Artikel/Berita

BERITA

Jurus Layanan Angkutan Penyeberangan ASDP pada Lebaran 2023 Lebih Baik

Admin TB

12 April 2023 11:29:48

483 Kali Dibaca

ASDP melakukan sinergi dan kolaborasi dalam manajemen mudik dan arus balik. Layanan pada momentum Idulfitri 1444 Hijriah dipastikan lebih baik.

PT Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry (Persero) terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat atau pengguna jasa terkait pembelian tiket angkutan Lebaran. PT ASDP menyarankan, pembelian dilakukan mulai sekarang demi perjalanan yang lancar, aman, dan nyaman.

Hal tersebut disampaikan Corporate Secretary ASDP Shelvy Arifin kepada para pengguna jasa penyeberangan kapal ferry khususnya di lintas sibuk Merak-Bakauheni dan Ketapang-Gilimanuk. “Tiket sudah dapat dipesan melalui aplikasi dan web Ferizy sejak H-60 sebelum keberangkatan,” katanya.

Baca Juga: Siasat Ketahanan Pangan Pemerintah RI di Tengah Ketidakpastian, Ada Sektor Pertanian dan Bansos

Demi kenyamanan, Shelvy juga mengingatkan agar para pemudik tidak membeli tiket di calo. Dia menyebutkan, selain online, pemudik dapat membeli tiket di gerai retail seperti Alfamart, Indomaret, Agen BRILink, dan lainnya. Terkait pembayaran, Shelvy menjelaskan, dapat dilakukan melalui beragam cara, di antaranya, transfer antarbank, e-wallet, gerai retail, ataupun internet banking.

"Para pemudik diharapkan mengisi data diri untuk manifest dengan lengkap dan benar, jangan gunakan data diri orang lain. Pastikan data penumpang dan kendaraan tercatat, supaya terlindungi asuransi penyeberangan," tutur Shelvy.

Pengguna jasa yang telah membeli tiket, Shelvy melanjutkan, diminta untuk mengatur waktu di hari H keberangkatan. Tujuannya, agar tidak terlambat check in, yang dilakukan dua jam sebelum keberangkatan.

Tiket akan hangus atau tidak berlaku, Shelvy mengatakan, jika melewati batas waktu jadwal masuk pelabuhan. Bila tiba di pelabuhan belum bertiket, maka kendaraan akan diputar balik keluar pelabuhan.

Pada masa angkutan Lebaran 2023, telah disiapkan alat produksi pada delapan lintasan terpantau, sebanyak 51 dermaga (42 dermaga ASDP, dua dermaga UPT, dan tujuh dermaga Pelindo), dan kapal siap operasi sebanyak 213 unit, dengan 50 unit di antaranya kapal ASDP, 160 unit kapal reguler non-ASDP, dan satu unit kapal Pelni.

ASDP pun siap melayani pemudik khususnya di delapan lintasan penyeberangan laut terpantau nasional yang berada di bawah koordinasi sembilan kantor cabang. Kedelapan lintasan itu adalah Bakauheni-Merak, Ketapang-Gilimanuk, Padangbai-Lembar, Kayangan-Pototano, Panajam-Kariangau, Tanjung Api-api-Tanjung Kelian, Bajoe-Kolaka, dan Ajibata-Ambarita.

Baca Juga: Presiden Jokowi Percepat Pencairan 7 Bansos Ini Sebelum Idul Fitri, Cek Apakah NIK Anda Termasuk?

 

Strategi di 2023

Untuk angkutan Lebaran 2023, PT ASDP telah mempersiapkan strategi peningkatan kelancaran layanan. Shelvy Arifin menjelaskan, hasil evaluasi layanan angkutan Lebaran 2022 dan Layanan Natal dan Tahun Baru 2023 ada tiga lesson learned yang menjadi fokus.

Pertama, terdapat kondisi cuaca ekstrem di beberapa lintasan, sehingga terjadi penutupan layanan penyeberangan pada periode waktu tertentu. Kedua, masih terdapat praktik calo yang terjadi, sehingga perlu dilakukan evaluasi dan tindak lanjut untuk mengatasi hal tersebut. Sedangkan, ketiga, tentang keselamatan dan keamanan pelayanan angkutan penyeberangan.

"Terjadinya kecelakaan kendaraan pada saat pemuatan di atas kapal angkutan penyeberangan, termasuk jatuhnya kendaraan ODOL, perlu menjadi perhatian," ujar Shelvy.

Baca Juga: Bank Indonesia Siapkan Layanan Penukaran Uang Senilai 196 Triliun Pada Idul Fitri 1444H

Manajemen ASDP pun telah menyiapkan inisiatif dan strategi untuk mendukung kelancaran layanan pada periode angkutan Lebaran 2023, yakni berupa penyiapan buffer zone di luar area pelabuhan. Antara lain, penyediaan lahan di Km 89 dan Km 97, serta perluasan titik buffer zone di Km 68.

Beberapa fungsi rest area sebagai pendukung angkutan penyeberangan menjadi buffer zone untuk melakukan screening muatan bahan berbahaya dan juga screening tiket pengguna jasa yang akan menyeberang. Agar, sesuai dengan jadwal serta menjamin aspek safety terkait dengan ketepatan data manifes.

Selain itu, dilakukan pelebaran dan penataan bahu Jl Cikuasa, baik bawah dan atas. Juga, penambahan satu dermaga eksekutif untuk melayani angkutan dominan penumpang, pada peak season, relokasi Stasiun Kereta Api Merak, rencana penambahan dermaga di area sekitar Pelabuhan Merak dan Bakauheni, penyiapan dermaga di luar Pelabuhan Merak dan Bakauheni (Ciwandan dan Panjang), penambahan kapasitas daya tampung pelabuhan untuk kelancaran trafik di Pelabuhan Merak, serta sosialisasi masif penggunaan tiket online melalui aplikasi dan web Ferizy untuk menghindari antrean di pelabuhan.

Baca Juga: Bansos Pangan Penahan Inflasi Cair Ramadan dan Idulfitri

 

Skema Pembelian Tiket

Dengan begitu, Shelvy menegaskan, yang belum membeli tiket online tidak dapat langsung masuk ke area pelabuhan. ASDP menerapkan pembelian tiket kapal penyeberangan ferry dalam dua skema. Skema pertama, pembelian tiket online yang dapat dilakukan H-60 sebelum keberangkatan.

Lalu skema kedua adalah pembelian tiket offline yang dilakukan langsung di pelabuhan penyeberangan (saat ini terdapat di 25 pelabuhan ASDP dan 11 pelabuhan non-ASDP). Di mana, pembayaran tiketnya dilakukan secara nontunai,yakni melalui transfer antarbank, e-wallet, gerai retail, internet banking, kartu debit, dan lainnya.

Pada 15 Februari lalu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam rapat kerja dengan Komisi V DPR RI menyampaikan, pada Natal dan Tahun Baru 2023, terjadi lonjakan pergerakan penumpang dan kendaraan yang cukup signifikan, menyusul dicabutnya kebijakan PPKM.

Baca Juga: Auditor BPK Riau Ikut Diamankan KPK saat OTT Bupati Meranti MFA 

Tercatat, kenaikannya mencapai 73,33 persen atau sebesar 5,3 juta penumpang angkutan umum jika dibandingkan pada Natal dan Tahun Baru 2021/2022. Adapun kenaikan penumpang tertinggi terjadi di moda kereta api sebesar 168,32 persen, diikuti moda jalan (80,39 persen), moda udara (63,7 persen), moda penyeberangan (49,92 persen), dan moda laut (29,05 persen).

PT ASDP Indonesia Ferry konsisten menerapkan standar keselamatan (safety) di 34 pelabuhan dan 311 lintasan untuk memberikan pelayanan prima kepada pengguna jasa penyeberangan dan pelabuhan di seluruh Indonesia. ASDP telah mengantongi sertifikat K3 dengan standar internasional yakni Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) ISO 45001:2018 dari Badan Sertifikasi British Standard Institution (BSI).

Saat ini, di bawah koordinasi 27 cabang, ASDP mengoperasikan 219 unit kapal, yang melayani kebutuhan transportasi masyarakat di 34 pelabuhan dengan total 311 lintasan hingga pelosok tanah air.

 

Source:

 

--------------

Agar anda tidak ketinggalan informasi terbaru seputar BERITA, anda bisa join di Channel WA Tenggulangbaru.id dengan KLIK DI SINI. Selain itu Anda dapat menyimak update berita lainnya di tenggulangbaru.id dengan mengakses Google News.

Kirim Komentar

Komentar Facebook

Media Sosial

Facebook Twitter YouTube Instagram WhatsApp

Advertisement

Arsip Artikel

Advertisement

Komentar

Azriel Maulana Al-Walid
21 Mei 2024 16:43:18
Saya pingin dapat PIP tahun 2024... selengkapnya
Azriel Maulana Al-Walid
21 Mei 2024 16:40:20
Butuh ... selengkapnya
Lestari marganinhrum
26 April 2024 09:40:01
Saya terdaftar pkh baru dan blom punya kks apakah bisa... selengkapnya
Zaky
25 April 2024 00:36:07
Saya mau dapat PIP, bagaimana cara mengajukannya?... selengkapnya
Topani Sahara
02 April 2024 21:28:46
Semoga artikel ini bermanfaat, ... selengkapnya
Topani
27 Maret 2024 18:33:27
Semoga bermanfaat... selengkapnya
Naning
21 Maret 2024 02:55:45
Kenapa kok dana pip yg lain keluar ini punya anak saya... selengkapnya
Topani
08 Maret 2024 16:10:05
Makasih pak Dafris... selengkapnya
Dafris
08 Maret 2024 15:16:52
Sukses ya...... selengkapnya
Sokewih
08 Maret 2024 10:46:14
Kenapa bpnt saya tidak cair?... selengkapnya

Sinergi Program

Lapak Tenggulang Baru
OpenDesa
PCNU Musi Banyuasin
The Express
SMP Hidayatut Thullab

Statistik Pengunjung

Hari ini:1.006
Kemarin:8.438
Total Pengunjung:264.496
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:172.70.43.160
Browser:Tidak ditemukan