Selamat Hari Pendidikan Nasional! Semoga pendidikan Indonesia semakin maju dan menghasilkan generasi cerdas serta berbudi pekerti luhur. Hari Pendidikan Nasional Selamat Hari Pendidikan Nasional 2024, mari suarakan lewat mimpi-mimpi besar lewat pendidikan yang berkualitas. Hardiknas Selamat memperingati Hari Pendidikan Nasional! Terima kasih para pahlawan pendidikan yang telah mengabdikan diri untuk mencerdaskan bangsa. Hardiknas Tak ada kunci keberhasilan yang lebih mujarab selain pendidikan. Selamat Hari Pendidikan Nasional, semoga semakin membuka pintu ilmu pengetahuan. Hardiknas Hari Pendidikan Nasional mengingatkan kita untuk terus belajar dan mengasah ilmu agar dapat menjadi individu yang bermanfaat bagi negeri. Hardiknas Di Hari Pendidikan Nasional, mari kita apresiasi seluruh insan pendidikan yang tak kenal lelah dalam membagikan ilmu dan membentuk karakter bangsa. Hardiknas

  Artikel/Berita

BOLA

Sepak Bola: Pengertian dan Cara Bermain serta Aturan Permainan Sepak Bola Terbaru

Admin TB

01 Januari 2023 13:39:39

17.180 Kali Dibaca

Sepak bola merupakan olahraga yang paling terkenal di dunia. Sepak bola tidak hanya diminati kalangan pria, wanita juga menyukai olahraga ini. Bukan hanya itu, anak-anak hingga lansia pun menggemari sepak bola, kendati mungkin hanya dengan menonton.

Sepak bola merupakan cabang olahraga yang dimainkan dengan cara menendang atau menyepak bola.

Secara umum, sepak bola adalah cabang olahraga yang menggunakan bola berbahan kulit dan dimainkan oleh dua tim. Masing-masing tim beranggotakan 11 pemain inti dan beberapa pemain pengganti.

Kendati demikian, ada pula yang berpendapat bahwa sepak bola merupakan permainan yang dilakukan dengan cara menendang bola yang memiliki tujuan memasukkan bola ke dalam gawang lawan.

Permainan sepak bola dimenangkan oleh tim yang paling banyak memasukkan bola ke gawang lawan berdasarkan aturan permainan.

Dalam bahasa Inggris, sepak bola dikenal dengan sebutan "football" atau "soccer" dalam penyebutan bahasa Inggris-Amerika Serikat.

Itulah sedikit gambaran tentang olahraga sepak bola. Adapun untuk lebih legkapnya, kamu bisa menyimak pembahasan mengenai sepak bola berikut ini, seperti dikutip dari laman Maxmanroe dan Salamadian, Senin (18/10/2021).

Baca Juga: Perbedaan Call Center dan Customer Service, Pebisnis Wajib Tahu

 

Pengertian Sepak Bola Menurut Para Ahli dan Sejarah Singkatnya

Pengertian Sepak Bola Menurut Para Ahli

Agus Salim

Sepak bola adalah cabang olahraga yang memainkan bola menggunakan kaki dengan tujuan untuk memasukkan bola tersebut sebanyak mungkin ke gawang lawan sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan sebelumnya, baik itu oleh asosiasi sepak bola atau pihak lain yang berwenang.

Soekatamsi (1994:3)

Sepak bola adalah suatu permainan beregu yang diperlombakan di mana masing-masing regu terdiri dari 11 pemain termasuk penjaga gawang.

Muhajir (2007:22)

Sepak bola adalah suatu permainan yang dilakukan dengan cara menyepak bola, di mana tujuannya adalah untuk memasukkan bola ke gawang lawan dan bertahan agar gawang agar tidak kemasukan bola.

Joseph A. Luxbacher (2008:2)

Sepak bola adalah suatu permainan yang dipertandingkan antara dua tim, di mana masing-masing tim terdiri dari 11 orang dan dilakukan dengan cara mempertahankan gawang dan berusaha menjebol gawang lawan.

Remmy Muchtar (1992:27)

Sepak bola adalah suatu permainan yang dilakukan dengan cara pengolahan bola maupun dalam pengelolahan gerak tubuh dalam permainan.

Baca Juga: Cara Mudah Download TikTok Tanpa Watermark, Bisa Dilakukan Tanpa Menggunakan Aplikasi

 

Sejarah Sepak Bola

Sepak bola pertama kali dikenal di China pada abad kedua dan ketiga sebelum masehi, yaitu pada masa pemerintahan Dinasti Han. Pada masa itu masyarakat China menggunakan bola kulit dan menyepaknya ke dalam jaring kecil.

Selain di China, permainan sepak bola juga sudah dikenal di berbagai negara lainnya, seperti Jepang, Yunani, dan Roma. Masyarakat Jepang, Roma, dan Yunani di masa itu melakukan permainan ini untuk bersenang-senang.

Sepak bola modern baru dimulai di Inggris dengan memberlakukan peraturan-peraturan dasar sehingga permainan ini makin populer. Meski olahraga ini sempat dilarang karena dianggap mengandung kekerasan, sepak bola ternyata makin dikenal masyarakat dunia.

Pada 1904 terbentuk FIFA (Fédération Internationale de Football Association). FIFA adalah badan pengendali internasional sepak bola yang didirikan pada 21 Mei 1904 di Paris, Prancis.

Sepak bola kemudian menjadi suatu olahraga yang dipertandingkan antarnegara untuk memperebutkan Piala Dunia. Adapun pertandingan Piala Dunia pertama kali diselenggarakan pada 1930 di Uruguay, yang dimenangkan oleh Uruguay.

Baca Juga: Jumlah Provinsi di Indonesia ada 38, Berikut ini Nama Lengkap Ibu Kotanya

 

Teknik Dasar Permainan Sepak Bola

Berikut ini beberapa teknik dasar dalam permainan sepak bola:

Teknik Menendang Bola

  • Menendang bola dengan kaki bagian dalam.
  • Menendang bola dengan kaki bagian punggung.
  • Menendang bola dengan kaki bagian luar.

Teknik Menghentikan Bola

  • Menghentikan bola dengan kaki bagian luar.
  • Menghentikan bola dengan kaki bagian dalam.
  • Menghentikan bola dengan kaki bagian punggung.
  • Menghentikan bola dengan kaki bagian telapak.
  • Menghentikan bola dengan kaki bagian paha.
  • Menghentikan bola dengan dada atau perut.
  • Menghentikan bola dengan kepala.

Teknik Menggiring Bola

Ada dua teknik menggiring bola, yaitu:

  • Speed dribbling, teknik menggiring bola dengan menendang bola agak kuat sehingga bola menggelinding jauh, lalu pemain mengejar bola tersebut dengan berlari cepat.
  • Closed dribbling, teknik menggiring bola dalam jarak pendek sehingga pemain lawan kesulitan merebut bola.

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menggiring bola, yaitu:

  • Menggiring bola dengan kaki bagian dalam.
  • Menggiring bola dengan kaki bagian luar.
  • Menggiring bola dengan punggung kaki.
  • Menggiring bola dengan kedua kaki secara bergantian.

Teknik Menyundul Bola

Teknik menyundul bola (heading) adalah gerakan mendorong bola dengan memakai kepala yang dilakukan ketika bola sedang melayang di udara. Tujuannya adalah untuk mendorong bola ke arah yang diinginkan pemain.

Teknik Mengoper Bola

Teknik mengoper bola (passing) merupakan teknik memberikan umpan bola kepada rekan satu tim. Mengoper bola bisa dilakukan dengan cara menendang, menyundul, atau memantulkan bola dengan dada.

Teknik Merebut Bola

Ada dua teknik merebut bola yang sering dilakukan oleh para pesepak bola, yaitu:

  • Intercept, yaitu teknik merebut bola yang sedang digiring oleh pemain lawan. Teknik ini cukup sering dilakukan pemain bola, terutama ketika bola sedang bergulir saat pemain lawan melakukan umpan jarak jauh (long pass).
  • Sliding tackle, yaitu teknik merebut bola yang dilakukan dengan cara menjatuhkan tubuh dan meluncur dengan kaki ke arah bola yang sedang digiring oleh pemain lawan. Cara ini dilakukan agar bola tertendang dan jauh dari kontrol pemain lawan. Namun, teknik ini bisa dianggap pelanggaran bila dilakukan dengan menyapu bola dari belakang, mengangkat kaki saat menyapu bola, atau melakukan teknik menggunting.

Teknik Menangkap Bola

Teknik menangkap bola hanya diperuntukkan bagi penjaga gawang (keeper). Penjaga gawang merupakan pertahanan terakhir dari suatu tim sepak bola yang bertanggungjawab untuk mencegah bola masuk ke dalam gawangnya.

 

Peraturan Dasar Sepak Bola

1. Jumlah Pemain

Peraturan sepak bola paling mendasar ialah soal jumlah pemain.

Masing-masing tim ketika bertanding, menyiapkan 11 pemain di lapangan dengan formasi sepak bola sudah disiapkan sebelumnya.

Andai di dalam lapangan pemain kurang dari 7 pemain—sebab di kartu merah atau cedera—tim tersebut dianggap kalah.

 

2. Pemain Cadangan

Aturan sepak bola ihwal pemain cadangan, jumlahnya tergantung dari kompetisi yang diikuti.

Misalnya:

  • Gelaran piala dunia mengharuskan tim mempunyai pemain cadangan berjumlah 11 orang.
  • Liga domestik di seluruh dunia umumnya membolehkan tim memiliki 5 pemain cadangan, termasuk kiper.

 

3. Pergantian Pemain

Peraturan permainan sepak bola berikutnya, dalam 90 menit permainan sepak bola, tim hanya dibolehkan melakukan 3 pergantian pemain.

Namun, jika memasuki babak waktu tambahan, masing-masing tim dapat dibolehkan melakukan 1 pergantian pemain lagi.

Perlu dicatat, dalam kompetisi domestik, aturan ini dapat fleksibel, tergantung aturan dari masing-masing federasi.

 

4. Wasit

Seorang wasit ialah orang yang memberikan segala keputusan di dalam permainan sepak bola.

Ia kerap disebut dengan ‘pengadil lapangan’.

Wasit berhak menentukan gol, pelanggaran, hingga menghentikan pertandingan…

Dan saat menjalankan tugas, ia dibantu oleh 3 asisten wasit.

Wasit, Foto: berita.99.co

 

5. Asisten Wasit

Aturan permainan sepak bola mengenai asisten wasit.

  • Asisten wasit berjumlah 3 orang.
  • Dua di antaranya acapkali disebut dengan linesman atau hakim garis. Mereka membantu wasit utama dalam menentukan terjadinya offside, lemparan ke dalam, dan aneka pelanggaran lainnya.
  • Satu wasit terakhir sering disebut dengan wasit ke-4 atau wasit administratif. Ia berada di sisi lapangan untuk membantu teknis pergantian pemain, memberikan tambahan waktu, dan lain-lain.

 

6. Waktu Permainan

Peraturan sepak bola yang perlu diketahui berikutnya ialah soal waktu permainan.

  • Lama waktu bermain adalah 90 menit.
  • Masing-masing babak berdurasi 45 menit.
  • Istirahat pada pertengahan babak selama 15 menit, dan seterusnya.
  • Dalam kompetisi tertentu jika dalam waktu 90 menit belum dapat menentukan pemenang, maka berlanjut ke babak tambahan; masing-masing babaknya 15 menit.

 

7. Lapangan

Berikut ukuran standar lapangan sepak bola menurut federasi sepak bola dunia atau FIFA.

  • Lebar: 64-75 meter;
  • Panjang: 100-110 meter;
  • Luas daerah gawang: 18,35×5,5 meter;
  • Lingkar tengah: 9,15 meter;
  • Daerah penalti: 40,39×16,5 meter;
  • Titik penalti dengan garis gawang: 11 meter.

Lapangan Bola, Foto: berita.99.co

 

8. Bola

Untuk bola ada aturan sepak bola yang cukup standar dan berlaku di berbagai belahan dunia, antara lain:

  • Bola harus berbentuk bulat;
  • Berbahan kulit;
  • Luas kelilingnya: 68-71 cm; dan,
  • Berat: 396-453 g.

 

9. Gawang

Aturan permainan sepak bola tinggi gawang harus memenuhi standar:

  • Tinggi: 2,44 meter,
  • Lebar 7,32 meter.

 

10. Kapten Tim

Peraturan sepak bola yang cukup krusial, masing-masing tim harus mempunyai 1 kapten tim di dalam lapangan.

Kapten bertugas untuk berdiskusi dengan wasit bila ada yang harus dibicarakan.

 

11. Kick Off

Kick off dilakukan bila:

  • Memulai pertandingan;
  • Tim lawan baru kebobolan;
  • Memulai babak kedua;
  • Memulai babak tambahan waktu.

 

12. Gol

Gol terjadi ketika bola sepenuhnya sudah masuk dan melewati garis gawang.

 

13. Bola Keluar

Out atau bola keluar, terjadi saat bola keluar garis lapangan.

Jika keluar garis pada sisi lapangan, maka dilakukan lemparan ke dalam, sedangkan kalau keluarnya di sisi gawang, maka dilakukan tendangan gawang atau tendangan sudut.

 

14. Lemparan ke dalam

Lemparan ke dalam terjadi ketika bola keluar di sisi lapangan.

Tim yang berhak mengambil lemparan ke dalam adalah klub yang tidak mengeluarkan bola.

Cara melakukan lemparan ke dalam dilakukan dengan cara melempar dan menempatkan bola di atas kepala.

Lemparan Bola Kedalam, Foto: Berita.99.co

 

15. Tendangan Penalti

Tendangan penalti akan diberikan kepada salah satu tim, jika ia dilanggar di kotak penalti lawan.

Tendangan penalti dilakukan pada titik yang sudah disediakan dalam kotak penalti dan langsung berhadapan dengan penjaga gawang.

 

16. Tendangan Sudut

Tendangan yang dilakukan di sudut gawang.

Kondisi ini terjadi saat bola keluar di garis sebelah gawang yang dilakukan oleh tim sendiri.

 

17. Pelanggaran

Pelanggaran umumnya terjadi ketika:

  • Bola menyentuh ke tangan atau handsball;
  • Pelanggaran keras;
  • Menarik baju lawan;
  • Berkelahi;
  • Menghentikan lawan secara sengaja.

Pelanggaran dalam permainan Sepak Bola, Foto: Berita.99.co

 

18. Kartu Kuning

Kartu kuning dikeluarkan oleh wasit saat terjadi pelanggaran cukup keras.

Kartu kuning berfungsi sebagai penanda peringatan ke pemain agar tak melakukan pelanggaran serupa.

 

19. Kartu Merah

Jika pemain mendapat kartu merah, maka ia harus keluar dari permainan.

Kartu ini dikeluarkan tatkala pemain mendapat dua kartu kuning.

Selain itu, pemain akan dapat dijatuhi kartu merah langsung bila melakukan pelanggaran sangat keras atau melakukan keributan, seperti berkelahi.

 

20. Tendangan Bebas

Tendangan bebas dilakukan ketika salah satu tim dilanggar oleh kesebelasan lawan.

Tendangan ini dapat dilakukan dengan cara mengoper bola atau menendangnya langsung ke gawang.

 

21. Aturan Lemparan ke Dalam

Melansir laman goal.com yang mengutip IFAB Laws of the Game 2021/22, jika lemparan ke dalam langsung masuk ke jala gawang lawan (tanpa menyentuh pemain di dalam lapangan), maka kejadian itu bukanlah gol.

Artinya gol tidak bisa tercetak lewat lemparan ke dalam secara langsung.

Dengan begitu, wasit berhak memberikan tendangan gawang pada tim yang ‘kebobolan langsung’ lewat lemparan ke dalam.

Itulah tentang Sepak Bola: Pengertian dan Cara Bermain serta Aturan yang Perlu Anda Ketahui, Semoga bermanfaat.*****

Kirim Komentar

Komentar Facebook

Artikel Menarik Lainnya

Hosting Murah se Indonesia

Arsip Artikel

Media Sosial

Facebook Twitter YouTube Instagram WhatsApp

Hosting Gratis

MHosting Gratis Rp.0

Komentar

Tenggulangbaru.id
02 Mei 2024 11:49:08
Selamat Hari Pendidikan Nasional! Semoga setiap anak... selengkapnya
Lestari marganinhrum
26 April 2024 09:40:01
Saya terdaftar pkh baru dan blom punya kks apakah bisa... selengkapnya
Zaky
25 April 2024 00:36:07
Saya mau dapat PIP, bagaimana cara mengajukannya?... selengkapnya
Topani Sahara
02 April 2024 21:28:46
Semoga artikel ini bermanfaat, ... selengkapnya
Topani
27 Maret 2024 18:33:27
Semoga bermanfaat... selengkapnya
Naning
21 Maret 2024 02:55:45
Kenapa kok dana pip yg lain keluar ini punya anak saya... selengkapnya
Topani
08 Maret 2024 16:10:05
Makasih pak Dafris... selengkapnya
Dafris
08 Maret 2024 15:16:52
Sukses ya...... selengkapnya
Sokewih
08 Maret 2024 10:46:14
Kenapa bpnt saya tidak cair?... selengkapnya
Satria setiawan wijaya
06 Maret 2024 16:47:49
Bagaimana cara mndaftarkan ank saya dpet pip... selengkapnya

Sinergi Program

Lapak Tenggulang Baru
OpenDesa
PCNU Musi Banyuasin
The Express
SMP Hidayatut Thullab

Statistik Pengunjung

Hari ini:1.073
Kemarin:4.388
Total Pengunjung:100.928
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:172.70.130.199
Browser:Mozilla 5.0