Artikel/Berita

Bansos

Nama Tercantum Di Cekbansos.kemensos.go.id Tapi belum dapat Bansos, Sebab dan Cara Penyelesaiannya

Admin TB

08 Maret 2023 00:03:26

83.821 Kali Dibaca

Bansos PKH dan BPNT, BLT, dan PIP masih disalurkan pemerintah melalui Kemensos kepada masyarakat yang terdaftar di DTKS dan dapat di cek melalui laman cekbansos.kemensos.go.id. Namun banyak masyarakat yang mengeluh lantaran nama mereka tercantum di laman Cekbansos, tapi hingga saat ini tidak atau bahkan belum pernah mendapat bansos, baik bansos PKH maupun BPNT.

Banyak masyarakat yang bingung harus bagaimana ketika melakukan cek data diri di Cekbansos.kemensos.go.id dan namanya tercantum di data tersebut dengan mengidentifikasi umur yang sesuai dan tidak ada nama yang sama lagi dengan dirinya dalam satu wilayah tersebut namun belum menerima bansos atau saldo rekening bansosnya masih kosong.

Baca Juga: Daftar Jadi Penerima Bansos 2023 Lebih Mudah, Bisa Cara Online Maupun Offline

 

Dibeberapa wilayah masyarakat mengeluhkan hal yang sama, mulai dari bantuan sembako kosong sampai sudah 2 bulan, bahkan ada yang sudah satu tahun lebih tidak mendapatkan bansos sembako lagi.

Dilain wilayah juga ditemukan aduan masyarakat yang namanya tercantum dalam data DTKS sebagai penerima bantuan BPNT , namun sampai saat ini belum pernah menerima bansos BPNT tersebut baik berupa kartu ATM Himbara maupun sembakonya.

Baca Juga: Cara Daftar Bansos 2023 Terbaru, Makin Mudah Cuma Pakai HP

 

2022-12-28_22h44_25
Tampilan Cek Bansos 

 

Berikut ini beberapa masalah yang dapat kami rangkum beserta langkah penyelesainnya:

 

Nama Tercantum Di Cekbansos Tapi Bansos Belum Cair

Nama tercantum di DTKS, terbukti dengan hasil cek di laman cekbansos.kemensos.go.id, terdaftar sebagai penerima bansos BPNT atau PKH pada tahap tersebut, namun beberapa bulan saldo sembako maupun PKH masih nol atau belum ada pemberitahuan pencairan.

Penyebab:

  1. NIK valid namun tidak ditemukan di Disdukcapil

    Langkah Penyelesaian: Update KK (kartu keluarga) ke Dinas Kependudukan dan Ctatan Sipil (Disdukcapil). Beberapa kasus yang telah terjadi, ditemukan bahwa KK tidak sinkron antara Dukcapil daerah dan di pusat.

  2. NIK ganda

    Langkah Penyelesaian: Lakukan perbaikan data melalui operator SIKS-NG, ata bisa datang ke desa / kelurahan / distrik masing-masing wilayah dan menyelesaikannya.

  3. NIK Penerima bantuan dinyatakan meninggal oleh Dukcapil

    Langkah Penyelesaian: Jika sesuai dengan kondisi lapangan, dapat diusulkan untuk dihapus dari data SIKS-NG, namun jika berbeda maka lakukan usulan perbaikan data di Dukcapil setempat.

  4. NIK Ditemukan namun beda nama di Dukcapil (NIK dipakai orang yang berbeda)

    Langkah Penyelesaian: Lakukan perbaikan data diri di Dukcapil dengan membawa data pendukung.

  5. Bansos dihentikan, karena dianggap telah mampu oleh pemerintah.

    Langkah Penyelesaian:

    Jika memang tidak sesuai dengan keadaan sebenarnya (masih tergolong miskin), maka lakukan permohonan ulang melalui pemerintah setempat, atau langsung ke pendamping bansos di masing-masing Kecamatan.

Baca Juga: Daftar Bansos 2023 Yang Cair Bulan Maret, Cek Di Cekbansos.kemensos.go.id

 

Nama Terdata Di Cekbansos Tapi Belum Pernah Dapat Bansos

Nama tercantum di DTKS, terbukti dengan hasil cek di laman cekbansos.kemensos.go.id, terdaftar sebagai penerima bansos BPNT atau PKH namun belum pernah terima bantuan sama sekali.

Penyebab:

  1. Kartu ATM bantuan  salah sasaran
    Kartu ATM bantuan BPNT hanya mencantumkan nama dan alama pemiliknya tanpa disertai nomer identitas penerimanya. Beberapa kasus yang terjadi adalah yang berhak menerima kartu ATM bansos tersebut tidak menerima dikarenakan kartu diberikan kepada orang yang namanya sama dan memiliki alamat yang sama.

  2. Gagal Burekol

    • Nama Ibu kandung invalid, tircantum dalam KK hanya “NA”, “-“ bahkan kosong
    • ID ada namun nama orangnya berbeda, beda dengan data Bank
    • Tanggal lahir atau tempat lahir invalid, contoh tertulis lahir tahun 1800
    • Nama kota ditulis nama kecamatan atau provinsi
  3. Gagal Divalidasi Oleh Otoritas Keuangan (Omspan)

    • Sudah memiliki rekening di Bank, namun sudah tidak aktif
    • Sudah ada rekening di bank, dengan nomer identitas sama namun nama beda, misal Mei Dayana tertulis Emi dayana
    • Nama tertulis tidak valid contoh Irfan Eko, tertulis Irf4n Eko

Baca Juga: BSU 2023 Cair? Berikut Ini Penjelasan Kemnaker

 

Dari beberapa kasus diatas, penerima bansos yang namanya tertera pada laman cekbansos.kemensos.go.id, hendaknya melakukan perbaikan data atau memperbaharui data yang valid di Dinas Kependudukan dan Cacatan Sipil (Dispendukcapil) setempat secara mandiri agar tidak mempengaruhi proses pemberian bantuan sosial oleh pemerintah.

Jika penerima bantuan enggan memperbaiki data dasar tersebut karena berbagai macam alasan ada baiknya untuk melaporkan atau menyampaikan hal tersebut kepada pihak desa / kelurahan / distrik agar oleh pemerintah setempat diusulkan untuk dihapus dari daftar usulan calon penerima bansos.

Baca Juga: Cara Daftar DTKS Online Lewat HP Agar Bisa Dapat Bansos 2023, PKH dan BPNT

 

Menteri Sosial Tri Rismaharini menekankan bahwa peran pemerintah daerah (pemda) menjadi kunci dari penyaluran bantuan sosial (bansos) tepat sasaran. Hal ini sejalan dengan ketentuan dalam undang-undang (UU) yang memberikan kewenangan kepada pemda untuk melaksanakan pemutakhiran data kemiskinan.

Dalam proses pemutakhiran data, UU memberi kewenangan pemda menentukan siapa saja yang layak masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan siapa yang tidak. Mensos mempersilakan masyarakat mempelajari ketentuan dalam UU No. 13 tahun 2011 tentang Penanganan Fakir Miskin. 

“Pemutakhiran DTKS itu kewenangan daerah sesuai ketentuan dalam UU No. 13/2011. Prosesnya dimulai dari musyawarah desa atau musyawarah kelurahan. Lalu secara berjenjang naik ke atas. Jadi, pemda dan jajarannya sampai tingkat desa/kelurahan memiliki kewenangan penuh menentukan siapa yang layak menerima bantuan dan siapa yang tidak,” kata Mensos Risma di Jakarta (01/09).

Baca Juga: Cek Daftar Penerima Bansos 2023: Jelang Puasa, 5 Bansos BLT ini Segera Cair di Bulan Maret 2023

 

Merujuk pada Undang-Undang Nomor 13 tahun 2011 tentang Penanganan Fakir Miskin, pemutakhiran data menjadi kewenangan pemerintah kabupaten/kota. Hal ini termuat pada pasal 8, 9, dan 10 UU No. 13/2011 yang pada intinya mengamanatkan, pemutakhiran data merupakan proses berjenjang yang ditugaskan kepada pemerintah kabupaten/kota.

Pada pasal 8 misalnya, disebutkan bahwa, verifikasi dan validasi sebagaimana dimaksud pada ayat (4) dilaksanakan oleh potensi dan sumber kesejahteraan sosial yang ada di kecamatan, kelurahan atau desa.

“Jadi memang Kementerian Sosial tidak melakukan pendataan langsung. Kementerian Sosial tugasnya menetapkan data yang proses pemutakhiran datanya dilakukan oleh daerah. Masalahnya, masih ada pemerintah kabupaten/kota yang kurang atau bahkan tidak aktif melaksanakan pemutakhiran,” kata Mensos.

Baca Juga: Pendaftaran KIP Kuliah 2023 Dibuka, Berikut Jadwal, Cara Pendaftaran dan Cara Atasi Gagal Registrasi

 

Untuk itu, ia mengingatkan kembali pemda dan jajarannya untuk aktif dan mengawal dengan sungguh-sungguh proses pemutakhiran data. “Data kemiskinan itu kan dinamis. Ada yang pindah, meninggal dunia, ada yang mungkin sudah meningkat ekonominya sehingga tidak layak lagi menerima. Ada juga penerima dari kalangan dekat dengan kepala desa. Nah, kasus di Bolmo ini malah kepala desanya sendiri. Maka memang harus dikawal terus,” katanya.

Mensos Risma sendiri mendapatkan banyak laporan tentang bantuan sosial yang kurang tepat sasaran, terkendala, atau tidak tersalurankan ke penerima manfaat. Mensos merespon cepat adanya laporan semacam ini, baik dengan menginstruksikan jajarannya, atau dia sendiri yang langsung turun menyelesaikan masalah.

Seperti terbaru yang dilakukannya di Kota Pekanbaru. Mensos menggelar pertemuan karena didapat informasi ribuan penerima manfaat belum menerima bantuan. Ia mengundang sejumlah pihak di antaranya perwakilan dinas sosial, dinas kependudukan dan catatan sipil, perwakilan Bank Himbara, dan pendamping sosial. Untuk memecahkan solusi, Mensos membuat keputusan saat itu juga, sehingga masalahnya bisa diselesaikan segera.

Baca Juga: Cek Bansos 2023: Mensos Risma Pastikan PKH, BPNT, BLT, PIP dll Berlandaskan Pancasila

 

Demikian informasi terkait nama tercantum di cekbansos.kemensos.go.id tapi belum dapat bansos, sebab dan cara penyelesaiannya. Semoga bantuan sosial ini akan membantu meringkankan serta melindungi masyarakat rentan dan miskin dari tekanan gejolak kenaikan harga global sehingga angka kemiskinan Indonesia tetap dapat di upayakan menurun. [admin-TB]

--------------

Agar anda tidak ketinggalan informasi terbaru seputar Bansos, anda bisa join di Channel WA Tenggulangbaru.id dengan KLIK DI SINI. Selain itu Anda dapat menyimak update berita lainnya di tenggulangbaru.id dengan mengakses Google News.

Komentar

Nurhayati

07 November 2023 06:49:58

Nama saya terdaftar dapat bantuan bpnt dari Januari 2023 , tapi sampai sekarng saya blum menerimA bantuan. Sya juga blum dapat kartu KKS nya . Saya mohon untuk d buat kartu KKS sama pemerinta . Saya org nggk mampu . Saya blum pernah dapat bantuan apa pun dari desa mau pun dari pemerinta .

Marni

11 Oktober 2023 02:48:52

Saya sudah cek nama di dtks termasuk penerima.dari tahun 2021 Sampai sekarang belom perna dapat bantuan apa apa . Saya juga sudah protes sama yg mengurus bantuan namon tidak di respon

Marni

11 Oktober 2023 02:44:01

Saya terdaftar di dtks dari tahun 2021 Namun saya belom perna dapat bantuan apa apa . Dan saya juga sudah protes sama orang yg mengurus bantuan namon gak perna di respon samapi sekarang belom dapat bantuan

Duny Marinti tampubolon

07 September 2023 01:59:31

Saya terdaftar di dtks, penerima bpnt dan PKH, tp saya diadukan bahwasanya saya udah mampu, dan pendamping PKH datang kermh saya dan surfei kembali, dan ternyata saya masih layak mendapat bantuan, sementara PKH dan bpnt, BPJS saya udah di non aktifka, bagaimana solusinya biar aktif kembali

Tri handayani

31 Agustus 2023 10:20:05

Ibu saya terdaftar sebagai penerima bansos pkh.di dkts tercantum.tapi sampe saat ini belum dapat kartu pkh.

Maryanah

29 Agustus 2023 06:23:10

Saya terdaftar pkh berikut priode ya mei-jun jul-septber 2023 tapi tidak dapat kartu ya,, sudah tiga tahap periode cuman dpt bulan mei itu pun pake kertas barcode d pos,

Nurhayati

28 Agustus 2023 09:56:13

Nama saya terdaftar d aplikasi bansos dapat bantuan bpnt d bulan mei _juni tapi saya ngk tau cara ngambilnya ,d karenakan saya tidak punya kartunya ?

Fitria

21 Agustus 2023 15:35:20

Saya penerima pkh blan kmaren,(udah cair), tp sy coba cek d aplikasi cek bansos nama sy tdk terdaftar sbgai penerima manfaat,pkh yg bru skrang ap a ada krtunya?

Fitria

21 Agustus 2023 15:30:05

Saya penerima pkh blan kmaren,(udah cair), tp sy coba cek d aplikasi cek bansos nama sy tdk terdaftar sbgai penerima manfaat,dan penerima pkh yg bru apa ada kartuny?

asrul jamal

28 Juni 2023 04:43:55

saya terdaftar di dtks sebagai penerima bansos BPNT, tapi dr januari 2023 saya tidak menerima bantuan tersebut. saya tidak punya kartu KKS atau ATM Bank Himbara.

Azka

20 Juni 2023 23:14:58

Saia terdftr sebagai bpnt di dtks tapi samapi saat ini blm dpt kartunya itu gimna ya pdhl yg periode juni sudah cair dan ini waktunya april-juni, dri pos jg engga ada undngan

Fernawati

03 Mei 2023 05:17:57

Di data dtks sudah ada, tapi di cek di atm uang tidak ada, bagaimna ya

Mursadi

26 April 2023 13:08:31

Saya dpt bansos bpnt terdaptar ddtks tpi ga cair karena ngga ada atm gimn caranya pa

Rudi erlanggs

14 April 2023 03:38:42

Saya punya kartu kis tapi saya blm pernah dapat pkh atau pun bpnt begitu juga anak sya punya karti KIP waktu SMA Nerima dana bansos hanya sekali sampai anak sYa mau lulus apakah ada yg salah.,?

Rasinah

07 April 2023 15:13:40

Kanapa yah mama saya di dtks padahal tercamtum sebagai anggota penerima bansos pbi jk tetapi sampai saat ini belum pernah mendapatkan nya

Rasinah

07 April 2023 15:10:43

Mamah saya terdaftar di penerima bantuan pbi jk tp sampai saat ini belum pernah mendapatkan/cair di cek di dtks juga masuk anggota penerima tetapi belum pernah menerima apapun

Maryuni siregar

10 Maret 2023 05:02:10

Kartu kks tdk bs di guna kn.pick up card

wahyu sri utami

10 Maret 2023 00:50:51

saya mengecek bansos pkh berstatus iya, tp sampai sekarang tidak cair .....mulai dari tahap 2 tahun 2022..tindakan ap yg harus saya ambil....

jemmy ponamon

09 Maret 2023 01:48:04

saya sdh cek nama di dtks termasuk penerima,tapi sampai sekarang belum dapat kartunya

Kirim Komentar

Komentar Facebook

Media Sosial

Facebook Twitter YouTube Instagram WhatsApp

Advertisement

Arsip Artikel

Advertisement

Komentar

Azriel Maulana Al-Walid
21 Mei 2024 16:43:18
Saya pingin dapat PIP tahun 2024... selengkapnya
Azriel Maulana Al-Walid
21 Mei 2024 16:40:20
Butuh ... selengkapnya
Lestari marganinhrum
26 April 2024 09:40:01
Saya terdaftar pkh baru dan blom punya kks apakah bisa... selengkapnya
Zaky
25 April 2024 00:36:07
Saya mau dapat PIP, bagaimana cara mengajukannya?... selengkapnya
Topani Sahara
02 April 2024 21:28:46
Semoga artikel ini bermanfaat, ... selengkapnya
Topani
27 Maret 2024 18:33:27
Semoga bermanfaat... selengkapnya
Naning
21 Maret 2024 02:55:45
Kenapa kok dana pip yg lain keluar ini punya anak saya... selengkapnya
Topani
08 Maret 2024 16:10:05
Makasih pak Dafris... selengkapnya
Dafris
08 Maret 2024 15:16:52
Sukses ya...... selengkapnya
Sokewih
08 Maret 2024 10:46:14
Kenapa bpnt saya tidak cair?... selengkapnya

Sinergi Program

Lapak Tenggulang Baru
OpenDesa
PCNU Musi Banyuasin
The Express
SMP Hidayatut Thullab

Statistik Pengunjung

Hari ini:4.985
Kemarin:6.543
Total Pengunjung:232.391
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:172.70.43.142
Browser:Tidak ditemukan