Artikel/Berita

BRI Liga 1

Laga Madura United vs PSM Makassar pada Partai Pekan 32 BRI Liga 1 2022/2023, Persiapan Kedua Tim

Admin TB

29 Maret 2023 02:47:58

2.239 Kali Dibaca

Pertandingan antara Madura United vs PSM Makassar pada Partai pekan 32 BRI Liga 1 2022/2023 akan tersaji di Stadion Ratu Pamelingan, Pamekasan, Jumat (31/3/2023), Pukul 21.30 Wita. Tim PSM Makassar besutan Bernardo Tavares berpotensi besar merayakan gelar juara BRI Liga 1 2022/2023 di markas Madura United pada pekan 32 Liga 1 2022/2023 ini.

PSM Makassar saat ini sebagai pemuncak klasemen Liga 1 hanya membutuhkan tambahan 2 poin, saat ini telah mengoleksi 69 poin dengan sisa 3 pertandingan terakhir.

Tambahan 2 poin untuk mengunci juara Liga 1 bagi PSM Makassar lantaran pesaing terdekatnya Persib Bandung baru mengoleksi 59 poin. Skuad Persib Bandung masih menyisakan 4 pertandingan sisa.

Jika dikalkulasi andai Persib Bandung meraih 4 kemenangan di sisa laga mereka maka poin akhirnya 71. Jumlah poin yang sama yang dimiliki PSM Makassar tapi Persib Bandung kalah head to head.

Sementara di posisi 3 ada Persija Jakarta dengan 54 poin dan menyisakan 5 pertandingan sisa. Poin akhir Persija jika menyapu bersih sisa laga dengan kemenangan yakni 69 poin.

Dari sini terlihat PSM Makassar membutuhkan 2 poin tambahan saja. Kemenangan atas Madura United sudah cukup bagi PSM Makassar menjadi jawara Liga 1 musim ini.

Soal peluang kemenangan di markas Madura United bagi PSM Makassar memang tidaklah mudah. Namun semuanya bisa saja terjadi, apalagi PSM Makassar mendapat 2 keuntungan, Keuntungannya adalah laga Madura United vs PSM Makassar dipastikan tanpa penonton.

Namun, mereka harus menghadapi ujian cukup sulit saat melawan Madura United, PSM Makassar dihantui rekor buruk tak pernah menang di kandang Madura United.

Melihat catatan minor tersebut, pelatih PSM, Bernardo Tavares, tertantang untuk mengubah sejarah saat bertandang ke markas Madura United.

Ambisi itu tidak akan mudah karena Madura United tengah dalam peningkatan performa yang cukup positif dalam beberapa laga terakhir.

Madura United mampu tampil spartan dengan manahan imbang tim papan atas lain, Bali United, pada laga terakhir mereka medio bulan ini.

“Betul, bahwa statistik PSM tidak pernah menang di kandang Madura. Kita juga tahu, Madura sebelumnya melawan Bali imbang dan ini akan menjadi pertandingan sulit bagi kami,” ucap pelatih asal Portugal tersebut.

“Kami tahu statistik yang tidak terlalu bagus sebelumnya. Namun, kami akan berjuang memberikan yang terbaik untuk mengubah statistik tersebut di pertandingan  nanti,” imbuhnya.

Di sisi lain, PSM diuntungkan dengan masa persiapan cukup panjang menuju laga melawan Madura United. Bernardo Tavares memberi jatah libur kepada pemainnya yang cukup lama.

Mereka mulai menjalani sesi latihan lagi mulai Senin (27/3/2023).

Dengan masa recovery cukup panjang, PSM optimistis bisa mencuri hasil positif di kandang lawan.

“Sebelumnya, kami hanya fokus untuk melakukan recovery lalu beranjak dari satu laga ke laga lain.

Kemarin kami punya waktu beberapa hari untuk menyegarkan diri dan pemain-pemain membutuhkan itu,” ujar pelatih berlisensi UEFA Pro itu.

“Kami berharap bisa memberikan energi atau usaha kami untuk mendapatkan hasil baik nanti di pertandingan melawan Madura,” pungkasnya.

Tambahan tiga poin dari Madura United dibutuhkan PSM untuk bisa segera menyegel status sebagai juara kompetisi musim ini.

Berikut prediksi susunan pemain Madura United vs PSM Makassar pada partai pekan 32 Liga 1 2022/2023.

Skuad PSM Makassar yang membutuhkan 1 kemenangan mengunci gelar juara bakal bermain dengan full tim saat bertandang ke markas Madura United.

Tentunya kabar baik untuk PSM Makassar ini menjadi sinyal bahaya bagi Persib Bandung dan Persija Jakarta.

Dilansir dari laman resmi Madura United, tim berjuluk Sape Kerab akan menjalani tiga pertandingan kandang tanpa penonton.

Pada laga terakhir itu, Madura United akan menjamu PSS Sleman, Sabtu (11/3/2023), PSM Makassar Jumat (31/3/2023), dan Arema FC, Rabu (5/4/2023).

Kepastian itu disampaikan Security Officer (SO) Panitia Pelaksana (Panpel) Sapto Wahyono.

Dia menjelaskan, banyak pertimbangan untuk memutuskan, ketiga pertandingan tersebut harus digelar tertutup. Salah satu menjelang dan pada bulan Ramadan.

“Keputusan tersebut melalui pertimbangan yang panjang. Salah satunya menjelang Ramadan dan juga ada dua pertandingan saat bulan puasa,” kata Sapto saat dihubungi Kabar Madura, Selasa (7/3/2023).

Pria yang juga Ketua Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Pamekasan ini mengatakan, telah berkoordinasi dengan Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur (Jatim).

“Sudah dikoordinasikan ke Polda Jatim,” tambahnya.

Keuntungan kedua, PSM Makassar bakal tampil full tim.

Tak ada 1 pun pemain yang kerap dimainkan PSM Makassar sebagai starter ataupun cadangan bakal absen.

Yuran Fernandes yang pada pekan sebelumnya absen akibat kartu merah dipastikan kembali bisa membela PSM Makassar lawan Madura United.

Berdasarkan rapat Komdis PSSI, tak ada sanksi tambahan absen bertanding bagi Yuran Fernandes.

Bek andalan PSM Makassar ini hanya mendapat denda Rp15 juta atas kartu merah yang didapat pada pekan 30 kontra Persita Tangerang.

Sementara itu punggawa PSM Makassar yang saat ini bergabung dengan Timnas Indonesia dipastikan siap bermain melawan Madura United.

Tiga pemain PSM Makassar yang gabung Timnas Indonesia senior, Yakob Sayuri, Yance Sayuri dan Ramadhan Sananta bakal bergabung setelah menjalani laga kedua Timnas Indonesia vs Burundi yang berlangsung, Selasa (28/3/2023).

Ini artinya, ketiga pemain tersebut memiliki waktu 2 hari untuk gabung masa persiapan bersama PSM Makassar.

Lalu dua dari tiga pemain Timnas U-20 dari PSM Makassar, Dzaky Asraf dan Victor Dethan juga dipastikan bakal bermain di laga Madura United vs PSM Makassar.

Dzaky Asraf, Victor Dethan bersama Sulthan Zaky sebelumnya dipanggil ke pemusatan latihan Timnas Indonesia U-20 untuk persiapan Piala Dunia U-20.

Manajemen PSM Makassar meminta kebijaksanaan untuk menggunakan tenaga dua dari tiga pemainnya tersebut. 

Mereka melayangkan surat ke PSSI.

Hal ini disampaikan langsung oleh Manager PSM Makassar, Muh Nur Fajrin kepada tribun-timur.com Selasa (28/3/2023).

"Kita sudah bersurat ke PSSI agar diberi kebijaksanaan Dzaky Asraf dan Victor Dethan bisa gabung di game lawan Madura United," katanya.

Fajrin menuturkan, Victor Dethan pun sudah kembali ke PSM Makassar.

Pemain keturunan Kanada-Indonesia sudah gabung latihan dengan tim.

Sedangkan Dzaky Asraf bakal bergabung bersama tiga penggawa PSM Makassar lainnya usai FIFA Matchday.


Timnas Indonesia bertemu Timnas Burundi di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Selasa (28/3/2023) malam.

"Hari ini Victor sudah pulang dan gabung latihan. Untuk Dzaky menunggu FIFA Matchday selesai di Timnas senior," ucap alumni Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin ini.

Kehadiran Dzaky Asraf dan Victor Dethan lawan Madura United membuat Tavares punya banyak opsi di lini serang.

 

Prediksi Susunan Pemain Madura United vs PSM Makassar

Madura United (4-3-3)

  • Rendy Oscario; Dodi Alexvan Djin, Hasyim Kipuw, Cleberson, Reva Adi Utama; Lee Yoo-joon, Zulfiandi, Jaja; Malik Risaldi, Beto Goncalves, Lulinha.
  • Pelatih: Rakhmad Basuki.

PSM Makassar (3-5-2)

  • Reza Arya, Yuran Fernandes, Erwin Gutawa, Yance Sayuri, Akbar Tanjung, M Arfan, Ananda Raehan, Kenzo Nambu, Yakob Sayuri, Wiljan Pluim, Everton Nascimento.
  • Pelatih: Bernardo Tavares.

 

Putus Rekor Buruk di Markas Madura United

Sejak Liga 1 musim 2017 hingga 2019, PSM Makassar tidak pernah meraih poin di markas Laskar Sape Kerrab.

Di musim 2017, ketika Madura United  masih berkandang di Stadion Bangkalan, PSM Makassar ditaklukkan dengan skor 1-0.

Kemudian PSM Makassar kalah tiga gol tanpa balas di stadion yang sama di musim 2018.

Di musim 2019, Laskar Pinisi belum mampu menang di kandang Madura United.

Di musim tersebut, PSM Makassar kalah 2-0 di Stadion Gelora Ratu Pamelingan.

Pelatih PSM Makassar Bernardo Tavares menyebut statistik tersebut tidak terlalu bagus untuk tim besutannya.

Makanya, ia meminta seluruh pemain berjuang sekuat tenaga untuk mengubah statistik tersebut.

"Kita tahu statistik tidak terlalu bagus. Pertandingan lawan Madura United nanti kita akan berjuang memberikan yang terbaik untuk mengubah statistik tersebut," tegasnya saat ditemui sebelum latihan di Stadion Kalegowa, Kabupaten Gowa, Senin (27/3/2023).

Tak hanya hentikan tren tidak pernah menang di kandang Madura United, laga ini sangat krusial bagi PSM Makassar.

Sebab mereka bisa mengunci gelar juara jika menang atas klub kebanggaan masyarakat Madura United tersebut.

Syaratnya, Willem Jan Pluim dan kawan-kawan wajib menang. Mereka kini pimpin klasemen dengan 69 poin.

Dengan tambahan tiga poin akan buat mereka mengoleksi 72 poin. 

Jumlah poin tersebut tidak bisa dilewati lagi oleh Persib Bandung yang mengoleksi 59 poin dan menyisakan empat laga.

Serta Persija Jakarta di urutan tiga dengan 54 poin dengan lima laga sisa.

Olehnya itu, juru taktik 42 tahun ini bakal menyiapkan tim sebaik mungkin. Manfaatkan baik sisa waktu menuju pertandingan.

"Kita punya waktu beberapa hari untuk menyegarkan diri, refresh dan pemain butuhkan itu," sebutnya.

Tavares berharap hasil terbaik bisa diperoleh lawan Madura United.

Meski diakuinya hal tersebut sulit karena Madura United lawan yang tangguh. 

Hugo Gomes cs mampu menahan imbang juara bertahan Bali United dengan skor 1-1 di laga terakhir.

"Ini menjadi pertandingan sulit bagi kita. Tapi kita berharap, bisa memberikan usaha terbaik kita untuk dapat hasil terbaik di laga tersebut," harap eks pelatih Helsinki IFK ini.*****

 

--------------

Agar anda tidak ketinggalan informasi terbaru seputar BRI Liga 1, anda bisa join di Channel WA Tenggulangbaru.id dengan KLIK DI SINI. Selain itu Anda dapat menyimak update berita lainnya di tenggulangbaru.id dengan mengakses Google News.

Kirim Komentar

Komentar Facebook

Media Sosial

Facebook Twitter YouTube Instagram WhatsApp

Advertisement

Advertisement

Komentar

Azriel Maulana Al-Walid
21 Mei 2024 16:43:18
Saya pingin dapat PIP tahun 2024... selengkapnya
Azriel Maulana Al-Walid
21 Mei 2024 16:40:20
Butuh ... selengkapnya
Lestari marganinhrum
26 April 2024 09:40:01
Saya terdaftar pkh baru dan blom punya kks apakah bisa... selengkapnya
Zaky
25 April 2024 00:36:07
Saya mau dapat PIP, bagaimana cara mengajukannya?... selengkapnya
Topani Sahara
02 April 2024 21:28:46
Semoga artikel ini bermanfaat, ... selengkapnya
Topani
27 Maret 2024 18:33:27
Semoga bermanfaat... selengkapnya
Naning
21 Maret 2024 02:55:45
Kenapa kok dana pip yg lain keluar ini punya anak saya... selengkapnya
Topani
08 Maret 2024 16:10:05
Makasih pak Dafris... selengkapnya
Dafris
08 Maret 2024 15:16:52
Sukses ya...... selengkapnya
Sokewih
08 Maret 2024 10:46:14
Kenapa bpnt saya tidak cair?... selengkapnya

Sinergi Program

Lapak Tenggulang Baru
OpenDesa
PCNU Musi Banyuasin
The Express
SMP Hidayatut Thullab

Statistik Pengunjung

Hari ini:992
Kemarin:8.438
Total Pengunjung:264.482
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:172.70.43.160
Browser:Tidak ditemukan