Berolahraga dengan benar mengoptimalkan kesehatan fisik dan menguatkan mental. Baca selengkapnya Selain menyegarkan tubuh, olahraga dapat menyegarkan pikiran. Baca selengkapnya Membaca, bagi pikiran, seperti olahraga bagi tubuh. Baca selengkapnya Tertawa itu seperti olahraga untuk jiwa. Baca selengkapnya

  Artikel/Berita

HIKMAH

Bacaan Niat Sholat Tarawih dan Witir serta Doa-doanya, LENGKAP

Admin TB

28 Maret 2023 21:29:40

19.260 Kali Dibaca

Sholat tarawih dan witir adalah amalan yang dilakukan umat muslim di bulan Ramadhan. Sholat tarawih dilakukan setelah sholat Isya' dan sebelum sholat witir. Sedangkan sholat witir dilakukan setelah sholat tarawih atau setelah sholat Isya' bagi yang tidak melaksanakan sholat tarawih.

Dalam melaksanakan sholat tarawih atau witir, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, salah satunya adalah bacaan niat sholat. Niat sholat tarawih berbeda-beda tergantung pada apakah seseorang melaksanakan sholat tarawih sendiri, berjamaah sebagai makmum, atau sebagai imam.

 

BACAAN SHOLAT TARAWIH

Berikut ini adalah bacaan niat sholat tarawih dalam tiga situasi yang berbeda:

 

  • Niat Sholat Tarawih Sendiri:

اُصَلِّى سُنَّةَ التَّرَاوِيْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ لِلهِ تَعَالَى

Artinya: "Aku niat sholat sunnah tarawih dua rakaat karena Allah Ta'ala"

 

  • Niat Sholat Tarawih Berjamaah sebagai Makmum

اُصَلِّى سُنَّةَ التَّرَاوِيْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً مَأْمُوْمًا لِلهِ تَعَالَى

Artinya: "Aku niat sholat sunnah tarawih dua rakaat sebagai makmum karena Allah Ta'ala"

 

  • Niat Sholat Tarawih Berjamaah sebagai Imam

اُصَلِّى سُنَّةَ التَّرَاوِيْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً إِمَامًا ِللهِ تَعَالَى

Artinya: "Aku niat sholat sunnah tarawih dua rakaat sebagai imam karena Allah Ta'ala"

 

DOA SHOLAT TARAWIH

Setelah menyelesaikan sholat tarawih, biasanya dilanjutkan dengan berdoa. Doa yang biasa dibaca setelah sholat tarawih disebut doa kamilin.

اَللهُمَّ اجْعَلْنَا بِالْإِيْمَانِ كَامِلِيْنَ. وَلِلْفَرَائِضِ مُؤَدِّيْنَ. وَلِلصَّلاَةِ حَافِظِيْنَ. وَلِلزَّكَاةِ فَاعِلِيْنَ. وَلِمَا عِنْدَكَ طَالِبِيْنَ. وَلِعَفْوِكَ رَاجِيْنَ. وَبِالْهُدَى مُتَمَسِّكِيْنَ. وَعَنِ الَّلغْوِ مُعْرِضِيْنَ. وَفِى الدُّنْيَا زَاهِدِيْنَ. وَفِى اْلآخِرَةِ رَاغِبِيْنَ. وَبَالْقَضَاءِ رَاضِيْنَ. وَلِلنَّعْمَاءِ شَاكِرِيْنَ. وَعَلَى الْبَلاَءِ صَابِرِيْنَ. وَتَحْتَ لِوَاءِ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ سَائِرِيْنَ وَعَلَى الْحَوْضِ وَارِدِيْنَ. وَإِلَى الْجَنَّةِ دَاخِلِيْنَ. وَمِنَ النَّارِ نَاجِيْنَ. وَعَلى سَرِيْرِالْكَرَامَةِ قَاعِدِيْنَ. وَبِحُوْرٍعِيْنٍ مُتَزَوِّجِيْنَ. وَمِنْ سُنْدُسٍ وَاِسْتَبْرَقٍ وَدِيْبَاجٍ مُتَلَبِّسِيْنَ. وَمِنْ طَعَامِ الْجَنَّةِ آكِلِيْنَ. وَمِنْ لَبَنٍ وَعَسَلٍ مُصَفًّى شَارِبِيْنَ. بِأَكْوَابٍ وَّأَبَارِيْقَ وَكَأْسٍ مِّنْ مَعِيْن. مَعَ الَّذِيْنَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ مِنَ النَّبِيِّيْنَ وَالصِّدِّيْقِيْنَ وَالشُّهَدَآءِ وَالصَّالِحِيْنَ وَحَسُنَ أُولئِكَ رَفِيْقًا. ذلِكَ الْفَضْلُ مِنَ اللهِ وَكَفَى بِاللهِ عَلِيْمًا. اَللهُمَّ اجْعَلْنَا فِى هذِهِ اللَّيْلَةِ الشَّهْرِالشَّرِيْفَةِ الْمُبَارَكَةِ مِنَ السُّعَدَاءِ الْمَقْبُوْلِيْنَ. وَلاَتَجْعَلْنَا مِنَ اْلأَشْقِيَاءِ الْمَرْدُوْدِيْنَ. وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَآلِه وَصَحْبِه أَجْمَعِيْنَ. بِرَحْمَتِكَ يَاأَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ وَالْحَمْدُ لِلّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Artinya: "Ya Allah, jadikanlah kami orang-orang yang sempurna imannya, yang menunaikan kewajiban, yang melaksanakan shalat, yang mengeluarkan zakat, yang mencari keridhaan-Mu, yang mengharapkan pengampunan-Mu, yang mengikuti petunjuk, yang menjauhi kebohongan, yang tidak terikat oleh dunia, yang mencintai kehidupan setelah kematian, yang merasa puas dengan takdir-Mu, yang bersyukur atas karunia-Mu, yang sabar dalam menghadapi segala kesulitan, yang berada di bawah panji Nabi Muhammad pada hari kiamat, yang minum dari telaga beliau, yang masuk surga, yang terhindar dari api neraka, yang duduk di tempat yang mulia, yang menikah dengan bidadari, yang memakai pakaian indah, yang makan makanan surga, yang minum susu dan madu murni dalam gelas, cangkir, dan mangkuk bersama para nabi, orang-orang jujur, para martir, dan orang-orang saleh. Mereka adalah sahabat terbaik. Itu adalah pemberian dari Allah, dan cukuplah Allah sebagai Pengetahuan Yang Mahasempurna. Ya Allah, pada malam yang penuh berkah ini, jadikanlah kami termasuk orang-orang yang bahagia dan diterima amalnya, dan janganlah Engkau jadikan kami termasuk golongan yang celaka dan tidak diterima amalnya. Semoga Allah melimpahkan rahmat-Nya kepada Nabi Muhammad, keluarga, dan sahabat beliau. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam."

 

SHOLAT WITIR

Setelah selesai melakukan sholat tarawih, kemudian dilanjutkan dengan sholat witir. Sholat witir terdiri dari satu atau tiga rakaat, yang dilakukan setelah sholat tarawih. Sholat witir juga merupakan ibadah sunnah yang sangat dianjurkan dilaksanakan pada bulan Ramadan.

Berikut ini adalah bacaan sholat witir:

  • Niat Sholat Witir 2 Rakaat

اُصَلِّى سُنَّةَ الْوِتْرِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً مَأْمْوْمًا/ إِمَامًالِلَّهِ تَعاَلىَ

Artinya: "Aku niat mengerjakan sholat sunnah witir dua rakaat karena Allah Yang Maha Tinggi."

 

  • Niat Sholat Witir 1 Rakaat

اُصَلِّى سُنَّةَ الوِتْرِ رَكْعَةً مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً مَأْمْوْمًا/ إِمَامًا لِلهِ تَعَالَى

Artinya: "Aku niat mengerjakan sholat sunnah witir satu rakaat karena Allah Yang Maha Tinggi."

 

DOA SHOLAT WITIR

Setelah menyelesaikan sholat witir, dilanjutkan dengan berdoa. Adapun doanya sebagaimana berikut:

أَللَّهُمَّ إِنَّا نَسْاَلُكَ إِيْمَانًا دَاِئمًا وَنَسْأَلُكَ قَلْبًا خَاشِعًا وَنَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَنَسْأَلُكَ يَقِيْنًا صَادِقًا وَنَسْأَلُكَ عَمَلًا صَالِحًا وَنَسْأَلُكَ دِيْنًا قَيِّمًا وَنَسْأَلُكَ خَيْرًا كَثِيْرًا وَنَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ وَنَسْأَلُكَ تَمَامَ الْعَافِيَةِ وَنَسْأَلُكَ الشُّكْرَ عَلَى الْعَافِيَةِ وَنَسْأَلُكَ الْغِنَى عَنِ النَّاسِ أَللَّهُمَّ رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا صَلَاتَنَا وَصِيَامَنَا وَقِيَامَنَا وَتَخَشُعَنَا وَتَضَرُّعَنَا وَتَعَبُّدَنَا وَتَمِّمْ تَقْصِيْرَنَا يَا أَللهُ يَاأَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ وَصَلَّى اللهُ عَلَى خَيْرِ خَلْقِهِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ أَجْمَعِيْنَ وَالْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Artinya, "Ya Allah, kami mohon pada-Mu, iman yang langgeng, hati yang khusyu, ilmu yang bermanfaat, keyakinan yang benar,amal yang saleh, agama yang lurus, kebaikan yang banyak.kami mohon kepada-Mu ampunan dan kesehatan, kesehatan yang sempurna, kami mohon kepada-Mu bersyukur atas karunia kesehatan, kami mohon kepada-Mu kecukupan terhadap sesama manusia. Ya Allah, tuhan kami terimalah dari kami: shalat, puasa, ibadah, kekhusyu'an, rendah diri dan ibadah kami, dan sempurnakanlah segala kekurangan kami. Ya allah, Tuhan yang Maha Pengasih dari segala yang pengasih. Dan semoga kesejahteraan dilimpahkan kepada makhluk-Nya yang terbaik, Nabi Muhammad SAW, demikian pula keluarga dan para sahabatnya secara keseluruhan. Serta segala puji milik Allah Tuhan semestra alam.”

Semoga ini memberikan informasi yang sangat berguna bagi umat muslim yang ingin memperdalam pemahaman mengenai sholat tarawih dan witir serta bacaan doa yang seharusnya dibaca. Dalam bulan Ramadhan, kita dianjurkan untuk memperbanyak ibadah sebagai bentuk pengabdian kita kepada Allah SWT.

Melalui sholat tarawih dan witir serta membaca doa yang seharusnya dibaca, kita dapat menambah kekhusyukan dan mendapatkan pahala yang besar di bulan yang penuh berkah ini. Semoga informasi yang diberikan dapat membantu kita untuk meningkatkan ibadah dan keimanan kita di bulan Ramadhan ini, serta mendekatkan diri kita kepada Allah SWT. Amin

--------------

Agar anda tidak ketinggalan informasi terbaru seputar HIKMAH, anda bisa join di Channel WA Tenggulangbaru.id dengan KLIK DI SINI. Selain itu Anda dapat menyimak update berita lainnya di tenggulangbaru.id dengan mengakses Google News.

Kirim Komentar

Komentar Facebook

Media Sosial

Facebook Twitter YouTube Instagram WhatsApp

Advertisement

Advertisement

Komentar

Azriel Maulana Al-Walid
21 Mei 2024 16:43:18
Saya pingin dapat PIP tahun 2024... selengkapnya
Azriel Maulana Al-Walid
21 Mei 2024 16:40:20
Butuh ... selengkapnya
Lestari marganinhrum
26 April 2024 09:40:01
Saya terdaftar pkh baru dan blom punya kks apakah bisa... selengkapnya
Zaky
25 April 2024 00:36:07
Saya mau dapat PIP, bagaimana cara mengajukannya?... selengkapnya
Topani Sahara
02 April 2024 21:28:46
Semoga artikel ini bermanfaat, ... selengkapnya
Topani
27 Maret 2024 18:33:27
Semoga bermanfaat... selengkapnya
Naning
21 Maret 2024 02:55:45
Kenapa kok dana pip yg lain keluar ini punya anak saya... selengkapnya
Topani
08 Maret 2024 16:10:05
Makasih pak Dafris... selengkapnya
Dafris
08 Maret 2024 15:16:52
Sukses ya...... selengkapnya
Sokewih
08 Maret 2024 10:46:14
Kenapa bpnt saya tidak cair?... selengkapnya

Sinergi Program

Lapak Tenggulang Baru
OpenDesa
PCNU Musi Banyuasin
The Express
SMP Hidayatut Thullab

Statistik Pengunjung

Hari ini:5.018
Kemarin:5.169
Total Pengunjung:220.223
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:172.70.42.77
Browser:Tidak ditemukan