Website Resmi Desa Tenggulang Baru - Artikel 135

Selamat datang di website Desa Tenggulang Baru       ----------------- >  Visi : SAMBUT PERMATA MUBA ( Sejahtera, Mandiri, dan Berkualitas. Penguatan Ekonomi Kerakyatan, Religius, Mandiri dan Terdepan Maju Bersama )

 

SMS Gateway dengan Gammu & Kalkun di Windows

Admin TB 21 Mei 2018 17:35:31 T I K

Langsung saja, pertama-tama, bahan yang kita butuhkan adalah :

- Gammu yang buat windows, kali ini saya memakai yang versi 1.33.0 dan bisa di download dihttp://wammu.eu/download/gammu/1.33.0. Saya sarankan download yang zip saja.

- Kalkun. Bisa di download di http://kalkun.sourceforge.net/. Saya sarankan juga, download yang zip.


- Xampp (atau barang sejenis seperti Wampp).
- Modem beserta kartu yang masih memiliki masa aktif dan pulsa yang cukup.

Kemudian...

1. Ekstrak Gammu-1.33.0-Windows.zip yang telah kita download tadi ke partisi C:\. Lalu rename folder Gammu-1.33.0-Windows menjadi gammu. Gunanya untuk mempermudah mengingat nama foldernya saja sih.


  1. Ekstrak Kalkun yang telah kita download tadi ke folder C:\xampp\htdocs atau folder sejenis sesuai web server yang dipakai.

  2. Jalankan Apache dan phpMyAdmin, lalu buat database dengan nama kalkunpada phpmyadmin.

  3. Setelah itu, impor file mysql.sql yang ada pada direktori C:\gammu\share\doc\gammu\examples\sql\.

Setelah berhasil mengimpor, nanti akan muncul beberapa tabel dalam database yang telah kita buat.


  1. Kemudian edit file database.phpyang ada pada folder kalkun\application\config\ (di dalam htdocs).


// MySQL
$db['default']['username'] = "root";
$db['default']['password'] = "";
$db['default']['database'] = "kalkun";
$db['default']['dbdriver'] = "mysql"; 

Sesuaikan username dan password phpmyadmin kita. Lalu sesuaikan dengan nama database.
6. Edit lagi file daemon.php yang ada pada direktori kalkun\scripts\.

Pastikan

$url = "http://localhost/kalkun";

Jika ada script di bawahnya, fopen~ apa gitu. Hapus aja. Entah kenapa, script tersebut error pada percobaan saya.
7. Edit juta file daemon.bat yang berada satu folder dengan file daemon.php. Pastikan

set PHP=C:\xampp\php\php.exe

Script di atas harus menunjukkan alamat file php.exe kita. 
dan

set DAEMON=C:\xampp\htdocs\kalkun\scripts\daemon.php

Script di atas harus menunjukkan alamat file daemon.php kita.
8. Colokkan modem kita. Jika ini pertama kalinya kita menancapkan modem, mungkin ada setup yang harus diikuti. Silahkan ikuti setup untuk menginstall driver modem tersebut bila ada. Bila tidak, ikuti langkah selanjutnya.
9. Buka Control Panel, lalu pilih dan klik Device Manager, dan pilih klik Ports. Nanti akan kelihatan modem yang telah kita tancapkan beserta port yang digunakan. Contohnya di sini, modem yang saya tancapkan menggunakan port COM8.

 


  1. Copy file gammurcdan smsdrcyang ada pada direktori C:\gammu\share\doc\gammu\examples\config\ ke direktori C:\gammu\bin\
    11. Edit file gammurc. Sesuaikan device dan connection-nya. Contohnya

    [gammu]

    device = com8:
    ;model = 6110
    connection = at19200

    Pada settingan di bagian device, jangan lupa beri tanda titik dua (:). Sehingga menjadi device = com8:
    12. Jalankan cmd sebagai administrator. Caranya tekan tombol windows, ketikkan cmd, klik kanan pada program cmd.exe dan pilih Run as Administrator.

  2. Pindah ke direktori C:\gammu\bin dengan memasukkan perintah cd c:\gammu\binpada cmd. Setelah itu, masukkan perintah gammu identify. Jika berhasil, maka akan muncul keterangan tentang modem kita. Jika tidak berhasil, coba lihat port yang digunakan atau jenis connection yang digunakan. Kalau sudah berhasil, ikuti langkah selanjutnya.

  3. Edit file smsdrcyang ada pada direktori c:\gammu\bin\, hilangkan tanda pagar di awal baris pada bagian yang diedit (bila ada). Yang perlu di edit adalah:

    Sesuaikan device dan connection dengan gammurc.
    Service diisi dengan sql.
    Beri tanda pagar sebelum PIN = 1234.
    Untuk logfile, bisa kita ganti atau tidak. Terserah.
    Sesuaikan username, password dan database dengan yang ada di phpMyAdmin.
    Untuk pc, isi dengan localhost.

    device = com8:
    connection = at19200 
    service = sql
    #PIN = 1234
    logfile = kalkunlog
    user = root
    password =
    pc = localhost
    database = kalkun

    15. Edit file kalkun_setting.php yang ada di direktori kalkun\application\config\. Pastikan :

    $config['inbox_owner_id'] = '1';

    dan

    $config['append_username_message'] = "Sender: nama";

    Nama diganti dengan nama yang mengirim. Bisa nama orang, instansi atau sesuai keinginan.
    16. Kembali ke cmd tadi yang sudah berada di direktori c:\gammu\bin\. Masukkan perintah gammu-smsd -c smsdrc. Jika sudah selesai, tekan Ctrl+C untuk menghentikan proses tersebut.

  4. Pada browser, masukkan url localhost\kalkun.Lalu ikuti langkah instalasinya sampai selesai. Di akhir langkah, kita harus menghapus folder installyang ada di dalam folder kalkun (yang ada di htdocs tentunya) secara manual. Jika sudah menghapus folder install, klik go to Application untuk login dan kita bisa memulai kalkun.
    17. Silahkan login dengan username kalkun dan password kalkun. Jika sudah login, pastikan Statusnya itu Connected yang berarti kalkun sudah terkoneksikan dengan gammu.
    18. Bila kita ingin menggunakan kalkun setelah pernah mematikan komputer, maka jalankan cmd sebagai administrator lalu pindah ke direktori c:\gammu\bin dan masukkan perintah gammu-smsd -c smsdrc.

    Bila pada saat mengikuti tutorial ini gammu memerlukan file dll tambahan, silahkan download file dll tambahan tersebut di sini.

    Note: Ingat baik-baik di lubang usb mana kita menancapkan modem. Karena kalau kita pindah lubang usb-nya, maka kita harus mengatur ulang port pada gammurc dan smsdrc.

    Sekian dan terimakasih :)

 

 

Cara membuat SMS Gateway dengan gammu dan mysql

 

Cara membuat SMS Gateway dengan gammu dan mysql - Hallo teman-teman sekalian, kembali lagi ni saya kali ini akan membagikan sebuah artikel yang sangat menarik, kali ini saya akan membagikan bagai mana kita dapat dengan mudah mengirim dan menerima sms dengan menggunakan aplikasi gammu pada pc yang kita gunakan, kebetulan pc yang saya gunakan untuk mencoba aplikasi ini adalah sebuah laptop dengan operating system windows dan sebuah handphone nokia 2700 classic, handphone ini nantinya akan saya pegunakan sebagai media untuk pengiriman pesan singkat atau sms


baca juga Membuat SMS Gateway Dengan VB.NET Express Menggunakan AT COMMAND Pada WIndows

Gammu apasih itu???

Untuk penjelasan apa itu gammu silahkan anda dapat membacanya pada penjelasan dibawah ini

Gammu is the name of the project as well as name of command line utility, which you can use to control your phone. It is written in C and built on top of libGammu. 
Gammu command line utility provides access to wide range of phone features, however support level differs from phone to phone and you might want to check Gammu Phone Database for user experiences with various phones. Generally following features are supported: 

  • Call listing, initiating and handling
  • SMS retrieval, backup and sending
  • MMS retrieval
  • Phonebook listing, export and import (also from standard formats such as vCard)
  • Calendar and tasks listing, export and import (also from standard formats such as vCalendar or iCalendar)
  • Retrieval of phone and network information
  • Access to phone file system (note that some phones work also as USB storage devices and those are not accessible through Gammu)

This project has originally forked from Gnokii and up to version 0.58 has been named MyGnokii2. Then need for better name arrived and Gammu was chosen as an acronym for Gammu All Mobile Management Utilities, without knowing that Gammu from the "Heretics of Dune" book written by Frank Herbert exists. 
The Gammu package does not include just this binary, but as well Gammu SMS Daemon, Gammu library and Python bindings which you can use to develop own application accessing mobile phone.

Gammu saat ini sudah memiliki versi yang lebih baru dengan seri gammu 1.36.2 yang dapat kita download pada website gammu tersebut atau kita dapat mendownload di http://wammu.eu/gammu/, pilih lah gammu dengan operating system yang sesuai dengan os yang anda miliki saat ini, namun dikarenakan saya saat ini menggunakan operating system windows maka saya sarankan anda memilih gammu yang dapat dipergunakan pada operating system windows sajah.

 

Langkah-langkah Instalasi gammu

Proses intalasi smsgateway gammu sangat lah mudah, tidak sesulit yang kita bayangkan anda tidak akan tersesat hanya tinggal mengikuti langkah-langkah berikut ini.

1  anda dapat mendownload aplikasi xampp pada http://www.apachefriends.org

  1. selanjutnya silahkan anda download aplikasi gammu yang beberbentuk .zip untuk operating system  windows dan aplikasi tersebut dapat anda download padahttp://wammu.eu/download/gammu/win32/.
  2. ekstrak file .zip gammu tersebut pada direktori yang kita inginkan lalu masuk ke direktori

 

C:\Gammu-1.32.0-Windows\share\doc\gammu\examples\config

Carilah file gammurc dan smsdrc, copy kedua file tersebut dan masukkan kedalam direktori 

C:\Gammu-1.32.0-Windows\bin

 lakukan lah instalasi modem yang anda pegunakan lalu lihat port yang terdapat pada modem pada device manager, device manager dapat anda lihat dengan cara melakukan klik kanan pada Computer atau mycomputer yang ada pada menu start lalu pilih manage selanjutnya pilih "Device Manager" dan selanjutnya pilih node modem, disana kita akan melihat modem yang kita pergunakan tersebut.

 

Klik 2x pada modem yang kita pergunakan, kebetulan saat ini saya menggunakan handphone nokia 2700 classic sebagai media mengiriman sms ini. selanjutnya pilih tab modem dan kita dapat menemukan port yang kita pergunakan tersebut.

 


Edit file "gammurc" bagian "device" disesuaikan dengan port yang kita pergunakan disini port yang saya gunakan adalah port com11, sedangkan untuk "connection" sesuaikan dengan modem/hp yang digunakan . misalnya pada modem yang kita pergunakan memiliki tipe koneksinya adalah "at", daftar tipe connecvtion dapat dilihat pada link "http://wammu.eu/phones/". isis file gammurc adalah sebagai berikut

[gammu]
device = com11:
connection = at

Selanjutnya masuk ke dalam command promt, kemudian masuk ke direktori bin yang ada pada hasil ekstrak file .zip gammu dan ketikan perintah "gammu --identify", untuk masuk ke direktori gammu anda dapat mengetikan perintah berikut ini pada cmd sesuaikan denngan nama forlder yang anda pergunakan

 


baca juga Cara membuat script iklan tampil bergantian ala google adsense

Selanjutnya untuk melakukan pengecekan apkah modem yang pakai telah sesuai dengan setingan yang kita pergunakan maka kita dapat mengetikan perintah berikut ini pada direktori bin "gammu --identify" dan aplikasi gammu akan memberitahukan jika settingan kita benar.

 

Pada tahap selanjutnya buat database dengan menggunakan nama "sms" pada mysql dan import file database gammu yang ada dalam direktori hasil ekstrak file.zip gammu yang bernama "mysql.sql". file database tersebut berada pada direktori

D:\Gammu-1.32.0-Windows\share\doc\gammu\examples\sql

 Selanjutnya edir file "smsdrc" pada bagian "device" dan "port" sesuaikan dengan "UI Interface" seperti pada fil gammurc, begitu juga pada bagian "connection". kita dapat sesuaikan dengan modem/hp yang digunakan seperti pada setingan yang terdapat pada gammurc. isi file smsdrc adalah sebagai berikut:

[gammu]
device = com11:
connection = at

[smsd]
port = com11:
connection = at
PIN = 1234
debuglevel = 0
commtimeout = 30
sendtimeout = 30
service = mysql
checksecurity = 0
user = root
password =
pc = localhost
database = sms
driver = native_mysql

Pastikan kita menjalankan sevice Mysql dengan mencentang pada bagain modul svc yang terdapat pada control panel xampp

 

Tahap selanjutnya masuk ke command promt sebagai administrator, kemudian masuk ke dalam direktori bin hasil dari ektrakan gammu yang kita download tadi lalu ketikkan perintah "gammu-smsd -c smsdrc -i". perintah yang kita ketikan tadi bertujuan untuk membuat service gammu pada komputer yang kita pergunakan.

 

Untuk melihat service gammu tersebut terlah terinstall dengan baik, kita dapat melakukan pengecekan terlebih dahulu pada "Control Panel > Administrative Tools > service" atau kita dapat mengetikan "services" pada form yang ada pada start jika anda menggunakan windows 7.

 

Pada tahap berikutnya kita akan mencoba mengirimkan sms dengan menggunakan perintah berikut ini. sebelumnya kita masuk ke command promp. lalu masuk ke bin pada gammu dengan menggunakan command promp lalu kita ketikan perintah berikut ini "gammu --sendsms text 089732xxxxxxxx". kemudian masukkan pesan . Setelah pesan yang kita ketikkan selesai kita selanjutnya tekan "enter". kemudian tekan "Ctrl+z" dan ketikan simbol titik dua ":"  kemudian tekan "enter". kita dapat melihat contoh berikut ini.

 

Jika pengiriman sms tersebut berhasil, maka tahap selanjutnya kita dapat mencoba untuk mengirimkan sms melalui database mysql yang telah kita buat tadi. kita dapat mengetikan perintah berikut ini pada mysqlfront atau aplikasi fron end datatabese tersebut.

insert into outbox (DestinationNumber, TextDecoded, CreatorID) values ‘0857696xxxxx’,’Coba sms pake Database’,’Gammu’);

Maka dengan kita memasukkan data tersebut ke database, sms akan otomatis terkirim ke nomor tujuan yang ada pada database yang telah kita masukkan. kita dapat melakukan pengecekan dengan melihat pada tabel "senditems" jika sms yang kita telah kirim tersebut berhasil sampat pada nomor tujuan, 


baca juga Cara Menggunakan Aplikasi E-Faktur

Kesimpulan

Dalam penggunaan aplikasi ini sangat tidak disarankan menggunakan handphone yang sama dengan milik saya, hal ini dikarenakan handphone yang saya pergunakan tidak dapat dibaca oleh gammu pada saat sms diterima, jadi saya sarankan anda menggunakan modem yang memang telah kompatibel dengan aplikasi gammu tersebut.


Setelah kita berhasil melakukan setting pada gammu dan setting pada MySQL gammu maka tahap selanjutnya kita bisa membuat sms gateway dengan mempergunakan bahasa pemrograman apapun termasuk juga bahasa pemrograman Visual Basic .NET (VB .NET) atau pemrogrmaan web dengan mempergunakan bahasa pemrograman PHP.

Asalkan kita memasukkan data ke database MySQL gammu maka kita akan dapat mengirimkan dan menerima sms dan menampilkan nya pada aplikasi yang telah kita buat dengan bahasa pemrograman apapun.

Sekian penjelasan saya Cara membuat SMS Gateway dengan gammu dan mysql untuk membantu membuat aplikasi sms gateway dengan menggunakan berbagai bahasa pemrograman yang kita pergunakan. salam newbie code news

 

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Info Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlusYouTubeInstagram

Aparatur Desa

Kepala Desa Sekretaris Desa Kaur Umum Kaur Keuangan Kaur Perencanaan Kasi Pemerintahan Kasi Pelayanan Kasi Kesejahteraan Kepala Dusun I Kepala Dusun II Kepala Dusun III Kepala Dusun IV Ketua BPD Wakil Ketua BPD Sekretaris BPD Anggota BPD Anggota BPD

Peta Desa

Iklan

Wilayah Desa

Komentar Terkini

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Kantor Desa

Sinergi Program

BAPPEDA BKP SDM BP3M
BPRRD DINKES DINKOMINFO
DISBUN DISDIKBUD DISNAKERTRANS
DISTANAK PPID DPK
DPRD E-MUSRENBANG INFO PELELANGAN
INSPEKTORAT KPU SMP HIDAYATUT THULLAB
EXPRESS303

On The World

OpenSID

Iklan2

Dapatkan Ribuan Subscriber Chanel Youtube anda

KOMINFO