Artikel/Berita

HIKMAH

Dampak Negatif Video Panas Dalam Pandangan Agama, Apakah Dapat Membatalkan Puasa?

Admin TB

31 Maret 2023 03:27:08

773 Kali Dibaca

Bismillahhirrahmanirrahim,

Berpuasa merupakan salah satu ibadah wajib dalam agama Islam yang dilakukan oleh umat muslim di seluruh dunia. Namun, apakah memungkinkan untuk membatalkan puasa karena menonton video panas dan kemudian mengeluarkan sp*rm*?

Menurut sebuah kitab yang bernama "Tuhfah Al-Habib" karya Syekh Sulaiman al-Bujairimi, menjelaskan,

تحفة الحبيب على شرح الخطيب الجزء الثاني صـ ٤١٧ دار الفكر الطبعة ١٩٩٥

إِذَا نَظَرَ أَوْ تَفَكَّرَ فَأَنْزَلَ فَإِنَّهُ لَا يَبْطُلُ، قَوْلُهُ : ( فَإِنَّهُ لَا يَبْطُلُ ) مَحَلُّهُ إِنْ لَمْ تَكُنْ عَادَتُهُ الإِنْزَالُ بهِمَا كَمَا فِي الصَّوْمِ

Maksudnya: "Jika seseorang menonton atau berpikir tentang sesuatu dan kemudian dia mengeluarkan sp*rm*, itu tidak akan membatalkan puasanya. Namun, jika seseorang biasanya mengeluarkan sp*rm* saat menonton video panas, maka menonton video panas dapat membatalkan puasanya."

Baca Juga: Larangan Bersetubuh di Siang Hari saat Puasa. Dan Inilah Konsekuensinya

 

Dalam fatwa tersebut disebutkan bahwa jika seseorang tanpa sengaja mengeluarkan sp*rm* karena menonton atau memikirkan sesuatu selama berpuasa, maka puasanya tetap sah dan tidak batal. Namun, jika seseorang sengaja menonton video panas dan mengeluarkan sp*rm* karena itu, maka tindakan tersebut dapat membatalkan puasanya.

Hal ini karena menonton video panas atau melakukan tindakan yang dapat membangkitkan gairah s*k*u*l sengaja selama berpuasa dianggap sebagai pelanggaran terhadap kewajiban berpuasa. Oleh karena itu, bagi yang berpuasa sebaiknya menghindari menonton video panas atau melakukan kegiatan lain yang dapat membangkitkan nafsu birahi selama berpuasa. Kita harus memahami bahwa puasa adalah ibadah yang suci dan bermanfaat bagi jiwa dan raga kita.

Baca Juga: Bacaan Niat Sholat Tarawih dan Witir serta Doa-doanya, LENGKAP

 

Allah SWT juga telah melarang tindakan seperti ini dalam Al-Qur'an Surat Al-Isra' ayat 32, yang berbunyi:

"Dan janganlah kamu mendekati zina, karena itu adalah suatu perbuatan yang keji dan suatu jalan yang buruk."(QS: Al-Isra': 32)

Jadi, meskipun menonton video panas tidak membatalkan puasa secara teknis, hal ini tetap dianggap sebagai tindakan yang melanggar aturan Islam dan dapat membawa dampak negatif bagi kesehatan spiritual dan psikologis seseorang.

Baca Juga: Mengatasi Tekanan Sosial dan Godaan Selama Ramadhan: Tips untuk Remaja

 

DAMPAK NEGATIF NONTON VIDEO PANAS

Menonton video panas memiliki dampak negatif yang sangat besar terhadap moralitas seseorang. Moralitas adalah seperangkat nilai-nilai yang dipegang oleh individu atau masyarakat guna memandu perilaku. Dalam Islam, moralitas sangat penting karena merupakan bagian dari ibadah kepada Allah SWT dan menjadi dasar bagi kehidupan sosial dan spiritual seseorang. Berikut inilah dampak negatif yang akan dialaminya.

 

Pertama: Menurunkan Moralitas Seseorang

Video panas sering kali menampilkan tindakan s*k*u*l yang tidak etis dan tidak bermoral, seperti melakukan hubungan s*k*u*l di luar nikah atau melanggar prinsip kesetiaan dalam pernikahan. Hal ini dapat membuat orang terpengaruh dan merubah pandangan mereka tentang moralitas, membuat mereka menjadi lebih menerima tindakan yang sebelumnya dianggap tidak benar.

 

Kedua: Mengganggu Hubungan Interpersonal Seseorang.

Orang yang terlalu banyak menonton video panas cenderung kehilangan kemampuan untuk membentuk hubungan yang sehat dengan orang lain. Mereka mungkin merasa kesulitan untuk memahami bagaimana berkomunikasi dengan pasangan dan mengalami kesulitan untuk membangun hubungan yang intim dan sehat.

 

Ketiga: merusak pandangan tentang s*ks dan keintiman.

Menonton video panas dapat mempengaruhi cara seseorang memandang s*ks dan keintiman. Sebagai contoh, video panas sering kali menampilkan s*ks sebagai bentuk kesenangan semata tanpa memperhatikan kebutuhan dan kebahagiaan pasangan. Hal ini dapat membuat seseorang memiliki pandangan yang salah tentang s*ks dan membuatnya sulit untuk mencapai kebahagiaan dan keintiman yang sebenarnya.

 

Keempat: Meningkatkan Resiko Perilaku s*k*u*l yang Tidak Aman.

Orang yang terbiasa menonton video panas cenderung mengalami peningkatan hasrat s*k*u*l, yang dapat menyebabkan mereka melakukan tindakan s*k*u*l yang berisiko. Hal ini dapat meningkatkan risiko penyakit menular s*k*u*l dan kehamilan yang tidak diinginkan.

Baca Juga: Benarkah Ngupil Bisa Membatalkan Puasa? Ini Penjelasannya

 

Dalam Islam, seseorang diharapkan untuk memelihara moralitas dan menjaga dirinya dari tindakan yang merusak. Menonton video panas adalah salah satu tindakan yang merusak moralitas dan dapat membawa dampak negatif bagi kesehatan spiritual dan psikologis seseorang. Oleh karena itu, sebaiknya kita menjauhi hal-hal yang dapat merusak moralitas kita dan memperkuat ketakwaan kita kepada Allah SWT. Wallahu a'lam. [Dlom]


 

Artikel Lainnya:

--------------

Agar anda tidak ketinggalan informasi terbaru seputar HIKMAH, anda bisa join di Channel WA Tenggulangbaru.id dengan KLIK DI SINI. Selain itu Anda dapat menyimak update berita lainnya di tenggulangbaru.id dengan mengakses Google News.

Kirim Komentar

Komentar Facebook

Media Sosial

Facebook Twitter YouTube Instagram WhatsApp

Advertisement

Arsip Artikel

Advertisement

Komentar

Azriel Maulana Al-Walid
21 Mei 2024 16:43:18
Saya pingin dapat PIP tahun 2024... selengkapnya
Azriel Maulana Al-Walid
21 Mei 2024 16:40:20
Butuh ... selengkapnya
Lestari marganinhrum
26 April 2024 09:40:01
Saya terdaftar pkh baru dan blom punya kks apakah bisa... selengkapnya
Zaky
25 April 2024 00:36:07
Saya mau dapat PIP, bagaimana cara mengajukannya?... selengkapnya
Topani Sahara
02 April 2024 21:28:46
Semoga artikel ini bermanfaat, ... selengkapnya
Topani
27 Maret 2024 18:33:27
Semoga bermanfaat... selengkapnya
Naning
21 Maret 2024 02:55:45
Kenapa kok dana pip yg lain keluar ini punya anak saya... selengkapnya
Topani
08 Maret 2024 16:10:05
Makasih pak Dafris... selengkapnya
Dafris
08 Maret 2024 15:16:52
Sukses ya...... selengkapnya
Sokewih
08 Maret 2024 10:46:14
Kenapa bpnt saya tidak cair?... selengkapnya

Sinergi Program

Lapak Tenggulang Baru
OpenDesa
PCNU Musi Banyuasin
The Express
SMP Hidayatut Thullab

Statistik Pengunjung

Hari ini:235
Kemarin:7.485
Total Pengunjung:271.210
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:172.70.34.146
Browser:Tidak ditemukan