Mari kita saling bersinergi untuk mewujudkan pembangunan desa tercinta ini melalui semangat gotong royong dan kerjasama antar elemen masyarakat desa. -- selengkapnya... Selamat datang di website resmi Desa Tenggulang Baru -- selengkapnya... Lebih bijak dalam menyikaapi pandemi Corona Virus COVID-19 dengan mengetahui mencari informasi yang benar melalui Media Informasi Resmi Terkini Covid-19 -- selengkapnya... Bersama-sama mari kita putuskan rantai penyebaran COVID-19 dengan melakukan hal-hal berikut : 1. Menjaga kebersihan area rumah dan fasilitas umum seperti Masjid, Musholla, Sekolah dan lain-lain. 2. Menyediakan sarana cuci tangan barupa air mengalir dan sabun atau hand sanitizer di depan rumah. 3. Menunda kegiatan yang mengumpulkan banyak orang seperti pengajian, pernikahan, tontonan atau hiburan massa dan hajatan atau kegiatan serupa lainnya. Bersama-sama mari kita putuskan rantai penyebaran COVID-19 dengan melakukan hal-hal berikut : 1. Menjaga kebersihan area rumah dan fasilitas umum seperti Masjid, Musholla, Sekolah dan lain-lain. 2. Menyediakan sarana cuci tangan barupa air mengalir dan sabun atau hand sanitizer di depan rumah. 3. Menunda kegiatan yang mengumpulkan banyak orang seperti pengajian, pernikahan, tontonan atau hiburan massa dan hajatan atau kegiatan serupa lainnya. 4. Menunda bepergian keluar desa ataupun perjalanan keluar daerah. 5. Mengurangi kontak langsung seperti berjabat tangan, jika dilakukan biasakan segera mencuci tangan dengan air mengalir atau hand sanitizer. 6. Cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir /hand sanitizer dilakukan sebelum melakukan aktifitas dan setelah selesai aktifitas. 7. Terapkan etika batuk (tutup hidung dan mulut dengan tisu atau lengan atas bagian dalam). 8. Gunakan masker jika batuk / flu. 9. Melaporkan kepada perangkat desa atau petugas medis desa jika ada anggota keluarga yang baru datang dari luar daerah, terutama terhadap orang yang baru datang dari daerah terjangkit Covid-19, untuk pengecekan oleh petugas medis desa terlebih dahulu.

Artikel

MENDES PDTT MENEGASKAN BAHWA DATA DESA JADI KUNCI PENTING DALAM UPAYA MENYALURKAN PEMBANGUNAN DESA

10 Agustus 2022 12:56:36  AdminTB  81 Kali Dibaca  BERITA

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar menegaskan bahwa data desa jadi kunci penting dalam upaya menyalurkan pembangunan desa.

Berbagai program pengentasan kemiskinan di level desa akan dapat teratasi jika pemutakhiran datanya valid.

MENDES PDTT MENEGASKAN BAHWA DATA DESA JADI KUNCI PENTING DALAM UPAYA MENYALURKAN PEMBANGUNAN DESA

Gus Halim sapaan akrab Menteri Abdul Halim Iskandar menyampaikan kunci penting pengentasan kemiskinan di desa tersebut saat menerima audiensi dengan Bupati Rokan Hilir, Afrizal Sintong beserta 150 Kepala Desa se-Kabupaten Rokan Hilir di Jakarta, Selasa (9/8/2022).

“Kalau mau mengatasi kemiskinan di desa itu ya harus by data. Dan data kemiskinan itu harus valid. Jawaban atas pertanyaan tentang data itu agar jawabannya satu tunggal dan benar, maka jawabannya ada pada kepala desa. Tanyakan ke kepala desa, pasti jawabannya benar. Mengapa demikian? Karena data tersebut milik kepala Desa,” kata Mendes PDTT.

Gus Halim juga menerangkan, selama ini banyak pihak yang masih memandang remeh terhadap kemampuan stakeholder desa dalam menyelesaikan masalah pun juga para perangkat desa itu sendiri.

“Situasi ini tidak bisa terus dibiarkan, apalagi dari tahun ke tahun performa desa dalam memanajemen Dana Desa maupun program kerja kian progresif,” ungkapnya.

Agar kepala desa mampu mengatasi kemiskinan berdasarkan fakta di lapangan, Gus Halim memproyeksikan sistem data yang terintegrasi dan terupdate pada setiap pekannya. Hal itu agar dapat diakses dengan cepat oleh seluruh kepala desa.

“Kemendes sedang menyelesaikan sistem yang dapat memberikan ruang bagi kepala desa untuk menjawab dengan cepat dan tepat,” jelas Gus Halim.

Sehingga jika ada pertanyaan berapa data penduduk desa atau berapa data kemiskinan di desa tersebut, maka jawabannya berupa data dari seminggu yang lalu, bukan versi tiga tahun lalu.

"Saat ini pengumpulan data desa hampir rampung kita lakukan. Data-data inilah yang akan menjadi dasar berbagai aksi dalam mempercepat pembangunan desa demi kesejahteraan warga desa,” kata Gus Halim.

Sementara Bupati Rokan Hilir Afrizal menyampaikan bahwa 18 kecamatan di wilayahnya memiliki potensi kekayaan alam yang beitu melimpah. Namun karena dihantam pandemi, roda perekonomian masyarakat Rokan Hilir mengalami penurunan yang drastis.

Oleh karena itu, Afrizal meminta solusi objektif kepada Mendes PDTT dalam mengentaskan masalah yang dihadapi Kabupaten Rokan Hilir.

“Dari 18 Kecamatan di Kabupaten Lokan Hilir ini merupakan penghasil minyak terbesar di Indonesia. Dulunya penghasil ikan terbesar nomor dua di dunia dan penghasil kelapa sawit terbesar di Indonesia. Sebab ada 42 pabrik kelapa sawit di Kabupaten kami pak Menteri. Namun karena dihantam pandemi, jadi mengalami penurunan. Karena itu saya berharap ada dukungan pak Menteri mengatasi itu semua,” ujar Afrizal

Sumber: https://www.kemendesa.go.id

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur Desa

Back Next

Layanan Mandiri

    Silakan datang atau hubungi operator Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

 Arsip Artikel

14 September 2022 | 87.029 Kali
Cek Bantuan Langsung Tunai atau BLT BBM 2022 melalui DTKS Cek Bansos Kemensos
06 Agustus 2019 | 77.069 Kali
TUPOKSI PERANGKAT DESA
26 Maret 2020 | 76.478 Kali
QnA : Pertanyaan dan Jawaban Terkait COVID-19 (Update 6 Maret 2020)
24 Agustus 2016 | 76.196 Kali
Visi dan Misi
26 Agustus 2016 | 76.163 Kali
Sejarah Desa
26 Agustus 2016 | 76.058 Kali
Wilayah Desa
30 April 2014 | 76.056 Kali
LPM
29 Juli 2013 | 75.727 Kali
Profil Desa
04 Maret 2020 | 3.930 Kali
Kampanye Terbuka Pamaparan Visi & Misi Calon Kades Tenggulang Baru Periode 2020-2026
22 Maret 2020 | 76.005 Kali
MUBA TANGGAP COVID-19
29 Agustus 2022 | 62 Kali
Pentingnya Keterlibatan Warga Dalam Perencanaan Pembangunan Desa
30 Desember 2019 | 75.717 Kali
TVONE
30 Desember 2019 | 75.675 Kali
BERITA SATU
14 Desember 2019 | 234 Kali
7 Komponen pendukung sistem berbasis komputer

 Statistik

 Media Sosial

 Safelinku

 Peta Wilayah Desa

 Peta Desa

 Agenda

 Komentar

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : SP 5, Tenggulang Baru Kec. Babat Supat Kab. Musi Banyuasin Prov. Sumatera Selatan
Desa : Tenggulang Baru
Kecamatan : Babat Supat
Kabupaten : Musi Banyuasin
Kodepos : 30755
Telepon : 082278883352
Email : [email protected]

 Sinergi Program

OpenDesa
SMP Hidayatut Thullab

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:34.658
    Kemarin:37.697
    Total Pengunjung:888.914
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:172.70.134.73
    Browser:Tidak ditemukan

 Tenggulang Baru on Youtube