Artikel/Berita

BERITA

Tinjau Jalan Rusak, Ini Kata Presiden Jokowi di Depan Gubernur Lampung, Arinal Salahkan Pengusaha

Admin TB

05 Mei 2023 12:57:55

430 Kali Dibaca

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan di depan Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi bahwa pemerintah pusat akan mengambil alih perbaikan ruas jalan rusak di Provinsi Lampung yang belakangan ramai dikeluhkan warga. 

Baca Juga: Presiden Jokowi Persilakan Masyarakat Laporkan Jalan Rusak Parah Melalui Medsos ini

“Secepat-cepatnya dimulai, yang kira-kira provinsi tidak memiliki kemampuan, kabupaten tidak memiliki kemampuan, ya akan diambil alih oleh Kementerian PU,” kata Jokowi usai meninjau Pasar Tradisional di Kecamatan Natar, Lampung Selatan, Lampung, Jumat (5/5/2023).

“Utamanya yang jalannya rusak parah, clear,” sambung Jokowi.

"Tetapi juga nanti ada beberapa ruas yang menjadi tanggungjawabnya pak gubernur, ada yang tanggungjawabnya bapak, ibu bupati yang ada di sini. Jangan semuanya pemerintah pusat," kata Jokowi usai meninjau Jalan Seputih Raman, Lampung Tengah, Jumat (5/5/2023).

Jokowi menyebut kalau pemerintah pusat menggelontorkan anggaran Rp 800 miliar untuk memperbaiki 15 ruas jalan yang rusak di Lampung.

Kepala Negara kembali mengingatkan kepada masyarakat bahwa tanggung jawab perbaikan jalan itu tergantung kategorinya. Kalau jalan nasional itu tanggung jawab pemerintah pusat, jalan provinsi menjadi tanggung jawab pemerintah provinsi sementara jalan kabupaten itu tanggung jawab bupati atau wali kota.

Akan tetapi, dikarenakan kerusakan yang terjadi di sejumlah titik di Lampung sudah lama dan dikeluhkan oleh masyarakat, maka Jokowi memutuskan untuk mengambil alihnya.

"Tapi ini karena memang sudah lama, ya, akan diambil alih oleh pemerintah pusat," terangnya.

Lebih lanjut, Jokowi menuturkan kalau perbaikan jalan akan dimulai pada Juni 2023 karena harus melewati proses pelelangan terlebih dahulu. Ia juga telah memerintahkan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi untuk mengawal proses pelelangan tersebut."Akan dimulai pembangunannya, perbaikannya akan dimulai bulan Juni karena harus lelang dulu. Saya lihat tadi, saya sudah perintahkan pak gubernur untuk lelang," tuturnya.

Pernyataan itu ia sampaikan di depan Gubernur Lampung Arinal yang ikut dalam sesi wawancara dengan awak media. Turut mendampingi pula Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan atau Zulhas.

Baca Juga: Kunjungi Pasar Natar Lampung, Presiden Tinjau Harga Komoditas Pangan

Jokowi menegaskan pembangunan infrastruktur penting, sebab mempengaruhi harga pasar. Menurutnya, pembangunan infrastruktur seperti jalan merupakan sesuatu yang penting karena dapat membantu menstabilkan harga pasar dan menurunkan biaya logistik.

“Oleh sebab itu pentingnya infrastruktur jalan dalam rangka menurunkan biaya logistik, berpengaruh pada harga-harga yang ada di pasar ini,” kata Jokowi.

Menurutnya, infrastruktur yang baik menjadi kunci biaya logistik dalam suatu daerah.

“Karena ini menjadi kunci biaya logistik itu sangat tergantung baik tidaknya infrastruktur yang kita miliki,” tambahnya.

Jokowi datang ke pasar ini bersama tiga menterinya. Mulai dari Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan. Arinal dan pejabat daerah ikut menemani Jokowi.

Setelah dari pasar, Jokowi akan langsung melihat jalan-jalan yang ada di Lampung. Ia menegaskan bahwa dirinya datang, pertama untuk melihat kondisi inflasi dan harga-harga kebutuhan pokok di Lampung. Kedua, Ia datang untuk melihat infrastruktur terutama jalan.

“Karena ini menjadi kunci biaya logistik itu sangat bergantung, baik tidaknya infrastruktur yang kita miliki,” tuturnya.

Baca Juga: Kunjungan Presiden Jokowi ke Lampung, Presiden akan Tinjau Pasar dan Sejumlah Ruas Jalan

Tinjau Jalan Rusak, Ini Kata Presiden Jokowi di Depan Gubernur Lampung, Arinal Salahkan Pengusaha
Presiden Joko Widodo (ketiga kiri) berbincang dengan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi (kedua kanan) saat meninjau jalan rusak di Kampung Rama Nirwana, Seputih Raman, Lampung Tengah, Lampung, Jumat (5/5/2023). Presiden Jokowi mengucurkan dana Rp 800 miliar untuk memperbaiki jalan rusak di Provinsi Lampung.(ANTARA FOTO/ARDIANSYAH)

Sebelumnya, Jokowi sempat dijadwalkan ke Lampung pada Rabu, 3 Mei 2023, namun belakangan batal. Kunjungan baru terlaksana hari ini.

“Saya ingin pastikan, besok mau melihat betul apakah yang ada di video, apakah yang ada di media itu benar, atau enggak benar,” kata Jokowi dalam keterangan pers di Mal Sarinah, Jakarta, Kamis (4/5/2023) kemarin.

Menurut Jokowi, pemerintah pusat kini sedang mendata jalan kabupaten, kota, dan provinsi yang rusak parah karena anggaran yang ada di daerah tersebut tidak banyak diarahkan kepada infrastruktur. Padahal, kata Jokowi, perbaikan jalan rusak sangatlah penting.

“Apalagi jalan produksi akan mengganggu yang namanya mobilitas orang barang, biaya logistik akan naik, sehingga barang itu tidak bisa bersaing dengan daerah lain dan negara lain. Ini kita harus tahu manfaat infrastruktur ada di situ,” pungkasnya.

Baca Juga: Rekrutmen Bersama BUMN 2023 di Buka, Berikut ini Link, Alur, dan Persyaratan Daftar

 

Sementara itu Gubernur Lampung Arinal Djunaidi membeberkan salah satu penyebab jalan rusak di daerahnya. Dia mengatakan penyebab kerusakan itu diakibatkan tonase kendaraan milik perusahaan memiliki kelebihan batas. Sehingga infrastruktur jalan mengalami kerusakan.

Hal itu diungkapkan Arinal Djunaidi saat mendampingi kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Lampung Tengah, Jumat (5/5).

"Masyarakat sekitar serta pengusaha harus menjaganya (tonase kendaraan,red)," kata Arinal Djunaidi.

Dia menambahkan banyaknya jalan rusak tidak terlepas dari operasional truk perusahaan yang melebihi tonase. Oleh karena itu, dia mengingatkan para pengusaha untuk sama-sama menjaga kondisi jalan.

"Pengusaha harus menyadari kemampuan tonase, jangan berlebihan," tuturnya.

Dia menyatakan akan berkordinasi dengan Polda Lampung untuk menindak kendaraan berat yang over tonase. "Nanti akan dilakukan penertiban bersama polda," ungkapnya.[tos]

--------------

Agar anda tidak ketinggalan informasi terbaru seputar BERITA, anda bisa join di Channel WA Tenggulangbaru.id dengan KLIK DI SINI. Selain itu Anda dapat menyimak update berita lainnya di tenggulangbaru.id dengan mengakses Google News.

Kirim Komentar

Komentar Facebook

Media Sosial

Facebook Twitter YouTube Instagram WhatsApp

Advertisement

Advertisement

Komentar

Azriel Maulana Al-Walid
21 Mei 2024 16:43:18
Saya pingin dapat PIP tahun 2024... selengkapnya
Azriel Maulana Al-Walid
21 Mei 2024 16:40:20
Butuh ... selengkapnya
Lestari marganinhrum
26 April 2024 09:40:01
Saya terdaftar pkh baru dan blom punya kks apakah bisa... selengkapnya
Zaky
25 April 2024 00:36:07
Saya mau dapat PIP, bagaimana cara mengajukannya?... selengkapnya
Topani Sahara
02 April 2024 21:28:46
Semoga artikel ini bermanfaat, ... selengkapnya
Topani
27 Maret 2024 18:33:27
Semoga bermanfaat... selengkapnya
Naning
21 Maret 2024 02:55:45
Kenapa kok dana pip yg lain keluar ini punya anak saya... selengkapnya
Topani
08 Maret 2024 16:10:05
Makasih pak Dafris... selengkapnya
Dafris
08 Maret 2024 15:16:52
Sukses ya...... selengkapnya
Sokewih
08 Maret 2024 10:46:14
Kenapa bpnt saya tidak cair?... selengkapnya

Sinergi Program

Lapak Tenggulang Baru
OpenDesa
PCNU Musi Banyuasin
The Express
SMP Hidayatut Thullab

Statistik Pengunjung

Hari ini:256
Kemarin:8.438
Total Pengunjung:263.746
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:172.70.39.162
Browser:Tidak ditemukan