodho sholat menjadi sebuah kewajiban yang tidak boleh diabaikan oleh umat Islam.

Baca Juga: Mengatasi Tekanan Sosial dan Godaan Selama Ramadhan: Tips untuk Remaja

 

Dalam kesimpulannya, qodho sholat merupakan sebuah kewajiban bagi umat Islam untuk memperbaiki sholat yang telah terlewat pada waktu yang telah ditentukan. Hal ini menunjukkan pentingnya menjaga waktu sholat dan memperhatikan kewajiban dalam menjalankan ibadah, serta menunjukkan kepatuhan umat Islam dalam menjalankan perintah Allah SWT. Wallahu a'lam. [Dlom]

--------------

Agar anda tidak ketinggalan informasi terbaru seputar HIKMAH, anda bisa join di Channel WA Tenggulangbaru.id dengan KLIK DI SINI. Selain itu Anda dapat menyimak update berita lainnya di tenggulangbaru.id dengan mengakses Google News.

Kirim Komentar

Komentar Facebook

Media Sosial

Facebook Twitter YouTube Instagram WhatsApp

Advertisement

Arsip Artikel

Advertisement

Komentar

Azriel Maulana Al-Walid
21 Mei 2024 16:43:18
Saya pingin dapat PIP tahun 2024... selengkapnya
Azriel Maulana Al-Walid
21 Mei 2024 16:40:20
Butuh ... selengkapnya
Lestari marganinhrum
26 April 2024 09:40:01
Saya terdaftar pkh baru dan blom punya kks apakah bisa... selengkapnya
Zaky
25 April 2024 00:36:07
Saya mau dapat PIP, bagaimana cara mengajukannya?... selengkapnya
Topani Sahara
02 April 2024 21:28:46
Semoga artikel ini bermanfaat, ... selengkapnya
Topani
27 Maret 2024 18:33:27
Semoga bermanfaat... selengkapnya
Naning
21 Maret 2024 02:55:45
Kenapa kok dana pip yg lain keluar ini punya anak saya... selengkapnya
Topani
08 Maret 2024 16:10:05
Makasih pak Dafris... selengkapnya
Dafris
08 Maret 2024 15:16:52
Sukses ya...... selengkapnya
Sokewih
08 Maret 2024 10:46:14
Kenapa bpnt saya tidak cair?... selengkapnya

Sinergi Program

Lapak Tenggulang Baru
OpenDesa
PCNU Musi Banyuasin
The Express
SMP Hidayatut Thullab

Statistik Pengunjung

Hari ini:611
Kemarin:8.438
Total Pengunjung:264.101
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:172.70.43.159
Browser:Tidak ditemukan