Berolahraga dengan benar mengoptimalkan kesehatan fisik dan menguatkan mental. Baca selengkapnya Selain menyegarkan tubuh, olahraga dapat menyegarkan pikiran. Baca selengkapnya Membaca, bagi pikiran, seperti olahraga bagi tubuh. Baca selengkapnya Tertawa itu seperti olahraga untuk jiwa. Baca selengkapnya

  Artikel/Berita

Piala AFF

Hasil Akhir Thailand vs Vietnam di Final Piala AFF 2022 Leg Kedu, Thailand Unggul 1-0

Admin TB

16 Januari 2023 04:16:54

21.137 Kali Dibaca

Hasil final AFF 2022 leg 2 Thailand vs Vietnam ditutup dengan skor akhir 1-0 via gol tunggal Theerathon Bunmathan. Kemenangan di Stadion Thammasat, Pathum Thani pada Senin (16/1/2023) memastikan The War Elephants menjadi juara Piala AFF untuk ke-7 kali.

Ini juga merupakan gelar back to back Thailand asuhan Alexander Polking yang berstatus juara bertahan. Hasil Thailand vs Vietnam leg 2 ini membuat agregat jadi 3-2 untuk keunggulan The War Elephants.

Sebelumnya dalam leg 1 final AFF 2022 yang digelar di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi pada Jumat (13/1), kedua tim bermain imbang 2-2.

Bagi Vietnam, mimpi untuk meraih gelar ke-3 Piala AFF akhirnya harus kandas. Vietnam gagal memberikan kado untuk pelatih Park Hang-seo yang menjalani laga terakhirnya untuk The Golden Star Warriors.

Sebaliknya, Thailand melanjutkan dominasi mereka di Piala AFF. Pasalnya, dalam 10 laga final di turnamen ini, rekor kesuksesan The War Elephants mencapai 70 persen.

Hasil Final AFF Leg 2 Thailand vs Vietnam Skor Akhir 1-0 Vietnam datang ke Pathun Thani untuk bermain ofensif. Pasalnya, The Golden Star Warriors hanya bisa jadi juara Piala AFF 2022 jika mampu mengungguli Thalland, atau jika tidak menciptakan skor imbang 3-3.

Namun, pelatih Park Hang-seo tidak melakukan misi bunuh diri. Ia tetap memakai skema 5-3-2. Thailand mendominasi permainan sepanjang babak pertama.

The War Elephants memiliki penguasaan bola hingga 62 persen. Vietnam sendiri tampak gugup pada awal laga, ketika Doan Van Hau harus melakukan pelanggaran kepada Poramet. Setelahnya, Thailand dan Vietnam sama-sama berbagi peluang, ketika tembakan Adisak Kraisorn pada menit 5 mengarah ke sisi gawang Dang Van Lam.

Ini disusul dengan percobaan Nguyen Hoang Duc dari luar kotak penalti yang terlalu tinggi. Vietnam sebenarnya bisa mengetes tuan rumah melalu aksi Nguyen Tien Linh.

 

Baca Juga:  Report: Vietnam vs Thailand di Final Piala AFF 2022 Leg Pertama

 

Sang top skor Piala AFF 2022 melepaskan tembakan kaki kanan di dalam kotak penalti yang masih bisa diamankan. Namun, hanya berselang 4 menit, gawang Dang Van Lam jebol.

Mendapatkan bola dari Adisak, Theerathon Bunmathan mengirim tembakan kaki kanan dari luar kotak penalti. Arahnya ke sudut kiri bawah gawang Vietnam tidak bisa diapa-apakan lagi. Thailand memimpin 1-0, dan Vietnam mesti segera bereaksi.

Pencetak Gol: Theerathon Bunmathan 24'

 

Park Hang-seo memilih untuk memasukkan Nguyen Quan Hai untuk mempertajam penyerangan tim tamu. Namun, Vietnam tetap kesulitan mencari peluang bagus. Justru Phan Van Duc yang diberi kartu kuning usai pelanggaran keras terhadap Theerathon (39').

Secara bertahap, Vietnam coba menarik arus permainan. Park memasukkan Pham Tuan Hai, Do Duy Manh, hingga Nguyen Thanh Chung. Theerathon yang jadi pemain paling berbahaya Thailand kembali dilanggar, sehingga kali ini giliran Tien Linh yang menerima kartu kuning (59').

Sebenarnya Vietnam bukannya tanpa peluang. Menit 70, Thanh Chung memberikan bola apik kepada Tien Linh. Namun, sang penyerang hanya bisa menyaksikan tembakan kaki kanannya terbaca.

Berselang 2 menit giliran Pham Tuan Hai yang punya kesempatan di dalam kotak penalti Thailand, tetapi tembakannya terlalu tinggi. Drama masih terjadi di ujung pertandingan ketika Peeradol Chamrasamee melanggar Nguyen Quang Hai sehingga sang gelandang Thailand mendapatkan kartu merah.

Namun, sampai akhir, tidak ada lagi yang bisa dilakukan oleh Vietnam. Skor 1-0 bertahan, dan Thailand membuktikan kualitas mereka. The War Elephants meraih gelar Piala AFF ke-7 mereka, sekaligus gelar kedua dalam 2 edisi beruntun.

 

Susunan Pemain

Thailand masih tanpa penyerang gaek Teerasil Dangda dalam starter melawan Vietnam. Sementara tim tamu tetap mengandalkan ketajaman striker Nguyen Tien Linh.

 Thailand (5-3-2):

  • Kampon Phatomakkakul; Bureerat Suphanan, Kritsada Kaman, Pansa Hemviboon, Weerathep Pomphan (Sumanya Purisai 89'), Sasalak Haiprakon (Chalermsak Aukkee 90+2'); Peeradon Chamratsamee, Theerathon Bunmathan, Sarach Yooyen (Jakkapan Praisuwan 73'); Poramet Arjvirai ( Bordin Phala 72'), Adisak Kraisorn (Ekanit Panya 72').
  • Pelatih: Alexandre Polking

Vietnam (5-3-2):

  • Dang Van Lam; Vu Van Thanh (Nguyen Thanh Chung 68'), Bui Hoang Viet Anh (Do Duy Manh 46'), Que Ngoc Hai, Nguyen Thanh Binh, Doan Van Hau; Do Hung Dung (Nguyen Van Toan 75'), Nguyen Hoang Duc, Nguyen Tuan Anh (Nguyen Quang Hai 36'); Nguyen Tien Linh, Phan Van Duc (Pham Tuan Hai 46').
  • Pelatih: Park Hang-Seo

 

Thailand
STATISTIK TIM
Vietnam
9 Tembakan 10
2 Tembakan ke arah gawang 2
51% Penguasaan bola 49%
474 Operan 463
82% Akurasi operan 77%
14 Pelanggaran 15
2 Kartu kuning 5
1 Kartu merah 0
5 Offside 0
2 Tendangan sudut 2

 

Laporan Pertandingan

Pada leg kedua final Piala AFF 2022 timnas Thailand di atas angin karena hanya perlu bermain imbang 0-0. Sementara itu Vietnam memiliki tugas lebih berat. Selain menang, Vietnam juga harus bermain imbang minimal 3-3 lawan Thailand.

 

Babak Pertama

19:31
Babak pertama Thailand vs Vietnam di leg kedua final Piala AFF 2022 dimulai.

19:33
Peluang dari Thailand pada menit kedua. Umpan tendangan bebas Theerathon Bunmathan dari sisi kanan, namun ditepis kiper Dang Van Lam. Thailand masih menguasai permainan sejak peluit babak pertama dibunyikan.

19:38
Bek Vietnam Bui Hoang Viet Anh membuat blunder dengan gagal mengontrol bola dengan baik. Bola direbut Adisak Kraisorn. Digiring ke kotak penalti Vietnam, namun tendangan kaki kiri Adisak pada menit kelima yang dibayangi Viet Anh menyamping di sisi kanan gawang lawan.

19:41
Thailand terus menekan Vietnam hingga menit kesembilan permainan. Sepak pojok pertama untuk tuan rumah Thailand.

19:48
Vietnam bermain lebih berhati-hati pada laga ini. Tim asuhan Park Hang Seo tampaknya tidak ingin kebobolan lebih dahulu yang bisa membuat mereka makin tertekan.
Thailand mencoba menekan Vietnam dari berbagai area. Satu umpan terobosan lambung Thailand dari lini tengah dipatahkan pertahanan Vietnam.

19:50
Sasalak Haiprakhon terus menggempur pertahanan Vietnam dari sisi kiri.
Peluang kembali diciptakan Thailand pada menit ke-17, namun umpan silang mendatar Sasalak Haiprakhon tidak ada yang menyambut. Posisi Adisak Kraisorn masih jauh dari bola.

19:53
Peluang itu tercipta lewat kemelut di kotak penalti Thailand. Bola tendangan bebas dari sisi kiri disundul Doan Van Hau, lalu disundul lagi Nguyen Thanh Binh, bola yang masih melambung disambut Tien Ling dengan tendangan salto. Akan tetapi kiper Kampon Phatomnakkakul bergerak dengan baik menangkap bola tendangan Tien Linh.

19:56
Thailand unggul 1-0 pada menit ke-24 lewat tendangan spektakuler Theerathon Bunmathan dari luar kotak penalti. Gol Theerathon itu bermula dari operan pendek Adisak Kraisorn. Dari luar kotak penalti Theerathon melepaskan tendangan kaki kanan yang melesat ke pojok kanan bawah gawang Vietnam tanpa bisa dijangkau kiper Dang Van Lam.

20:00
Nguyen Tien Linh memiliki peluang emas pada menit ke-28. Akan tetapi saat dalam posisi ideal melepaskan tembakan dan tidak terjaga ketat pemain lawan, tendangan kaki kanan Tien Linh dari sisi kanan melebar jauh di sisi kanan gawang Thailand.

20:04
Terjadi keributan antara pemain Thailan dan Vietnam yang bermula dari pelanggaran Sasalak Haiprakhon kepada Vu Van Thanh pada memenit ke-32.
Saat wasit Jumpei Iida menangani insiden itu, Doan Van Hau coba melakukan provokasi, Adisak Kraisorn bertindak dengan mendorong Van Hau.
Di pinggir lapangan pelatih Park Hang Seo terlihat marah-marah terkait insiden keributan di lapangan.

20:06
Tugas Vietnam dalam memburu kemenangan di Piala AFF 2022 makin berat usai tertinggal 0-1.
Dengan tertinggal 0-1 sejauh ini, perjuangan Vietnam guna memenangkan Piala AFF 2022 makin berat. Skor saat ini agregat 3-2 untuk keunggulan Thailand.
Untuk menang Vietnam perlu mengakhiri laga dengan kemenangan atau bermain imbang 4-4.

20:10
Doan Van Hau kembali berulah dalam laga ini. Pada menit ke-38 Van Hau kalah duel dengan Peeradol Chamrsamee.
Meski wasit menganggap pelanggaran oleh Thailand, namun Van Hau tidak senang. Van Hau menendang bola dengan keras ke papan iklan. Sikap itu dapat reaksi dari suporter Thailand yang langsung meneriaki pemain bernomor punggung 5 itu.

20:13
Tendangan bebas Theerathon Bunmathan pada menit ke-43 terbuang percuma setelah melayang tinggi di atas mistar gawang Vietnam.

20:19
Theerathon Bunmathan mencetak gol pertama di Piala AFF 2022 ke gawang Vietnam.
Gol ke gawang Vietnam adalah gol pertama Theerathon Bunmathan di Piala AFF 2022.

20:21
Thailand unggul 1-0 atas Vietnam di babak pertama.
Menguasai permainan dan menciptakan banyak peluang, Thailand unggul 1-0 tas Vietnam pada babak pertama lewat gol Theerathon Bunmathan pada menit ke-24

 

Babak Kedua

20:33
Babak kedua dimulai. Vietnam yang berada di sisi kanan layar kaca melakukan kickoff

20:40
Vietnam terus menekan pertahanan Thailand.
Pham Tuan Hai dan Do Duy Manh menggantikan Phan Van Duc serta Bui Hoang Viet Anh pada babak kedua. Sebelumnya pada menit ke-36 Nguyen Quang Hai menggantikan Nguyen Tuan Anh. Pergantian pemain itu membuat Vietnam bermain lebih agresif pada babak kedua.

20:45
Thailand melakukan serangan balik pada menit ke-55. Adisak Kraisorn menggiring bola berupaya menembus pertahanan Vietnam.
Akan tetapi bek pengganti Do Duy Manh mengambil keputusan tepat dengan melakukan tekel yang mengenai bola. Gagal ancaman dari Thailand.

20:48
Vietnam nyaris menciptakan gol penyeimbang pada menit ke-48.
Nguyen Hoang Duc melepaskan tendangan keras kaki kiri dari luar kotak penalti, namun masih melenceng tipis di sisi kanan gawang Kampon.

20:55
Pada menit ke-65 bek Kritsada Kaman hampir blunder setelah membiarkan bola, sehingga dikuasai pemain Vietnam. Beruntung Sarach Yooyen turun ke belakang dengan cepat dan menghalau bola. Upaya Yooyen itu memperlambat alur serangan Vietnam yang kemudian diamankan kiper Kampon.

21:00
Sampai dengan menit ke-70, pelatih Alexandre Polking belum melakukan pergantian pemain.
Teerasil Dangda, Bordin Phala, hingga Ekanit Panya masih di pinggir lapangan.

21:09
Pertahanan Vietnam tampil solid di babak kedua. Thailand memiliki sejumlah eksempatan menyerang Vietnam. Akan tetapi serangan itu kerap patah di pertahanan Vietnam. Pada babak kedua Vietnam bertahan dengan solid, sebaliknya Thailand seperti bermasalah dengan final pass.

21:14
Doan Van Hau mendapat kesempatan lewat tendangan bebas pada menit ke-85. 
Akan tetapi peluang mencetaj gol penyeimbang itu dibuang percuma oleh Van Hau. Tendangan bebas Van Hau dari sisi kiri melebar jauh dari gawang Thailand.

21:17
Dang Van Lam membuat penyelamatan penting pada menit-menit akhir.
Kiper Dang Van Lam membuat penyelamatan penting dengan menangkap tendangan bebas Jakkapan Praisuwan pada menit ke-87. Gawang Vietnam selamat dari kebobolan dua gol.

21:22
Vietnam yang frustrasi dalam membongkar pertahanan Thailand memainkan bola-bola atas lewat umpan silang atau terobosan. Namun bukan masalah bagi Thailand karena dengan mudah dimentahkan.

21:25
Peeradol Chamrasamee mendapat kartu merah setelah diberikan kartu kuning kedua usai menekel Nguyen Quang Hai pada menit ke-90+5.

21:26
Meski unggul jumlah pemain, Vietnam gagal membobol gawang Thailand. Thailand menang 1-0 dan juara Piala AFF 2022 usai menang agregat 3-2 atas Vietnam.

 

Daftar Juara Piala AFF dari Tahun ke Tahun

Berikut ini daftar juara Piala AFF dari tahun ke tahun sejak edisi 1996. Timnas Indonesia tercatat sudah menembus final sebanyak 6 kali, tetapi selalu berakhir sebagai runner-up.

Tim  Juara  Runner-up
Thailand  7 (1996, 2000, 2002, 2014, 2016, 2020, 2022) 3 (2007, 2008, 2012)
Singapura  4 (1998, 2004, 2007, 2012) -
Vietnam 2 (2008, 2018) 2 (1998, 2022)
Malaysia  1 (2010)  3 (1996, 2014, 2018)
Indonesia  - 6 (2000, 2002, 2004, 2010, 2016, 2020)

 

Momen Penting

  • 21:25
    Peeradol Kartu Merah!
  • 21:17
    Penyelamatan Penting Van Lam
  • 21:14
    Van Hau Buang Peluang pada Menit-menit Akhir
  • 20:48
    Nyaris!! Tendangan Roket dari Hoang Duc
  • 20:21
    Thailand Unggul 1-0 atas Vietnam di Babak Pertama
  • 20:13
    Tendangan Bebas Theerathon Melayang di Atas Mistar
  • 20:04
    Pemain Thailand dan Vietnam Ribut, Hang Seo Marah-marah
  • 20:00
    Tien Linh Buang Peluang, Vietnam Masih Tertinggal
  • 19:56
    Gol Spektakuler Theerathon, Thailand 1-0
  • 19:53
    Tendangan Salto Tien Linh Ditangkap Kampon
  • 19:38
    Bek Vietnam Blunder, Tendangan Adisak Melebar

 

 

--------------

Agar anda tidak ketinggalan informasi terbaru seputar Piala AFF, anda bisa join di Channel WA Tenggulangbaru.id dengan KLIK DI SINI. Selain itu Anda dapat menyimak update berita lainnya di tenggulangbaru.id dengan mengakses Google News.

Kirim Komentar

Komentar Facebook

Media Sosial

Facebook Twitter YouTube Instagram WhatsApp

Advertisement

Arsip Artikel

Advertisement

Komentar

Azriel Maulana Al-Walid
21 Mei 2024 16:43:18
Saya pingin dapat PIP tahun 2024... selengkapnya
Azriel Maulana Al-Walid
21 Mei 2024 16:40:20
Butuh ... selengkapnya
Lestari marganinhrum
26 April 2024 09:40:01
Saya terdaftar pkh baru dan blom punya kks apakah bisa... selengkapnya
Zaky
25 April 2024 00:36:07
Saya mau dapat PIP, bagaimana cara mengajukannya?... selengkapnya
Topani Sahara
02 April 2024 21:28:46
Semoga artikel ini bermanfaat, ... selengkapnya
Topani
27 Maret 2024 18:33:27
Semoga bermanfaat... selengkapnya
Naning
21 Maret 2024 02:55:45
Kenapa kok dana pip yg lain keluar ini punya anak saya... selengkapnya
Topani
08 Maret 2024 16:10:05
Makasih pak Dafris... selengkapnya
Dafris
08 Maret 2024 15:16:52
Sukses ya...... selengkapnya
Sokewih
08 Maret 2024 10:46:14
Kenapa bpnt saya tidak cair?... selengkapnya

Sinergi Program

Lapak Tenggulang Baru
OpenDesa
PCNU Musi Banyuasin
The Express
SMP Hidayatut Thullab

Statistik Pengunjung

Hari ini:4.579
Kemarin:5.169
Total Pengunjung:219.784
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:172.70.42.77
Browser:Tidak ditemukan