Profil Masyarakat Desa

AdminTB 29 Juli 2013 18:13:36

Berdasarkan data desa pada bulan Januari 2019, jumlah penduduk Desa Tenggulang Baru sebanyak 939 orang. Jumlah Kepala Keluarga (KK) sebanyak 237 Kepala Keluarga.

Jumlah penduduk Desa Tenggulang Baru usia produktif pada tahun 2019 adalah 725 orang. Jumlah angkatan kerja tersebut jika dilihat berdasarkan tingkat pendidikannya adalah sebagai berikut:

No.

Angkatan Kerja

L

P

Jumlah

1

Tidak Tamat SD

3

4

7

2

SD

128

139

267

3

SLTP

89

73

162

4

SLTA

133

111

244

5

Akademi

1

0

1

6

Perguruan Tinggi

21

23

44

Jumlah Total

375

350

725

 

Profil sosial masyarakat

Dalam aktivitas keseharian, masyarakat Desa Tenggulang Baru sangat taat dalam menjalankan ibadah keagamaan. Setiap Rukung Tetangga (RT) dan pedukuhan memiliki kelompok-kelompok pengajian. Pada peringatan hari besar Islam, penduduk Desa Tenggulang Baru kerap menggelar acara peringatan dan karnaval budaya dengan tema yang disesuaikan dengan hari besar keagamaan. Sebagian besar warga Desa Tenggulang Baru terafiliasi pada organisasi kemasyarakat Islam Nahdlatul Ulama (NU).

Gelaran perayaan lain selalu dilakukan dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Setiap pedukuhan akan turut serta dan semangat menampilkan ciri khasnya dalam acara peringatan dan karnaval budaya.

Kelompok pemuda di Desa Tenggulang Baru yang tergabung dalam kelompok pegiat Karang Taruna menjadi aktor utama dalam banyak kegiatan desa. Kelompok ini aktif menggelar program kegiatan untuk isu demokrasi kepada warga, penguatan ekonomi produktif, pelatihan penanggulangan bencana, Olahraga.

Sejumlah penduduk Desa Tenggulang Baru bekerja merantau di daerah di luar desa. Namun, ikatan sosial mereka terhadap desa tetap tinggi. Namun sebagian besar bekerja sebagai Petani Pekebun Kelapa Sawit di desa.

 

 

Profil Politik Masyarakat

Warga Desa Tenggulang Baru dikenal sebagai kelompok masyarakat yang paling aktif dan memiliki potensi tinggi untuk berpartisipasi dalam pemberian suara untuk Pemilihan Umum dan Pemilihan Kepala Daerah Langsung. Tingkat partisipasi warga di desa ini bisa dibilang 100 % jika dibandingkan dengan desa lain di Kecamatan Babat Supat Kabupaten Musi Banyuasin.

Permasalahan mendasar yang ada di Desa Tenggulang Baru adalah kurang lancarnya akses menuju Kecamatan maupun Kabupaten. Kurang lancarnya akses tersebut disebabkan akses untuk keluar desa masih melalui dua jalan Perusahaan, yakni PT Hamita Utama Karsa dan PTP Nusantara VII.

 

Sumber:
Laporan Pertanggung Jawaban Lurah Desa Tenggulang Baru, Kecamatan Babat Supat, Kabupaten Musi Banyuasin, tahun 2018.

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image Ganti gambar
  Isikan kode sesuai gambar
 

Info Media Sosial

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator Desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Aparatur Desa

Wilayah Desa

Peta Desa

Sinergi Program

Komentar Terkini

Lokasi Kantor Desa

Alamat SP 5, Tenggulang Baru Kec. Babat Supat Kab. Musi Banyuasin Prov. Sumatera Selatan
Desa TENGGULANG BARU
Kecamatan Babat Supat
Kabupaten Musi Banyuasin
Kodepos 30755
Telepon 085273552303
Email [email protected]

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Tenggulang Baru di Youtube