Artikel/Berita

HIKMAH

Benarkah Ngupil Bisa Membatalkan Puasa? Ini Penjelasannya

Admin TB

28 Maret 2023 08:34:53

6.859 Kali Dibaca

Pertanyaan mengenai apakah ngupil bisa membatalkan puasa pada bulan Ramadhan memang sering sekali muncul di kalangan umat Muslim. Menjawab pertanyaan ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait dengan batasan-batasan yang ada dalam Islam dalam hal membatalkan puasa.

Pertama, kita harus memahami bahwa puasa di bulan Ramadhan adalah salah satu ibadah yang wajib dilakukan oleh umat Muslim. Puasa adalah menahan diri dari makan, minum, dan hubungan suami istri dari terbit fajar hingga terbenam matahari. Namun, ada beberapa hal yang dapat membatalkan puasa, seperti makan dan minum dengan sengaja, melakukan hubungan badan saat siang hari, keluar mani dengan sengaja, dan lain sebagainya. Insyaallah penjelasannya akan disebutkan di belakang

Sedangkan untuk pertanyaan mengenai ngupil, apakah bisa membatalkan puasa atau tidak, jawabannya adalah tergantung pada seberapa dalam ngupil tersebut dilakukan. Dalam kitab "I’anah al-Thalibin" karya Imam Abu Bakar bin Sayyid Muhammad Syata al-Dimyati, disebutkan:

إعانة الطالبين - البكري الدمياطي - ج ٢ - الصفحة ٢٦١

( قوله ولا يفطر بوصول شيء إلى باطن قصبة أنف) أي لأنها من الظاهر، وذلك لأن القصبة من الـخيشوم، والـخيشوم جميعه من الظاهر. (قوله: حتى يجاوز منتهى الخيشوم ) أي فإن جاوزه أفطر ومتى لم يجاوز لا يفطر .

Artinya: "Dan tidak membatalkan puasa dengan sebab sampainya sesuatu ke tulang hidung, karena tulang hidung termasuk bagian luar. Tulang hidung pun termasuk bagian dari khaisyum (insang), dan khaisyum seluruhnya termasuk tubuh bagian luar. Kecuali benda tersebut sampai melewati pangkal khaisyum, artinya jika sampai melewati pangkal khaisyum, maka puasa batal. Jika tidak sampai melewati, maka puasa tidak batal."

 

Dalam kutipan tersebut dijelaskan bahwa ngupil atau mengorek hidung tidak akan membatalkan puasa jika hanya dilakukan pada bagian luar hidung atau permukaan hidung. Hal ini disebabkan karena bagian luar hidung termasuk bagian dari tubuh bagian luar dan bukan bagian dari khaisyum atau insang yang dianggap bagian dalam tubuh.

Namun, jika kegiatan mengorek hidung tersebut sampai melebihi batas rongga hidung dan masuk terlalu dalam hingga mencapai pangkal khaisyum, maka puasa dianggap batal. Hal ini karena pangkal khaisyum termasuk bagian dalam tubuh yang jika terkena benda asing dapat membatalkan puasa.

Membatalkan puasa pada bulan Ramadhan dengan sengaja sangat dilarang dan dianggap sebagai pelanggaran serius terhadap agama. Oleh karena itu, umat Islam diharapkan untuk selalu berhati-hati dan memperhatikan setiap tindakan yang dapat membatalkan puasa selama menjalankan ibadah puasa pada bulan Ramadhan.

 

10 Perkara yang Bisa Membatalkan Puasa

Terdapat beberapa hal yang dapat membatalkan puasa dan menyebabkan seseorang harus mengulanginya di hari-hari berikutnya. Dalam kitab Ghoyatu Wat-Taqrib, terdapat 10 hal yang dapat membatalkan puasa.

وَالَّذِي يَفْطُرُ بِهِ الصَّائِمَ عَشَرَةُ أَشْيَاءَ، مَا وَصَلَ عَهْدًا إلى الْجَوْفِ أَوْ الْرَأْسِ، و الْحُقْنَةُ فِي أَحَدِالسَّبِيلَيْنِ، وَ الْقَيْء عَمْدًا، وَالْوَطْءُ عَمْدًا فِي الْفَرْجِ، وَ الْإِنْزَالُ عَنْ مُبَاشَرَةٍ، وَالْحَيْضُ، وَالنِّفَاسُ، وَالْجُنُونُ، وَالرِّدَّةُ.

Artinya: "Perkara yang membatalkan oleh perkara tersebut terhadap puasa itu ada 10 perkara: 1. perkara yang sampai secara disengaja terhadap jauf. 2. Memasukan sesuatu pada rongga terbuka atau kepala. 3.  memasukan obat pada salah satu lubang. 4. muntah halnya disengaja. 5. wathi (bersetubuh) halnya disengaja pada farji. 6. keluar air mani karena bersentuhan kulit. 7. haidh, 8. nifas, 9. gila, dan 10. murtad."

 

Pertama, hal yang dapat membatalkan puasa adalah perkara yang sampai secara disengaja terhadap jauf atau perut bagian dalam. Hal ini dapat terjadi jika seseorang memasukkan makanan atau minuman secara sengaja ke dalam perutnya.

Kedua, memasukkan sesuatu pada rongga terbuka atau kepala juga dapat membatalkan puasa. Contohnya, jika seseorang memasukkan makanan atau minuman melalui hidung atau telinga.

Ketiga, memasukkan obat pada salah satu 2 lubang (Qubul Dubur) juga dapat membatalkan puasa. Dan hal ini juga terlalu jika seseorang memasukkan obat melalui lubang hidung atau telinga.

Keempat, muntah halnya disengaja juga dapat membatalkan puasa. Muntah yang tidak disengaja tidak membatalkan puasa.

Kelima, wathi atau bersetubuh halnya disengaja pada farji juga membatalkan puasa. Hal ini terjadi jika seseorang melakukan hubungan intim dengan pasangannya secara sengaja.

Keenam, keluar air mani karena bersentuhan kulit juga dapat membatalkan puasa. Hal ini terjadi jika seseorang mengalami ejakulasi karena bersentuhan kulit dengan pasangannya.

Ketujuh, haidh atau menstruasi membatalkan puasa. Hal ini terjadi jika seseorang sedang mengalami haidh.

Kedelapan, nifas atau masa nifas juga membatalkan puasa. Ini terjadi jika seseorang sedang dalam masa nifas setelah melahirkan.

Kesembilan, gila masuk juga membatalkan puasa. Hal ini terjadi jika seseorang mengalami gangguan jiwa yang parah.

Kesepuluh, murtad atau keluar dari agama Islam juga membatalkan puasa. Hal ini terjadi jika seseorang keluar dari agama Islam.

 

Dalam ajaran Islam, puasa merupakan ibadah yang sangat penting dan harus dijalankan dengan benar. Oleh karena itu, penting bagi umat Muslim untuk memahami hal-hal yang dapat membatalkan puasa agar dapat menjalankannya dengan baik dan benar. Semoga ini bermanfaat bagi kita semua. Aamiin...

[dlom]

--------------

Agar anda tidak ketinggalan informasi terbaru seputar HIKMAH, anda bisa join di Channel WA Tenggulangbaru.id dengan KLIK DI SINI. Selain itu Anda dapat menyimak update berita lainnya di tenggulangbaru.id dengan mengakses Google News.

Kirim Komentar

Komentar Facebook

Media Sosial

Facebook Twitter YouTube Instagram WhatsApp

Advertisement

Advertisement

Komentar

Azriel Maulana Al-Walid
21 Mei 2024 16:43:18
Saya pingin dapat PIP tahun 2024... selengkapnya
Azriel Maulana Al-Walid
21 Mei 2024 16:40:20
Butuh ... selengkapnya
Lestari marganinhrum
26 April 2024 09:40:01
Saya terdaftar pkh baru dan blom punya kks apakah bisa... selengkapnya
Zaky
25 April 2024 00:36:07
Saya mau dapat PIP, bagaimana cara mengajukannya?... selengkapnya
Topani Sahara
02 April 2024 21:28:46
Semoga artikel ini bermanfaat, ... selengkapnya
Topani
27 Maret 2024 18:33:27
Semoga bermanfaat... selengkapnya
Naning
21 Maret 2024 02:55:45
Kenapa kok dana pip yg lain keluar ini punya anak saya... selengkapnya
Topani
08 Maret 2024 16:10:05
Makasih pak Dafris... selengkapnya
Dafris
08 Maret 2024 15:16:52
Sukses ya...... selengkapnya
Sokewih
08 Maret 2024 10:46:14
Kenapa bpnt saya tidak cair?... selengkapnya

Sinergi Program

Lapak Tenggulang Baru
OpenDesa
PCNU Musi Banyuasin
The Express
SMP Hidayatut Thullab

Statistik Pengunjung

Hari ini:224
Kemarin:7.485
Total Pengunjung:271.199
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:172.70.34.146
Browser:Tidak ditemukan