Artikel/Berita

Bansos

Bansos Ramadhan 2023 Cair Langsung 3 Bulan, Berikut Ini Penjelasannya

Admin TB

20 Maret 2023 17:14:48

15.591 Kali Dibaca

Bantuan Sosial (bansos) pada bulan Ramadhan tahun ini akan cair langsung 3 bulan mulai Maret, April, dan Mei 2023.

Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Isa Rachmatarwata mengatakan, penyaluran bansos pangan bisa segera dilaksanakan pada Maret 2023.

Berikut ini penjelasannya bahwa bantuan sosial cair tahun 2023:

 

Baca Juga: Cek Bansos Maret: BLT Dana Desa, PBI JK, PKH Tahap 1, dan BPNT Siap Cair

 

Daftar Penerima Bansos

Menurut Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Isa Rachmatarwata daftar penerima bansos berada di Kementerian Sosial (Kemensos), sehingga Kemenkeu dan Kemensos masih terus mendiskusikan mekanisme penyaluran bansos pangan menjelang Ramadan.

Jika menggunakan data bansos tahun lalu, jumlah penerimanya yaitu sebanyak 20,65 juta. Namun data tersebut sedang diperbaharui sehingga Kemenkeu akan memastikan data penerima terlebih dahulu.

"Selain data penerima, Kemenkeu juga sedang memastikan besaran harga beras yang menjadi patokan terlebih dahulu," ujarnya.

Adapun bansos pangan yang diberikan menjelang Ramadan tahun ini rencananya meliputi beras, telur, dan daging ayam.

 

Baca Juga: Cara Mendapatkan Nomor EFIN Secara Online Untuk Lapor SPT Tahunan

 

Alokasi Anggaran Bansos dari BUN

Isa melanjutkan, nantinya alokasi anggaran untuk bansos pangan akan berasal dari anggaran Bendahara Umum Negara (BUN).

"Tetapi pelaksanaannya masih kami diskusikan karena kalau dari rapat kelihatannya penyaluran akan langsung dilakukan dari Bulog, tidak melalui Kemensos," tegas Isa.

 

Baca Juga: Pemerintah Ingin Penerima KUR Juga Dilindungi BPJS Ketenagakerjaan

 

Kemenkeu Telah Siapkan Anggaran Untuk Bansos

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyiapkan Rp8,36 triliun untuk bantuan sosial (bansos) pangan yang akan disalurkan menjelang Ramadhan 1444 H. Dana tersebut berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2023.

"Angka ini merupakan perkiraan sementara yang akan ditagihkan kepada APBN untuk bansos pangan yang berisi beras, telur, dan ayam," ucap Direktur Jenderal Anggaran Kemenkeu Isa Rachmatarwata, dikutip dari Antara, di Jakarta, Rabu (15/3/2023).

 

Baca Juga: Kriteria dan Cara Klaim BPJS Ketenagakerjaan

 

Cara Penyaluran Bansos Ramadhan 1444 H

Adapun penyaluran akan diberikan melalui dua cara, yakni pembagian beras secara gratis serta pembagian daging ayam dan telur secara gratis.

Pembagian beras secara gratis akan ditujukan kepada keluarga penerima manfaat yang ada di dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) sebanyak 21,3 juta keluarga.

Kemudian, pembagian daging ayam dan telur secara gratis akan diberikan kepada keluarga dengan balita atau anak yang berpotensi mengalami stunting.

"Perkiraan sementara untuk pembagian daging ayam dan telur gratis yaitu kepada sebanyak 2,1 juta keluarga berdasarkan data Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN)," tuturnya.

 

Sambut ramadhan, Kemensos salurkan bantuan asupan nutrisi bagi keluarga Pra Sejahtera

Sementara itu, dalam rangka menyambut Bulan Ramadhan 1444 H, PT. Daikin Airconditioning Indonesia (DAIKIN) bersama dengan Yayasan Benih Baik Indonesia (Benihbaik .com) memberikan bantuan melalui Kementerian Sosial. Bantuan akan disalurkan untuk mendukung asupan nutrisi bagi keluarga pra sejahtera selama menjalankan ibadah puasa. 

Bantuan diserahkan langsung secara simbolis kepada Menteri Sosial Tri Rismaharini di Kementerian Sosial RI. (20/3). Bantuan ini merupakan kolaborasi antara DAIKIN Indonesia dan Benih Baik melalui rangkaian Program Roda - Roda Ramadhan yang merupakan agenda tahunan. 

Tahun ini DAIKIN dan Benih Baik melibatkan Kemensos dalam penyaluran bantuan tersebut, sebagai bentuk kerja sama dalam upaya membantu kelompok rentan dan keluarga pra sejahtera. 

“Saya atas nama Kementerian Sosial maupun warga penerima (bantuan) mengucapkan terima kasih Benih Baik dan DAIKIN Indonesia atas sumbangannya yang kesekian kali,” ungkap Mensos Risma.

Kontribusi dari mitra Kemensos sangat positif meningkatkan asupan nutrisi bagi keluarga pra sejahtera selama menjalankan ibadah puasa.

“Kami memang ada beberapa keterbatasan dimana saat ini banyak yang mengajukan bantuan misalkan untuk bulan puasa. Namun kami tidak bisa membantu karena keterbatasan anggaran yang ada dikami. Karena itu, dengan adanya bantuan seperti ini, maka ini bisa membantu meringankan warga yang memang membutuhkan,” kata Mensos. 

Bantuan yang diserahkan berupa 3.460 paket bantuan terdiri dari 1.900 Paket Sembako untuk Masyarakat Umum Pra Sejahtera, 800 Paket Sembako untuk Panti Asuhan Disabilitas, 700 Paket Perlengkapan Sekolah untuk Anak-Anak dari Keluarga Pra Sejahtera, 15 Unit Kaki Tiga dan 15 Unit Walker untuk Disabilitas, 15 Unit Tongkat Lipat dan 15 Unit Jam Bicara khusus Tuna Netra. Total bantuan yang diberikan senilai Rp 1,25 Miliar. Selanjutnya, bantuan tersebut akan disalurkan di 17 titik di wilayah Indonesia. 

Andy F. Noya sebagai Founder dan CEO Benih Baik menyampaikan, kerja sama ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian dan gotong royong dalam mendukung program-program pemerintah, terutama di Kementerian Sosial. 

“Ini merupakan kepedulian dari kami, kami ini artinya di luar pemerintah, untuk mendukung program - program pemerintah dalam hal ini terutama di Kementerian Sosial. Karena sejak pembicaraan antara kami di Benih Baik dan di Kemensos, terutama dengan Bu Risma, kami tahu bahwa masih banyak program di kementerian yang perlu mendapatkan dukungan dan ini bentuk dari semangat gotong royong yang selama ini menjadi kekuatan bangsa Indonesia,” kata Andy

Selain mengacu pada DTKS Kemensos, bantuan ini juga menyasar pada PPKS yang hidup di jalanan. Andy mengharapkan bantuan ini benar - benar bermanfaat dan tepat sasaran

“Pada dasarnya kami bekerja sama dengan Kementerian Sosial ini agar penerima manfaat ini betul - betul adalah orang yang membutuhkan. Jadi datanya juga tidak simpang siur,” ungkap Andy. 

Di kesempatan yang sama, CEO DAIKIN Indonesia Budi Mulia menjelaskan, sebagai pelaku usaha, pihaknya  akan terus menunjukkan kepeduliannya terutama pada kegiatan sosial. Melalui Program Roda - Roda Ramadhan, DAIKIN Indonesia dapat berbagi dengan masyarakat pra sejahtera. 

Turut hadir pada kegiatan ini Dirjen Linjamsos Robben Rico, Dirjen Rehabilitasi Sosial Pepen Nazarudin, Staf Khusus Mensos Bidang Komunikasi dan Media Massa Don Rozano Sigit Prakoeswa, Staf Khusus Mensos Bidang Pemerlu Pelayanan Kessos dan Potensi Sumber Kessos Luhur Budijarso Lulu, dan Staf Khusus Mensos Bidang Pengembangan SDM dan Program Kementerian Suhadi Lili.

Demikian penjelasan Bansos Ramadhan 2023 Cair Langsung 3 Bulan, semoga bantuan sosial ini akan membantu meringkankan serta melindungi masyarakat rentan dan miskin dari tekanan gejolak kenaikan harga global sehingga angka kemiskinan Indonesia tetap dapat di upayakan menurun. [admin-TB]

 

--------------

Agar anda tidak ketinggalan informasi terbaru seputar Bansos, anda bisa join di Channel WA Tenggulangbaru.id dengan KLIK DI SINI. Selain itu Anda dapat menyimak update berita lainnya di tenggulangbaru.id dengan mengakses Google News.

Kirim Komentar

Komentar Facebook

Media Sosial

Facebook Twitter YouTube Instagram WhatsApp

Advertisement

Advertisement

Komentar

Azriel Maulana Al-Walid
21 Mei 2024 16:43:18
Saya pingin dapat PIP tahun 2024... selengkapnya
Azriel Maulana Al-Walid
21 Mei 2024 16:40:20
Butuh ... selengkapnya
Lestari marganinhrum
26 April 2024 09:40:01
Saya terdaftar pkh baru dan blom punya kks apakah bisa... selengkapnya
Zaky
25 April 2024 00:36:07
Saya mau dapat PIP, bagaimana cara mengajukannya?... selengkapnya
Topani Sahara
02 April 2024 21:28:46
Semoga artikel ini bermanfaat, ... selengkapnya
Topani
27 Maret 2024 18:33:27
Semoga bermanfaat... selengkapnya
Naning
21 Maret 2024 02:55:45
Kenapa kok dana pip yg lain keluar ini punya anak saya... selengkapnya
Topani
08 Maret 2024 16:10:05
Makasih pak Dafris... selengkapnya
Dafris
08 Maret 2024 15:16:52
Sukses ya...... selengkapnya
Sokewih
08 Maret 2024 10:46:14
Kenapa bpnt saya tidak cair?... selengkapnya

Sinergi Program

Lapak Tenggulang Baru
OpenDesa
PCNU Musi Banyuasin
The Express
SMP Hidayatut Thullab

Statistik Pengunjung

Hari ini:189
Kemarin:8.438
Total Pengunjung:263.679
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:172.70.39.162
Browser:Tidak ditemukan