Berolahraga dengan benar mengoptimalkan kesehatan fisik dan menguatkan mental. Baca selengkapnya Selain menyegarkan tubuh, olahraga dapat menyegarkan pikiran. Baca selengkapnya Membaca, bagi pikiran, seperti olahraga bagi tubuh. Baca selengkapnya Tertawa itu seperti olahraga untuk jiwa. Baca selengkapnya

  Artikel/Berita

HIKMAH

Apakah Mandi Wajib Bulan Ramadhan Menjadi Syarat Puasa? Ini Jawabannya dan Penting untuk Mengetahui

Admin TB

26 Maret 2023 20:08:58

516 Kali Dibaca

Beberapa orang selalu mandi sebelum masuk bulan Ramadhan, ini dilakukan setiap tahun dan menjadi kebiasaan mereka. Kebiasaan ini terasa penting bagi mereka dan mungkin merasa kurang lengkap jika tidak melakukannya.

Namun, terkadang orang awam salah paham dan menganggap bahwa mandi wajib sebelum Ramadhan merupakan salah satu syarat atau rukun puasa. Mereka berpikir bahwa jika tidak mandi wajib, maka puasa tidak sah.

Namun sebenarnya, mandi wajib sebelum Ramadhan bukanlah keharusan. Mandi wajib hanya diwajibkan bagi orang yang mengalami hadats besar dan hendak melakukan ibadah tertentu seperti shalat lima waktu dan tawaf, sedangkan untuk puasa, mandi wajib tidak termasuk syarat dan rukunnya.

Berikut redaksi dari kitab Syarah Matan Ghoyah Wa Taqrib, disini menjelaskan hal-hal yang bisa menyebabkan wajibnya mandi:

<<شرح متن الغاية والتقريب، صحفة ٣٩، السلام ليربيا>>

فصل : والذي يوجب الغسل ستة أشياء ثلاثة تشترك فيها الرجال والنساء وهي التقاء الختانين وإنزال المني والموت وثلاثة يختص بها النساء وهي الحيض والنفاس والولادة.

Artinya: "Fasal: Ada 6 hal yang mewajibkan mandi besar (mandi junub), tiga di antaranya berlaku untuk laki-laki dan perempuan, 1. Bersentuhan antara kedua organ genital. 2. Keluarnya air mani, dan 3. Kematian. Sementara itu, tiga hal lainnya hanya berlaku untuk perempuan, 1. Haid. 2. Nifas, dan 3. Melahirkan."

Tentu saja! Pada bulan puasa, dianjurkan untuk melakukan mandi sunnah pada setiap malamnya. Meskipun mandi ini tidak diwajibkan, namun sangat disarankan untuk dilakukan sebagai bagian dari menjaga kebersihan dan kesucian tubuh selama berpuasa. Dalam kitab Tausyih Ala Ibni Qosim Syarah Fathul Qorib dijelaskan:

<<توشيخ على فتح القريب ، صحفة ٤٧، السلام ليربيا>>

و بقية الأغسال المسنونة مذكورة في المطولات منها الغسل لدخول المدينة الشريفة...ولكل ليلة من رمضان

Artinya: "Dan sisa mandi-mandi yang disunnahkan telah disebutkan dalam kitab-kitab dengan penjelasan yang panjang. Salah satunya  mandi yang disunahkan yaitu mandi sebelum memasuki kota suci Madinah, dan juga mandi sunnah yang dianjurkan setiap malam selama bulan Ramadhan."

Secara sederhana, tidak ada mandi wajib saat memasuki bulan Ramadhan karena hal tersebut bukan merupakan syarat atau rukun dari berpuasa. Yang dianjurkan hanyalah mandi sunnah, dan hal tersebut berlaku untuk setiap malam dalam bulan Ramadhan.

Oleh: Dlom.

--------------

Agar anda tidak ketinggalan informasi terbaru seputar HIKMAH, anda bisa join di Channel WA Tenggulangbaru.id dengan KLIK DI SINI. Selain itu Anda dapat menyimak update berita lainnya di tenggulangbaru.id dengan mengakses Google News.

Kirim Komentar

Komentar Facebook

Media Sosial

Facebook Twitter YouTube Instagram WhatsApp

Advertisement

Arsip Artikel

Advertisement

Komentar

Azriel Maulana Al-Walid
21 Mei 2024 16:43:18
Saya pingin dapat PIP tahun 2024... selengkapnya
Azriel Maulana Al-Walid
21 Mei 2024 16:40:20
Butuh ... selengkapnya
Lestari marganinhrum
26 April 2024 09:40:01
Saya terdaftar pkh baru dan blom punya kks apakah bisa... selengkapnya
Zaky
25 April 2024 00:36:07
Saya mau dapat PIP, bagaimana cara mengajukannya?... selengkapnya
Topani Sahara
02 April 2024 21:28:46
Semoga artikel ini bermanfaat, ... selengkapnya
Topani
27 Maret 2024 18:33:27
Semoga bermanfaat... selengkapnya
Naning
21 Maret 2024 02:55:45
Kenapa kok dana pip yg lain keluar ini punya anak saya... selengkapnya
Topani
08 Maret 2024 16:10:05
Makasih pak Dafris... selengkapnya
Dafris
08 Maret 2024 15:16:52
Sukses ya...... selengkapnya
Sokewih
08 Maret 2024 10:46:14
Kenapa bpnt saya tidak cair?... selengkapnya

Sinergi Program

Lapak Tenggulang Baru
OpenDesa
PCNU Musi Banyuasin
The Express
SMP Hidayatut Thullab

Statistik Pengunjung

Hari ini:4.985
Kemarin:5.169
Total Pengunjung:220.190
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:172.70.42.77
Browser:Tidak ditemukan