Minal Aidin Wal Faizin Mohon Maaf Lahir dan Batin Selamat Hari Raya Idul Fitri. Semoga hari kemenangan ini membawa kehangatan dan kedamaian bagi seluruh insan di dunia. Selamat Hari Raya. Semoga Idul Fitri kita mendapat limpahan berkah oleh Allah. Mari kita rayakan dengan menebar cinta dan kebahagiaan kepada sesama. Eid Mubarak 2024! May this Eid be the best one yet for all of us. Selamat Hari Raya Idul Fitri. Semoga Idul Fitri tahun ini menjadi yang terbaik bagi kita semua.

Artikel/Berita

BERITA

Tren Perubahan Iklim dan Peringatan Hari Bumi Dunia

Admin TB

23 April 2023 11:57:35

427 Kali Dibaca

Hari Bumi diperingari setiap tahun pada tanggal 22 April. Lebih dari satu miliar orang merayakan Hari Bumi untuk melindungi planet ini dari hal-hal seperti polusi dan penggundulan hutan. 

Sebagaimana Tema Google hari ini, tulisan Google akan berganti menjadi animasi Google Doodle Hari Bumi, yang menunjukkan visualisasi tentang cara melawan perubahan iklim.

Mengutip dari Google Doodle.com "Doodle Hari Bumi tahunan hari ini menyoroti bagaimana individu dan komunitas dapat bekerja sama dalam cara besar dan kecil untuk mengambil tindakan melawan perubahan iklim. Pada hari ini, orang-orang di seluruh dunia menghormati pencapaian gerakan lingkungan dan mempertimbangkan bidang-bidang yang membutuhkan keadilan iklim lebih lanjut.

Seperti yang digambarkan Doodle hari ini (yang terbuat dari daun asli), ada spektrum tindakan yang dapat kita lakukan sehari-hari yang dapat ditambahkan untuk membuat perbedaan nyata. Ini termasuk:

Di rumah: memilih untuk mengeringkan cucian daripada menggunakan pengering, bagaimana/apa yang kita

Konsumsi: mempraktikkan pola makan nabati atau memilih opsi nabati jika memungkinkan bagaimana kita

Berkeliling: berjalan kaki atau mengendarai sepeda alih-alih mengemudi, jika memungkinkan.

Bertindak sekarang dan bersama-sama untuk hidup lebih berkelanjutan diperlukan untuk menghindari dampak terburuk dari perubahan iklim. Buka di sini untuk mempelajari lebih lanjut tentang perubahan iklim dan cara lain yang dapat Anda ambil tindakan.

Peringatan Hari Bumi mengajak setiap orang ambil bagian dalam aktivitas seperti membuang sampah dan menanam pohon, untuk membuat dunia jadi tempat tinggal yang lebih baik. Mengutip dari laman National Geographic, Sabtu (22/4/2023), Hari Bumi pertama dirayakan pada 1970, ketika seorang senator Amerika Serikat dari Wisconsin mengorganisir demonstrasi nasional untuk meningkatkan kesadaran tentang masalah lingkungan.

Demonstrasi berlangsung di seluruh negeri dan pada akhir tahun, pemerintah AS telah membentuk Badan Perlindungan Lingkungan. Pada 1990, Hari Bumi adalah acara yang dirayakan oleh lebih dari 140 negara di seluruh dunia.

Berbagai fakta tentang dampak lingkungan dari pemakaian barang yang sulit terurai, seperti kertas toilet yang perlu dua bulan untuk terurai di tempat pembuangan sampah. Sebuah botol plastik bertahan lebih lama, yakni butuh waktu lebih dari 450 tahun untuk terurai.

Para peneliti memperkirakan sekitar 15 miliar pohon di dunia ditebang setiap tahun, jadi bantulah mengimbangi kerugian itu dengan menanam pohon Anda sendiri. Pohon menyerap karbon dioksida dan melepaskan oksigen bagi manusia untuk bernafas. 

Perubahan iklim yang kian terasa semakin perlu jadi perhatian. Mengutip dari Investmentweek, Sabtu (22/4/2023) adaptasi iklim menjadi kebutuhan mendesak dari sudut pandang sosial dan ekonomi, namun masih belum mendapat cukup perhatian atau pembiayaan. 

Aktivitas Manusia Jadi Penyebabnya

Sementara mitigasi iklim dan adaptasi iklim adalah dua tujuan yang berbeda, mengingat satu tanpa yang lain pada akhirnya dapat menyebabkan dampak iklim yang lebih buruk. Misalnya penggunaan AC, yang dapat membantu manusia beradaptasi dengan panas ekstrem, namun juga dapat mengurangi upaya mitigasi perubahan iklim karena konsumsi listriknya yang tinggi dan emisi fluorokarbon.

Kota-kota dan sektor-sektor di seluruh wilayah dunia menghadapi risiko iklim, dan kegagalan untuk mengatasinya dapat menyebabkan kerugian ekonomi yang signifikan. Faktanya, kegagalan untuk beradaptasi dapat merusak nilai ekonomi dari aset yang dimiliki oleh setiap investor.

Mengutip dari laman Weather, Sabtu (22/4/2023), saat ini bukan rahasia lagi bahwa bumi semakin hangat. Citra satelit dan data ilmiah selama puluhan tahun dari universitas, lembaga penelitian, dan lembaga pemerintah menunjukkan bahwa perubahan iklim yang disebabkan oleh manusia nyata dan mempengaruhi planet pada tingkat yang mengkhawatirkan.

Organisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), National Academy of Sciences, NASA, NOAA dan American Meteorological Society termasuk di antara banyak yang setuju bahwa aktivitas manusia adalah penyebab utama kenaikan suhu selama 100 tahun terakhir.

Pemanasan Global Memengaruhi Semua Aspek

Dari naiknya permukaan laut hingga mundurnya gletser hingga pemutihan karang hingga badai yang lebih kuat, gelombang panas, dan kekeringan, pemanasan global memengaruhi setiap sudut planet bumi. Setidaknya terdapat tiga dampak perubahan iklim yang paling terdokumentasi dengan baik dan bagaimana pengaruhnya terhadap kehidupan.

Pertama naiknya permukaan air laut yang bisa mendorong biaya lebih tinggi. Kenaikan permukaan laut didorong oleh pencairan gletser dan lapisan es, serta air laut yang mengembang saat menghangat.

Permukaan laut global naik sekitar 8 inci selama abad terakhir, menurut NASA. Hal itu mungkin tidak terlihat banyak, tetapi para ilmuwan di NOAA memprediksi bahwa permukaan laut di sepanjang garis pantai AS, termasuk Samudra Atlantik dan Teluk Meksiko, dalam 30 tahun ke depan dapat mencapai 1 kaki lebih tinggi daripada saat ini. 

Dengan permukaan laut yang lebih tinggi datang lebih sering banjir. Banjir akan memengaruhi aktivitas di sejumlah tempat termasuk rumah warga dan bandara.

Bumi Jadi Makin Panas

Panas dan kelembapan menyebabkan masalah kesehatan utama. Hal itu terjadi karena peningkatan karbon dioksida, bersama dengan emisi buatan manusia lainnya yang dimuntahkan ke atmosfer, suhu permukaan rata-rata bumi telah meningkat sekitar 2 derajat Fahrenheit sejak akhir abad ke-19.

"Sebagian besar pemanasan terjadi dalam 40 tahun terakhir, dengan tujuh tahun terakhir menjadi yang terhangat," catat NASA. "Tahun 2016 dan 2020 adalah tahun terpanas yang pernah tercatat."

Kecenderungan itu diperkirakan akan berlanjut kecuali tindakan langsung diambil untuk mengurangi emisi gas rumah kaca. Pada saat yang sama, suhu yang lebih hangat menarik lebih banyak air ke atmosfer. 

Panas adalah pembunuh terkait cuaca nomor 1 di negara di AS. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS mengatakan rata-rata 702 orang meninggal karena penyebab panas setiap tahun dan lebih dari 9.200 orang dirawat di rumah sakit. Ada juga konsekuensi alergi, polusi udara berbahaya, dan masalah terkait kesehatan lainnya.

Dengan permukaan air laut dan pemanasan global, semuanya memicu cuaca ekstrem termasuk kebakaran hutan yang memecahkan rekor, angin topan, dan gelombang panas. Para ahli mengatakan ini bukan anomali - peristiwa cuaca ekstrem semakin sering terjadi dan kita cenderung melihat tahun-tahun mendatang yang lebih mematikan, merusak, dan intens.

Dari 1900 hingga 1980, misalnya, rekor suhu baru biasanya ditetapkan setiap 13,5 tahun. Sejak 1981, rekor baru dibuat setiap tiga tahun. Salah satu akibat dari pemanasan global dan kenaikan suhu permukaan laut adalah perubahan pola curah hujan dan peristiwa badai.

 
  
 

Kirim Komentar

Komentar Facebook

Hosting Murah se Indonesia

Statistik

Media Sosial

Facebook Twitter YouTube Instagram WhatsApp

Hosting Gratis

MHosting Gratis Rp.0

Komentar

Topani Sahara
03 April 2024 04:28:46
Semoga artikel ini bermanfaat, ... selengkapnya
Topani
28 Maret 2024 01:33:27
Semoga bermanfaat... selengkapnya
Naning
21 Maret 2024 09:55:45
Kenapa kok dana pip yg lain keluar ini punya anak saya... selengkapnya
Topani
08 Maret 2024 23:10:05
Makasih pak Dafris... selengkapnya
Dafris
08 Maret 2024 22:16:52
Sukses ya...... selengkapnya
Sokewih
08 Maret 2024 17:46:14
Kenapa bpnt saya tidak cair?... selengkapnya
Satria setiawan wijaya
06 Maret 2024 23:47:49
Bagaimana cara mndaftarkan ank saya dpet pip... selengkapnya
Risdiyana
02 Maret 2024 22:48:40
Mohon bantuannya ..utk bisa mendapatkan PIP..Anak saya... selengkapnya
Risdiyana
02 Maret 2024 22:47:46
Mohon bantuannya ..utk bisa mendapatkan PIP..Anak saya... selengkapnya
Risdiyana
02 Maret 2024 22:44:08
Bagaimana cara mendapatkan PIP..suami terkena PHK..... selengkapnya

Sinergi Program

Lapak Tenggulang Baru
OpenDesa
PCNU Musi Banyuasin
The Express
SMP Hidayatut Thullab

Statistik Pengunjung

Hari ini:1.560
Kemarin:6.008
Total Pengunjung:18.203
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:172.70.34.253
Browser:Tidak ditemukan