Artikel/Berita

HIKMAH

Manfaat Sahur dalam Menjaga Kesehatan Tubuh dan Meningkatkan Spiritualitas di Bulan Ramadhan

Admin TB

26 Maret 2023 13:39:18

823 Kali Dibaca

Sahur adalah makanan atau minuman yang dikonsumsi sebelum terbit fajar saat bulan Ramadhan. Sahur dianggap sebagai waktu yang penting bagi umat Muslim, karena sahur membantu menjaga kesehatan, meningkatkan iman, dan mendapatkan pahala. Sahur juga merupakan salah satu sunah Nabi Muhammad SAW yang dianjurkan untuk diikuti oleh seluruh umat Muslim.

Kenapa sahur sangat dipentingkan? Karena sahur memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh selama bulan Ramadhan. Dengan makan saat waktu sahur, tubuh akan memiliki energi dan nutrisi yang cukup untuk menahan lapar dan dahaga selama berpuasa. Selain itu, sahur juga membantu menjaga kadar gula darah dan metabolisme tubuh, sehingga mencegah terjadinya hipoglikemia (penurunan kadar gula darah) dan dehidrasi selama puasa.

Menurut penelitian, makan sahur dapat membantu menurunkan risiko obesitas dan penyakit jantung, karena dengan makan sahur, seseorang akan lebih mudah mengontrol nafsu makan dan tidak merasa lapar seharian penuh. Oleh karena itu, sangat disarankan bagi umat Muslim untuk tidak melewatkan sahur saat bulan Ramadhan.

Sahur juga memiliki nilai spiritual yang penting bagi umat Muslim. Dengan makan sahur, seseorang menunjukkan niat dan keseriusannya dalam menjalankan ibadah puasa. Selain itu, sahur juga membantu memperkuat ketahanan fisik dan mental dalam menjalankan puasa seharian penuh. Sebagaimana dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Shohabat Annas,

عَنْ أَنَسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ قَالَ "رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ تَسَحَّرُوا فَإِنَّ فِي السُّحُورِ بَرَكَةً" (متفق عليه)

Artinya: Dari Anas r.a., berkata: "Rasulullah Saw. bersabda: "Bersahurlah engkau semua, karena sesungguhnya di dalam sahur itu ada keberkahannya." (Muttafaq 'alaih)

Sahur juga dianggap sebagai ibadah yang bernilai pahala dalam agama Islam. Dengan makan sahur, seseorang memperbanyak amalan di bulan Ramadhan, sehingga mendapatkan pahala yang lebih besar. Dalam sebuah hadis riwayat Ibnu Majah, Nabi Muhammad SAW bersabda,

وعنْ أبي سعيدٍ الخدريِّ قال: قال رسول الله ﷺ: السُّحُورُ أَكْلَةٌ بَرَكَةٌ فَلَا تَدَعُوهُ وَلَوْ أَنْ يَجْرَعَ أَحَدُكُمْ جَرْعَةً مِنْ مَاءٍ فَإِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى الْمُتَسَحِّرِينَ. رواه أحمد.

Artinya: Dari Abi Said al-khudri r.a., berkata: "Rasulullah Saw. bersabda: "Makan sahur itu adalah berkah, janganlah kalian meninggalkannya, walau hanya dengan sebutir kurma, karena sesungguhnya di dalamnya terdapat keberkahan." (HR. Imam Ahmad).

Oleh karena itu, bagi umat Muslim, sahur bukan hanya sekedar waktu untuk makan sebelum berpuasa, namun juga sebagai waktu untuk mendapatkan keberkahan dan pahala dari Allah SWT.

Oleh: Dlom

--------------

Agar anda tidak ketinggalan informasi terbaru seputar HIKMAH, anda bisa join di Channel WA Tenggulangbaru.id dengan KLIK DI SINI. Selain itu Anda dapat menyimak update berita lainnya di tenggulangbaru.id dengan mengakses Google News.

Kirim Komentar

Komentar Facebook

Media Sosial

Facebook Twitter YouTube Instagram WhatsApp

Advertisement

Advertisement

Komentar

Azriel Maulana Al-Walid
21 Mei 2024 16:43:18
Saya pingin dapat PIP tahun 2024... selengkapnya
Azriel Maulana Al-Walid
21 Mei 2024 16:40:20
Butuh ... selengkapnya
Lestari marganinhrum
26 April 2024 09:40:01
Saya terdaftar pkh baru dan blom punya kks apakah bisa... selengkapnya
Zaky
25 April 2024 00:36:07
Saya mau dapat PIP, bagaimana cara mengajukannya?... selengkapnya
Topani Sahara
02 April 2024 21:28:46
Semoga artikel ini bermanfaat, ... selengkapnya
Topani
27 Maret 2024 18:33:27
Semoga bermanfaat... selengkapnya
Naning
21 Maret 2024 02:55:45
Kenapa kok dana pip yg lain keluar ini punya anak saya... selengkapnya
Topani
08 Maret 2024 16:10:05
Makasih pak Dafris... selengkapnya
Dafris
08 Maret 2024 15:16:52
Sukses ya...... selengkapnya
Sokewih
08 Maret 2024 10:46:14
Kenapa bpnt saya tidak cair?... selengkapnya

Sinergi Program

Lapak Tenggulang Baru
OpenDesa
PCNU Musi Banyuasin
The Express
SMP Hidayatut Thullab

Statistik Pengunjung

Hari ini:4.959
Kemarin:6.543
Total Pengunjung:232.365
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:172.70.43.142
Browser:Tidak ditemukan