Selamat datang di website resmi Desa Tenggulang Baru -- selengkapnya... Mari kita saling bersinergi untuk mewujudkan pembangunan desa tercinta ini melalui semangat gotong royong dan kerjasama antar elemen masyarakat desa. -- selengkapnya... Lebih bijak dalam menyikaapi pandemi Corona Virus COVID-19 dengan mengetahui mencari informasi yang benar melalui Media Informasi Resmi Terkini Covid-19 -- selengkapnya... Bersama-sama mari kita putuskan rantai penyebaran COVID-19 dengan melakukan hal-hal berikut : 1. Menjaga kebersihan area rumah dan fasilitas umum seperti Masjid, Musholla, Sekolah dan lain-lain. 2. Menyediakan sarana cuci tangan barupa air mengalir dan sabun atau hand sanitizer di depan rumah. 3. Menunda kegiatan yang mengumpulkan banyak orang seperti pengajian, pernikahan, tontonan atau hiburan massa dan hajatan atau kegiatan serupa lainnya. Bersama-sama mari kita putuskan rantai penyebaran COVID-19 dengan melakukan hal-hal berikut : 1. Menjaga kebersihan area rumah dan fasilitas umum seperti Masjid, Musholla, Sekolah dan lain-lain. 2. Menyediakan sarana cuci tangan barupa air mengalir dan sabun atau hand sanitizer di depan rumah. 3. Menunda kegiatan yang mengumpulkan banyak orang seperti pengajian, pernikahan, tontonan atau hiburan massa dan hajatan atau kegiatan serupa lainnya. 4. Menunda bepergian keluar desa ataupun perjalanan keluar daerah. 5. Mengurangi kontak langsung seperti berjabat tangan, jika dilakukan biasakan segera mencuci tangan dengan air mengalir atau hand sanitizer. 6. Cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir /hand sanitizer dilakukan sebelum melakukan aktifitas dan setelah selesai aktifitas. 7. Terapkan etika batuk (tutup hidung dan mulut dengan tisu atau lengan atas bagian dalam). 8. Gunakan masker jika batuk / flu. 9. Melaporkan kepada perangkat desa atau petugas medis desa jika ada anggota keluarga yang baru datang dari luar daerah, terutama terhadap orang yang baru datang dari daerah terjangkit Covid-19, untuk pengecekan oleh petugas medis desa terlebih dahulu.

Artikel

Gempa Melanda Kepulauan Solomon, Peringatan Tsunami berlalu

22 November 2022 05:26:21  AdminTB  1.296 Kali Dibaca  Mancanegara

Kepulauan Solomon dilanda dua gempa bumi dalam waktu setengah jam, kata Survei Geologi Amerika Serikat.

Dirilis dari ABC Net, gempa dengan magnitudo 7,0 melanda lepas pantai barat daya pada Selasa sore pukul 13:00, awalnya memicu peringatan tsunami.

Gempa kedua, dengan magnitudo 6,0, melanda sekitar 30 menit kemudian.

Layanan Meteorologi Kepulauan Solomon mengatakan tidak ada ancaman tetapi memperingatkan tentang arus laut yang tidak biasa di pantai.

"Masyarakat juga diimbau untuk waspada karena gempa susulan diperkirakan akan terus berlanjut," kata seorang karyawan di media sosial.

Ada pemadaman listrik yang meluas dilaporkan, dan Penyiaran Kepulauan Solomon mengatakan dalam sebuah pernyataan di Facebook bahwa semua layanan radio tidak mengudara.

Seorang juru bicara perdana menteri mengatakan tidak ada kerusakan besar pada bangunan di pusat ibu kota, Honiara.

Gelombang berbahaya mungkin terjadi di pulau-pulau di kawasan itu, menurut Pusat Peringatan Tsunami Pasifik.

Gempa tersebut dapat menghasilkan gelombang hingga satu meter di atas permukaan air pasang untuk Kepulauan Solomon, dan gelombang yang lebih kecil untuk pantai Papua Nugini dan Vanuatu, kata Pusat tersebut.

Geoscience Australia mencatat gempa berkekuatan 6,9 SR.

Pusat gempa berada di lautan sekitar 56 kilometer barat daya ibu kota, Honiara, pada kedalaman 13 kilometer, menurut Survei Geologi Amerika Serikat.

Kepulauan Solomon berada di Cincin Api Pasifik, busur di sepanjang tepi Samudra Pasifik tempat banyak terjadi letusan gunung berapi dan gempa bumi.

Sementara itu dirilis dari The Sydney Morning Herald, pihak berwenang di Kepulauan Solomon mengatakan tidak ada peringatan tsunami yang akan dikeluarkan setelah Sistem Peringatan Tsunami AS mengeluarkan peringatan pada hari Selasa setelah gempa kuat melanda Malango pada pukul 13.03 AEDT.

Survei Geologi Amerika Serikat merevisi kekuatan gempa menjadi 7 dari skala 7,3 pada kedalaman 13 km.

Geoscience Australia menempatkan besarnya gempa di 6,9 dan kedalamannya di 4km. Tiga gempa susulan diukur pada 5,1 hingga 6 pada kedalaman 10 km. Semakin dangkal gempa, semakin lebar lingkaran goncangan dan potensi kerusakan.

"Gelombang tsunami yang berbahaya mungkin terjadi di pantai dalam jarak 300 km dari pusat gempa," kata sistem peringatan tsunami AS dalam pernyataan aslinya.

Tidak ada laporan segera tentang kerusakan atau cedera yang meluas.

Seorang juru bicara kantor Perdana Menteri Kepulauan Solomon Manasseh Sogavare mengatakan orang-orang disarankan untuk pindah ke tempat yang lebih tinggi.

Sore harinya, Layanan Meteorologi Kepulauan Solomon mengatakan tidak ada ancaman tsunami ke negara itu, tetapi memperingatkan tentang arus laut yang tidak biasa di wilayah pesisir.

“Masyarakat juga diimbau untuk waspada karena gempa susulan diperkirakan akan terus berlanjut,” kata seorang karyawan di media sosial.

Pemadaman listrik yang meluas dilaporkan di seluruh pulau dan Penyiaran Kepulauan Solomon mengatakan dalam sebuah pernyataan di Facebook bahwa semua layanan radio tidak mengudara.

Kantor Penanggulangan Bencana Nasional mengatakan telah menerima laporan bahwa masyarakat merasakan gempa tetapi sedang menunggu laporan kerusakan.

"Orang-orang di Honiara pindah ke tempat yang lebih tinggi beberapa menit setelah gempa tetapi beberapa sekarang telah pindah ke bawah," kata seorang pejabat kepada Reuters melalui telepon.

Seismologi Fiji mengatakan gempa tersebut tidak menimbulkan ancaman tsunami langsung ke negara kepulauan itu sekitar 2.000 km ke arah tenggara.

Wartawan lepas Charley Piringi mengatakan dia sedang berdiri di luar gudang di sebelah sekolah dasar dan menengah di pinggiran ibu kota, Honiara, ketika gempa melanda, membuat anak-anak berlarian.

"Gempa mengguncang tempat itu," katanya. “Itu sangat besar. Kami semua terkejut, dan semua orang berlarian kemana-mana.”

ARTIKEL TERKAIT: 

Pusat Peringatan Tsunami Pasifik memperkirakan tidak ada ancaman tsunami yang lebih luas. Gempa tersebut dapat menghasilkan gelombang hingga 1 meter di atas permukaan air pasang untuk Kepulauan Solomon, kata pusat tersebut, dan gelombang yang lebih kecil untuk pantai Papua Nugini dan Vanuatu.

BOM mengeluarkan pernyataan yang mengatakan tidak ada ancaman tsunami ke daratan, pulau, atau wilayah Australia.

Kepulauan Solomon berada di Cincin Api Pasifik, busur di sepanjang tepi Samudra Pasifik tempat banyak terjadi letusan gunung berapi dan gempa bumi.

Itu terjadi ketika petugas penyelamat di Indonesia masih mencari korban gempa berkekuatan 5,6 yang menewaskan sedikitnya 162 orang pada hari Senin.

 

Sumber:

ABC News , The Sydney Morning Herald

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur

Back Next

 Arsip Artikel

 Statistik

 Media Sosial

 Safelinku

 Peta Wilayah

 Komentar

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : SP 5, Tenggulang Baru Kec. Babat Supat Kab. Musi Banyuasin Prov. Sumatera Selatan
: Tenggulang Baru
Kecamatan : Babat Supat
Kabupaten : Musi Banyuasin
Kodepos : 30755
Telepon : 08117324000
Email : [email protected]

 Sinergi Program

OpenDesa
SMP Hidayatut Thullab
PCNU Musi Banyuasin
Masjid Darul Abror
Lapak Tenggulang Baru
The Express

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:2.349
    Kemarin:47.792
    Total Pengunjung:5.437.584
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:172.71.222.75
    Browser:Tidak ditemukan