18 Sep 2024 13:38 - 8 menit membaca

Prediksi Bologna vs Shakhtar Donetsk di Matchday 1 Liga Champions Eropa 2024/2025

Bagikan

Pertandingan antara Bologna vs Shakhtar Donetsk di matchday 1 league phase Liga Champions Eropa 2024/2025 akan digelar di Renato Dall’Ara pada Rabu, 18 September 2024, pukul 23.45 WIB bisa disaksikan live di Vidio dan beIN Sports 1.

Musim lalu, berkat tangan dingin pelatih Thiago Motta, Bologna finis peringkat lima di Serie A Italia. Bologna pun kembali ke kompetisi elite Eropa untuk pertama kalinya sejak 1965.

Namun, Motta sudah pindah ke Juventus. Sekarang, Bologna dilatih Vincenzo Italiano. Laga pertama mereka di Liga Champions adalah melawan tim yang cukup berpengalaman di turnamen ini, yakni Shakhtar.

Bologna masih belum meraih kemenangan setelah empat pertandingan pertama Serie A musim ini. Mereka mencatatkan hasil imbang 1-1 di kandang melawan Udinese dan Empoli, serta kekalahan 0-3 dari Napoli di tengah-tengah kedua hasil tersebut.

Akhir pekan kemarin, Bologna bangkit dari ketertinggalan dua gol dan berhasil menyamakan skor menjadi 2-2 di kandang Como. Hasil itu diraih berkat gol di 15 menit terakhir dari pemain pengganti Santiago Castro dan Samuel Iling-Junior, dengan Iling-Junior mencetak gol pertamanya untuk Bologna.

Sekarang, Bologna fokus ke laga kontra Shakhtar. Ini akan menjadi pertemuan perdana mereka, juga pertemuan pertama Bologna dengan klub asal Ukraina.

Squad Bologna 2024/2025. (c) GettyImages/worldfootball.net
Squad Bologna 2024/2025. (c) GettyImages/worldfootball.net

Preview Bologna vs Shakhtar Donetsk

Bologna

Liga Champions 2024-25 akan menjadi debut Bologna berlaga di babak utama. Sebelumnya, mereka memang pernah lolos ke UCL musim 1964-65. Namun, saat itu Bologna kalah di babak penyisihan melawan Anderlecht, sehingga belum pernah merasakan ketatnya persaingan di babak utama.

Sialnya, ketika akan melakoni laga besar dalam sejarah klub, performa Bologna justru sedang jeblok. Tim asuhan Vincenzo Italiano tidak pernah menang di empat pekan pertama Serie A. Hanya tiga poin yang mereka raih saat bermain imbang dengan Udinese, Empoli, dan Como serta kalah dari Napoli.

Rentetan hasil minor sangat disayangkan karena seharusnya Bologna lebih diunggulkan ketika bertemu Udinese, Empoli, dan Como. Namun, Italiano masih kesulitan meneruskan kinerja apik Thiago Motta musim lalu. Seolah kehebatan Bologna kala berhasil meraih tiket UCL tidak banyak yang tersisa di musim ini.

Italiano sendiri merasa yakin anak asuhnya mulai menemukan performa yang lebih bagus. Parameternya adalah dari hasil imbang melawan Como. Kala itu, Bologna tertinggal 2-0, namun bisa menyamakan skor di 15 menit terakhir laga melalui gol Santiago Castro dan Samuel Iling-Junior.

Mentalitas itu yang diharapkan Italiano akan dibawa ke laga melawan Shakhtar. Tentunya, Bologna dapat membuktikan hal tersebut, dengan perbaikan di lini belakang lebih dulu. Sebab, dari empat pekan Serie A, gawang Bologna sudah kebobolan tujuh gol.

“Saya tidak suka dengan kesalahan yang dibuat saat sedang menguasai bola. Kami juga terlalu banyak membuang peluang. Tapi bagaimanapun juga kami bertarung keras untuk bangkit dan harus membawa sisi positif itu ke pertandingan hari Rabu nanti,” kata Italiano di laman resmi klub.

Shakhtar Donetsk

Ketika Bologna berstatus sebagai debutan, Shakhtar merupakan tim yang jauh lebih berpengalaman di UCL. Dalam tujuh musim terakhir, Shakhtar rutin bermain di fase grup UCL. Bahkan, jika memasukkan partisipasi Shakhtar mulai babak kualifikasi, mereka selalu bermain di UCL sejak musim 2000-01 lalu atau rutin dalam 24 tahun terakhir!

Faktor pengalaman itu yang bisa menjadi pembeda dalam pertemuan kedua tim nanti. Shakhtar jelas akan lebih siap menjalani laga, terutama saat mengantisipasi tekanan, pertarungan mental, dan solusi di tengah laga seketat UCL.

Ditambah lagi, anak asuh Marino Pušić juga sedang dalam tren bagus di kompetisi domestik. Dari lima laga awal yang telah mereka selesaikan di Liga Primer Ukraina, Shakhtar mampu meraih tiga kemenangan dan dua kekalahan. Pada laga terakhir, Shakhtar juga meraih kemenangan telak 5-2 atas Karpaty Lviv.

Kendati demikian, Shakhtar sadar betul bahwa mereka tidak bisa menganggap remeh Bologna. Pengalaman yang dimiliki membuat mereka sadar untuk tetap bersikap rendah hati karena apapun bisa terjadi di ajang Liga Champions.

“Tentunya ini adalah turnamen yang jauh berbeda dalam hal mentalitas. Kamu tidak bisa membandingkan level permainan di Liga Ukraina dengan Liga Champions. Kami akan memberikan semua yang kami bisa dan berharap bisa meraih hasil positif,” tutur Artem Bondarenko, yang mencetak hattrick ke gawang Karpaty Lviv.

Squad Shakhtar Donetsk 2024/2025 (c) GettyImages/worldfootball.net
Squad Shakhtar Donetsk 2024/2025 (c) GettyImages/worldfootball.net

Info Tim Bologna vs Shakhtar Donetsk

Masalah cedera yang dialami Bologna mulai berkurang, tepat sebelum mereka bangkit di Eropa, saat duo pertahanan Emil Holm dan Martin Erlic bergabung dengan pemain sayap Swiss Dan Ndoye di bangku cadangan di Como.

Namun, Oussama El Azzouzi dan Nicolo Cambiaghi menderita cedera lutut serius bulan lalu dan harus absen dalam jangka panjang; bintang Skotlandia Lewis Ferguson masih berupaya untuk kembali bugar dari cedera ACL.

Kapten tim tuan rumah, Riccardo Orsolini , mencetak gol dari titik penalti pada pertandingan pembuka Serie A dan telah mencetak gol dalam tujuh musim berbeda untuk klub tersebut. Pemain internasional Italia itu harus bermain sebagai pendukung Santiago Castro atau Thijs Dallinga di lini depan.

Sementara itu, penyerang Shakhtar Donetsk Danylo Sikan mencatatkan empat gol dari enam pertandingan di Liga Champions musim lalu dan kini menjadi pencetak gol terbanyak bersama klubnya musim ini dengan tiga gol.

Baru-baru ini pada daftar pencetak gol Ukraina di UEFA Nations League, Georgiy Sudakov menciptakan peluang terbanyak (10) dan menyelesaikan umpan terbanyak (229) dibandingkan pemain Shakhtar lainnya selama babak penyisihan grup tahun lalu.

Ia kini mungkin akan bergabung di lini tengah oleh salah satu pemain Brasil yang biasa menjadi pemain tamu. Marlon Gomes yang kembali dari cedera hamstring di akhir pekan, setelah absen selama sebulan.

Pelatih Bologna Vincenzo Italiano pada 31 Agustus 2024. (c) Imago
Pelatih Bologna Vincenzo Italiano pada 31 Agustus 2024. (c) Imago

Prediksi Susunan Pemain Bologna vs Shakhtar Donetsk

Berikut ini perkiraan susunan pemain awal kedua tim:

Bologna (4-3-3)

  • Pemain: Łukasz Skorupski; Stefan Posch, Sam Beukema, Jhon Lucumi, Juan Miranda; Nikola Moro, Remo Freuler, Giovanni Fabbian; Riccardo Orsolini, Dan Ndoye, Santiago Castro.
  • Pelatih: Vincenzo Italiano.

Shakhtar Donetsk (4-3-3)

  • Pemain: Dmytro Riznyk; Vinicius Tobias, Valeriy Bondar, Bartol Franjic, Pedro Henrique; Dmytro Kryskiv, Georgiy Sudakov, Artem Bondarenko; Kevin, Oleksandr Zubkov, Danylo Sikan.
  • Pelatih: Marino Pusic.
Shakhtar Donetsk merayakan kemenangan Piala Ukraina pada bulan Mei 2024. (c) Imago
Shakhtar Donetsk merayakan kemenangan Piala Ukraina pada bulan Mei 2024. (c) Imago

Head to Head Bologna vs Shakhtar Donetsk

Pertandingan nanti tercatat akan menjadi pertemuan perdana antara Bologna vs Shakhtar. Sebagai perbandingan, berikut ini adalah hasil lima pertandingan terakhir masing-masing kubu.

Berikut adalah hasil lima pertandingan terakhir dari masing-masing tim

Pertandingan terakhir Bologna (S-S-K-S-S)

  • 11/08/24 Mallorca 1-1 Bologna (Friendly)
  • 18/08/24 Bologna 1-1 Udinese (Serie A)
  • 26/08/24 Napoli 3-0 Bologna (Serie A)
  • 31/08/24 Bologna 1-1 Empoli (Serie A)
  • 14/09/24 Como 2-2 Bologna (Serie A).

Pertandingan terakhir Shakhtar Donetsk (M-K-M-K-M)

  • 04/08/24 Vorskla 0-5 Shakhtar Donetsk (Premier League Ukraina)
  • 11/08/24 Shakhtar Donetsk 0-1 Polissya (Premier League Ukraina)
  • 18/08/24 Livyi Bereh 0-1 Shakhtar Donetsk (Premier League Ukraina)
  • 24/08/24 Oleksandria 4-3 Shakhtar Donetsk (Premier League Ukraina)
  • 14/09/24 Shakhtar Donetsk 5-2 Karpaty Lviv (Premier League Ukraina).
Kapten Bologna Riccardo Orsolini pada 31 Agustus 2024. (c) Imago
Kapten Bologna Riccardo Orsolini pada 31 Agustus 2024. (c) Imago

Prediksi Skor Bologna vs Shakhtar Donetsk

Shakhtar, dengan formasi 4-3-3, akan fokus pada serangan cepat dan eksplosif, mengandalkan kreativitas Sudakov di lini tengah untuk mengatur serangan. Dengan Sikan sebagai penyerang tengah, Shakhtar akan mencari celah di pertahanan Bologna yang belum sepenuhnya solid.

Namun, jika Bologna mampu menjaga disiplin dalam bertahan dan memanfaatkan serangan balik, pertandingan ini bisa menjadi lebih seimbang daripada yang diprediksi banyak orang. Laga ini menjanjikan adu taktik yang ketat antara dua tim dengan gaya permainan yang berbeda.

Apabila menilik pada prediksi line up yang akan ditampilkan, head to head, statistik kedua tim dalam beberapa pertandingan terakhir, laga Liga Champions Eropa antara Bologna vs Shakhtar Donetsk diprediksi bakal berakhir dengan kemenangan Bologna FC.

Prediksi skor akhir: Bologna 2-5 Shakhtar Donetsk.

Link Live Streaming Bologna vs Shakhtar Donetsk

Jika tidak ada perubahan, jadwal pertandingan Liga Champions 2024-25 antara Bologna vs Shakhtar Donetsk di Stadio Renato Dall’Ara, Bologna, Italia, akan tayang live di beIN Sports 1, pada Rabu, 18 September 2024 pukul 23.45 WIB. Selain itu, Anda juga dapat mengikuti jalannya laga ini melalui live score di laman resmi UEFA.

Untuk dapat menyaksikan Liga Champions 2024-25 di Vidio, Anda dapat memilih paket berlangganan dengan beberapa pilihan berbeda. Paket Platinum 30 Hari Rp43.290, Paket Platinum 1 Tahun Rp298.590, Paket Diamond 30 Hari (HP dan tablet) Rp87.690, Paket Diamond 30 Hari (semua perangkat) Rp154.290, Paket Diamond 1 Tahun (HP dan tablet) Rp609.390, dan Paket Diamond 1 Tahun (semua perangkat) Rp1.053.390. Pembelian paket Diamond sudah termasuk akses nonton Liga Inggris dan semua harga tersebut sudah termasuk PPN 11 persen.

Sedangkan di beIN Sports anda dapat menyaksikan Liga Champions 2024-25 dengan paket yang tersedia, Paket Bulanan Rp45.000, Paket 1 Bulan Rp50.000, dan Paket Setahun Rp355.000.

Link Live Streaming Bologna vs Shakhtar Donetsk:

Premier League 2024/2025 Menyala! Kompetisi Sesungguhnya Dimulai! Kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia kembali digelar. 18 Klub Papan Atas Telah Menyiapkan Skuad Terbaiknya. Pemain Pemain Terbaik Kembali Bertarung Memperebutkan Gelar Juara. Saksikan Kasta Tertinggi Liga Sepakbola Indonesia, Premier League 2024/2025, Menyala! Gaskeun! Pkl 15.00 WIB & 18.30 WIB, Live Eksklusif Di Indosiar Dan Vidio. #IndosiarRumahSepakbolaIndonesia
Link Live Streaming Bologna vs PSV - beIN Sports
Link Live Score Bologna vs Shakhtar Donetsk - UEFA

DISCLAIMER: Jadwal dan stasiun televisi yang menayangkan Liga Champions 2024/2025 dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan pemegang hak siar.

Klasemen Liga Champions 2024/2025

Jadwal dan Hasil League Phase Liga Champions 2024/2025

Matchday 1

Selasa, 17 September 2024

  • 23.45 WIB Juventus 3-1 PSV Eindhoven
  • 23.45 WIB Young Boys 0-3 Aston Villa

Rabu, 18 September 2024

  • 02.00 WIB Sporting Lisbon 2-0 Lille
  • 02.00 WIB Bayern Munchen 9-2 Dinamo Zagreb
  • 02.00 WIB Real Madrid 3-1 Stuttgart
  • 02.00 WIB AC Milan 1-3 Liverpool
  • 23.45 WIB Sparta Praha vs Salzburg
  • 23.45 WIB Bologna vs Shakhtar Donetsk

Kamis, 19 September 2024

  • 02.00 WIB Manchester City vs Inter Milan
  • 02.00 WIB Celtic vs Slovan Bratislava
  • 02.00 WIB PSG vs Girona
  • 02.00 WIB Club Brugge vs Borussia Dortmund
  • 23.45 WIB Feyenoord vs Bayer Leverkusen
  • 23.45 WIB Red Star Belgrade vs Benfica

Jumat, 20 September 2024

  • 02.00 WIB Brest vs Sturm Graz
  • 02.00 WIB Atalanta vs Arsenal
  • 02.00 WIB AS Monaco vs Barcelona
  • 02.00 WIB Atletico Madrid vs RB Leipzig

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Recent Posts

- - Prediksi Southampton vs Manchester United di Pekan ke-4 Liga Inggris 2024/2025