Diawali dengan Bismillah, menyambut bulan penuh berkah. Mari tingkatkan keimanan dan takwa. Semoga ibadah kita sebulan mendatang diterima oleh Allah SWT, bisa berpuasa sebulan penuh dan terhindar dari menuruti hawa nafsu Seiring terbenam mentari di akhir Syakban. Berganti, menyambut Bulan Ramadan yang suci. Pesan ini sebagai ganti jabat tangan, Marhaban ya Ramadan! Marilah kita selalu bersyukur, dan semoga Ramadan tahun 2023 ini damai dan penuh berkah. Marhaban Ya Ramadan. Mari kita sambut bulan yang suci dengan hati yang bersih dan saling memaafkan. Marhaban Ya Ramadan! Semoga kita semua mendapat kesuksesan dan kemakmuran, serta rahmat dari Allah SWT. Wishing you a happy Ramadan! May Allah SWT bless your path with knowledge and light that will help to enlighten your heart! (Semoga Ramadanmu menyenangkan! Semoga Allah SWT memberkati jalanmu dengan ilmu dan cahaya yang akan membantu menerangi hatimu!) Selamat Hari Anak Sedunia 2023 untuk semua anak terkasih. Semoga kelak dapat melayani setiap orang dengan penuh kasih sayang dan rasa sabar. -- selengkapnya... Selamat Hari Anak Sedunia. Semoga peringatan ini bisa memberikan kesadaran semua pihak untuk lebih mengutamakan pendidikan untuk anak. -- selengkapnya...

Artikel/Berita

HIKMAH

Hasil Sidang Isbat dan Titik Pantau Hilal, Pemerintah Tetapkan 1 Syawal 1444 H atau Idul Fitri 2023 

Admin TB

20 April 2023 21:18:01

571 Kali Dibaca

Jakarta - Pemerintah menetapkan 1 Syawal 1444H/2023M jatuh pada hari Sabtu, 22 April 2023. Penetapan ini didasarkan pada keputusan sidang isbat yang dipimpin Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, di Kantor Kementerian Agama, Jalan MH Thamrin No. 6, Jakarta, Kamis (20/4/2023).

“Sidang isbat secara bulat menetapkan 1 Syawal 1444 H jatuh pada hari Sabtu, 22 April 2023,” ujar Menag dalam konferensi pers yang digelar usai Sidang Isbat 1 Syawal 1444H.

Menurut Menag, sidang menyepakati keputusan tersebut karena dua hal. "Pertama, kita telah mendengar paparan Tim Hisab Rukyat Kemenag yang menyatakan tinggi hilal di seluruh Indonesia di berada di atas ufuk dengan ketinggian antara 0 derajat 45 menit sampai 2 derajat 21,6 menit," kata Menag.

Menag Yaqut Cholil Qoumas, (c) Kemenag
Menag Yaqut Cholil Qoumas, (c) Kemenag

"Dengan sudut elongasi antara 1 derajat 28,2 menit sampai dengan 3 derajat 5,4 menit," imbuhnya.

Artinya, secara hisab posisi hilal di Indonesia saat sidang isbat awal Syawal 1444 H, belum memenuhi kriteria baru yang ditetapkan MABIMS (Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura). Diketahui, pada 2016 Menteri Agama anggota MABIMS menyepakati kriteria baru yaitu tinggi hilal 3 derajat dan elongasi 6,4 derajat.

Dengan posisi demikian, lanjut Menag, maka secara astronomis atau hisab, hilal tidak dimungkinkan untuk dilihat. Hal ini selanjutnya terkonfirmasi oleh pernyataan para perukyah yang diturunkan Kemenag.

Baca Juga: Kepastian Lebaran Idul Fitri 2023, 1 Syawal 1444 H

Pada tahun ini, rukyah dilaksanakan Kemenag di 123 titik di Indonesia. "Kita mendengar laporan dari sejumlah perukyah hilal yang bekerja di bawah sumpah, mulai dari Aceh hingga Papua. Di 123 titik tersebut, tidak ada satu pun perukyah dapat melihat hilal," ujar Menag yang didampingi Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi, Ketua Komisi VIII DPR Ashabul Kahfi, Ketua MUI KH Abdullah Jaidi, dan Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin.

Karena dua alasan tersebut, Sidang Isbat menyepakati untuk mengistikmalkan (menyempurnakan) bulan Ramadan menjadi 30 hari sehingga 1 Syawal 1444 H jatuh pada hari Sabtu, 22 April 2023.

"Jadi, Jumat besok umat Islam di Indonesia masih akan menjalani ibadah puasa Ramadan, selanjutnya malam Sabtu akan takbiran menyambut Idulfitri," jelas Menag.

Menanggapi adanya perbedaan penetapan awal Syawal di masyarakat, Menag mengimbau agar seluruh umat Islam dapat menjaga ukhuwah Islamiyah. "Saya mengimbau seluruh umat Islam untuk tetap menjaga toleransi, saling menghargai, dan ukhuwah Islamiyah menanggapi adanya perbedaan penetapan 1 Syawal. Saling menghormati perbedaan keyakinan itu indah," tandas Menag Yaqut.

"Mari menebarkan kedamaian dalam Idulfitri," sambungnya.

Baca Juga: Ucapan Idul Fitri 2023/1444 H: Kartu Ucapan, Twibbon dan Kata-Kata Ucapan Selamat Lebaran Idul Fitri

Sidang Isbat 1 Syawal 1444 H ini digelar secara luring dan dihadiri perwakilan ormas Islam, perwakilan Duta Besar negara sahabat, Tim Hisab Rukyat Kemenag, serta para pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama.

Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama (Kemenag) memaparkan terkait penetapan jatuhnya Lebaran Idul Fitri 2023 atau 1 Syawal 1444 H. Berdasarkan kalender hijriah sesuai kriteria baru Menteri Agama Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, dan Singapura alias MABIMS, bahwa belum terlihat hilal Idul Fitri 2023 memasuki ketinggian 3 derajat dan elongasi 6,4 derajat.

Sidang Isbat Kemenag Penetapan 1 Syawal 1444/2023H, (c) Kemenag
Sidang Isbat Kemenag Penetapan 1 Syawal 1444/2023H, (c) Kemenag

"Dengan peta elongasi kita bisa lihat bahwasanya secara global, elongasi kita mensyaratakan 6,4 derajat, sedangkan Indonesia baru di Aceh 3 derajat atau 3 derajat lebih dikit, kalau kita sampai dimaksimalkan paling barat Indonesia," tutur Anggota Tim Hisab dan Rukyat Kemenag, Khofif di Auditorium HM Rasjidi Kemenag, Jakarta Pusat, Senin (20/04/2023).

Baca Juga: Khutbah Idul Fitri 1444 H: Makna Idul Fitri Sebagai Momentum Kebahagiaan dan Juga Introspeksi

 

Rangkaian Sidang Isbat

Pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama (Kemenag) telah memulai rangkaian sidang isbat dalam rangka memastikan jatuhnya hari Lebaran Idul Fitri 2023 atau 1 Syawal 1444 H.

Rangkaian Sidang Isbat Dimulai Pukul 17.00 WIB. Sidang isbat diawali dengan pemaparan terkait hilal 1 Syawal 1444 H. Anggota Tim Hisab dan Rukyat Kemenag, Khofif menerangkan terkait Periode Lunasi 2023 dan Fase Bulan yang menjadi bagian dari metode hisab dan rukyat penentuan pergantian bulan Islam.

Baca Juga: Resmi Dibuka, BUMN Sediakan Puluhan Ribu Kuota Mudik Gratis Lebaran Idulfitri 1444H/2023H

 

Gerhana Jadi Pertimbangan

"Hari ini apakah 29 hari atau 30 hari, kalau kita lihat periode lunasinya ada di 29,55," kata Khofif sebelum sidang isbat di Auditorium HM Rasjidi Kemenag, Jakarta Pusat.

Khofif juga menerangkan terkait gerhana matahari yang terjadi siang tadi. Bahwa peristiwa itu juga dapat menjadi tolak ukur penentuan pergantian bulan.

"Kalau kita lihat animasi pada pagi hari tadi, situasi gerhana matahari di saat gerhana matahari terjadi ijtimak tapi di saat ijtimak tidak selalu terjadi gerhana matahari karena bulan bumi dan matahari berada di satu garis bujur. Ada kalanya bulan tidak seluruhnya menutup matahari," ujar dia. 

Baca Juga: Alokasikan Rp3,4 Triliun untuk Dana Bagi Hasil (DBH) Sawit, Pemerintah Bahas RPP Penyalurannya

 

Titik Lokasi di Seluruh Indonesia Untuk Memantau Hilal

Berikut 123 lokasi pengamatan hilal yang dirilis oleh Kemenag. Pengamatan akan dilakukan secara serentak di seluruh daerah di Indonesia:

Aceh

  1. Observatorium Tgk Chik Kuta Karang Lhoknga
  2. Bukit Blang Tiron Lhokseumawe

Sumatra Utara

  1. Anjungan Lantai IX Kantor Gubernur Sumatra Utara Jalan Diponegoro No. 30 Medan
  2. Observatorium Ilmu Falak (OIF) Gedung Pasca Sarjana Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara (UMSU) Jalan Panglima Denai Medan

Sumatra Barat

  1. Hotel Rangkayo Basa Padang
  2. Puncak Langkisau Carocok Painan Kabupaten Pesisir Selatan
  3. Dusun Kayu Gadang Desa Santur Kecamatan Barangin Kota Sawahlunto
  4. Bukit Langkuik Kecamatan Bonjol
  5. Puncak Gunung Medan
  6. Lantai 3 Gedung DPRD Kab. Pasaman Barat di Padang Tujuh
  7. Puncak Dama Kel.Kampung Jawa Kota Solok
  8. Taeh Bukik
  9. Pantai Gandoriah Kota Pariaman\
  10. Kantor Kemenag Kab Solok Selatan
  11. Jorong Sikaladi Nagari Pariangan
  12. Bukit Sipora Jaya
  13. Balkon, Rocy Hotel Bukittinggi
  14. Puncak Lawang Kec. Matur Kab. Agam
  15. Sitinjau Laut, Jalan Raya Solok - Padang
  16. Kabupaten Padang Pariaman, Pantai Tiram Kec. Ulakan Tapakis
  17. Puncak Nganang Kecamatan Luhak
  18. Pasaman Bukik Langkuik
  19. Bukit Cati Kandang Baru Kec. Sijunjung Kab. Sijunjung

Baca Juga: Pendaftaran KIP Kuliah 2023 Telah Dibuka, Segera Daftar Online Melalui Laman kip-kuliah.kemdikbud

Riau

  1. Rooftop Hotel Khas Lt. 13, Pekanbaru

Kepulauan Riau

  1. Pantai Tanjung Setumu

Jambi

  1. Gedung Mahligai Bank Jambi, Kota Jambi

Sumatra Selatan

  1. Helipad Hotel Aryaduta Palembang

Bangka Belitung

  1. Pantai Tanjung Raya Penagan Bangka
  2. Pantai Tanjung Kalian Muntok Bangka Barat
  3. Pantai Tanjung Belitung

Bengkulu

  1. Mess Pemda lantai 3 (tiga) Provinsi Bengkulu. Jalan Pasar Pantai Kelurahan Malabero Kecamatan Teluk Segara Kota Bengkulu

Lampung

  1. POB Bukit Pantai Canti Kalianda Lampung Selatan
  2. Kampus ITERA, Jati Agung, Lampung Selatan

DKI Jakarta

  1. Gedung Kanwil Agama DKI Jakarta
  2. Masjid Hasim Asyari Jakarta Barat
  3. Ponpes Hidayatullah Basmol Jakarta Barat
  4. Pulau Pramuka Kepulauan Seribu

Jawa Barat

  1. Pasirlasih, Kab. Pangandaran
  2. Cipatujah, Kab. Tasikmalaya
  3. Pondok Bali, Kab. Subang
  4. Santolo, Kab. Garut
  5. UNISBA
  6. Pantai Baro Gebang, Kab. Cirebon
  7. POB Cibeas, Kab. Sukabumi
  8. Observatorium Bosscha
  9. SMA Astha Hannas. Kab. Subang
  10. POB Gunung Putri Sukamanah, Pataruman, Kota Banjar
  11. Imah Noong, Kab. Bandung Barat

Baca Juga: Tata Cara dan Niat Shalat Gerhana Matahari

Banten

  1. Pantai Anyer
  2. UIN SMHB Serang
  3. Komplek Mercusuar Cikoneng, Anyer

Jawa Tengah

  1. Planetarium dan Observatorium UIN Walisongo Semarang
  2. BOP Watu Layar Binangun, Kec. Lasem
  3. Pantai Jetis, Kec. Grabag
  4. Pantai Ujungnegoro, Kandeman
  5. Pantai Padelan, Kec. Ayah
  6. Rooftop Hotel Aston Cilacap
  7. Pantai Kartini, Kec. Jepara
  8. Menara Masjid Agung Nurul Kalam
  9. Pantai Alam Indah
  10. Ma'had Aly TBS Kudus
  11. Pelabuhan Tanjung Kendal
  12. Bukit Sukobubuk, Kec. Margorejo
  13. Menara Pandang, Purwokerto Barat
  14. Pantai Wisata Dewi Mangrove Sari
  15. Pantai Pasir Kec. Pekalongan Utara
  16. POB PPMI Assalaam Pabelan, Kec. Kartasura
  17. UIN KH. Abdurrahman Wahid
  18. MAN 1 Surakarta

Baca Juga: Cara Mudah Mengurus Sertifikasi Halal Gratis, Kuotanya 1 juta

DI Yogyakarta

  1. POB Syekh Bela Belu Parangtritis Yogyakarta

Jawa Timur

  1. Pantai Srau Kecamatan Pringkuku Kabupaten Pacitan
  2. Bukit Banyu Urip. Desa Banyu Urip, Kec. Senori Kab. Tuban
  3. Pantai Kasap Ds. Watukarung Kec. Pringkuku Pacitan
  4. Pantai Gebang Bangkalan
  5. Pantai Pecinan Situbondo
  6. Pantai Pancur Alas Purwo Banyuwangi
  7. Pantai Ambat Tlanakan Pamekasan
  8. Bukit Gumuk Klasi Indah, ds. Kemiri Kec. Singojuruh Kab. Banyuwangi
  9. Pondok Pesantren Bayt Al-Hikmah Pasuruan
  10. MAN III Kec. Kandangan Kab Kediri
  11. Bukit Banjarsari Wonotirto Kab. Blitar
  12. Gunung Sadeng Jember
  13. Gedung Pemkab Malang, Kec. Kepanjen
  14. RSI Siti Hajar Sidoarjo
  15. Lereng Gunung Pandan Ds. Tulung Kec. Saradan Kab. Madiun
  16. Pantai Sunan Drajat/Tanjung Kodok Lamongan
  17. Bukit Wonocolo Kecamatan Kedewan Kab. Bojonegoro
  18. Bukit Condrodipo Kebomas Gresik
  19. Pantai Taneros Kec. Ambunten Kab. Sumenep
  20. Pelabuhan Kalbut, Tanjung Pecinan, Kec. Mangaran, Situbondo
  21. Desa Taddan, Kec. Camplong Kab. Sampang
  22. Desa Dagangan, Kec. Dagangan, Kab. Madiun
  23. Bukit Pelangi, Kec. Wonotirto, Kab. Blitar
  24. Pohbebek 01/03 Ds. Ketanggung, Kec. Sine Kab. Ngawi
  25. Pantai Duta Ds. Randutatah, Kec. Paiton, Kab Probolinggo
  26. IAIN Madura Pamekasan
  27. Pelabuhan Tanjung Tembaga, Kec. Mayangan, Kota Probolinggo
  28. Pantai Bawean Kab. Gresik
  29. Pantai Serang Kab. Blitar
  30. Pantai Sapo Ds. Sergang Kec. Batuputih Kab. Sumenep
  31. Pantai Kalisangka Kangean Sumenep
  32. Pantai Nyamplong Kobong Jember

Baca Juga: Jurus Layanan Angkutan Penyeberangan ASDP pada Lebaran 2023 Lebih Baik

Kalimantan Barat

  1. Pantai Indah Kakap Kabupaten Kubu Raya

Kalimantan Tengah

  1. Menara Masjid Raya Darussalam Palangkaraya
  2. Pantai Teluk Bogam Kabupaten Kotawaringin Barat

Kalimantan Timur

  1. Hotel Selyca Mulia Samarinda

Kalimantan Selatan

  1. Pantai Wisata Galesong Takalar

Kalimantan Utara

  1. Taman Berlabuh Kota Tarakan Provinsi Kalimantan Utara

Bali

  1. Pantai Munduk Asem, Kabupaten Jembrana,

NTB

  1. Pantai Loang Baloq Ampenan Mataram

NTT

  1. Rooftop Gedung Pelayanan BMKG NTT

Sulawesi Selatan

  1. Pantai Wisata Galesong Takalar

Sulawesi Barat

  1. Tanjung Mercusuar Sumare, Simboro Kabupaten Mamuju

Sulawesi Tenggara

  1. Pantai Bahari Kecamatan Tanggetada

Sulawesi Utara

  1. Area Parkir Apartemen MTC Mega Mas Manado

Gorontalo

  1. Gedung Polairud Polda Gorontalo

Sulawesi Tengah

  1. Desa Marana Kec. Sindue, Kab. Donggala

Maluku

  1. Karang Panjang Patung Cristina Marta Tiahahu, Kota Ambon

Maluku Utara

  1. Pantai Ropu Tengah Balu, Kec. Sahu Kab. Halmahera Barat
  2. Pantai Afe Taduma, Kec. Pulau Ternate, Kota Ternate

Papua

  1. Pantai Hotel Nirmala Beach, Kab. Biak Numfor

Papua Barat

  1. Hotel Waigo Kota Sorong
  2. Hotel Waigo Kota Sorong

Baca Juga: Presiden Jokowi Percepat Pencairan 7 Bansos Ini Sebelum Idul Fitri, Cek Apakah NIK Anda Termasuk?

Demikian Hasil Sidang Isbat, Pemerintah Tetapkan 1 Syawal 1444 H atau Idul Fitri 2023  dan juga titik pemantauan hilal untuk penentuan awal 1 Syawal 1444 H atau 2023 M.

Kirim Komentar

Komentar Facebook

Hosting Murah se Indonesia

Statistik

Media Sosial

Facebook Twitter YouTube Instagram WhatsApp

Hosting Gratis

MHosting Gratis Rp.0

Komentar

Topani
28 Maret 2024 01:33:27
Semoga bermanfaat... selengkapnya
Naning
21 Maret 2024 09:55:45
Kenapa kok dana pip yg lain keluar ini punya anak saya... selengkapnya
Topani
08 Maret 2024 23:10:05
Makasih pak Dafris... selengkapnya
Dafris
08 Maret 2024 22:16:52
Sukses ya...... selengkapnya
Sokewih
08 Maret 2024 17:46:14
Kenapa bpnt saya tidak cair?... selengkapnya
Satria setiawan wijaya
06 Maret 2024 23:47:49
Bagaimana cara mndaftarkan ank saya dpet pip... selengkapnya
Risdiyana
02 Maret 2024 22:48:40
Mohon bantuannya ..utk bisa mendapatkan PIP..Anak saya... selengkapnya
Risdiyana
02 Maret 2024 22:47:46
Mohon bantuannya ..utk bisa mendapatkan PIP..Anak saya... selengkapnya
Risdiyana
02 Maret 2024 22:44:08
Bagaimana cara mendapatkan PIP..suami terkena PHK..... selengkapnya
Epelina
01 Maret 2024 13:04:46
Mohon solusinya , knp ya anak saya pd saat masuk SMA... selengkapnya

Sinergi Program

Lapak Tenggulang Baru
OpenDesa
PCNU Musi Banyuasin
The Express
SMP Hidayatut Thullab

Statistik Pengunjung

Hari ini:3.705
Kemarin:7.253
Total Pengunjung:288.494.020
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:172.70.38.95
Browser:Tidak ditemukan