MUBA TANGGAP COVID-19 Hubungi Layanan MUBA TANGGAP COVID-19 112 119 08123000119, 08137356495 -- selengkapnya... Lebih bijak dalam menyikaapi pandemi Corona Virus COVID-19 dengan mengetahui mencari informasi yang benar melalui Media Informasi Resmi Terkini Covid... -- selengkapnya... Bersama-sama mari kita putuskan rantai penyebaran COVID-19 dengan melakukan hal-hal berikut : 1. Menjaga kebersihan area rumah dan fasilitas umum s...  

7 Komponen pendukung sistem berbasis komputer

AdminTB | 14 Desember 2019 07:37:03 | Panduan Layanan Desa | 197 Kali

Keberhasilan suatu sistem sangat tergantung dari dukungan semua pihak terkait dijajaran suatu perusahaan/organisai. Karena sama-sama disadari, bahwa secanggih apapun program komputer ataupun hardware yang digunakan manakala tidak didukung oleh komponen yang lain, maka tidak bisa berharap banyak manfaat yang diperoleh bagi perusahaan/organisasi. Demikian pula penerapan Program Software OpenSID, akan berjalan lancar dan berhasil guna bila didukung secara konsisten 7 Komponen penting, yaitu :

  1. DECISION MAKER (DM)
    Digunakan atau tidak Program Software OpenSID sangat tergantung komitmen serta keputusan pimpinan di sini Kepala desa atau Lurah.
  2. SUMBER DAYA MANUSIA (SDM)
    Untuk mengoperasikannya diperlukan dukungan SDM yang memiliki kemauan dan kemampuan.
    HARDWARE & LOKAL AREA NETWORK (LAN)
    Tersedianya perangkat komputer dan sistem jaringan (LAN) yang memadai, sebagai media operasional
  3. SOFTWARE SISTEM KOMPUTER (SSK)
    Salah satu komponen pendukung yang menghasilkan laporan-laporan manajemen/operasional disini aplikasi OpenSID.
  4. STANDARD OPERATIONAL PROCEDURE (SOP)
    Adanya petunjuk operasional yang mengatur prosedur teknis pelaksanaan yang mengacu pada Sistem Software Komputer.
  5. SISTEM KONTROL (SK)
    Berupa laporan/output yang dihasilkan oleh software sebagai kontrol dan evaluasi terhadap jalannya 5 komponen sebagai bahan pengembangan sistem & penyesuaian lebih lanjut.
  6. MAINTENANCE (PERAWATAN)
    Agar Program OpenSID dapat berfungsi secara optimal maka perlu dilakukan perawatan secara periodik agar segera terdeteksi bila salah satu rangkaian sistem tidak berfungsi, untuk selanjutnya dilakukan perbaikan dan penyesuaian sebagaimana mestinya, karena jika software system tidak dapat berjalan, senantiasa software system nya yang menjadi titik awal deteksi kesalahan, dengan memahami 7 komponen diatas tentu-nya kita akan dapat memilah sebab apa software tidak dipakai atau tidak dapat berjalan sebagaimana harus-nya, sehingga dapat mengambil langkah bijak dalam mencari solusinya.
    Sekedar sharing, semoga bermanfaat.
Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Safelinku

SafelinkU | Shorten your link and earn money

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Info Media Sosial

Aparatur Desa

Wilayah Desa

Peta Desa

Agenda

Sinergi Program

OpenDesa

Komentar Terkini

Lokasi Kantor Desa


Alamat : SP 5, Tenggulang Baru Kec. Babat Supat Kab. Musi Banyuasin Prov. Sumatera Selatan
Desa : Tenggulang Baru
Kecamatan : Babat Supat
Kabupaten : Musi Banyuasin
Kodepos : 30755
Telepon : 082372672003
Email : [email protected]

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Tenggulang Baru di Youtube