Selamat datang di website resmi Desa Tenggulang Baru -- selengkapnya... Mari kita saling bersinergi untuk mewujudkan pembangunan desa tercinta ini melalui semangat gotong royong dan kerjasama antar elemen masyarakat desa. -- selengkapnya... Lebih bijak dalam menyikaapi pandemi Corona Virus COVID-19 dengan mengetahui mencari informasi yang benar melalui Media Informasi Resmi Terkini Covid-19 -- selengkapnya... Bersama-sama mari kita putuskan rantai penyebaran COVID-19 dengan melakukan hal-hal berikut : 1. Menjaga kebersihan area rumah dan fasilitas umum seperti Masjid, Musholla, Sekolah dan lain-lain. 2. Menyediakan sarana cuci tangan barupa air mengalir dan sabun atau hand sanitizer di depan rumah. 3. Menunda kegiatan yang mengumpulkan banyak orang seperti pengajian, pernikahan, tontonan atau hiburan massa dan hajatan atau kegiatan serupa lainnya. Bersama-sama mari kita putuskan rantai penyebaran COVID-19 dengan melakukan hal-hal berikut : 1. Menjaga kebersihan area rumah dan fasilitas umum seperti Masjid, Musholla, Sekolah dan lain-lain. 2. Menyediakan sarana cuci tangan barupa air mengalir dan sabun atau hand sanitizer di depan rumah. 3. Menunda kegiatan yang mengumpulkan banyak orang seperti pengajian, pernikahan, tontonan atau hiburan massa dan hajatan atau kegiatan serupa lainnya. 4. Menunda bepergian keluar desa ataupun perjalanan keluar daerah. 5. Mengurangi kontak langsung seperti berjabat tangan, jika dilakukan biasakan segera mencuci tangan dengan air mengalir atau hand sanitizer. 6. Cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir /hand sanitizer dilakukan sebelum melakukan aktifitas dan setelah selesai aktifitas. 7. Terapkan etika batuk (tutup hidung dan mulut dengan tisu atau lengan atas bagian dalam). 8. Gunakan masker jika batuk / flu. 9. Melaporkan kepada perangkat desa atau petugas medis desa jika ada anggota keluarga yang baru datang dari luar daerah, terutama terhadap orang yang baru datang dari daerah terjangkit Covid-19, untuk pengecekan oleh petugas medis desa terlebih dahulu.

Artikel

Bansos BLT BBM 2022 Tahap 2 Cair November, Cara Daftar dan Cek Penerima secara Online

19 Oktober 2022 18:44:53  AdminTB  328.741 Kali Dibaca 

Bantuan langsung tunai bahan bakar minyak (BLT BBM) sebesar Rp 300.000 tahap 2 dijadwalkan akan cair pada November 2022.

Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Isa Rachmatarwata menyampaikan, mekanisme pembayaran BLT BBM dilakukan dua kali, yaitu tahap pertama sebesar Rp 300.000 pada September lalu dan tahap kedua Rp 300.000 pada November 2022.

Baca Juga: Program Kartu Prakerja Berlanjut di Tahun 2023 yang Memberikan Bantuan Pelatihan Lebih Besar

"Ini disalurkan dalam bentuk dua bulan sekali, di mana September dan Oktober masing-masing Rp 150.000 dan ini sudah disalurkan sebanyak Rp 300.000 per keluarga. Nanti di November akan disalurkan yang kedua Rp 300.000 lagi," ujar Isa seperti dikutip dari pemberitaan sebelumnya, Sabtu (1/9/2022).

Pemerintah memberikan bantuan BLT BBM sebesar Rp 150.000 per bulan untuk masing-masing penerima selama empat bulan, dari September hingga Desember 2022. Artinya, penerima manfaat akan memperoleh bantuan dengan total sebesar Rp 600.000.

Kebijakan BLT BBM ini diperuntukkan bagi 20,65 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang masing-masing menerima Rp150 ribu per bulan per KPM.

Pada tahap I yakni September 2022 telah tersalurkan untuk dua bulan yaitu September dan Oktober, sehingga masing-masing KPM secara tunai menerima Rp300 ribu. Penyalurannnya PT Pos Indonesia.

Sementara itu untuk penyaluran tahap kedua direncanakan akan disampaikan pada November. Penyaluran tahap II ini merupakan penyampaian BLT BBM untuk November dan Desember.

Baca Juga: Cek Bantuan Langsung Tunai atau BLT BBM 2022 melalui DTKS Cek Bansos Kemensos

“September-Oktober ini sudah disalurkan sebanyak Rp300 ribu per keluarga. Nanti November akan disalurkan yang kedua Rp300 ribu lagi. Jadi totalnya sampai dengan akhir tahun ini Rp600 ribu untuk penerimanya tadi 20,65 juta KPM,” ujar Isa seperti dilansir laman Kementeruan Keuangan.

Sebelumnya, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati memaparkan pengalihan subsidi dan kompensasi BBM menjadi BLT BBM dialokasikan sebesar Rp24,17 triliun yang terdiri atas dua jenis.

Baca Juga: CEK BANTUAN SUBSIDI UPAH 2022 DAN PERSYARATAN MENDAPATKANNYA

Pertama, bantuan Subsidi Upah (BSU) sebesar Rp600.000 yang akan diberikan kepada 14,6 juta pekerja dengan gaji di bawah Rp3,5 juta.

Kedua, BLT BBM yang akan diberikan kepada 20,65 keluarga penerima manfaat sebesar Rp150.000 per bulan, diberikan sebanyak empat bulan.

Selain itu, pemerintah daerah juga ikut menggunakan 2% Dana Transfer Umum (Dana Alokasi Umum dan Dana Bagi Hasil) yang berasal dari APBN untuk mendanai (earmark) program perlindungan sosial, penciptaan lapangan kerja dan subsidi/bantuan sektor transportasi seperti angkutan umum, ojek, nelayan, dan UMKM.

Upaya bersama antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam memberikan bantalan sosial tambahan bagi masyarakat miskin dan rentan tersebut, bertujuan untuk menguatkan daya beli masyarakat serta menurunkan angka kemiskinan.

Baca Juga: Kenapa Saya Tidak Dapat Bansos?, Pertanyaan dan Jawaban Seputar Bansos

Sebelumnya, kenaikan konsumsi BBM yang signfikan sebagai tanda perekonomian masyarakat yang mulai pulih menyebabkan kuota volume solar dan pertalite bersubsidi diperkirakan akan habis pada bulan Oktober 2022.

Hingga Agustus 2022, konsumsi solar bersubsidi sudah mencapai 11,4 juta kiloliter dari total kuota 15,1 juta kiloliter dan konsumsi pertalite bersubsidi sudah mencapai 19,5 juta kiloliter dari total kuota 23,05 juta kiloliter untuk tahun 2022.

Pemerintah telah menaikkan anggaran subsidi dan kompensasi BBM tahun 2022 lebih dari tiga kali lipat, dari Rp152,5 triliun menjadi Rp502,4 triliun.

Baca Juga: Program Kartu Prakerja Berlanjut di Tahun 2023 yang Memberikan Bantuan Pelatihan Lebih Besar

Namun jika konsumsi BBM melebihi kuota subsidi, diperkirakan anggaran subsidi dan kompensasi BBM akan membengkak lebih besar lagi.

Sementara itu anggaran subsidi dan kompensasi yang sangat besar itu justru lebih banyak dinikmati oleh masyarakat mampu.

Rumah tangga mampu menyerap 80% konsumsi pertalite, sedangkan rumah tangga miskin dan rentan hanya menyerap 20% saja. Artinya, subsidi yang diberikan salah sasaran.

Oleh karenanya, langkah pemerintah untuk memperbaiki subsidi salah sasaran menjadi tepat sasaran dilakukan dengan cara mengalihkan anggaran subsidi dan kompensasi BBM menjadi BLT BBM bagi masyarakat yang rentan dan miskin.

“Ini adalah pilihan terakhir pemerintah, yaitu mengalihkan subsidi BBM. Sehingga harga beberapa jenis BBM yang selama ini mendapat subsidi akan mengalami penyesuaian dan sebagian subsidi BBM akan dialihkan untuk bantuan yang lebih tepat sasaran,” tegas Presiden Joko Widodo dalam Konferensi Pers perihal Pengalihan Subsidi BBM pada Sabtu, 3 September 2022.

Seperti diketahui, daftar penerima BLT BBM 2022 mengacu pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) milik Kementerian Sosial (Kemensos).

Adapun untuk bansos BLT BBM tahun ini, terdapat fitur pengusulan penerima manfaat yang bisa diakses oleh masyarakat umum. Pengusulan penerima BLT BBM 2022 dapat dilakukan melalui aplikasi Cek Bansos Kemensos.

 

CARA CEK PENERIMA BLT BBM ONLINE

Berikut cara cek penerima BLT BBM 2022 secara online menggunakan browser atau aplikasi peramban lainnya lewat Cek Bansos seperti dilansir oleh Kementerian Sosial:

  • Buka laman cekbansos.kemensos.go.id
  • Masukkan provinsi, kabupaten, kecamatan, dan desa atau kelurahan
  • Masukkan nama PM (Penerima Manfaat) sesuai KTP
  • Ketik 8 huruf kode (dipisahkan spasi) sesuai yang tertera dalam kotak kode
  • Jika kode huruf kurang jelas, klik "refresh" untuk mendapatkan huruf kode baru
  • Kemudian, klik "cari data".
  • Selanjutnya, website akan menampilkan nama penerima manfaat sesuai wilayah atau daerah yang dimasukkan.
  • Hasil pencarian penerima yang mendapatkan bansos Kemensos melalui aplikasi Cek Bansos akan menampilkan informasi yang berisikan nama penerima, umur, dan jenis bantuan yang diperoleh.
  • Jika nama yang dicari tersebut tidak masuk dalam penerima bansos, maka akan muncul keterangan “Tidak Terdapat Peserta/PM”.

 

Cara Daftar Penerima Bansos BLT BBM Kemensos 2022

Dilansir dari informasi resmi Kemensos, untuk mengakses aplikasi Cek Bansos dibutuhkan akun. Anda yang belum memiliki akun, dapat membuat akun baru dengan klik tombol "Buat Akun".

Anda wajib mengisikan sejumlah informasi sesuai data kependudukan, mengunggah foto KTP, dan akan mendapatkan kode OTP melalui alamat e-mail untuk verifikasi akun.

Adapun langkah-langkah pengusulan penerima bansos BLT BBM 2022 lewat aplikasi Cek Bansos dilakukan dengan cara berikut:

  1. Login ke aplikasi Cek Bansos dengan akun yang telah terdaftar, lalu pilih menu ‘Daftar Usulan’
  2. Isikan data kependudukan dari orang yang diusulkan, karena data akan dipadankan dan diverifikasi oleh verifikator
  3. Saat mengusulkan penerima bansos BLT, Anda juga harus melampirkan swafoto KTP dan foto kondisi rumah
  4. Setelah itu, klik “Tambah Usulan” dan pengusulan penerima BLT telah selesai, dan dapat menunggu verifikasi data yang diusulkan oleh Kemensos.

Sebagai informasi, penyaluran bansos BLT BBM diberikan kepada penerima yang terdaftar dalam DTKS Kemensos. Data milik Kemensos ini akan dilakukan perubahan data atau diperbarui setiap bulannya.

Terkait pencairan bantuan BLT BBM tahun ini, penerima dapat mengambilnya melalui kantor pos terdekat dengan membawa sejumlah dokumen yang dibutuhkan.

“Semoga bantuan sosial ini akan membantu meringkankan serta melindungi masyarakat rentan dan miskin dari tekanan gejolak kenaikan harga global sehingga angka kemiskinan Indonesia tetap dapat kita upayakan menurun,” tutur Menteri Keuangan. [admin-TB]

 

Aswin nasution
04 Desember 2022 12:27:49
Saya supir angkot,muda2han dapat BBM
ENUNU SUSILAWATI
02 Desember 2022 12:31:12
Semoga saya dapet bantuan BBM aminn
Atang Andrian
29 November 2022 12:31:55
Saya belum pernah mendapatkan bantuan apapun dari pemerintah..padahal saya hidup sendiri sebatang kara....nasib gak punya saudara pejabat ya gini ....????????
Nana
28 November 2022 06:25:21
Sayah ga dapet bantuan
Hadad alhusaeni
26 November 2022 10:31:47
Bansos BBM
Dedeh
25 November 2022 07:10:38
Kenapa saya belom pernah dapet PKH
TINAH
25 November 2022 06:29:38
Cek penerima bbm
SUGENGPRIYANTO
23 November 2022 17:37:05
Apa aku tanpa bansos bbm
DEDI
23 November 2022 14:30:24
Apa Sayah Dapat bantuan BBM
Rob
23 November 2022 07:41:25
Kenapa di Banjarmasin habya dapat 300.000 saja?
Sri Susri Yanti. Djopau
21 November 2022 11:44:45
Apakah sya dapat bantuan Bansos Bbm? ??
Andre laslanut
21 November 2022 11:38:42
Apakah sya dapat banyan Bansos Bbm bulan in
Nanang nazmk
20 November 2022 17:24:26
Apa saya bisa mendapatkan bansos
M arip firdaus
20 November 2022 04:19:39
Pengen BBM buat cari kerja Buat modal
M.mahtub
19 November 2022 16:28:12
Sempga dapat bantuan dari pemetintah
IFAN SOAPNDI
17 November 2022 00:54:06
bismilah semoga dapat
Sunarya
15 November 2022 04:51:45
Cara daftar bagai mana
zadrak mata lay
14 November 2022 14:12:08
apakah sy dpt bantuan
Dede kosasih
13 November 2022 22:39:36
Daptar
Silfester sainoin
11 November 2022 12:15:17
Selamat pak
ARI KURNIADI
10 November 2022 06:46:28
Apakah saya termasuk penerima blt BBM, dan kapan keluarnya
Asep Maulana
10 November 2022 06:08:01
Smoga cpt cair
Asep Maulana
10 November 2022 06:03:52
Smoga cpt cair
ENDI SAPUTRA
09 November 2022 16:12:40
Cek bantuan
Yana afria ningsih
09 November 2022 11:27:24
Cek BLT
Yuyun ernawati
07 November 2022 20:22:28
Apakah saya dapat bantuan
Vani nurwanti
07 November 2022 10:23:42
Smoga saya bisa menang buatt kebutah anak saya
Serly
06 November 2022 14:05:56
Bantuan bbm
edi syahputra
06 November 2022 11:16:51
saya belum dapa bantuan BLT
Muhajirin
05 November 2022 05:29:42
Semoga TK salah sasaran.dn kdpn y bsalbih baik.untuk rakyat yg membutuh kn
purnomo
03 November 2022 01:48:34
semoga tahapan in5i segera di cairkan
ARIYA
27 Oktober 2022 17:13:52
Apa kah ini benar?.
Tamrin
27 Oktober 2022 03:06:04
Semoga saya dapat bantun bansos bbm
Syarifudin
26 Oktober 2022 06:33:32
Mudah2an bisa bantu
Syarifudin
26 Oktober 2022 06:31:54
Semoga ada rejeki saya
abdul galib
26 Oktober 2022 00:31:32
ok
abdul galib
26 Oktober 2022 00:30:16
ok
Neni
24 Oktober 2022 23:39:57
Apa saya dapat bantuan BBM ini
Rizki teguh Prasetyo
24 Oktober 2022 20:27:48
Semoga saya dapat bantuan bansos , walaupun saya belom daftar
Putri Adriyani
24 Oktober 2022 14:09:18
Semoga dengan bantuan ini bener2 bisa bermanfaat
Jojo sumandang
23 Oktober 2022 19:09:41
Semoga saya dapet bantuan bbm
Jojo sumandang
23 Oktober 2022 19:02:49
Semoga saya dapet bantuan bbm
Jojo sumandang
23 Oktober 2022 18:59:30
Semoga saya dapat bantuan bbm
Sutikno
23 Oktober 2022 18:37:45
Daftar
sabari
23 Oktober 2022 17:54:26
semoga saya dapat bantuan bansos bbm
sabari
23 Oktober 2022 17:51:59
apa yang saya harus ajukan
sabari
23 Oktober 2022 17:50:01
apa saya dapat bantuan ini
sabari
23 Oktober 2022 17:47:52
apa saya dapat bantuan bbm ini
sabari
23 Oktober 2022 17:45:32
apa saya dapat bantuan bbm ini
sabari
23 Oktober 2022 17:43:50
apa saya dapat bantuan bbm ini
sabari
23 Oktober 2022 17:41:41
apa saya dapat bantuan bbm
andi
23 Oktober 2022 10:15:12
semoga saya dapat bantuan bansos BBM
Iwan Setiawan
20 Oktober 2022 05:24:12
Tidak bekerja

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur

Back Next

 Arsip Artikel

 Statistik

 Media Sosial

 Safelinku

 Peta Wilayah

 Komentar

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : SP 5, Tenggulang Baru Kec. Babat Supat Kab. Musi Banyuasin Prov. Sumatera Selatan
: Tenggulang Baru
Kecamatan : Babat Supat
Kabupaten : Musi Banyuasin
Kodepos : 30755
Telepon : 08117324000
Email : [email protected]

 Sinergi Program

OpenDesa
SMP Hidayatut Thullab
PCNU Musi Banyuasin
Masjid Darul Abror
Lapak Tenggulang Baru
The Express

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:2.347
    Kemarin:47.792
    Total Pengunjung:5.437.582
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:172.71.222.75
    Browser:Tidak ditemukan