Minal Aidin Wal Faizin Mohon Maaf Lahir dan Batin Selamat Hari Raya Idul Fitri. Semoga hari kemenangan ini membawa kehangatan dan kedamaian bagi seluruh insan di dunia. Selamat Hari Raya. Semoga Idul Fitri kita mendapat limpahan berkah oleh Allah. Mari kita rayakan dengan menebar cinta dan kebahagiaan kepada sesama. Eid Mubarak 2024! May this Eid be the best one yet for all of us. Selamat Hari Raya Idul Fitri. Semoga Idul Fitri tahun ini menjadi yang terbaik bagi kita semua.

Artikel/Berita

WAWASAN

Ulang tahun ke-25 Google, Ini Kisah Berdirinya Google

Admin TB

27 September 2023 05:57:18

238 Kali Dibaca

Google merayakan ulang tahunnya yang ke-25 pada hari ini (27/9/2023). Menyambut momen pesta peraknya, Google menghadirkan doodle khusus dengan angka 25 yang menggantikan huruf O ganda pada kata Google dan menjadi 'G25gle'.

Tidak hanya sekadar menampilkan Doodle yang menjadi ciri khas Google untuk merayakan sebuah momen. Google juga menampilkan kilas balik transformasi logonya dari masa ke masa selama lebih dari dua dekade.

Ketika mengunjungi laman pencarian Google, pengunjung akan melihat penampilan doodle warna-warni dan berubah-ubah sampai membentuk tulisan 'G25gle', yang menandai usia raksasa pencarian itu.

Saat doodle diklik, pengguna akan mendapati taburan konfeti ulang tahun di tampilan atas hasil pencarian. Doodle dengan angka 25 tadi juga menghiasi hasil pencarian di Google hari ini, tepat di sudut kiri atas tampilan hasil pencarian.

Baca Juga: Prediksi Manchester United vs Crystal Palace di Putaran ke-3 Carabao Cup 2023-2024

 

"Doodle hari ini merayakan tahun ke-25 Google. Meskipun kami di Google berorientasi pada masa depan, ulang tahun juga bisa menjadi waktu untuk merenung. Mari kita menelusuri jalan kenangan untuk mengetahui bagaimana kita dilahirkan 25 tahun yang lalu... 

Karena takdir atau keberuntungan, mahasiswa doktoral Sergey Brin dan Larry Page bertemu di program ilmu komputer Universitas Stanford pada akhir tahun 90an. Mereka segera menyadari bahwa mereka memiliki visi yang sama: menjadikan World Wide Web sebagai tempat yang lebih mudah diakses. Pasangan ini bekerja tanpa kenal lelah dari kamar asrama mereka untuk mengembangkan prototipe mesin pencari yang lebih baik. Ketika mereka mencapai kemajuan berarti dalam proyek tersebut, mereka memindahkan operasinya ke kantor pertama Google — sebuah garasi sewaan. Pada tanggal 27 September 1998, Google Inc. resmi lahir. 

Banyak yang telah berubah sejak tahun 1998 — termasuk logo kami seperti yang terlihat pada Doodle hari ini — namun misinya tetap sama: mengatur informasi dunia dan menjadikannya dapat diakses dan berguna secara universal. Miliaran orang dari seluruh dunia menggunakan Google untuk menelusuri, terhubung, bekerja, bermain, dan masih banyak lagi! 

Terima kasih telah berkembang bersama kami selama 25 tahun terakhir. Kami tidak sabar untuk melihat ke mana masa depan membawa kami bersama-sama."

Baca Juga: Jadwal Lengkap Sepak Bola Asian Games 2023

 

Tanggal ulang tahun Google sebenarnya beberapa kali berubah. Google didirikan oleh Sergey Brin dan Larry Page pada 4 September 1998. 

Namun, tanggal ulang tahun Google pernah diubah menjadi 7 September dan 8 September. Kemudian, pada 2006 tanggal ulang tahun Google diubah lagi menjadi 27 September. 

Tanggal tersebut bertepatan dengan pengumuman rekor jumlah halaman yang diindeks mesin pencari Google. Saat ini, Google menjadi mesin pencari paling banyak digunaakan di dunia. 

Lantas, seperti apa kisah pendiri Google Sergey Brin dan Larry Page? 

Baca Juga: Jadwal Lengkap Pertandingan Asian Games 2023

 

Kisah Sergey Brin dan Larry Page mendirikan Google 

Sejarah Google dimulai oleh Larry Page dan Sergey Brin pada 1996. Pendiri Google, Larry Page dan Sergey Brin bertemu di Universitas Stanford pada 1995 sebagai mahasiswa pasca-sarjana. 

Dirangkum dari laman Britannica, Brin dan Page tertarik dengan gagasan untuk mengekstraksi makna dari kumpulan data yang terkumpul di Internet. 

Pendiri Google ini mulai bekerja dari kamar asrama Page di Stanford untuk merancang jenis teknologi pencarian terbaru, yang mereka beri nama BackRub. 

Pada pertengahan 1998 Brin dan Page mulai menerima pendanaan dari luar. Salah satu investor pertama mereka adalah Andy Bechtolsheim, salah satu pendiri Sun Microsystems, Inc.. 

Mereka akhirnya mengumpulkan sekitar $ 1 juta dari investor, keluarga, dan teman-teman dan membangun tempat di Menlo Park, California, dengan nama Google. 

Nama Google berasal dari kesalahan ejaan googol yakni istilah matematika untuk angka satu diikuti oleh seratus nol dalam desimal. 

Baca Juga: Cara Mengurus Hak Cipta Secara Online

 

Profil pendiri Google, Larry Page


Profil pendiri Google, Larry Page. (c) Wikipedia

Pendiri Google, Larry Page yang bernama lengkap Lawrence Edward Page, lahir pada 26 Maret 1973 di East Lansing, Michigan, Amerika Serikat. Ayah Larry Page adalah seorang profesor ilmu komputer di Michigan State University. 

Dikutip dari Britannica, Larry Page mendapat gelar sarjana teknik komputer dari University of Michigan (1995) dan masuk ke program pasca-sarjana di Stanford, di mana ia bertemu Brin.

Keduanya sama-sama tertarik dengan gagasan untuk meningkatkan kemampuan mengekstraksi makna dari kumpulan data yang terkumpul di internet. 

Bekerja dari kamar asrama Larry Page, kedua pendiri Google tersebut merancang teknologi mesin pencari. Untuk mengembangkan mesin pencari mereka, Page dan Brin mengumpulkan sekitar $1 juta dari pendanaan luar dari investor, keluarga, dan teman. 

Pada September 1998 keduanya mendirikan Google Inc., dengan Page sebagai chief executive officer (CEO). 

Tahun berikutnya Google menerima $25 juta dana modal ventura dan memproses 500.000 pencarian per hari. Pada 2001, Larry Page mundur sebagai CEO dan menjadi president of product. 

Dia digantikan oleh Eric Schmidt. Namun, Larry Page tetap terlibat erat dalam menjalankan Google. Pada tahun 2011 Larry Page kembali menjadi CEO Google, Schmidt telah pindah ke posisi executive chairman.

Lalu, pada Agustus 2015 Google direstrukturisasi sebagai anak perusahaan dari perusahaan induk yang baru dibuat, Alphabet Inc., dan Page menjadi CEO Alphabet.

Kemudian, di Desember 2019, Larry Page meninggalkan jabatan itu tetapi terus berada di dewan direksi Alphabet. Page telah menikah dengan ilmuwan dan peneliti, Lucinda Southworth sejak 2007. Pasangan itu memiliki dua anak.

Baca Juga: Cara Mengurus Hak Merek

 

Profil pendiri Google, Sergey Brin


Profil pendiri Google, Sergey Brin. (c) Wikipedia

Pendiri Google, Sergey Brin lahir tanggal 21 Agustus 1973, di Moskow, Rusia, Uni Soviet. 

Dikutip dari Britannica, keluarga Brin pindah dari Moskow ke Amerika Serikat pada tahun 1979. Setelah menerima gelar dalam ilmu komputer dan matematika di Universitas Maryland pada 1993, ia memasuki program pasca-sarjana Universitas Stanford. 

Di sanalah dia bertemu dengan Larry Page, salah satu pendiri Google. Setelah itu, pada 1998, bersama dengan Larry Page, Sergey Brin berhasil mendirikan Google. 

Pada Agustus 2015 Google direstrukturisasi sebagai anak perusahaan dari perusahaan induk yang baru dibuat, Alphabet Inc., dan Sergey Brin bergabung dengan perusahaan tersebut. 

Pada November 2016, Brin menduduki peringkat 13 dalam daftar orang terkaya di dunia versi Forbes. Lalu, pada awal 2017 Sergey Brin menjadi berita utama karena ikut memprotes kebijakan imigrasi Presiden Donald Trump di Bandara Internasional San Francisco.

Pada Desember 2019, Sergey Brin mengundurkan diri sebagai presiden Alphabet, perusahaan induk Google, tetapi tetap menjadi pemegang saham pengendali dan anggota dewan. Sergey Brin juga dilaporkan mendanai proyek pesawat berteknologi tinggi. 

Dikutip dari laman Biography, Sergey Brin menikahi salah satu pendiri 23andMe, Anne Wojcicki. Namun, rumah tangga Brin tak berjalan mulus. 

Brin dan Anne akhirnya bercerai pada 2015. Brin menikah dengan pengacara dan pengusaha Nicole Shanahan pada tahun 2018. Keduanya juga memiliki seorang putri pada akhir tahun itu.

Baca Juga: Cara Lulus Ujian Praktik SIM C Model Terbaru

 

Kekayaan pendiri Google, Larry Page dan Sergey Brin 

Dikutip dari laman Forbes (27/9/2023), saat ini Larry Page CEO dari Alphabet. Sementara Sergey Brin menjabat sebagai presiden Alphabet. 

Total kekayaan pendiri Google, Larry Page per 26 September 2023 mencapai US$ 108,4 miliar atau sebesar Rp 1.679,67 triliun. 

Dengan total kekayaan tersebut, Larry Page berada dalam urutan orang terkaya di dunia ke-12 versi Forbes. 

Sementara itu, total kekayaan pendiri Google, Sergey Brin per 26 September 2023 adalah US$ 76 miliar atau mencapai Rp 1.177,69 triliun. Total kekayaan Sergey Brin menjadikannya sebagai orang terkaya ke-14 di dunia versi Forbes.[top]

Kirim Komentar

Komentar Facebook

Hosting Murah se Indonesia

Statistik

Media Sosial

Facebook Twitter YouTube Instagram WhatsApp

Hosting Gratis

MHosting Gratis Rp.0

Komentar

Topani Sahara
03 April 2024 04:28:46
Semoga artikel ini bermanfaat, ... selengkapnya
Topani
28 Maret 2024 01:33:27
Semoga bermanfaat... selengkapnya
Naning
21 Maret 2024 09:55:45
Kenapa kok dana pip yg lain keluar ini punya anak saya... selengkapnya
Topani
08 Maret 2024 23:10:05
Makasih pak Dafris... selengkapnya
Dafris
08 Maret 2024 22:16:52
Sukses ya...... selengkapnya
Sokewih
08 Maret 2024 17:46:14
Kenapa bpnt saya tidak cair?... selengkapnya
Satria setiawan wijaya
06 Maret 2024 23:47:49
Bagaimana cara mndaftarkan ank saya dpet pip... selengkapnya
Risdiyana
02 Maret 2024 22:48:40
Mohon bantuannya ..utk bisa mendapatkan PIP..Anak saya... selengkapnya
Risdiyana
02 Maret 2024 22:47:46
Mohon bantuannya ..utk bisa mendapatkan PIP..Anak saya... selengkapnya
Risdiyana
02 Maret 2024 22:44:08
Bagaimana cara mendapatkan PIP..suami terkena PHK..... selengkapnya

Sinergi Program

Lapak Tenggulang Baru
OpenDesa
PCNU Musi Banyuasin
The Express
SMP Hidayatut Thullab

Statistik Pengunjung

Hari ini:1.295
Kemarin:6.008
Total Pengunjung:17.938
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:172.70.134.73
Browser:Tidak ditemukan