Artikel/Berita

Piala Dunia

Laga Timnas Belgia Vs Maroko di Group F Piala Dunia FIFA 2022 Qatar

Admin TB

27 November 2022 10:32:41

16.426 Kali Dibaca

Timnas Belgia vs Maroko di Piala Dunia 2022 menarik untuk diulas. Laga Belgia kontra Maroko tersebut merupakan pertandingan lanjutan Grup F yang akan dilangsungkan di Al Thumama Stadium pada hari ini, Minggu (27/11/2022) pukul 20.00 WIB.

Menariknya, baik Belgia dan Maroko diprediksi memiliki kans kemenangan yang sama-sama besar. Meski secara di atas kertas Belgia diunggulkan karena timnya yang bertabur bintang, tim tersebut nyatanya belum bisa memperlihatkan penampilan terbaik di Piala Dunia 2022 Qatar.

 

Lihat Juga:  Jadwal Piala Dunia 2022 Qatar Lengkap

 

Pada laga perdana Grup F, Belgia bisa dikatakan menang beruntung atas Kanada dengan skor 1-0 yang dicetak oleh Michy Batshuayi di menit 44. Sejumlah pemain andalan mereka, seperti Kevin De Bruyne dan Eden Hazard gagal tampil bersinar.

Andai hal tersebut kembali terjadi, maka Belgia diprediksi akan kesulitan menghadapi Maroko. Apalagi tim asal Afrika itu tengah mengincar kemenangan setelah di laga perdana Grup F, mereka ditahan 0-0 oleh Kroasia.

Maroko jelas membutuhkan tiga poin untuk menjaga asa lolos ke 16 besar. Dengan modal kepercayaan diri usai menahan finalis Piala Dunia 2018, pasukan Maroko tengah dalam performa yang menjanjikan.

 

Baca Juga:  Laga Timnas Jepang Vs Kosta Rika di Grup E Piala Dunia FIFA 2022 Qatar

 

Ada peluang Maroko bisa memberikan kejutan. Namun, jika pasukan Roberto Martinez dapat bermain baik dan memaksimalkan para pemain bintang mereka, maka Belgia bisa benar-benar bahaya.

Bisa jadi Belgia justru pesta gol ke gawang Maroki. Apalagi Belgia memiliki sedikit keunggulan atas Maroko, telah memenangkan dua dari tiga pertemuan kedua tim. Maroko telah berhasil meraih satu kemenangan melawan Belgia dan akan berusaha menyamakan kedudukan dalam pertandingan ini.

Pertemuan terakhir kedua tim terjadi pada 2008 dan berakhir dengan kemenangan 4-1 untuk Maroko. Belgia telah meningkat selama bertahun-tahun dan akan berusaha untuk membuat Maroko menjadi pihak yang tumbang

 

Baca Juga:  Laga Timnas Prancis dan Denmark di Grup D Piala Dunia FIFA 2022 Qatar

 

Analisis Pra-Pertandingan

Laga ini menjadi pertemuan kedua antara Belgia dan Maroko di Piala Dunia, dimana Belgia sukses memetik kemenangan 1-0 di laga sebelumnya pada edisi 1994.

Maroko meraih kemenangan di pertemuan terakhirnya melawan Belgia di semua kompetisi, dalam laga persahabatan dengan skor 4-1 pada Maret 2008.

Belgia tidak pernah menderita kekalahan di Piala Dunia melawan tim dari Afrika (M3, S1), dimana seluruh laga itu terjadi di fase grup kompetisi. Partai terakhir melawan negara tersebut berakhir dengan kemenangan 5-2 atas Tunisia pada 2018.

Laga ini menjadi penampilan ke-50 Belgia di putaran final Piala Dunia, menjadi negara ke-12 yang mencapai catatan ini. Hanya dua dari 11 tim sebelumnya yang menelan kekalahan pada laga ke-50 mereka (M8, S1) - Inggris pada 2002 (vs Brasil) dan Spanyol pada 2010 (vs Swiss), meski tim yang disebut terakhir berhasil keluar sebagai juara di edisi tersebut.

Belgia selalu menang dalam delapan laga terakhirnya di fase grup Piala Dunia. Dengan tambahan satu kemenangan lagi, mereka bisa menjadi negara pertama yang sukses meraih sembilan kemenangan beruntun di fase grup turnamen ini (termasuk babak kedua dan putaran final fase grup).

Di atas kertas, Belgia lebih diunggulkan ketimbang Maroko. Di laga perdana, Setan Merah mengawali laga perdana Piala Dunia 2022 Qatar dengan hasil bagus.

Belgia mengalahkan Kanada lewat skor tipis 1-0 berkat gol yang dicetak oleh Michi Batshuayi. Hasil tersebut mengantar Tim racikan Roberto Martinez memimpin klasemen sementara Grup F dengan raihan 3 poin.

Permainan Belgia ketika melawan Kanada sebenarnya tak terlalu istimewa. Belgia juga nyaris kebobolan terlebih dahulu jika kiper Thibaut Courtois tidak menepis eksekusi penalti Alphonos Davies.

Dimotori Kevin De Bruyne dan Eden Hazard, Belgia bahkan kalah jumlah peluang dari Kanada. Namun, gol tunggal Michy Batshuayi mampu menjadi pembeda yang membuat Belgi pulang dengan 3 poin.

Sementara itu, Maroko yang mendapat tiket Piala Dunia dua kali beruntunnya, berhasil memetik satu poin. Tim besutan Walid Regragui menahan imbang runner-up Piala Dunia 2018, Kroasia.

Maroko kalah dominan dari Kroasia dalam penguasaan bola. Namun, dengan pemain-pemain seperti Achraf Hakimi, Hakim Ziyech, dan Youssef En-Nesyri, Maroko lebih ganas dalam menyerang. Sayangnya, penyelesaian akhirnya kurang optimal yang membuat laga tuntas dengan skor kacamata.

 

Baca Juga:  Dua Pemain Jebolan Luar Negeri Jajal Peruntungan di Persebaya

 

Susunan Pemain

 

Belgia punya kans untuk mengamankan tiket menuju babak 16 besar Piala Dunia, jika mampu meraih hasil positif di laga kontra Maroko. Pasalnya, De Rode Duivels saat ini masih dominan di puncak klasemen sementara Grup F dengan torehan tiga poin.

Mereka menjadi satu-satunya tim yang mampu meraup poin penuh dalam pertandingan pembuka di grup tersebut. Seperti diketahui, Kevin De Bruyne dan kawan-kawan memetik kemenangan kala menghadapi Kanada pada Kamis (24/11/2022). Gol semata wayang Michy Batshuayi mengantar timnya unggul 1–0.

Hasil berbeda didapat oleh Maroko sehari sebelumnya. Tim berjuluk Singa Atlas tersebut hanya mampu mengoleksi tambahan satu poin angka bermain imbang tanpa gol dengan Kroasia di laga perdananya dalam Piala Dunia 2022.

Demi meraih kemenangan, Belgia tetap mengandalkan nama-nama tenar seperti Thibaut Courtois, Jan Vertonghen, Kevin De Bruyne, dan Eden Hazard. 

Maroko juga bertumpu pada pemain yang berbasis Eropa. Daftarnya mencakup Yassine Bounou, Achraf Hakimi, Hakim Ziyech, hingga Youssef En-Nesyri.

 

Berikut ini prediksi susunan pemainnya:

  • Belgia (3-4-3)
    • Thibaut Courtois (GK); Thomas Meunier, Toby Alderweireld, Jan Vertonghen; Thorgan Hazard, Amadou Onana, Axel Witsel, Timothy Castagne; Kevin De Bruyne, Eden Hazard (C), Michy Batshuayi
    • Pelatih: Roberto Martinez

 

  • Maroko (4-3-3)
    • Yassine Bounou (GK); Achraf Hakimi, Nayef Aguerd, Romain Saiss (C), Noussair Mazraoui; Sofyan Amrabat, Azzedine Ounahi, Selim Amallah; Hakim Ziyech, Sofiane Boufal, Youssef En-Nesyri
    • Pelatih: Walid Regragui

 

  • Wasit: Cesar Arturo Ramos.

 

Baca Juga:  Persebaya Kembali Menyumbangkan Pemain Untuk Timnas Indonesia. Rizky Ridho dan Marselino Ferdinan

 

Skuad Belgia vs Maroko

  • Belgia
    • Penjaga gawang: Thibaut Courtois (Real Madrid), Simon Mignolet (Club Brugge), Koen Casteels (VfL Wolfsburg)
    • Bek: Jan Vertonghen (Anderlecht), Toby Alderweireld (Royal Antwerp), Wout Faes (Leicester), Arthur Theate (Rennes), Zeno Debast (Anderlecht), Thomas Meunier (Borussia Dortmund), Timothy Castagne (Leicester).
    • Gelandang: Kevin De Bruyne (Man City), Youri Tielemans (Leicester), Amadou Onana (Everton), Axel Witsel (Atletico Madrid), Hans Vanaken (Club Brugge), Leander Dendoncker (Aston Villa), Yannick Carrasco (Atletico Madrid), Thorgan Hazard (Borussia Dortmund).
    • Penyerang: Eden Hazard (Real Madrid), Charles De Ketelaere (AC Milan), Leandro Trossard (Brighton), Dries Mertens (Galatasaray), Jeremy Doku (Rennes), Romelu Lukaku (Inter Milan), Michy Batshuayi (Fenerbahce), Lois Openda (Lens).

 

  • Maroko
    • Penjaga gawang: Yassine Bounou (Sevilla), Munir El Kajoui (Al Wehda), Ahmed Reda Tagnaouti (Wydad Casablanca).
    • Bek: Nayef Aguerd (West Ham United), Yahia Attiat Allah (Wydad Casablanca), Badr Benoun (Qatar SC), Achraf Dari (Stade Brest), Jawad El Yamiq (Real Valladolid), Achraf Hakimi (Paris Saint-Germain), Noussair Mazraoui (Bayern Muenchen), Romain Saiss (Besiktas).
    • Gelandang: Sofyan Amrabat (Fiorentina), Selim Amallah (Standard Liege), Bilal El Khannouss (Racing Genk), Yahya Jabrane (Wydad Casablanca), Azzedine Ounahi (Angers), Abdelhamid Sabiri (Sampdoria).
    • Penyerang: Zakaria Aboukhlal (Toulouse), Boufal (Angers), Ilias Chair (Queens Park Rangers), Walid Cheddira (Bari), Youssef En-Nesyri (Sevilla), Abde Ezzalzouli (Osasuna), Abderrazak Hamdallah (Al Ittihad), Amine Harit (Olympique Marseille), Hakim Ziyech (Chelsea).

 

Rekor Pertemuan dan Performa Tim

Rekor Pertemuan

  • 20/06/1994: Belgia 1 – 0 Maroko (Piala Dunia)

 

5 Laga Terakhir Belgia

  • 24/11/2022: Belgia 1 – 0 Kanada (Piala Dunia)
  • 18/11/2022: Belgia 1 – 2 Mesir (Friendly)
  • 26/09/2022: Belanda 1 – 0 Belgia (Nations League)
  • 23/09/2022: Belgia 2 – 1 Wales (Nations League)
  • 15/06/2022: Polandia 0 – 1 Belgia (Nations League)

 

5 Laga Terakhir Maroko

  • 23/11/2022: Maroko 0 – 0 Kroasia (Piala Dunia)

  • 17/11/2022: Maroko 3 – 0 Georgia (Friendly)

  • 28/09/2022: Paraguay 0 – 0 Maroko (Friendly)

  • 24/09/2022: Maroko 2 – 0 Chile (Friendly)

  • 14/06/2022: Liberia 0 – 2 Maroko (Kualifikasi AFCON)

 

Baca Juga:  World Cup Qatar 2022, FIFA Fan Festival™ diluncurkan di Taman Al Bidda di Doha

 

Prediksi Skor Belgia Vs Maroko

  • Belgia 1-0 Maroko (SportsMole)
  • Belgia 2-0 Maroko (Sportskeeda)
  • Belgia 1-0 Maroko (Evening Standard)
  • Belgia 1-0 Maroko (Squawka)
  • Belgia 1-0 Maroko (WhoScored)

 

PELUANG MENANG

Peluang menang Belgia 51%, sedangkan Peluang Maroko 22% dan seri 27%.

Peluang Menang Belgia vs Maroko

 

Peluang Menang Belgia vs Maroko pada Piala Dunia Fifa 2022 Qatar

STATISTIK

 

Statistik penting Belgia vs Maroko:

  • Belgia dan Maroko pertama kali bertemu pada Piala Dunia 1994. Belgia menang 1-0 dalam pertandingan fase grup. Lima tahun kemudian menang 4-0 dalam laga persahabatan di Liege. Sebaliknya pada 2008, Maroko menang 4-1 dalam pertandingan persahabatan di Brussel.

  • Belgia menduduki peringkat teratas FIFA sejak September 2018 tidak lama setelah finis ketiga dalam Piala Dunia tahun itu di Rusia. Tapi Maret tahun ini posisinya digulingkan oleh Brazil.

  • Axel Witsel membuat debut, sedangkan Jan Vertonghen membuat penampilan ketujuhnya ketika Maroko mengalahkan Belgia 4-1 dalam pertandingan persahabatan di Brussel pada Maret 2008. Kedua pemain kini sudah lebih dari 100 kali membela timnas Belgia.

  • Dalam skuad Maroko ada empat pemain kelahiran Belgia, termasuk Bilal El Khannouss dan Anass Zaroury yang pernah membela timnas junior Belgia. Dua lainnya adalah Selim Amallah dan Ilias Chair.

 

Klasemen Grup F Piala Dunia 2022

Klasemen Belgia vs Maroko

 

# Team  MP W D L F A D P
1 Belgia  1 1 1 0 1 0 +1 1
2 Maroko  1 0 1 0 0 0 +0 1
3 Kroasia  1 0 0 0 0 0 +0 1
4 Kanada  1 0 0 1 0 0 -1 0

   

Skenario Pertandingan Belgia vs Maroko

Meskipun Roberto Martinez sangat menginginkan Romelu Lukaku bisa segera dimainkan akhir pekan ini, pencetak gol terbanyak Belgia itu mungkin belum akan siap untuk diturunkan. Ini membuat Michy Batshuayi kembali starter pada posisi ujung tombak yang diapit Kevin de Bruyne dan Eden Hazard di kedua sayap serangan dalam formasi 3-4-2-1.

Batshuayi menjadi deputi paling ideal untuk Lukaku karena terbukti produktif selama membela timnas. Sejak debut bersama timnas pada 2015, dia sudah memainkan 49 laga untuk menghasilkan 27 gol atau rata-rata sekitar satu gol per dua pertandingan. Tidak itu saja, golnya ke gawang Kanada dalam pertandingan pertama Grup F tiga hari lalu membuat Batshuayi sulit dikesampingkan oleh Roberto Martinez.

Sebaliknya dia akan siap membombardir Maroko bersama duet playmaker, de Bruyne dan Hazard. Kehadiran Axel Witsel dan Youri Tielemans sebagai penguasa lapangan tengah, membuat trio serang Belgia itu semakin nyaman menekan Maroko yang di atas kertas tidak lebih kuat dibandingkan dengan Kanada yang memuncaki kualifikasi Piala Dunia zona Concacaf. Roberto Martinez mungkin menurunkan dua starter baru di sayap pertahanan, yakni Thomas Meunier di kanan dan Amadou Onana di kiri.

Sedangkan Toby Alderweireld, Jan Vertonghen, dan Leander Dendoncke tetap mengisi formasi tiga bek di depan kiper Thibaut Courtois. Martinez masih menyimpan sejumlah pemain pengganti yang bisa membuat perbedaan besar dalam melawan Maroko, termasuk Lois Openda dan Leandro Trossard.

Sementara itu, Maroko akan kembali mempercayakan lini tengah untuk dipimpin Sofyan Amrabat sekalipun mendapatkan kartu kuning sewaktu menghadapi Kroasia.

Sukses menahan seri Kroasia menjadi jaminan bahwa pelatih Walid Regragui tidak akan mengubah starting eleven Maroko. Dia akan tetap memasangkan duo bek tengah Romain Saiss dan Nayef Aguerd dengan dua bek sayap yang masing-masing Achraf Hakimi di kanan dan Noussair Mazraoui di kiri untuk melindungi Yassine Bounou yang berada di bawah mistar gawang Maroko.

Kroasia kesulitan menembus kuartet pertahanan Maroko ini dan kemungkinan Belgia juga menghadapi situasi serupa kecuali mengimbuhkan kreativitas lebih baik di tengah maupun di kedua sayap. Tetapi sebelum berpikir ke sana Belgia harus hati-hati untuk tidak membuka ruang kepada trisula Maroko yang terdiri dari Hakim Ziyech, Youssef En-Nesyri dan Sofiane Boufal yang kerap merepotkan lawan seperti sewaktu menghadapi Kroasia tiga hari lalu.

 

Hasil Head to Head Belgia vs Maroko:

  • 19 Jun 1994 Belgia vs Maroko 1-0 07
  • Sep 1999 Belgia vs Maroko 4-0
  • 26 Mar 2008 Belgia vs Maroko 1-4

 

LINIMASA

 

Video Siaran Langsung :

Video siaran langsung pertandingan antara Belgia Vs Maroko:

 

 

 

Lihat :   Jadwal Piala Dunia 2022 Qatar Lengkap disini

 

 

Source:

 Google Detik.com  Liputan6.com

--------------

Agar anda tidak ketinggalan informasi terbaru seputar Piala Dunia, anda bisa join di Channel WA Tenggulangbaru.id dengan KLIK DI SINI. Selain itu Anda dapat menyimak update berita lainnya di tenggulangbaru.id dengan mengakses Google News.

Kirim Komentar

Komentar Facebook

Media Sosial

Facebook Twitter YouTube Instagram WhatsApp

Advertisement

Advertisement

Komentar

Azriel Maulana Al-Walid
21 Mei 2024 16:43:18
Saya pingin dapat PIP tahun 2024... selengkapnya
Azriel Maulana Al-Walid
21 Mei 2024 16:40:20
Butuh ... selengkapnya
Lestari marganinhrum
26 April 2024 09:40:01
Saya terdaftar pkh baru dan blom punya kks apakah bisa... selengkapnya
Zaky
25 April 2024 00:36:07
Saya mau dapat PIP, bagaimana cara mengajukannya?... selengkapnya
Topani Sahara
02 April 2024 21:28:46
Semoga artikel ini bermanfaat, ... selengkapnya
Topani
27 Maret 2024 18:33:27
Semoga bermanfaat... selengkapnya
Naning
21 Maret 2024 02:55:45
Kenapa kok dana pip yg lain keluar ini punya anak saya... selengkapnya
Topani
08 Maret 2024 16:10:05
Makasih pak Dafris... selengkapnya
Dafris
08 Maret 2024 15:16:52
Sukses ya...... selengkapnya
Sokewih
08 Maret 2024 10:46:14
Kenapa bpnt saya tidak cair?... selengkapnya

Sinergi Program

Lapak Tenggulang Baru
OpenDesa
PCNU Musi Banyuasin
The Express
SMP Hidayatut Thullab

Statistik Pengunjung

Hari ini:7.448
Kemarin:8.438
Total Pengunjung:270.938
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:172.70.34.147
Browser:Tidak ditemukan