9 Okt 2024 13:39 - 8 menit membaca

Prediksi Bahrain vs Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia

Bagikan

Duel Bahrain vs Indonesia akan tersaji pada pertandingan ketiga babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026. Laga ini akan berlangsung di Stadion Nasional Bahrain, Riffa, pada Kamis, 10 Oktober 2024 pada pukul 23.00 WIB, serta disiarkan oleh Vision+ dan RCTI.

The Pearl Divers, julukan Bahrain, mengantongi tiga poin dari dua laga sebelumnya dan bertengger di peringkat ketiga klasemen Grup F. Mereka berhasil mengalahkan Australia dengan skor 1-0 di kandang lawan lewat gol bunuh diri Harry Souttar. Setelah itu, Bahrain menelan kekalahan telak 0-5 dari Jepang.

Bahrain berada di peringkat 76 dunia dan punya ambisi untuk debut di Piala Dunia 2026 yang berlangsung di Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko. Mereka sudah memanggil 27 pemain untuk menghadapi Indonesia dan Arab Saudi.

Gelandang jangkar berpengalaman Bahrain, Kamil Al-Aswad, sudah tersedia. Ia mengincar caps ke-106 untuk Bahrain. Selain itu penyerang Mahdi Abduljabbar juga mengincar capaian sebagai salah satu penyerang subur dalam sejarah sepak bola Bahrain.

Timnas Indonesia, di sisi lain, berada di peringkat keempat klasemen Grup C. Skuad Garuda, secara mengejutkan, berhasil menahan imbang tim langganan Arab Saudi dengan skor 1-1 di Jeddah. Kejutan tim asuhan Shin Tae-yong berlanjut saat menahan imbang tanpa gol Australia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

Potret Timnas Indonesia Saat Menahan Imbang Australia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta Pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 ronde ketiga, Selasa (10/9). Foto: PSSI
Potret Timnas Indonesia Saat Menahan Imbang Australia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta Pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 ronde ketiga, Selasa (10/9). Foto: PSSI

Preview Bahrain vs Indonesia

Timnas Indonesia besutan Shin Tae-yong sanggup melewati 2 tantangan awal di Grup C, dengan hasil relatif bagus. Total 2 poin berhasil dikantongi Garuda, berkat menahan imbang Arab Saudi 1-1 di markas lawan, lalu seri 0-0 versus Australia di kandang sendiri. Hasil ini terbilang mengejutkan, mengingat Indonesia adalah tim dengan ranking FIFA terendah di Grup C.

Dua poin tersebut tetap wajib dijadikan motivasi jelang matchday berikutnya di Riffa (Bahrain) dan Qingdao (China). Kabar bagusnya adalah jelang dua laga sulit itu Timnas Indonesia mendapat tambahan tenaga, dengan bergabungnya Mees Hilgers dan Eliano Reijnders.

Hadirnya Hilgers sangat berarti bagi tim, terutama jika melihat kualitas sang pemain. Mees Hilgers adalah bek milik FC Twente di kompetisi tertinggi Liga Belanda. Bahkan jelang bergabung dengan Timnas Indonesia, Hilgers sempat memperlihatkan kemampuan memukau saat membantu Twente menahan imbang tim sekelas Manchester United dan Fenerbahce di ajang Europa League (UEL).

Tidak heran jika Ketum PSSI, Erick Thohir, menargetkan Timnas Indonesia bisa membawa pulang poin dari markas Bahrain dan China. Entah pulang dengan membawa 2 poin, 4 poin, atau bahkan maksimal 6 poin. Itu semua akan sangat berharga dalam menjaga mimpi lolos ke Piala Dunia 2026.

“Karena kita tim underdog, target saya dengan hadirnya Mees dan Eliano adalah kita harus meraih poin saat pertandingan tandang di Bahrain dan China nanti,” kata Erick, dikutip dari laman resmi PSSI.

Timnas Bahrain tentu tidak bisa dianggap remeh. Mereka memang sempat kalah telak 0-5 dari Jepang di kandang sendiri, pada matchday 2 lalu. Tapi hasil tersebut tidak bisa menutup fakta bahwa The Dilmun’s Warrior terbukti mampu mengalahkan Australia 0-1 di markas lawan.

Satu hal menarik adalah kemenangan bakal bernilai mahal bagi Bahrain atau Indonesia. Pasalnya di laga lain, Arab Saudi (4 poin) akan melakoni laga kandang melawan Jepang (6 poin). Jika Arab Saudi menelan kekalahan, pemenang laga Bahrain vs Indonesia bakal naik ke peringkat 2 di klasemen Grup C Pra Piala Dunia 2026 Zona AFC.

Berita Tim Bahrain vs Indonesia

Shin Tae-yong harus memutuskan apakah akan mengubah susunan pemain sebelas pertama saat menghadapi Bahrain atau tidak. Musababnya, ia bisa melihat celah untuk mencuri poin setelah Bahrain menelan kekalahan 5-0 dari Jepang pada laga sebelumnya.

Namun, Indonesia tetap harus waspada dengan kehadiran pemain Bahrain, Ali Madan dan Ali Haram. Kedua pemain harus ditarik keluar sebelum babak kedua dimulai. Setelah keduanya keluar, empat gol Jepang tercipta.

Dengan 11 pemain yang sama kala Bahrain melawan Jepang, Shin Tae-yong mungkin akan menurunkan susunan pemain yang sama saat menghadapi Arab Saudi dan Australia. Absennya Justin Hubner dapat membuat Wahyu Prasetyo masuk dalam tim utama. Itu pun terjadi apabila Talajic tetap bermain dengan formasi lima bek.

Shin Tae-yong punya opsi lain. Bek FC Twente Mees Hilgers dapat menjadi pilihan utama untuk lini pertahanan mengingat pengalamannya di Eredivisie. Hilgers bisa menjalani debut bersama Timnas Indonesia. 

Prediksi Susunan Pemain Bahrain vs Indonesia

Berikut ini perkiraan susunan pemain awal Bahrain vs Indonesia:

Bahrain (4-2-3-1)

  • Pemain: Ebrahim Lutfalla; Vincent Emmanuel, Sayed Baqer, Amine Benaddi, Abdulla Al-Khulasi; Ali Haram, Abbas Al-Asfoor; Mohamed Marhoon, Ali Madan, Kamil Al-Aswad; Mahdi Abduljabbar.
  • Pelatih: Dragan Talajic

Indonesia (3-4-2-1)

  • Pemain: Maarten Paes; Rizky Ridho, Mees Hilgers, Jay Idzes; Sandy Walsh, Calvin Verdonk, Ivar Jenner, Thom Haye; Witan Sulaeman, Ragnar Oratmangoen; Rafael Struick.
  • Pelatih: Shin Tae-yong

Head to Head Bahrain vs Indonesia

Indonesia dan Bahrain tercatat sudah bertemu sebanyak 7 kali di semua kompetisi. Indonesia tidak terlalu inferior, karena pernah mampu membukukan 2 kemenangan, serta 2 imbang. Secara head to head Bahrain memang unggul dengan 3 kemenangan, tapi tidak bisa dibilang dominan atas Indonesia.

Laga ini juga akan menjadi misi balas dendam bagi Timnas Indonesia. Pasalnya terakhir kali Indonesia bertandang ke Riffa, Garuda mesti menelan kekalahan telak 10-0 dari Bahrain. Itu terjadi saat Kualifikasi Piala Dunia 2014.

5 Pertemuan Terakhir Bahrain vs Indonesia

  • 29/02/12: Bahrain 10-0 Indonesia (Kualifikasi Piala Dunia 2014)
  • 06/09/11: Indonesia 0-2 Bahrain (Kualifikasi Piala Dunia 2014)
  • 10/07/07: Indonesia 2-1 Bahrain (Piala Asia)
  • 25/07/04: Bahrain 3-1 Indonesia (Piala Asia)
  • 19/06/88: Indonesia 0-0 Bahrain (Kualifikasi Piala Asia 1988)

Berikut ini 5 pertandingan terakhir kedua tim:

Pertandingan Terakhir Bahrain

  • 10/09/24: Bahrain 0-5 Jepang (Kualifikasi Piala Dunia 2026)
  • 05/09/24: Australia 0-1 Bahrain (Kualifikasi Piala Dunia 2026)
  • 12/06/24: Uni Emirat Arab 1-1 Bahrain (Kualifikasi Piala Dunia 2026)
  • 07/06/24: Bahrain 0-0 Yaman (Kualifikasi Piala Dunia 2026)
  • 27/03/24: Bahrain 3-0 Nepal (Kualifikasi Piala Dunia 2026)

Hasil 5 Pertandingan Terakhir Indonesia:

  • 10/09/24: Indonesia 0-0 Australia (Kualifikasi Piala Dunia 2026)
  • 06/09/24: Arab Saudi 1-1 Indonesia (Kualifikasi Piala Dunia 2026)
  • 11/06/024: Indonesia 2-0 Filipina (Kualifikasi Piala Dunia 2026)
  • 06/06/24: Indonesia 0-2 Irak (Kualifikasi Piala Dunia 2026)
  • 02/06/24: Indonesia 0-0 Tanzania (Friendly Match)

Statistik Bahrain vs Indonesia

  • Sebelumnya, kedua tim telah bertemu tujuh kali. Timnas Indonesia Garuda menang dua kali dan kalah dari Bahrain sebanyak tiga kali.
  • Ini akan menjadi pertemuan pertama mereka sejak Februari 2012. Saat itu, Pearl Divers menang 10-0 dalam kualifikasi Piala Dunia 2014.
  • Bahrain hanya kalah satu kali dari enam pertandingan terakhir. Itu terjadi dalam pertandingan terakhir melawan Jepang. Bahrain kalah 0-5.
  • Tim Garuda tidak terkalahkan dalam tiga pertandingan terakhir, tetapi seri dalam dua pertandingan terakhir.  
  • Bahrain berada di peringkat 76 dunia, sedangkan Indonesia berada 53 peringkat di bawah mereka.

Prediksi Skor Bahrain vs Indonesia

Bahrain dan Indonesia sudah lama sekali berduel. Kedua negara ini terakhir kali bertemu pada tahun 2012. Saat itu, tim garuda takluk di tangan Bahrain dengan skor 0-10.

Rekor pertemuan kedua negara ini bisa dibilang selalu diungguli Bahrain. Indonesia pernah menang sekali melawan Bahrain pada tahun 2007 saat di Piala Asia.

Sejarah buruk pertemuan Timnas Indonesia dengan Bahrain mungkin saja bisa diubah pada laga yang akan digelar pada Kamis malam.

Di bawah kepemimpinan Shin Tae-yong, Timnas Indonesia sudah mengalami banyak peningkatan. Belum lagi susunan pemain tim garuda saat ini bisa dibilang mewah.

Di laga melawan Bahrain besok, Indonesia juga ketambahan 2 pemain keturunan anyar, yakni Mees Hilgers dan juga Eliano Reijnders.

Hilgers kemungkinan besar akan debut dengan menutup posisi kosong yang ditinggalkan Hubner. Keberadaan Hilgers di lini belakang bisa memperkokoh pertahanan Timnas Indonesia.

Namun kemungkinan Maarten Paes bisa berlaga melawan Bahrain masih belum dipastikan. Mengingat kiper FC Dallas itu sempat mengalami cedera sehingga harus absen di beberapa laga.

Di sisi lain, Bahrain saat ini memang bisa dibilang unggul karena mendapat 3 poin dari Australia. Tapi perlu diingat, kemenangan Bahrain didapat dari gol bunuh diri yang dilakukan pemain Australia.

Dengan mempertimbangkan hal-hal tersebut, maka diperkirakan skor adalah imbang, atau bisa jadi Indonesia justru menang tipis dari Bahrain.

Prediksi Skor Akhir : Bahrain 0-1 Indonesia

Live Streaming Bahrain vs Indonesia

Live streaming Bahrain vs Indonesia dalam jadwal Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, akan tayang di Vision+ (RCTI, GTV, dan Sportstars 2), pada Kamis, 10 Oktober 2024, mulai pukul 23.00 WIB.

Untuk dapat menyaksikan Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Vision+, Anda dapat berlangganan Paket Premium Sports. Paket tersebut terdiri dari 3 pilihan yakni Paket 30 Hari Rp40.000, Paket 90 Hari Rp95.000, dan Paket 1 Tahun Rp200.000.

  • Link Live Streaming Bahrain vs Indonesia: RCTI
  • Link Live Streaming Bahrain vs Indonesia: GTV
  • Link Live Streaming Bahrain vs Indonesia: Sportstars 2

DISCLAIMER: Jadwal dan stasiun televisi yang menayangkan Kualifikasi Piala Dunia 2026 dapat berubah sewaktu-waktu, sesuai dengan kebijakan pemegang hak siar.

Klasemen Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia

Grup C

Jadwal Kualifikasi Piala Dunia Zona Asia

Putaran ke 3

Grup C

5 September 2024

  • Jepang 7-0 China
  • Australia 0-1 Bahrain
  • Arab Saudi 1-1 Timnas Indonesia

10 September 2024

  • China 1-2 Arab Saudi
  • Timnas Indonesia 0-0 Australia
  • Bahrain 0-5 Jepang

10 Oktober 2024

  • 16:10 WIB: Australia vs China
  • 23:00 WIB: Bahrain vs Timnas Indonesia

11 Oktober 2024

  • 01.00 WIB: Arab Saudi vs Jepang

15 Oktober 2024

  • 17:35 WIB: Jepang vs Australia
  • 19:00 WIB: China vs Timnas Indonesia

16 Oktober 2024

  • 01.00 WIB: Arab Saudi vs Bahrain

14 November 2024

  • Australia vs Arab Saudi
  • Bahrain vs China
  • Timnas Indonesia vs Jepang

19 November 2024

  • Bahrain vs Australia
  • China vs Jepang
  • Timnas Indonesia vs Arab Saudi

20 Maret 2025

  • Jepang vs Bahrain
  • Australia vs Timnas Indonesia
  • Arab Saudi vs China

25 Maret 2025

  • Jepang vs Arab Saudi
  • China vs Australia
  • Timnas Indonesia vs Bahrain

5 Juni 2025

  • Australia vs Jepang
  • Bahrain vs Arab Saudi
  • Timnas Indonesia vs China

10 Juni 2025

  • Jepang vs Timnas Indonesia
  • Arab Saudi vs Australia
  • China vs Bahrain

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Recent Posts

Klasemen

- - Prediksi Bologna vs Shakhtar Donetsk di Matchday 1 Liga Champions Eropa 2024/2025