Berolahraga dengan benar mengoptimalkan kesehatan fisik dan menguatkan mental. Baca selengkapnya Selain menyegarkan tubuh, olahraga dapat menyegarkan pikiran. Baca selengkapnya Membaca, bagi pikiran, seperti olahraga bagi tubuh. Baca selengkapnya Tertawa itu seperti olahraga untuk jiwa. Baca selengkapnya

  Artikel/Berita

BERITA

Pj Bupati Muba Teken Kesepakatan Bangun Jaringan Fiber Optik Internet untuk Semua Kecamatan di Muba

Admin TB

16 November 2022 19:45:44

700 Kali Dibaca

SEKAYU-Pj Bupati Musi Banyuasin, H Apriyadi menjamin dalam tempo mendatang Kabupaten yang dipimpinnya makin kokoh menuju smart regency. Pemkab Muba melalui Dinas Komunikasi dan Informatika terus menggenjot ketersediaan jaringan internet di seluruh kecamatan hingga desa sehingga langkah ini percepatan Muba bebas blankspot.

"Dalam dua - tiga pekan ke depan,Muba bakal memasuki era baru kabupaten yang fokus pada pembangunan, pengembangan dan penguatan Infrastruktur Internet. Kita tidak sendiri tapi didukung BUMN terkemuka yang membidangi komunikasi. Secara intens kami dan pimpinan tertinggi BUMN yang ada di wilayah Sumatera Selatan ini menyusun poin untuk memasuki tahapan kerjasama," terang Pj Bupati Muba H Apriyadi, Kamis (27/10/2022).

Baca Juga :  Cara Menggunakan e-Materai atau Materai Elektronik serta Tempat Membelinya

Meski masih merahasiakan nama BUMN tersebut namun dirinya memberi bocoran bahwa perusahaan plat merah ini telah menjadi urat nadi telekomunikasi di Indonesia. Dirinya sengaja merahasiakan pihak yang akan digandeng Pemkab Muba demi kenyamanan para pihak serta penghormatan atas rancangan naskah kesepakatan yang dibuat.

"Publik pasti tahu paling duluan saat kami meneken kerjasama ( MoU). Begitu diteken kesepakatan bersama ini bisa dipastikan Muba makin punya upaya yang terarah, terpadu dan berkelanjutan dalam pembangunan Smart Regency Musi Banyuasin," tegasnya.

Baca Juga :  KTT G20 (Konferensi Tingkat Tinggi G20 Bali 2022

Dijelaskan oleh Apriyadi, kerjasama akan menumbuhkan, mengembangkan dan memanfaatkan potensi daerah serta meningkatkan kapasitas perangkat daerah dan masyarakat melalui penerapan dan pemasyarakatan teknologi digital.

"Biar saat Smart Regency Musi Banyuasin terwujud semua pihak tahu bahwa ini sebuah usaha bersama semua elemen masyarakat di Muba. Sehingga ketika dilakukan penggunaan teknologi informasi Government to Government maupun Citizen to Government warga diuntungkan. Sebab pemerintah selalu bertujuan mewujudkan percepatan pelaksanaan pelayanan publik berbasis teknologi informasi," dan yang pastinya Pembangunan Jaringan Internet ini dilakukan oleh pihak BUMN (Non APBD) dan Pembangunannya melalui anggaran Mereka dan ini kerja sama yang sangat membantu daerah kita Musi Banyuasin tandas Apriyadi.

Baca Juga :  Menunggu 4 Tahun Akhirnya Bansos PKH Cair 20 Juta

Kadis Kominfo Muba, Herryandi Sinulingga,AP mengatakan sejumlah payung hukum yang melandasi kerjasama ini. "Ada lebih lima peraturan perundangan yang menaungi rencana kerjasama ini. Antara lain Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2018 Nomor 182), Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 22 Tahun 2020 tentang Tata Cara Kerja Sama Daerah dengan Daerah Lain dan Daerah dengan Pihak Ketiga (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2020 Nomor 171), laluP eraturan Bupati Musi Banyuasin Nomor 21 Tahun 2018 tentang Kabupaten Cerdas Musi Banyuasin (Berita Kabupaten Musi Banyuasin Tahun 2018 Nomor 21), serta Peraturan Bupati Musi Banyuasin Nomor 41 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (Berita Kabupaten Musi Banyuasin Tahun 2021 Nomor 41),"beber Sinulingga.

Menurutnya internet dan solusi teknologi informasi, sangat relevan dan mendukung terwujudnya smart regency. Langkah komunikasi dan sosialisasi ini juga memperkuat implementasi program pembangunan infrastruktur internet.

"Objek kerjasama adalah pembangunan smart regency dengan ruang lingkup kesepakatan berupa pembangunan Infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi; pengembangan jaringan akses koneksi internet di seluruh wilayah 15 kecamatan dengan membangun Jaringan Fiber Optik langsung Melalui Satelit dan pembangunan pusat digital kreatif. Saat kerjasama diteken pada pertengahan November maka saat itu juga pembangunan jaringan fiber optik di 15 kecamatan mulai dibangun," dan jaminan dari pihak BUMN Jaringan internet ini sudah bisa aktif diakhir tahun 2022 ini kata dia menjawab pertanyaan awak media.

Baca Juga :  Penyebab Bansos PKH Tahap 4 pada November 2022 Tidak Cair Lagi

Sementara itu di rilis dari AkselNews.com, gebrakan kembali dilakukan Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Musi Banyuasin (Muba). Kali ini, terobosan yang dilakukan adalah mengandeng PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk melalui MoU di Hotel Harper Palembang, Senin (14/11/2022).

Penandatanganan Kerjasama Pembangunan Fiber Optik Di Kabupaten Muba 

Kerjasama ini guna membangun Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) menuju Daerah cerdas berbasis Teknologi Informasi (Smart City).

“Saya apresiasi atas trobosan Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Muba menggandeng PT Telkom Indonesia Witel Sumsel, untuk membuat daerah kita menjadi bebas blankspot. Saya tantang kepala Perangkat Daerah lainnya untuk melakukan trobosan-trobosan yang membangun bagi Kabupaten Muba,” pungkasnya.

Apriyadi menyebutkan, melaui momen penandatangan kesepakatan dengan pihak PT Telkom Indonesia, dirinya merasa mendapatkan energi baru untuk mempercepat pembangunan Kabupaten Muba kearah yang berkemajuan.

“Kita akan terus memndukung dan membangun program-program yang bertujuan untuk membangun Kabupaten tercinta ini, termasuk hari ini kita laksanakan penandatanganan kerjasama ini sebagai bagian dari komitmen kita bersama dalam mengembangkan sektor ekonomi kita, termasuk sektor UMKM berbasis Digital, saya sangat yakin dan percaya bahwa kebersamaan kita hari ini, Pemkab Muba dengan PT Telkom Indonesia adalah langkah yang sangat tepat, dengan adanya kerjasama ini nantinya bisa membantu kita dalam mengembangkan sektor ekonomi berbasis digital,” ungkap Pj Bupati Muba.

Baca Juga :  Bibit Siklon 93S atau Badai Besar Di Samudera Hindia Barat Daya Bengkulu Berserta Dampaknya

Sementara itu General Manager Witel Sumsel PT Telkom Indonesia, Setyawan Nugroho sempat memuji gerak cepat Pj Bupati Muba dalam upaya terciptanya suatu kerjasama ini dan pertama di Provinsi Sumsel adanya trobosan kerjasama seperti ini.

“Harus saya akui bahwa bapak Bupati kita ini adalah benar-benar sosok yang energik dan gesit, didukung oleh Kepala Dinkominfo nya yang penuh semangat untuk melakukan teobosan kerjasama ini. Alhamdullilah setelah melalui diskusi bersama, kita sepakat untuk memabngun dan mengembangkan suatu sistem berbasis digital sesuai tuntutan jaman saat ini, kami sangat berkeyakinan bahwa visi  Pj Bupati Muba untuk membangun suatu masyarakat yang sejahtera akan terwujud,” ungkapnya.

Menurut laporan Kepala Dinas Kominfo Muba Herryandi Sinulingga AP, kesepakatan bersama ini dimaksudkan sebagai upaya yang terarah , terpadu dan berkelanjutan yang dilakukan bersama oleh para pihak dalam pembangunan Smart Regency Musi Banyuasin.

“Kesepakatan Bersama ini bertujuan, mengembangkan dan memanfaatkan potensi daerah serta meningkatkan kapasitas perangkat daerah dan masyarakat melalui penerapan dan pemasyarakatan teknologi digital, guna mendukung pembangunan Kabupaten Muba untuk mewujudkan Smart Regency Muba,” bebernya.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Masalah PPPK di SSCASN.GO.ID

Lanjutnya, kemudian untuk meingkatkan penggunaan teknologi informasi government to government, maupun citizen to government sehingga pelaksanaan pelayanan publik di Kabupaten Muba yang berbasis teknologi informasi dapat terwujud.

“Adapun ruang lingkup kerjasama ini meliputi, pembangunan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi, pengembangan jaringan akses koneksi internet di seluruh wilayah kecamatan, Telkom akan melakukan pembangungan jaringan fiber optik ke 13 kecamatan, serta pemasangan internet satelit star link untuk 2 kecamatan (kecamatan Keluang dan kecamatan Lalan), serta pembangunan pusat digital kreatif,”jelas Kadinkominfo Muba.

Turut hadir perwakilan Forkopimda Muba, Kepala Perangkat Daerah terkait, perwakilan Dinas Kominfo Pemprov Sumsel dan seluruh Camat se Kabupaten Muba.

 

Sumber: 

mubakab-id   akselnews-com 

--------------

Agar anda tidak ketinggalan informasi terbaru seputar BERITA, anda bisa join di Channel WA Tenggulangbaru.id dengan KLIK DI SINI. Selain itu Anda dapat menyimak update berita lainnya di tenggulangbaru.id dengan mengakses Google News.

Kirim Komentar

Komentar Facebook

Media Sosial

Facebook Twitter YouTube Instagram WhatsApp

Advertisement

Arsip Artikel

Advertisement

Komentar

Azriel Maulana Al-Walid
21 Mei 2024 16:43:18
Saya pingin dapat PIP tahun 2024... selengkapnya
Azriel Maulana Al-Walid
21 Mei 2024 16:40:20
Butuh ... selengkapnya
Lestari marganinhrum
26 April 2024 09:40:01
Saya terdaftar pkh baru dan blom punya kks apakah bisa... selengkapnya
Zaky
25 April 2024 00:36:07
Saya mau dapat PIP, bagaimana cara mengajukannya?... selengkapnya
Topani Sahara
02 April 2024 21:28:46
Semoga artikel ini bermanfaat, ... selengkapnya
Topani
27 Maret 2024 18:33:27
Semoga bermanfaat... selengkapnya
Naning
21 Maret 2024 02:55:45
Kenapa kok dana pip yg lain keluar ini punya anak saya... selengkapnya
Topani
08 Maret 2024 16:10:05
Makasih pak Dafris... selengkapnya
Dafris
08 Maret 2024 15:16:52
Sukses ya...... selengkapnya
Sokewih
08 Maret 2024 10:46:14
Kenapa bpnt saya tidak cair?... selengkapnya

Sinergi Program

Lapak Tenggulang Baru
OpenDesa
PCNU Musi Banyuasin
The Express
SMP Hidayatut Thullab

Statistik Pengunjung

Hari ini:5.489
Kemarin:5.169
Total Pengunjung:220.694
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:172.70.42.77
Browser:Tidak ditemukan