Berolahraga dengan benar mengoptimalkan kesehatan fisik dan menguatkan mental. Baca selengkapnya Selain menyegarkan tubuh, olahraga dapat menyegarkan pikiran. Baca selengkapnya Membaca, bagi pikiran, seperti olahraga bagi tubuh. Baca selengkapnya Tertawa itu seperti olahraga untuk jiwa. Baca selengkapnya

  Artikel/Berita

HIKMAH

Mengapa Memberikan Makanan kepada Orang yang Berpuasa Penting dalam Islam?

Admin TB

26 Maret 2023 08:50:40

552 Kali Dibaca

Menjaga dan membantu sesama manusia merupakan nilai yang tinggi dalam agama Islam. Salah satu bentuk bantuan yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan makan atau buka puasa kepada orang yang sedang berpuasa. Tindakan ini bukan hanya akan membantu mereka yang berpuasa dalam menghilangkan rasa lapar dan dahaga, tetapi juga akan memberikan pahala bagi orang yang memberikan makanan. Dalam Al-Qur'an, Allah SWT berfirman,

وَيُطْعِمُونَ ٱلطَّعَامَ عَلَىٰ حُبِّهِۦ مِسْكِينًا وَيَتِيمًا وَأَسِيرًا . إِنَّمَا نُطْعِمُكُمْ لِوَجْهِ ٱللَّهِ لَا نُرِيدُ مِنكُمْ جَزَآءً وَلَا شُكُورًا (الإنسان: ٨-٩)

Artinya: "Dan mereka memberikan makanan yang disukainya kepada orang miskin, anak yatim dan orang yang ditawan. Sesungguhnya kami memberi makanan kepadamu hanyalah untuk mengharapkan keridhaan Allah, kami tidak menghendaki balasan dari kamu dan tidak pula (ucapan) terima kasih." (Al Insan : 8-9)

Ayat ini menjelaskan bahwa memberikan makanan kepada orang yang membutuhkan tidak hanya untuk membantu mereka, tetapi juga untuk mencari keridhaan Allah SWT.

Selain itu, hadist yang diriwayatkan oleh Imam At-Tirmidzi dan yang lain menyebutkan:

مَنْ فَطَّرَ صَائِمًا كَانَ لَهُ مِثْلُ أَجْرِهِ غَيْرَ أَنَّهُ لاَ يَنْقُصُ مِنْ أَجْرِ الصَّائِمِ شَيْئًا(وراه الترمذي وابن ماجه وأحمد)

Artinya: "Barangsiapa memberi makan kepada orang yang berpuasa, maka dia akan mendapatkan pahala seperti orang yang berpuasa, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikitpun." (HR. Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Ahmad)

Dalam hadist ini, Rasulullah SAW menegaskan bahwa siapa saja yang memberi makanan kepada orang yang sedang berpuasa, maka dia akan mendapatkan pahala yang sama dengan orang yang berpuasa, tanpa mengurangi pahala sedikitpun kepada orang yang berpuasa tersebut. Hadist ini menunjukkan bahwa memberikan makanan kepada orang yang berpuasa memiliki nilai yang sangat tinggi dalam agama Islam.

Mengapa Memberikan Makanan kepada Orang yang Berpuasa Penting dalam Islam-2

Mengapa memberikan makanan kepada orang yang berpuasa sangat penting dalam Islam? Selain karena mencari keridhaan Allah SWT, tindakan ini juga dapat meningkatkan rasa solidaritas dan empati antara sesama muslim. Memberikan makanan atau buka puasa kepada orang yang berpuasa akan membantu mereka yang membutuhkan dan menciptakan rasa persaudaraan dan kasih sayang yang mendalam kepada masyarakat.

Dalam konteks masyarakat Indonesia, memberikan makanan atau buka puasa kepada orang yang berpuasa juga merupakan tradisi yang sangat dihormati. Berbagai bentuk makanan seperti kolak, bubur, ketupat, dan lain-lain, disediakan oleh masyarakat setempat dan dibagikan secara gratis kepada orang yang berpuasa di masjid atau tempat-tempat umum lainnya. Hal ini mencerminkan semangat gotong royong dan persatuan dalam masyarakat Indonesia.

Memberikan makanan atau buka puasa kepada orang yang berpuasa bukan hanya membantu mereka yang membutuhkan, tetapi juga memiliki nilai spiritual yang tinggi dalam agama Islam. Hal ini mencerminkan semangat solidaritas dan persaudaraan antara sesama manusia. Kita semua dapat melakukan tindakan ini dengan berbagai cara, seperti menyediakan makanan di masjid atau memberikan makanan kepada tetangga atau teman yang sedang berpuasa. Semoga tindakan kecil ini dapat membawa manfaat dan pahala bagi kita semua. Aamiin.

Oleh: Dlom

--------------

Agar anda tidak ketinggalan informasi terbaru seputar HIKMAH, anda bisa join di Channel WA Tenggulangbaru.id dengan KLIK DI SINI. Selain itu Anda dapat menyimak update berita lainnya di tenggulangbaru.id dengan mengakses Google News.

Kirim Komentar

Komentar Facebook

Media Sosial

Facebook Twitter YouTube Instagram WhatsApp

Advertisement

Advertisement

Komentar

Azriel Maulana Al-Walid
21 Mei 2024 16:43:18
Saya pingin dapat PIP tahun 2024... selengkapnya
Azriel Maulana Al-Walid
21 Mei 2024 16:40:20
Butuh ... selengkapnya
Lestari marganinhrum
26 April 2024 09:40:01
Saya terdaftar pkh baru dan blom punya kks apakah bisa... selengkapnya
Zaky
25 April 2024 00:36:07
Saya mau dapat PIP, bagaimana cara mengajukannya?... selengkapnya
Topani Sahara
02 April 2024 21:28:46
Semoga artikel ini bermanfaat, ... selengkapnya
Topani
27 Maret 2024 18:33:27
Semoga bermanfaat... selengkapnya
Naning
21 Maret 2024 02:55:45
Kenapa kok dana pip yg lain keluar ini punya anak saya... selengkapnya
Topani
08 Maret 2024 16:10:05
Makasih pak Dafris... selengkapnya
Dafris
08 Maret 2024 15:16:52
Sukses ya...... selengkapnya
Sokewih
08 Maret 2024 10:46:14
Kenapa bpnt saya tidak cair?... selengkapnya

Sinergi Program

Lapak Tenggulang Baru
OpenDesa
PCNU Musi Banyuasin
The Express
SMP Hidayatut Thullab

Statistik Pengunjung

Hari ini:5.399
Kemarin:5.169
Total Pengunjung:220.604
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:172.70.42.76
Browser:Tidak ditemukan