Website Resmi Desa Tenggulang Baru - Artikel 99

Selamat datang di website Desa Tenggulang Baru       ----------------- >  Visi : SAMBUT PERMATA MUBA ( Sejahtera, Mandiri, dan Berkualitas. Penguatan Ekonomi Kerakyatan, Religius, Mandiri dan Terdepan Maju Bersama )

 

Sejarah Desa

Admin TB 26 Agustus 2016 15:38:09

 

Pada zaman dahulu  Desa Tenggulang Baru masih merupakan hutan gelam dan hutan nipah dengan struktur tanah rendah (rawa pasang surut).  Sejak tahun 1999 sampai dengan tahun 2000 Pemerintah Pusat menjadikan areal hutan ini sebagai kawasan pemukiman Transmigrasi UPT III SP 5 Tenggulang Baru dengan jumlah penduduk 300 kk, terdiri dari Jawa Timur 39 kk, Jawa Tengah 49 kk, Jawa Barat 56 kk, DKI 39 kk, DIY 42 kk, Eksodan Timor-Timur 39 kk, Lampung 16 kk dan Trans lokal Penduduk Setempat 20 kk.

Selama 5 tahun kawasan pemukiaman ini masih dibina oleh Dinas Transmigrasi Sumatera Selatan. Selama pembinaan, Warga Transmigrasi diajarkan cara membuka lahan hutan nipah dan gelam untuk di jadikan lahan pertanian dan perkebunan.

Setelah masa pembinaan dari Transmigrasi selesai. Kawasan UPT III SP 5 diserahkan ke Pemerintah Daerah Kabupaten Musi Banyuasin dan di kukuhkan menjadi sebuah desa dengan nama Tenggulang Baru, dengan Pejabat sementara Kepala Desa Bapak Budi Santoso dengan masa pemerintah 3 tahun, diteruskan Pjs Kades Bapak Suprihatin selama 2 tahun,

Pada tahun 2007 Desa Tenggulang Baru menjadi Desa difinitif dan di Pimpin oleh Kepala Desa Bapak M.Khusnan dengan masa jabatan 6 Tahun.

Selama pergantian kepemimpinan sudah banyak pembangunan  - pembangunan yang telah tercapai melalui pendanaan Pemerintah Pusat, Pripinsi, Kabupaten Musi Banyuasin dan Swadaya masyarakat : Gedung  SD Negeri, Gedung SMP Hidayatut Thullab, gedung MTS, Aliyah swasta,  PUSTU, POLINDES, Balai Desa, Kantor Desa,  3 buah mesjid, 6 buah Musholla,  jembatan  penghubung  dan lain sebagainya.

Sampai sekarang  Kawasan Transmigrasi UPT III SP 5 menjadi Desa Definitif  dan terkenal dengan nama Desa Tenggulang Baru Kecamatan Babat Supat Kabupaten Musi Banyuasin.  

Komentar untuk artikel ini telah ditutup.

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Info Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlusYouTubeInstagram

Aparatur Desa

Kepala Desa Sekretaris Desa Kaur Umum Kaur Keuangan Kaur Perencanaan Kasi Pemerintahan Kasi Pelayanan Kasi Kesejahteraan Kepala Dusun I Kepala Dusun II Kepala Dusun III Kepala Dusun IV Ketua BPD Wakil Ketua BPD Sekretaris BPD Anggota BPD Anggota BPD

Peta Desa

Iklan

Wilayah Desa

Komentar Terkini

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Kantor Desa

Sinergi Program

BAPPEDA BKP SDM BP3M
BPRRD DINKES DINKOMINFO
DISBUN DISDIKBUD DISNAKERTRANS
DISTANAK PPID DPK
DPRD E-MUSRENBANG INFO PELELANGAN
INSPEKTORAT KPU SMP HIDAYATUT THULLAB
EXPRESS303

On The World

OpenSID

Iklan2

Dapatkan Ribuan Subscriber Chanel Youtube anda

KOMINFO