Berolahraga dengan benar mengoptimalkan kesehatan fisik dan menguatkan mental. Baca selengkapnya Selain menyegarkan tubuh, olahraga dapat menyegarkan pikiran. Baca selengkapnya Membaca, bagi pikiran, seperti olahraga bagi tubuh. Baca selengkapnya Tertawa itu seperti olahraga untuk jiwa. Baca selengkapnya

  Artikel/Berita

BERITA

Logo dan Tema Hari Pahlawan 2022

Admin TB

05 November 2022 17:14:53

25.409 Kali Dibaca

Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan yang jatuh pada tanggal 10 November 2022, Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI) telah merilis panduan Hari Pahlawan 2022, termasuk logo dan tema Hari Pahlawan 2022.

Kita memperingati Hari Pahlawan yang jatuh pada setiap tanggal 10 November setiap tahun. Hal ini adalah untuk mengenang kembali jasa dan perjuangan para pahlawan yang telah berjuang untuk mengusir penjajah dari bumi Indonesia, puncaknya pada peristiwa heroik di Surabaya tahun 1945 banyak korban yang berjatuhan.

Hari Pahlawan sekiranya tidak hanya sekedar diingat setiap tanggal 10 November namun lebih dari pada itu bagaimana menanamkan nilai-nilai kepahlawanan kepada generasi sekarang untuk mengisi kemerdekaan. Maksudnya setiap insan masyarakat Indonesia seyogianya memiliki semangat kepahlawanan dan tergerak hatinya untuk membangun negeri sesuai dengan potensi dan profesi masing-masing yang perlu terus dipertahankan oleh kita semua untuk mengenang para pahlawan. Hal ini sebagaimana tema Hari Pahlawan Tahun 2022 “PAHLAWANKU TELADANKU”.

Maksud dan tujuan memperingati Hari Pahlawan adalah untuk mengenang dan menghormati perjuangan para pahlawan dan pejuang dalam mempertahankan kemerdekaan.membangun ingatan kolektif untuk kemudian menggerakkan kesadaran masyarakat agar mau meneladani dan mengimplementasikan nilai-nilai luhur pahlawan dalam kehidupan sehari-hari. Merperkuat Persatuan dan kesatuan bangsa dengan dilandasi semangat dan nilai kepahlawanan dalam bingkai Negara kesatuan Republik Indonesia, meningkatkan rasa kecintaan serta kebangggaan sebagai bangsa dan negara Indonesia.

 

Baca Juga :  Mengenang Ali Haji bin Raja Haji Ahmad yang Jadi Ikon Google Doodle

 

LATAR BELAKANG

Penyelenggaraan dan peringatan Hari Pahlawan yang dikoordinir oleh Kementerian Sosial RI turut menentukan identitas untuk digunakan dalam seluruh kegiatan yang meliputi peringatan hari nasional tersebut.

Hari Pahlawan adalah hari nasional yang ditetapkan pemerintah Indonesia dan diperingati pada tanggal 10 November setiap tahunnya di Indonesia. Hari Pahlawan dilatarbelakangi atas kejadian Pertempuran Surabaya pada tanggal dan bulan yang sama tahun 1945.

Peristiwa Pertempuran Surabaya adalah sebuah simbol kekuatan dan perlawanan atas hak kemerdekaan Indonesia yang hendak direnggut kembali oleh tentara Britania Raya dan Belanda tiga bulan setelah Indonesia memproklamirkan kemerdekaan sebagai negara.

Atas kesenonohan penjajah yang tidak menghormati kedudukan Indonesia sebagai negara yang berdaulat, maka para pahlawan kita bersatu dalam gerakan Revolusi Nasional Indonesia untuk memukul mundur penjajah dengan menyuarakan penolakan atas invasi yang dilakukan pasukan penjajah di tanah Surabaya dan beberapa daerah lainnya di Indonesia.

Sebuah peristiwa yang terkenal pada Pertempuran Surabaya diantaranya adalah pidato Bung Tomo yang menggetarkan “Merdeka atau Mati”.

Peristiwa ini kemudian menginspirasi dan menjadi momen bersejarah sehingga pemerintah Indonesia mengukuhkan tanggal 10 November sebagai Hari Pahlawan melalui Keppres No. 316 Tahun 1959 tanggal 16 Desember 1959.

Kementerian Sosial RI mengajak seluruh elemen masyarakat Indonesia untuk memperingati dan menghormati
jasa-jasa para pahlawan nasional yang telah berjuang demi kemerdekaan dan kedaulatan negara kita melalui peringatan Hari Pahlawan. Pahlawanku, Teladanku!

 

TEMA BESAR

Hari Pahlawan hadir atas peristiwa bersejarah Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan melalui gerakan Revolusi Nasional Indonesia pada Pertempuran Surabaya yang meletus tanggal 10 November 1945.

Para pahlawan kita yang bertempur pada masa Revolusi Nasional Indonesia mengetahui betul bahwa melawan penjajah bersenjata lengkap dengan beriburibu pasukan adalah rintangan tersulit. Sedangkan di sisi lain, rakyat Indonesia tidak memiliki perlengkapan perang yang sepadan, setengahnya pun tidak.

Namun, bangsa kita tidak kekurangan dua hal yaitu tekad dan semangat. Tekad untuk pantang menyerang dan tidak takut mati demi hak Indonesia serta semangat juang dan keberanian yang berapi-api melawan pasukan penjajah.

Atas dasar tersebut, sebagai generasi muda juga penerus bangsa, sudah sepatutnya kita mengimplementasikan dan meneladani nilai-nilai luhur para pahlawan terutama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

 

Logo Utama dan Penjelasan Karakternya


Logo utama Hari Pahlawan mencerminkan karakter pahlawan sebagai sosok yang tangguh, berani, dan teladan.

 

Filosofi Logo pada Logo Hari Pahlawan 2022

Kepal Tangan: Tangan mengepal melambangkan semangat juang dan perlawanan pahlawan dalam menolak ketidakadilan dan kezaliman para penjajah.

 

Perisai Pancasila: Kepal tangan berbentuk seperti perisai Pancasila bermakna pahlawan sebagai anak bangsa rela menumpahkan darahnya demi mempertahankan kemerdekaan dan tanah air dari penjajah.

 

Simbol Cinta: Simbol ini dalam budaya pop sering diutarakan untuk menandakan rasa cinta. Sama seperti pahlawan, mereka rela berkorban karena ada perasaan cinta terhadap bangsa dan tanah air.

 

Bambu Runcing: Bambu runcing merupakan senjata yang digunakan untuk melawan penjajah pada masa kolonialisme. Senjata bambu runcing menjadi saksi bisu sejarah bahwa para pahlawan bangsa pernah berjuang dan melakukan perlawan untuk mendapatkan kemerdekaan yang seutuhnya.

 

Download Lampiran Logo dan Tema Hari Pahlawan 2022 :

--------------

Agar anda tidak ketinggalan informasi terbaru seputar BERITA, anda bisa join di Channel WA Tenggulangbaru.id dengan KLIK DI SINI. Selain itu Anda dapat menyimak update berita lainnya di tenggulangbaru.id dengan mengakses Google News.

Kirim Komentar

Komentar Facebook

Media Sosial

Facebook Twitter YouTube Instagram WhatsApp

Advertisement

Advertisement

Komentar

Azriel Maulana Al-Walid
21 Mei 2024 16:43:18
Saya pingin dapat PIP tahun 2024... selengkapnya
Azriel Maulana Al-Walid
21 Mei 2024 16:40:20
Butuh ... selengkapnya
Lestari marganinhrum
26 April 2024 09:40:01
Saya terdaftar pkh baru dan blom punya kks apakah bisa... selengkapnya
Zaky
25 April 2024 00:36:07
Saya mau dapat PIP, bagaimana cara mengajukannya?... selengkapnya
Topani Sahara
02 April 2024 21:28:46
Semoga artikel ini bermanfaat, ... selengkapnya
Topani
27 Maret 2024 18:33:27
Semoga bermanfaat... selengkapnya
Naning
21 Maret 2024 02:55:45
Kenapa kok dana pip yg lain keluar ini punya anak saya... selengkapnya
Topani
08 Maret 2024 16:10:05
Makasih pak Dafris... selengkapnya
Dafris
08 Maret 2024 15:16:52
Sukses ya...... selengkapnya
Sokewih
08 Maret 2024 10:46:14
Kenapa bpnt saya tidak cair?... selengkapnya

Sinergi Program

Lapak Tenggulang Baru
OpenDesa
PCNU Musi Banyuasin
The Express
SMP Hidayatut Thullab

Statistik Pengunjung

Hari ini:4.893
Kemarin:5.169
Total Pengunjung:220.098
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:172.70.42.77
Browser:Tidak ditemukan