14 Okt 2024 17:34 - 8 menit membaca

Prediksi China vs Indonesia Matchday 4 Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia

Bagikan

Duel China vs Indonesia akan tersaji pada matchday keempat Grup C Putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Laga ini akan berlangsung di Stadion Qingdao Youth Football, pada Selasa 15 Oktober 2024 pada pukul 19.00 WIB, serta disiarkan oleh Vision+ dan RCTI.

China kini berada di dasar klasemen Grup A, selalu kalah pada tiga laga yang sudah dimainkan. Sementara, Indonesia berada tepat di atasnya atau peringkat ke-4. Skuad Garuda meraih tiga poin hasil imbang pada tiga laga yang dimainkan.

Pada matchday ketiga lalu, China kalah dengan skor 1-3 di markas Australia. Sedangkan, Indonesia tidak cukup beruntung saat berjumpa Bahrain. Kemenangan di depan buyar setelah kebobolan pada menit 90+9. Indonesia harus puas bermain imbang 2-2.

Indonesia dan China terakhir bertemu pada 2013 lalu. China menang 1-0 di kandangnya dan imbang 1-1 di Stadion Gelora Bung Karno. Namun, rekor pertemuan itu bisa jadi tidak relevan. Sebab, ada perubahan yang signifikan di kubu Indonesia.

Preview China vs Indonesia

Pertandingan ini sangat krusial karena menentukan nasib untuk melaju ke babak selanjutnya.

Bagi China, situasi mereka seperti hidup-mati karena belum meraih hasil positif dalam tiga pertandingan sebelumnya.

Tiga kekalahan dari tiga pertandingan membuat tim asuhan Branko Ivankovic berada di dasar klasemen Grup C.

Jika China ingin tetap menjaga harapan lolos ke Piala Dunia FIFA 2026, mereka harus segera bangkit dan mulai meraih poin, dimulai dengan laga melawan Indonesia.

Meski Indonesia merupakan tim dengan peringkat terendah di grup, Ivankovic menegaskan bahwa mereka tidak boleh meremehkan kekuatan tim Garuda.

“Lawan kami berikutnya, Indonesia, adalah tim yang kuat,” kata Ivankovic dikutip dari laman resmi AFC.

“Kami tahu mereka memiliki banyak pemain yang bermain di liga Belgia dan Belanda.”

Ivankovic juga menekankan pentingnya bermain agresif dan ambisius untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

“Sekarang kami semakin dekat untuk meraih poin, dan kami akan terus bekerja keras. Dalam tujuh pertandingan berikutnya, tujuan kami adalah berada di empat besar, lolos ke tahap berikutnya, dan menjaga asa untuk masuk Piala Dunia.”

Sebaliknya, Indonesia menunjukkan penampilan yang cukup baik di Grup C. Meski skuad asuhan Shin Tae-yong belum terkalahkan, namun, Indonesia juga belum pernah berhasil meraih poin penuh.

Kemenangan paling dekat adalah saat laga melawan Bahrain. Indonesia menunjukkan permainan menyerang terbaiknya di babak kedua melawan Bahrain, di mana skuad Garuda berhasil mencetak dua gol.

Sayangnya, kemenangan yang sudah di depan mata sirna karena gol penyama kedudukan dari Mohamed Marhoon di menit-menit akhir pertandingan.

Pelatih kepala Indonesia, Shin Tae-yong, berharap dapat mengulangi performa cemerlang tersebut, terutama dengan kehadiran Rafael Struick dan Ragnar Oratmangoen yang semakin menunjukkan chemistry kuat di lini serang.

Kombinasi kedua pemain ini semakin menghidupkan serangan Indonesia, memberikan harapan besar bagi tim Garuda untuk meraih hasil positif.

Setelah hanya kebobolan dua gol melawan tim kuat seperti Arab Saudi dan Australia, namun kebobolan dua kali melawan Bahrain, Shin kemungkinan besar akan kembali memasukkan Rizky Ridho ke jantung pertahanan.

Ridho, yang sebelumnya hanya duduk di bangku cadangan saat melawan Bahrain, diharapkan mampu memperkokoh lini belakang menghadapi serangan China.

Pertandingan ini akan menjadi ujian besar bagi kedua tim.

Bagi China PR, ini adalah kesempatan untuk memperbaiki nasib mereka, sementara bagi Indonesia, laga ini adalah peluang emas untuk melanjutkan performa baik dan membuktikan bahwa Jay Idzes dan kawan-kawan layak bersaing di level tertinggi Asia.

China Rilis Skuad Kualifikasi Piala Dunia 2026, Bisa Jadi Gambaran Shin Tae-yong untuk Racik Timnas Indonesia. Sumber : tvonenews/AFC
China Rilis Skuad Kualifikasi Piala Dunia 2026, Bisa Jadi Gambaran Shin Tae-yong untuk Racik Timnas Indonesia. Sumber : tvonenews/AFC

Berita Tim China vs Indonesia

China mengincar poin pertama di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Tuan rumah diperkirakan tidak banyak melakukan perubahan pemain.

Mereka diperkirakan tetap tampil lewat skema 4-4-2, seperti laga kontra Australia. China layak mengandalkan Fernandinho dan Yuning Zhang guna mengisi lini serang. Kecepatan penggawa China pantas diwaspadai para bek Timnas Indonesia.

Sementara Timnas Indonesia diprediksi tidak banyak melakukan perubahan komposisi pemain jelang duel kontra China. Kiper utama, Maarten Paes, bakal kembali jadi andalan di bawah mistar gawang. Pilar FC Dallas itu selalu tampil gemilang selama tiga laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia Grup C ronde 3.

Kemudian dua dari tiga posisi bek tengah diperkirakan menjadi milik Mees Hilgers dan Jay Idzes. Posisi tersisa bakal diperebutkan Rizki Ridho dan Nathan Tjoe-A-On. Kendati demikian, Ridho mempunyai kans yang jauh lebih besar dengan situasi Jordi Amat yang belum maksimal.

Dalam laga kontra Bahrain, Rizki Ridho menunjukkan penampilan bagus sebagai pemain pengganti. Hal itu dapat dijadikan pertimbangan Shin Tae-yong untuk menempatkannya di area kiri. Jika lebih menginginkan bek yang memiliki kaki kidal di area kiri, Nathan Tjoe-A-On termasuk alternatif terbaik.

Nathan dapat bermain di berbagai posisi. Ia kerap dipasang sebagai full bek kiri, bek tengah, hingga gelandang bertahan. Oleh sebab itu, Nathan Tjoe-A-On berpotensi dimainkan melawan China dengan segala opsi: bek atau gelandang bertahan.

Maju ke area tengah, duet Thom Haye dan Ivaar Jenner tampil gemilang melawan Bahrain. Akan tetapi, keduanya memiliki tipe permainan yang hampir sama sehingga kurang solid dalam membantu pertahanan. Maka, Nathan adalah opsi pemungkas sebagai gelandang bertahan.

Di lini depan, Malik Risaldi tampil apik dan berpeluang mendapat kesempatan sebagai starter lagi. Namun, hal itu bergantung pada kondisi Malik. Ia mengalami benturan hingga mengeluarkan darah ketika berduel dengan pemain Bahrain.

Selain Malik Risaldi, Ragnar Oratmangoen dan Rafael Struick berpotensi tetap menjadi pilihan lini depan. Terlebih keduanya berhasil mencetak gol dalam laga away di kandang Bahrain.

Squad Timnas Indonesia yang Nyaris Permalukan Bahrain setelah kebobolan pada menit 90+9. Indonesia harus puas bermain imbang 2-2. Erick Thohir Minta Langsung Fokus Lawan Tiongkok
Squad Timnas Indonesia yang Nyaris Permalukan Bahrain setelah kebobolan pada menit 90+9. Indonesia harus puas bermain imbang 2-2. Erick Thohir Minta Langsung Fokus Lawan Tiongkok

Prediksi Susunan Pemain China vs Indonesia

Berikut ini perkiraan susunan pemain awal China vs Indonesia:

China (4-4-2)

  • Pemain: Dalei Wang; Hetao Hu, Tyias Browning, Shenglong Jiang, Lei Li; Wenneng Xie, Shangyuan Wang, Yuanyi Li, Shihao Wei; Fernandinho, Yuning Zhang.
  • Pelatih: Branko Ivankovic

Indonesia (3-4-2-1)

  • Pemain: Maarten Paes; Mees Hilgers, Jay Idzes, Rizki Ridho; Eliano Reijnders, Nathan Tjoe-A-On, Thom Haye, Calvin Verdonk; Malik Risaldi, Ragnar Oratmangoen; Rafael Struick.
  • Pelatih: Shin Tae-yong
Para Penggawa Timnas China di Kualifikasi Piala Dunia 2026. Sumber : tvonenews/thecfa.cn
Para Penggawa Timnas China di Kualifikasi Piala Dunia 2026. Sumber : tvonenews/thecfa.cn

Head to Head China vs Indonesia

Indonesia dan China tercatat sudah bertemu sebanyak 17 kali di semua kompetisi. Tim Garuda baru menang 3 kali, sementara China menang 11 kali serta 2 imbang. Secara head to head China unggul dengan 11 kemenangan.

Telah lebih dari tiga dekade atau tepatnya 37 tahun yang lalu sejak kemenangan terakhir kali Timnas Indonesia atas China. Kala itu Timnas yang dilatih Bertje Matulapelwa mampu menumpaskan perlawanan China dengan skor 3-1, pada 20 Februari 1987.

Pertemuan terakhir antara Indonesia dan China terjadi pada Kualifikasi Piala Asia 2015, tepatnya pada tanggal 15 November 2013, kala itu Tim Garuda harus mengakui keunggulan China dengan skor tipis 1-0 lewat gol yang dicetak Wu Lei pada menit 45.

5 Pertemuan Terakhir China vs Indonesia

  • 15/11/13 China 1 – 0 Indonesia
  • 15/10/13 Indonesia 1 – 1 China
  • 21/07/04 Indonesia 0 – 5 China
  • 27/05/01 Indonesia 0 – 2 China
  • 13/05/01 China 5 – 1 Indonesia

Berikut ini 5 pertandingan terakhir kedua tim:

Pertandingan Terakhir China

  • 06/06/24 China 1 – 1 Thailand
  • 11/06/24 Korea Selatan 1 – 0 China
  • 05/09/24 Jepang 7 – 0 China
  • 10/09/24 China 1 – 2 Arab Saudi
  • 10/10/24 Australia 3 – 1 China

Hasil 5 Pertandingan Terakhir Indonesia:

  • 06/06/24 Indonesia 0 – 2 Irak
  • 11/06/24 Indonesia 2 – 0 Filipina
  • 06/09/24 Arab Saudi 1 – 1 Indonesia
  • 10/09/24 Indonesia 0 – 0 Australia
  • 10/10/24 Bahrain 2 – 2 Indonesia
Pemain timnas Indonesia, Ragnar Oratmangoen (putih) mencoba melindungi bola dari pemain Bahrain. Sumber: PSSI
Pemain timnas Indonesia, Ragnar Oratmangoen (putih) mencoba melindungi bola dari pemain Bahrain. Sumber: PSSI

Statistik China vs Indonesia

  • China menjadi lumbung gol di Grup C dengan 12 gol, status juru kunci karena selalu kalah dalam tiga laga.
  • Timnas Indonesia difavoritkan menang karena memiliki statistik yang lebih mengesankan, mencuri poin raksasa dari tim Asia lainnya.
  • Pertahanan China rapuh, lini depan ompong, sementara Timnas unggul satu gol atas China dan harus tetap waspada.
Tiba di Tiongkok, Timnas Indonesia Langsung Gelar Latihan Perdana. Foto: PSSI
Tiba di Tiongkok, Timnas Indonesia Langsung Gelar Latihan Perdana. Foto: PSSI

Prediksi Skor China vs Indonesia

Lini belakang China sangat rapuh. Mereka kebobolan 11 kali pada tiga laga awalnya di Grup C. China tidak begitu cakap saat harus berhadapan dengan situasi bola mati dan serangan dari sayap. Namun, sebagai tuan rumah, mereka tentu tak ingin kalah.

Lini depan Indonesia tampil menjanjikan pada duel lawan Bahrain dengan mencetak dua gol. Malik Risaldi mampu memberi warna di lini depan. Sedangkan, Rafael Struick dan Ragnar Oratmangoen makin. Mereka bisa jadi faktor kunci bagi Indonesia.

Prediksi Skor Akhir : China 0-2 Indonesia

Live Streaming China vs Indonesia

Laga China vs Timnas Indonesia dalam matchday 4 Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona AFC dapat ditonton melalui live streaming Vision+ dan RCTI+. Laga ini juga tayang melalui siaran langsung GTV dan RCTI. Pertandingan ini akan kick-off pada Selasa, 15 Oktober 2024 pukul 19.00 WIB.

Untuk dapat menyaksikan Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona AFC di Vision+, penggemar sepak bola dapat mengaktifkan paket berlangganan Premium Sports. Terdapat 3 pilihan, yakni Paket 30 Hari Rp40.000, Paket 90 Hari Rp95.000, dan Paket 1 Tahun Rp200.000.

Link Live Streaming China vs Indonesia:

Link Live Streaming China vs Indonesia - Vision+
Link Live Streaming China vs Indonesia -RCTI

DISCLAIMER: Jadwal dan stasiun televisi yang menayangkan Kualifikasi Piala Dunia 2026 dapat berubah sewaktu-waktu, sesuai dengan kebijakan pemegang hak siar.

Klasemen Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia

Grup C

Jadwal dan Hasil Kualifikasi Piala Dunia Zona Asia

Putaran ke 3

Grup C

5 September 2024

  • Jepang 7-0 China
  • Australia 0-1 Bahrain
  • Arab Saudi 1-1 Timnas Indonesia

10 September 2024

  • China 1-2 Arab Saudi
  • Timnas Indonesia 0-0 Australia
  • Bahrain 0-5 Jepang

10 Oktober 2024

  • Australia 3-1 China
  • Bahrain 2-2 Timnas Indonesia
  • Arab Saudi 0-2 Jepang

15 Oktober 2024

  • 17:35 WIB: Jepang vs Australia
  • 19:00 WIB: China vs Timnas Indonesia

16 Oktober 2024

  • 01.00 WIB: Arab Saudi vs Bahrain

14 November 2024

  • Australia vs Arab Saudi
  • Bahrain vs China
  • Timnas Indonesia vs Jepang

19 November 2024

  • Bahrain vs Australia
  • China vs Jepang
  • Timnas Indonesia vs Arab Saudi

20 Maret 2025

  • Jepang vs Bahrain
  • Australia vs Timnas Indonesia
  • Arab Saudi vs China

25 Maret 2025

  • Jepang vs Arab Saudi
  • China vs Australia
  • Timnas Indonesia vs Bahrain

5 Juni 2025

  • Australia vs Jepang
  • Bahrain vs Arab Saudi
  • Timnas Indonesia vs China

10 Juni 2025

  • China vs Bahrain
  • Jepang vs Timnas Indonesia
  • Arab Saudi vs Australia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Recent Posts

Klasemen

- - Prediksi Bologna vs Shakhtar Donetsk di Matchday 1 Liga Champions Eropa 2024/2025