Rasulullah pernah menyebut secara eksplisit bahwa Allah memiliki 99 nama indah atau lebih dikenal sebagai Asmaul Husna (pelafalan yang lebih tepat sejatinya adalah al-asma’ al-husna). Sabda Nabi tersebut terekam dalam hadits shahih riwayat Imam Muslim.
Asmaul Husna memiliki keistimewaan-keistimewaan, salah satunya sebagai doa. Dalam surat al-A’raf ayat 180 disebutkan,
وَلِلَّهِ الْأَسْمَاءُ الْحُسْنَىٰ فَادْعُوهُ بِهَا، وَذَرُوا الَّذِينَ يُلْحِدُونَ فِي أَسْمَائِهِ، سَيُجْزَوْنَ مَا كَانُوا يَعْمَلُونَ
Artinya, “Allah memiliki Asmaul Husna maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut Asmaul Husna (nama-nama terbaik) itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyalahartikan nama-nama-Nya. Mereka kelak akan mendapat balasan terhadap apa yang mereka kerjakan” (QS. Al-Araf : 180).
Karena itu tidak heran bila lafal doa yang kita jumpai nyaris selalu menyertakan satu atau lebih nama Allah yang terdapat dalam 99 Asmaul Husna, seperti Ya Rahman, Ya Karim, Ya Razzaq, Ya Fattah, dan lain sebagainya. Bahkan sebagian ulama secara khusus menyusun doa yang mereka beri nama Du‘a al-Asma al-husna (Doa Asmaul Husna). Sebagian lagi menyusun nadham atau syair yang berisi seluruh nama-nama agung itu. Baik doa maupun nadham, susunan redaksinya bisa berbeda-beda, mengikuti ijtihad para ulama dalam merangkai untaian pujian dan doa.
Baca Juga: Tata Cara dan Niat Shalat Gerhana Matahari
No | Latin | Arab | Artinya |
---|---|---|---|
1 | Ar-Rahmanu | الرَّحْمـٰنُ | Yang Maha Pengasih |
2 | Ar-Rahimu | الرَّحِيْمُ | Yang Maha Penyayang |
3 | Al-Maliku | الْمَلِكُ | Yang Maha Merajai/Memerintah |
4 | Al-Quddusu | الْقُدُّوْسُ | Yang Mahasuci |
5 | As-Salamu | السَّلاَمُ | Yang Maha Memberi Kesejahteraan |
6 | Al-Mu’minu | الْمُؤْمِنُ | Yang Maha Memberi Keamanan |
7 | Al-Muhaiminu | الْمُهَيْمِنُ | Yang Maha Pemelihara |
8 | Al-‘Azizu | الْعَزِيْزُ | Yang Memiliki Mutlak Kegagahan |
9 | Al-Jabbaru | الْجَبَّارُ | Yang Maha Perkasa |
10 | Al-Mutakabbiru | الْمُتَكَبِّرُ | Yang Maha Megah |
11 | Al-Khaliqu | الْخَالِقُ | Yang Maha Pencipta |
12 | Al-Bari’u | الْبَارِئُ | Yang Maha Melepaskan |
13 | Al-Mushawwiru | الْمُصَوِّرُ | Yang Maha Membentuk Rupa (makhluknya) |
14 | Al-Ghaffaru | الْغَفَّارُ | Yang Maha Pengampun |
15 | Al-Qahharu | الْقَهَّارُ | Yang Maha Memaksa |
16 | Al-Wahhabu | الْوَهَّابُ | Yang Maha Pemberi Karunia |
17 | Ar-Razzaqu | الرَّزَّاقُ | Yang Maha Pemberi Rezeki |
18 | Al-Fattahu | الْفَتَّاحُ | Yang Maha Pembuka Rahmat |
19 | Al-‘Alimu | الْعَلِيْمُ | Yang Maha Mengetahui (Memiliki Ilmu) |
20 | Al-Qabidlu | الْقَابِضُ | Yang Maha Menyempitkan (makhluknya) |
21 | Al-Basithu | الْبَاسِطُ | Yang Maha Melapangkan (makhluknya) |
22 | Al-Khafidlu | الْخَافِضُ | Yang Maha Merendahkan (makhluknya) |
23 | Ar-Rafi’u | الرَّافِعُ | Yang Maha Meninggikan (makhluknya) |
24 | Al-Mu’izzu | الْمُعِزُّ | Yang Maha Memuliakan (makhluknya) |
25 | Al-Mudzillu | الْمُذِلُّ | Yang Maha Menghinakan (makhluknya) |
26 | As-Sami’u | السَّمِيْعُ | Yang Maha Mendengar |
27 | Al-Bashiru | الْبَصِيْرُ | Yang Maha Melihat |
28 | Al-hakamu | الْحَكَمُ | Yang Maha Menetapkan |
29 | Al-‘Adlu | الْعَدْلُ | Yang Mahaadil |
30 | Al-Lathifu | اللَّطِيْفُ | Yang Mahalembut |
31 | Al-Khabiru | الْخَبِيْرُ | Yang Maha Mengetahui Rahasia |
32 | Al-halimu | الْحَلِيْمُ | Yang Maha Penyantun |
33 | Al-‘Adhimu | الْعَظِيْمُ | Yang Mahaagung |
34 | Al-Ghafuru | الْغَفُوْرُ | Yang Maha Pengampun |
35 | Asy-Syakuru | الشَّكُوْرُ | Yang Maha Pembalas Budi (Menghargai) |
36 | Al-‘Aliyyu | العَلِيُّ | Yang Maha Tinggi |
37 | Al-Kabiru | الْكَبِيْرُ | Yang Maha Besar |
38 | Al-hafidhu | الْحَفِيْظُ | Yang Maha Menjaga |
39 | Al-Muqitu | الْمُقِيْتُ | Yang Maha Pemberi Kecukupan |
40 | Al-hasibu | الْحَسِيْبُ | Yang Maha Membuat Perhitungan |
41 | Al-Jalilu | الْجَلِيْلُ | Yang Mahamulia |
42 | Al-Karimu | الْكَرِيْمُ | Yang Maha Pemurah |
43 | Ar-Raqibu | الرَّقِيْبُ | Yang Maha Mengawasi |
44 | Al-Mujibu | الْمُجِيْبُ | Yang Maha Mengabulkan |
45 | Al-Wasi’u | الْوَاسِعُ | Yang Maha Luas |
46 | Al-hakimu | الْحَكِيْمُ | Yang Maha Maka Bijaksana |
47 | Al-Wadudu | الْوَدُوْدُ | Yang Maha Pencinta |
48 | Al-Majidu | الْمَجِيْدُ | Yang Maha Mulia |
49 | Al-Ba’itsu | الْبَاعِثُ | Yang Maha Membangkitkan |
50 | Asy-Syahidu | الشَّهِيْدُ | Yang Maha Menyaksikan |
51 | Al-haqqu | الْحَقُّ | Yang Mahabenar |
52 | Al-Wakilu | الْوَكِيْلُ | Yang Maha Memelihara |
53 | Al-Qawiyyu | الْقَوِيُّ | Yang Mahakuat |
54 | Al-Matinu | الْمَتِيْنُ | Yang Mahakokoh |
55 | Al-Waliyyu | الْوَلِيُّ | Yang Maha Melindungi |
56 | Al-hamidu | الْحَمِيْدُ | Yang Maha Terpuji |
57 | Al-Muhshi | الْمُحْصِيْ | Yang Maha Mengalkulasi |
58 | Al-Mubdi’u | الْمُبْدِئُ | Yang Maha Memulai |
59 | Al-Mu’idu | الْمُعِيْدُ | Yang Maha Mengembalikan Kehidupan |
60 | Al-Muhyi | الْمُحْيِ | Yang Maha Menghidupkan |
61 | Al-Mumitu | الْمُمِيْتُ | Yang Maha Mematikan |
62 | Al-hayyu | الْحَيُّ | Yang Mahahidup |
63 | Al-Qayyumu | الْقَيُّوْمُ | Yang Mahamandiri |
64 | Al-Wajidu | الْوَاجِدُ | Yang Maha Penemu |
65 | Al-Majidu | الْمَاجِدُ | Yang Mahamulia |
66 | Al-Wahidu | الْوَاحِدُ | Yang Maha Tunggal |
67 | Al-Ahadu | الْأَحَدُ | Yang Maha Esa |
68 | Ash-Shamadu | الصَّمَدُ | Yang Maha Dibutuhkan, Tempat Meminta |
69 | Al-Qadiru | الْقَادِرُ | Yang Maha Menentukan, Maha Menyeimbangkan |
70 | Al-Muqtadiru | الْمُقْتَدِرُ | Yang Maha Berkuasa |
71 | Al-Muqaddimu | الْمُقَدِّمُ | Yang Maha Mendahulukan |
72 | Al-Muakhiru | الْمُؤَخِّرُ | Yang Maha Mengakhirkan |
73 | Al-Awwalu | الْاَوَّلُ | Yang Mahaawal |
74 | Al-akhiru | الْآخِرُ | Yang Mahaakhir |
75 | Adh-Dhahiru | الظَّاهِرُ | Yang Mahanyata |
76 | Al-Bathinu | الْبَاطِنُ | Yang Maha Ghaib |
77 | Al-Wali | الْوَالِي | Yang Maha Memerintah |
78 | Al-Muta’ali | الْمُتَعَالِي | Yang Maha Tinggi |
79 | Al-Barru | الْبَرُّ | Yang Maha Penderma |
80 | At-Tawwabu | التَّوَّابُ | Yang Maha Penerima Tobat |
81 | Al-Muntaqimu | الْمُنْتَقِمُ | Yang Maha Penuntut Balas |
82 | Al-‘Afuwwu | الْعَفُوُّ | Yang Maha Pemaaf |
83 | Ar-Ra’ufu | الرَّؤُوْفُ | Yang Maha Pengasih |
84 | Malikul-mulki | مَالِكُ الْمُلْكِ | Yang Maha Penguasa Kerajaan (Semesta) |
85 | Dzul-Jalali wal-Ikram | ذُوْ الْجَلَالِ وَالْاِكْرَامِ | Yang Maha Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan |
86 | Al-Muqsithu | الْمُقْسِطُ | Yang Mahaadil |
87 | Al-Jami’u | الْجَامِعُ | Yang Maha Mengumpulkan |
88 | Al-Ghaniyyu | الْغَنِيُّ | Yang Maha Berkecukupan |
89 | Al-Mughni | الْمُغْنِيْ | Yang Maha Memberi Kekayaan |
90 | Al-Mani’u | الْمَانِعُ | Yang Maha Mencegah |
91 | Adl-Dlaru | الضَّارُ | Yang Maha Memberi Derita |
92 | An-Nafi’u | النَّافِعُ | Yang Maha Memberi Manfaat |
93 | An-Nuru | النُّوْرُ | Yang Maha Bercahaya (Menerangi, Memberi Cahaya) |
94 | Al-Hadi | الْهَادِيْ | Yang Maha Pemberi Petunjuk |
95 | Al-Badi’u | الْبَدِيْعُ | Yang Maha Pencipta |
96 | Al-Baqi | الْبَاقِيْ | Yang Mahakekal |
97 | Al-Waritsu | الْوَارِثُ | Yang Maha Pewaris |
98 | Ar-Rasyidu | الرَّشِيْدُ | Yang Mahapandai |
99 | Ash-Shaburu | الصَّبُوْرُ | Yang Mahasabar |
Baca Juga: Doa Niat Zakat Fitrah Lengkap, untuk Diri Sendiri, Keluarga dan Orang yang Diwakilkan
Asmaul Husna juga menjadi wirid atau amalan rutin para ulama sejak zaman dulu karena keutamaan dan rahasia di dalamnya. Asmaul Husna diyakini sebagai media (tawasul) paling manjur dalam membuka berbagai pintu kebahagiaan secara lahir maupun batin. Sayyid Muhammad bin Alwi al-Maliki al-Hasani dalam kitab Abwabul Faraj (1971: 132) menyebut, sebagian ulama salaf tiap bakda shalat Maghrib memiliki rutinitas bersama teman-temannya membaca surat Yasin, dilanjut melantunkan Asmaul Husna, doa Asmaul Husna, lalu memohon sesuatu kepada Allah.
Ulama besar tasawuf Al-Azhar kelahiran Sudan, Syekh Shalih al-Ja’fari bercerita bahwa melantunkan Asmaul Husna merupakan salah satu wirid tarekat guru beliau. Alam raya dan seisinya diyakini sebagai manifestasi nama-nama Allah. Sehingga, siapa saja yang memanjatkan doa dengan Asmaul Husna, ia tak ubahnya sedang menarik seluruh kebaikan datang kepadanya, dan membentengi dirinya dari berbagai ancaman keburukan. Ketika seseorang, misalnya, melantunkan Ya Rahman (wahai Yang Maha Penyayang) maka sesungguhnya ia sedang memohon limpahan kasih sayang atau rahmat dari Allah; saat membaca Ya Lathif (wahai Yang Mahalembut) maka sejatinya ia sedang memohon kelembutan; kala membaca Ya Ghafur (wahai Yang Maha Pengampun) maka sama halnya ia tengah meminta ampunan; ketika melantunkan Ya Razzaq (wahai Yang Maha Pemberi rezeki) maka tak ubahnya ia sedang menarik rezeki datang menghampirinya, dan begitu seterusnya (Sayyid Muhammad al-Maliki, Abwabul Faraj, 1971: 132).
Dengan demikian, bagi Syekh Shalih al-Ja’fari, Asmaul Husna lebih dari sekadar deretan nama-nama agung yang “hanya” bisa menjadi media atau tawasul untuk doa-doa. Asmaul Husna di mata beliau sudah mengandung doa itu sendiri, bahkan lebih luas. Seseorang secara tidak langsung sedang berusaha menyerap limpahan kebaikan dan menyingkirkan keburukan-keburukan saat melantunkan Asmaul Husna, sesuai dengan masing-masing makna dari nama-nama yang disebut.
Baca Juga: Niat Sholat Tahajud Beserta Doa dan Tata Caranya Lengkap
Sebenarnya terjadi perbedaan pendapat di kalangan ulama terkait jumlah nama-nama Allah. Sebagian mengatakan bahwa nama Allah pada dasarnya tidak terbatas pada angka tertentu. Ada pula yang berpendapat, bahwa jumlah nama itu terbatas di angka tertentu (100, 1000, 99, dan lainnya) meskipun sebagian nama-nama-Nya tidak diketahui manusia secara keseluruhan. Pendapat bahwa Asmaul Husna berjumlah 99 adalah paling populer dengan berpatokan pada hadits di atas. Wallahu a’lam.
Tinggalkan Balasan