Berolahraga dengan benar mengoptimalkan kesehatan fisik dan menguatkan mental. Baca selengkapnya Selain menyegarkan tubuh, olahraga dapat menyegarkan pikiran. Baca selengkapnya Membaca, bagi pikiran, seperti olahraga bagi tubuh. Baca selengkapnya Tertawa itu seperti olahraga untuk jiwa. Baca selengkapnya

  Artikel/Berita

CPNS

Penilaian PPPK 2022 - Panduan Sistem Informasi Manajemen Penilaian Kesesuaian Seleksi ASN PPPK 2022

Admin TB

26 November 2022 17:34:10

8.025 Kali Dibaca

Kemendikbudristek menjadwalkan penilaian kesesuaian untuk pelamar P2 dan P3 mulai hari ini, Minggu (27/11). Pelamar P2 dan P3 yang akan mengikuti penilaian kesesuaian tentunya khusus bagi pelamar yang lolos tes administrasi.

Peniliaian kesesuaian tersebut terdiri dari dua sesi, yakni sesi pertama adalah penilaian kesesuaian pelamar P2 dan P3 oleh pengawas, kepala sekolah dan guru senior. Serta sesi kedua yakni peniliaian kesesuaian pelamar P2 dan P3 oleh Dinas Pendidikan dan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM).

 

Baca Juga:  Permasalahan SSCASN yang Sering di Hadapi Ketika Mendaftar Seleksi PPPK

 

Dalam penilaian kesesuaian tersebut, pelamar P2 dan P3 perlu memperhatikan 4 poin ini. Berikut diantaranya:

  1. Dimensi kualifikasi akademik dan sertifikat pendidik. Hal yang harus dipertimbangkan adalah linieritas antara bidang tugas atau mata pelajaran dengan kualifikasi akademik S1 atau D-IV, dan/atau sertifikat pendidik.
  2. Dimensi kompetensi teknis. Ada 4 hal yang harus dipertimbangkan, yaitu profesional, pedagogik, sosial dan kepribadian.
  3. Dimensi kinerja. Bagian ini juga mempertimbangkan 4 aspek, yakni orientasi pelayanan, komitmen, inisiatif kerja dan kerja sama.
  4. Dimensi pemeriksaan latar belakang. Hal yang menjadi pertimbangan terkait dengan perundungan, kekerasan seksual, penyalahgunaan narkotika, psikotropika, dan zat adiktif lainnya (NAPZA), serta intoleransi.

Selain 4 poin penting di atas, bagi pelamar P2 dan P3 juga nantinya akan melewati wawancara dengan dua aspek penilaian yakni integritas dan moralitas.

 

Baca Juga:  Cara Mengatasi Masalah PPPK di SSCASN.GO.ID

 

Panduan Sistem Informasi Manajemen Penilaian Kesesuaian Seleksi ASN PPPK 2022

Pemilihan platform serta pengembangan aplikasi SIM Penilaian Kesesuaian Seleksi Guru ASN PPPK 2022 v5.4 ini memperhatikan serta mentaati peraturan perundangan UU ITE Pasal 25-34 tentang penggunaan perangkat lunak / keras (termasuk pembajakan) dan Surat Edaran Nomor: 05/SE/M.KOMINFO/10/2005 tentang Pemakaian dan Pemanfaatan Penggunaan Piranti Lunak Legal di lingkungan Instansi Pemerintah.

Juga Surat Edaran Menteri Ristek Nomor: 030/M/IV/2009 tentang Pemanfaatan Perangkat Lunak Legal dan Open Source Software (OSS) dan  Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor SE/01/M.PAN/3/2009 tentang Pemanfaatan Perangkat Lunak Legal dan Open Source Software (OSS).

Dengan demikian, Sistem Pendataan Pendidikan Dasar ini didesain untuk dapat digunakan pada berbagai platform sistem operasi apa saja (Windows, Linux, Unix, Apple dll) tanpa harus terikat pada salah satu sistem operasi komersial, sehingga dapat menghemat biaya.

Disarankan untuk memanfaatkan Sistem Operasi legal baik yang telah termasuk pada pembelian perangkat keras (OEM) ataupun membeli dan menginstall sistem operasi berlisensi. Jika hal tersebut tidak memungkinkan, sangat disarankan untuk menggunakan sistem operasi berbasis FOSS (Free/Open Source Software)..

Apabila terdapat kendala/masalah lain yang berkaitan dengan penggunaan aplikasi ini agar menghubungi layanan bantuan Seleksi ASN PPPK Kemendikbudristek melalui call center 1-500-997 atau laman https://gurupppk.kemdikbud.go.id/contact

 

Baca Juga:  Prediksi Laga Timnas Portugal vs Uruguay di Group F Piala Dunia FIFA 2022 Qatar

 

Prasyarat Penggunaan Aplikasi

Spesifikasi Komputer

Sistem Informasi Manajemen Penilaian Kesesuaian Seleksi ASN PPPK 2022 adalah aplikasi yang berbasis web sehingga tidak membutuhkan spesifikasi komputer yang terlalu spesifik. Namun terdapat spesifikasi minimal dan ideal dari komputer yang digunakan agar aplikasi ini dapat berjalan dengan baik.

  • Minimal
    • Komputer Intel Core tm i3
    • Memory 2GB
  • Ideal
    • Komputer Intel Core tm i5
    • Memory 4GB
  • Koneksi Internet
    • Minimal
      • 3 kbps
    • Ideal
      • 10 mbps

Persiapan

Sistem Informasi Manajemen Penilaian Kesesuaian Seleksi ASN PPPK 2022 berjalan menggunakan peramban (browser). Aplikasi ini berjalan dengan baik pada browser Google Chrome.

 

Baca Juga:  Laga Timnas Belgia Vs Maroko di Group F Piala Dunia FIFA 2022 Qatar

 

Akun

Ada 5 jenis akun dengan peran yang berbeda-beda pada aplikasi SIM Penilaian Kesesuaian Seleksi guru ASN PPPK 2022

  1. Dinas Pendidikan, memiliki peran untuk mencetak/membuat akun pengawas sekaligus memberikan penugasan sekolah binaan, serta berperan dalam menilai kinerja pada penilaian kesesuaian.
  2. Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) BKPSDM, memiliki peran dalam menilai kinerja pada penilaian kesesuaian.
  3. Pengawas Sekolah, memiliki peran untuk mencetak/membuat akun kepala sekolah serta menugaskan dan mencetak/membuat akun guru senior apabila terdapat sekolah yang tidak memiliki kepala sekolah. Pengawas sekolah juga berperan dalam menilai kompetensi dan kinerja pelamar pada penilaian kesesuaian.
  4. Kepala sekolah,  memiliki peran untuk menugaskan dan mencetak/membuat akun guru senior Kepala sekolah juga berperan dalam menilai kompetensi dan kinerja pelamar pada penilaian kesesuaian.
  5. Guru senior, berperan dalam menilai kompetensi dan kinerja pelamar pada penilaian kesesuaian

 

Baca Juga:  Laga Timnas Jepang Vs Kosta Rika di Grup E Piala Dunia FIFA 2022 Qatar

 

Pembuatan Akun Pengawas oleh Dinas Pendidikan

Dinas Pendidikan login di aplikasi menggunakan akun Dinas Pendidikan melalui laman https://gurupppk.kemdikbud.go.id/penilaianPPPK2022/#login.

Setelah berhasil login, maka Dinas Pendidikan akan diarahkan menuju halaman beranda. Pada sebelah kiri halaman beranda untuk Dinas Pendidikan terdapat beberapa menu yaitu:

  • Beranda: Berisikan informasi umum mengenai proses seleksi penilaian kesesuaian
  • Daftar Pengawas: Berisikan halaman pemetaan Pengawas dan sekolah, serta penugasan Pengawas oleh dinas pendidikan.
  • Pelamar: Berisikan halaman penilaian pelamar prioritas 2 dan priortias 3 yang akan dinilai oleh Dinas Halaman ini akan aktif jika waktu penilaian sudah memasuki waktu yang ditentukan.
  • Daftar nilai: Berisikan halaman daftar nilai dari para Pelamar seleksi kesesuaian Guru ASN PPPK 2022.
  • Helpdesk: Berisikan halaman layanan bantuan untuk mengajukan pertanyaan seputar seleksi penilaian kesesuaian.
Dinas Pendidikan diwajibkan untuk mengunduh dan mencetak akun pengawas satu per satu untuk dibagikan kepada masing-masing pengawas. Dinas Pendidikan diharakan untuk menjaga kerahasiaan dari file unduhan masing-masing akun pengawas karena didalamnya terdapat informasi username dan password yang digunakan dalam proses seleksi penilaian kesesuaian.

 

Baca Juga:  Laga Timnas Prancis dan Denmark di Grup D Piala Dunia FIFA 2022 Qatar

 

Pembuatan Akun Kepala Sekolah oleh Pengawas

Pengawas dapat login menggunakan akun yang diberikan oleh Dinas Pendidikan. Setelah Pengawas telah berhasil login, maka Pengawas akan diarahkan menuju halaman beranda aplikasi penilian guru. Pada sebelah kiri halaman beranda untuk Pengawas terdapat beberapa menu yaitu:

  • Beranda: Berisikan informasi umum mengenai proses seleksi penilaian kesesuaian
  • Daftar Sekolah Binaan: Berisikan daftar sekolah yang dibina oleh Pada halaman ini Pengawas dapat mengunduh akun kepala sekolah yang dapat digunakan untuk proses berikutnya.
  • Pelamar: Berisikan halaman penilaian pelamar prioritas 2 dan prioritas 3 yang akan dinilai oleh Pengawas. Halaman ini akan aktif jika waktu penilaian sudah memasuki waktu yang
  • Helpdesk: Berisikan halaman layanan bantuan untuk mengajukan pertanyaan seputar seleksi penilaian kesesuaian.
Pengawas diwajibkan untuk mengunduh akun Kepala Sekolah satu persatu dan membagikannya kepada kepala sekolah Pengawas dapat mengunduh akun kepala sekolah pada halaman Sekolah Binaan dengan menekan tombol unduh Akun Kepala Sekolah.

 

Baca Juga:  Banjir di Jeddah Setelah Curah Hujan 179 mm dalam 6 Jam

 

Pembuatan Akun Guru Senior oleh Kepala Sekolah

Kepala Sekolah dapat login menggunakan akun yang diberikan oleh pengawas melalui laman https://gurupppk.kemdikbud.go.id/penilaianPPPK2022/#login. Setelah Kepala Sekolah telah berhasil login, maka Kepala Sekolah akan diarahkan menuju halaman beranda aplikasi penilian Pada sebelah kiri halaman beranda untuk Kepala Sekolah terdapat beberapa menu yaitu:

  • Beranda: Berisikan informasi umum mengenai proses seleksi penilaian kesesuaian.
  • Guru Senior: Berisikan daftar Guru ASN yang ada di sekolah tersebut. Pada halaman ini Kepala Sekolah dapat menugaskan dan mengunduh akun Guru Senior yang dapat melakukan penilaian pelamar prioritas 2 dan prioritas 3.
  • Pelamar: Berisikan daftar pelamar prioritas 2 dan prioritas 3 yang akan dinilai oleh Kepala sekolah. Halaman ini akan aktif jika waktu penilaian sudah memasuki waktu yang sudah ditentukan.
  • Helpdesk: Berisikan halaman layanan bantuan untuk mengajukan pertanyaan seputar seleksi penilaian kesesuaian.
Kepala Sekolah menunjuk Guru Senior yang dapat melakukan penilaian kesesuaian pada halaman Guru Senior, dengan menekan Pilih Sebagai Guru Senior pada data Guru yang dipilih.
Kepala Sekolah harap untuk berhati-hati dalam memilih Guru Senior karena hanya dapat memilih sekali saja.
Kepala Sekolah dapat mengunduh akun Guru Senior dengan menekan tombol Unduh Akun GuruKepala Sekolah diwajibkan untuk mengunduh akun Guru Senior yang telah ditunjuk dan membagikannya kepada Guru yang bersangkutan.

 

Baca Juga:  Pidato Mendikbudristek Pada Peringatan Hari Guru Nasional 2022

 

Penilaian Pelamar Prioritas 2 dan Prioritas 3 oleh Guru Senior

Guru Senior dapat login menggunakan akun yang diberikan oleh Kepala Sekolah melalui laman https://gurupppk.kemdikbud.go.id/penilaianPPPK2022/#login. Guru Senior dapat melihat data pelamar dan melakukan penilaian pada halaman Pelamar.

Halaman Penilaian hanya dapat diakses pada waktu yang telah ditentukan. Untuk melakukan penilaian, Guru Senior sebagai penilai harus memilih terlebih dahulu Guru yang akan dinilai. Setelah memilih Guru yang akan dinilai, Guru Senior dapat memulai proses penilaian dengan menekan tombol Lakukan Observasi.

Penilaian kesesuaian oleh Guru senior terdiri dari dua aspek penilaian yaitu penilaian kompetensi dan penilaian kinerja. Penilai memilih salah satu jawaban yang paling sesuai diantara beberapa pilihan jawaban pada setiap Sistem akan menyimpan jawaban dari setiap pertanyaan ketika penilai menekan tombol lanjut.

Tombol nomor soal hanya akan aktif setelah pertanyaan terjawab. Penilai dapat melakukan perbaikan jawaban dengan menekan nomor urut soal selama proses penilaian belum diselesaikan.

Penilai tidak dapat menyelesaikan proses penilaian jika masih terdapat jawaban yang belum diisi.

Ketika penilai telah menjawab pertanyaan terakhir lalu menekan tombol lanjut, maka halaman penilaian akan tertutup. Sistem akan menganggap penilaian terhadap pelamar sudah selesai dan akan menyimpan jawaban.

 

Baca Juga:  Toyota All New Kijang Innova Zenix Bermesin hybrid, Kendaraan Listrik Pertama Toyota di Indonesia

 

Penilaian Pelamar Prioritas 2 dan Prioritas 3 oleh Kepala Sekolah

Kepala Sekolah dapat melihat data pelamar dan melakukan penilaian pada halaman Pelamar. Halaman Penilaian hanya dapat diakses pada waktu yang telah ditentukan. Untuk melakukan penilaian, Kepala Sekolah sebagai penilai harus memilih terlebih dahulu Guru yang akan Setelah memilih Guru yang akan dinilai, Kepala Sekolah dapat memulai proses penilaian dengan menekan tombol Lakukan Observasi.

Penilaian kesesuaian oleh Kepala Sekolah terdiri dari dua aspek penilaian yaitu penilaian kompetensi dan penilaian Penilai memilih salah satu jawaban yang paling sesuai diantara beberapa pilihan jawaban pada setiap pertanyaan. Sistem akan menyimpan jawaban dari setiap pertanyaan ketika penilai menekan tombol lanjut.

Tombol nomor soal hanya akan aktif setelah pertanyaan terjawab. Penilai dapat melakukan perbaikan jawaban dengan menekan nomor urut soal selama proses penilaian belum diselesaikan.

Penilai tidak dapat menyelesaikan proses penilaian jika masih terdapat jawaban yang belum diisi.Ketika Penilai telah menjawab pertanyaan terakhir lalu menekan tombol lanjut, maka halaman penilaian akan tertutup. Sistem akan menganggap penilaian terhadap pelamar sudah selesai dan akan menyimpan jawaban.

Setelah proses penilaian selesai oleh Kepala Sekolah, maka status penilaian akan ditambahkan telah diobservasi oleh Kepala Sekolah

 

Baca Juga:  Jadwal Piala Dunia 2022 Qatar Lengkap

 

Penilaian Pelamar Prioritas 2 dan Prioritas 3 oleh Pengawas

Pengawas dapat melihat data pelamar dan melakukan penilaian kepada peserta observasi pada halaman Pelamar. Halaman Penilaian hanya dapat diakses pada waktu yang telah ditentukan. Untuk melakukan penilaian, Pengawas sebagai penilai harus memilih terlebih dahulu Guru yang akan Setelah memillih Guru yang akan dinilai, Pengawas dapat memulai proses penilaian dengan menekan tombol Lakukan Observasi.

Penilaian kesesuaian oleh Pengawas terdiri dari dua aspek penilaian yaitu penilaian kompetensi dan penilaian kinerja. Penilai memilih salah satu jawaban yang paling sesuai diantara beberapa pilihan jawaban pada setiap Sistem akan menyimpan jawaban dari setiap pertanyaan ketika penilai menekan tombol lanjut.

Tombol nomor soal hanya akan aktif setelah pertanyaan terjawab, penilai dapat melakukan perbaikan jawaban dengan menekan nomor urut soal selama proses penilaian belum

Penilai tidak dapat menyelesaikan proses penilaian jika masih terdapat jawaban yang belum diselesaikan. Ketika Penilai telah menjawab pertanyaan terakhir lalu menekan tombol lanjut, maka halaman penilaian akan tertutup. Sistem akan menganggap penilaian terhadap pelamar sudah selesai dan akan menyimpan jawaban.

Setelah proses penilaian selesai oleh Pengawas, maka status penilaian akan ditambahkan telah diobservasi oleh Pengawas

 

Baca Juga:  Kata-kata untuk Hari Guru yang Baik dan Menyentuh Hati

 

Penilaian Pelamar Prioritas 2 dan Prioritas 3 oleh Dinas Pendidikan dan BKPSDM

Dinas Pendidikan dan BKPSDM dapat melihat data pelamar dan melakukan penilaian pada halaman Halaman Pelamar hanya dapat terbuka pada waktu yang telah ditentukan untuk penilaian Dinas Pendidikan dan BKPSDM. Untuk melakukan penilaian, Dinas Pendidikan dan BKPSDM sebagai penilai harus memilih terlebih dahulu Guru yang akan dinilai. Penilai dapat menggunakan filter nama Pengawas dan Sekolah untuk mempermudah pencarian Pelamar. setelah memillih guru yang akan dinilai, penilai dapat memulai proses penilaian dengan menekan tombol Lakukan Observasi.

Dinas Pendidikan dan BKPSDM melakukan pembobotan kepada pelamar dengan memilih satu dari lima bintang (rentang 60% - 100%) yang terdapat pada halaman penilaian. Penilai dapat menutup halaman penilaian dengan menekan tombol tutup untuk mengakhiri proses penilaian. Warna latar belakang pelamar yang telah dinilai akan berubah menjadi hijau.

Dinas Pendidikan atau BKPSDM dapat melihat nilai Pelamar yang telah diberi nilai pada menu Daftar Nilai.

 

--------------

Agar anda tidak ketinggalan informasi terbaru seputar CPNS, anda bisa join di Channel WA Tenggulangbaru.id dengan KLIK DI SINI. Selain itu Anda dapat menyimak update berita lainnya di tenggulangbaru.id dengan mengakses Google News.

Komentar

Ra

29 Maret 2023 03:37:38

Saya juga sependapat, bagaimana jika penilaian yang di lakukan oleh guru senior dimana guru senior lebih mengutamakan keluarga nya dan guru yang dekat dengannya Menurut saya itu tidak adil

BERLIANA LASE

27 November 2022 11:51:26

Saya merasa sedih karena disekolah saya ada dua orang yang dinilai, saya dan anak kepala sekolah.saya sudah lama mengabdi.sudah17 tahun lebih umur saya sudah 40 Tahun.tapi saya ragu kepala sekolah lebih memilih anaknya dari pada saya.

Kirim Komentar

Komentar Facebook

Media Sosial

Facebook Twitter YouTube Instagram WhatsApp

Advertisement

Advertisement

Komentar

Azriel Maulana Al-Walid
21 Mei 2024 16:43:18
Saya pingin dapat PIP tahun 2024... selengkapnya
Azriel Maulana Al-Walid
21 Mei 2024 16:40:20
Butuh ... selengkapnya
Lestari marganinhrum
26 April 2024 09:40:01
Saya terdaftar pkh baru dan blom punya kks apakah bisa... selengkapnya
Zaky
25 April 2024 00:36:07
Saya mau dapat PIP, bagaimana cara mengajukannya?... selengkapnya
Topani Sahara
02 April 2024 21:28:46
Semoga artikel ini bermanfaat, ... selengkapnya
Topani
27 Maret 2024 18:33:27
Semoga bermanfaat... selengkapnya
Naning
21 Maret 2024 02:55:45
Kenapa kok dana pip yg lain keluar ini punya anak saya... selengkapnya
Topani
08 Maret 2024 16:10:05
Makasih pak Dafris... selengkapnya
Dafris
08 Maret 2024 15:16:52
Sukses ya...... selengkapnya
Sokewih
08 Maret 2024 10:46:14
Kenapa bpnt saya tidak cair?... selengkapnya

Sinergi Program

Lapak Tenggulang Baru
OpenDesa
PCNU Musi Banyuasin
The Express
SMP Hidayatut Thullab

Statistik Pengunjung

Hari ini:4.875
Kemarin:5.169
Total Pengunjung:220.080
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:172.70.42.77
Browser:Tidak ditemukan