Artikel/Berita

BERITA

Ini 15 Desa di Musi Banyuasin Yang Lulus Seleksi Desa Lokasi Desa Cerdas

Admin TB

07 Maret 2022 19:46:19

2.303 Kali Dibaca

Sekayu, Sebanyak 15 desa yang tersebar di 10 kecamatan yang ada di Kabupaten Musi Banyuasin, lulus seleksi penetapan 1.000 desa lokasi desa cerdas fase II tahun 2022.

Hal tersebut, sesuai Surat Keputusan (SK) Kepala Badan Pengembangan Dan Informasi Desa, Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Kemendes PDTT, Nomor 55: Tahun 2022 tentang penetapan 1000 desa lokasi desa cerdas fase II tahun 2022, Rabu, 2 Maret 2022.

Konsep desa cerdas sebenarnya mengadopsi konsep kota cerdas (smart city). Desa cerdas adalah daerah dan masyarakat pedesaan yang dibangun di atas kekuatan dan aset mereka sendiri. Pada saat yang sama juga terdapat usaha untuk mengembangkan peluang baru di mana jaringan baik tradisional maupun baru dan pelayananan ditingkatkan melalui teknologi digital, telekomunikasi, inovasi dan penggunaan pengetahuan yang lebih baik.

Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi ini digunakan untuk pelayanan publik dan pengembangan kawasan seperti infrastruktur, teknologi informasi, teknologi komunikasi, transportasi, zonasi, irigasi, drainase, dan energi.

Mengutip buku "Desa Cerdas: Transformasi Kebijakan dan Pembangunan Desa Merespon Era Revolusi Industri 4.0" terbitan CFDS UGM disebutkan, keberadaan desa cerdas dilatar belakangi oleh dua faktor. Pertama, adanya peningkatan tren penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

Perkembangan TIK telah mampu membuka berbagai media dan saluran aktivitas politik yang baru. Sifatnya yang digital mampu melampaui hambatan ruang dan waktu. Penggunaan TIK, dalam konteks desa cerdas, secara umum bisa dilihat sebagai media bagi para stakeholder tata pemerintahan untuk mampu memaksimalkan peran dan potensinya dalam berpartisipasi dalam tata pemerintahan.

Kedua, kebutuhan untuk mewujudkan demokratisasi di desa. Proses demokratisasi menjadi penopang utama desa cerdas karena akan menciptakan peran aktif masyarakat dan untuk meminimalisasi adanya kecenderungan kekuasaan yang terpusat. Dengan perkembangan TIK masyarakat bisa aktif berpartisipasi dalam membangun desanya.

Aspek apa saja yang harus dipenuhi? Untuk tahap awal, ada empat aspek yang harus dipenuhi:

  1. Optimalisasi pemanfaatan energi. Contohnya adalah desa cerdas yang dapat menghasilkan energi listrik sendiri dengan sumber daya lokal.
  2. Optimalisasi pengelolaan lingkungan. Contohnya adalah desa cerdas yang mampu menyediakan teknologi pengolahan dan pengelolaan air minum dari sumber mata air lokal secara efisien.
  3. Optimalisasi teknologi pada sektor pertanian.
    Contohnya adalah desa cerdas yang mampu meningkatkan hasil panen dengan menerapkan teknologi tepat guna bidang pertanian atau desa yang mampu menyediakan air untuk pengairan sawah secara efisien.
  4. Optimalisasi layanan pemerintah desa dalam sistem informasi desa.
    Contohnya adalah desa cerdas yang mampu menyediakan sistem informasi yang baik dan sistem pelayanan yang mudah untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat.

Salah satu tujuan pengembangan desa cerdas adalah untuk menahan laju urbanisasi warga ke kota. Saat ini tercatat 54 persen penduduk Indonesia berada di kota dan pada tahun 2035 diproyeksikan 67 persen penduduk akan tinggal di kota. Agar angka tak tercapai maka diperlukan pengambangan desa cerdas ini.

Adapun 15 desa di 10 kecamatan di Kabupaten Musi Banyuasin yang masuk daftar 1000 desa terpilih lokasi desa cerdas fase II tahun 2022, masing-masing Desa Lumpatan II dan Desa Sungai Batang di Kecamatan Sekayu, Desa Air Putih Ulu dan Desa Suka Jaya  di Kecamatan Plakat Tinggi, Desa Epil di Kecamatan Lais, Desa Tegal Mulyo dan Desa Sidorejo di Kecamatan Keluang,  Desa Rantau Panjang dan Desa Ulak Teberau di Kecamatan Lawang Wetan,  Desa Tebing Bulang di Kecamatan Sungai Keruh, Desa Tanjung Raya dan Desa Panai di Kecamatan Sanga Desa, Desa Sereka di Kecamatan Babat Toman, Desa Gajah Mati di Kecamatan Babat Supat, dan Desa Jirak di Jirak Raya.

Nama Kecamatan
Nama Desa
Sekayu
Lumpatan II
 
Sungai Batang
Plakat Tinggi
Air Putih Ulu
 
Suka Jaya
Lais
Epil
Keluang
Tegal Mulyo
 
Sidorejo
Lawag Wetan
Rantau Panjang
 
Ulak Teberau
Sungai Keruh
Tebing Bulang
Sanga Desa
Tanjung Raya
 
Panai
Babat Toman
Sereka
Babat Supat
Gajah Mati
Jirak Raya
Jirak
 

Baca Juga: Pengembangan Kawasan Transmigrasi Dengan Perkuat Akses Transportasi

 

Berdasarkan SK tersebut ditetapkan sebanyak 1000 lokasi desa cerdas fase II tahun 2022,  diperoleh dari proses seleksi desa cerdas pada tanggal 16 hingga 18 Februari 2022, oleh panitia seleksi desa cerdas Badan Pengembangan dan Informasi Desa, Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Kemendes PDTT.

Hasil seleksi desa cerdas fase II tahun 2022 diumumkan melalui website Kemendes PDTT, serta melalui surat resmi kepada pemerintah kabupaten dan pemerintah desa.

Segala biaya yang dikeluarkan sebagai akibat diterbitkannya Keputusan ini, dibebankan kepada Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Badan Pengembangan dan Informasi Desa, Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Kemendes PDTT, tahun anggaran 2022 yang bersumber dari Loan World Bank P3PD (Loan IBRD 8941-ID, Institutional Strengthening for Improved Village Service Delivery).

 

Keputusan ini berlaku sejak ditetapkan, dengan ketentuan apabila di kemudian hari ternyata terdapat kekeliruan, akan dilakukan perbaikan sebagaimana mestinya. Ditetapkan di Jakarta Pada tanggal, 2 Maret 2022 oleh Plt. Kepala Badan Pengembangan Dan Informasi Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi,  Ir. Razali, M.Si. [Admin-TB]

 

--------------

Agar anda tidak ketinggalan informasi terbaru seputar BERITA, anda bisa join di Channel WA Tenggulangbaru.id dengan KLIK DI SINI. Selain itu Anda dapat menyimak update berita lainnya di tenggulangbaru.id dengan mengakses Google News.

Kirim Komentar

Komentar Facebook

Media Sosial

Facebook Twitter YouTube Instagram WhatsApp

Advertisement

Advertisement

Komentar

Azriel Maulana Al-Walid
21 Mei 2024 16:43:18
Saya pingin dapat PIP tahun 2024... selengkapnya
Azriel Maulana Al-Walid
21 Mei 2024 16:40:20
Butuh ... selengkapnya
Lestari marganinhrum
26 April 2024 09:40:01
Saya terdaftar pkh baru dan blom punya kks apakah bisa... selengkapnya
Zaky
25 April 2024 00:36:07
Saya mau dapat PIP, bagaimana cara mengajukannya?... selengkapnya
Topani Sahara
02 April 2024 21:28:46
Semoga artikel ini bermanfaat, ... selengkapnya
Topani
27 Maret 2024 18:33:27
Semoga bermanfaat... selengkapnya
Naning
21 Maret 2024 02:55:45
Kenapa kok dana pip yg lain keluar ini punya anak saya... selengkapnya
Topani
08 Maret 2024 16:10:05
Makasih pak Dafris... selengkapnya
Dafris
08 Maret 2024 15:16:52
Sukses ya...... selengkapnya
Sokewih
08 Maret 2024 10:46:14
Kenapa bpnt saya tidak cair?... selengkapnya

Sinergi Program

Lapak Tenggulang Baru
OpenDesa
PCNU Musi Banyuasin
The Express
SMP Hidayatut Thullab

Statistik Pengunjung

Hari ini:414
Kemarin:7.485
Total Pengunjung:271.389
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:172.70.43.142
Browser:Tidak ditemukan