MUBA TANGGAP COVID-19 Hubungi Layanan MUBA TANGGAP COVID-19 112 119 08123000119, 08137356495 -- selengkapnya... Lebih bijak dalam menyikaapi pandemi Corona Virus COVID-19 dengan mengetahui mencari informasi yang benar melalui Media Informasi Resmi Terkini Covid-19 -- selengkapnya... Bersama-sama mari kita putuskan rantai penyebaran COVID-19 dengan melakukan hal-hal berikut : 1. Menjaga kebersihan area rumah dan fasilitas umum seperti Masjid, Musholla, Sekolah dan lain-lain. 2. Menyediakan sarana cuci tangan barupa air mengalir dan sabun atau hand sanitizer di depan rumah. 3. Menunda kegiatan yang mengumpulkan banyak orang seperti pengajian, pernikahan, tontonan atau hiburan massa dan hajatan atau kegiatan serupa lainnya. 4. Menunda bepergian keluar desa ataupun perjalanan keluar daerah. 5. Mengurangi kontak langsung seperti berjabat tangan, jika dilakukan biasakan segera mencuci tangan dengan air mengalir atau hand sanitizer. 6. Cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir /hand sanitizer dilakukan sebelum melakukan aktifitas dan setelah selesai aktifitas. 7. Terapkan etika batuk (tutup hidung dan mulut dengan tisu atau lengan atas bagian dalam). 8. Gunakan masker jika batuk / flu. 9. Melaporkan kepada perangkat desa atau petugas medis desa jika ada anggota keluarga yang baru datang dari luar daerah, terutama terhadap orang yang baru datang dari daerah terjangkit Covid-19, untuk pengecekan oleh petugas medis desa terlebih dahulu.  

Deklarasi Damai Pilkades Serentak Tahun 2020 Kabupaten Musi Banyuasin

AdminTB | 02 Maret 2020 13:15:01 | Berita Desa | 811 Kali

TB-News - Sebanyak 600 undangan menghadiri diklarasi damai pilkades serentak 2020 yang bertempat di Ofroom Pemkab Muba (Senin, 2 Maret 2020). Undangan tersebut terdiri dari 65 Ketua BPD, 65 Panitia Pemilihan Kepala Desa, 65 Pj. Kepala Desa, Camat, dan 254 Calon Kepala Desa dari 65 desa di Kabupaten Musi Banyuasin.

Deklarasi Damai Pilkades serentak tahun 2020 di hadiri, Wabub Muba Beni Hernedi, Dandim 0401 Letkol ARM M. Saifudin, Kejari Muba Suyatno SH.MH, Kapolres Muba di Wakili Wakapolres Kompol Irwan Andeta SIk, Kepala Pengadilan Sekayu diwakili, Wakul Pengadilan Negeri Sekayu Iriaty Khairul Ummah SH, Sekretaris Daerah Drs Apriadi M,Si, para Kepala OPD, Pemkab Musi Banyuasin.

Kepala dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Musi Banyuasin Richard Chayadi AP, M.Si dalam laporannya mengatakan Pilkades serentak tahun 2020 ini berdasarkan UU No, 6 tahun 2014, Permen Nomor 43 tahun 2015, PP UU Nomor 6 tahun 2014, Permendagri Nomor 112 tahun 2014, yang telah di ubah dengan Permendagri Nomor 65 tahun 2017, Perda Nomor 6 tahun 2019, Perbup Nomor 82 tahun 2019, keputusan bupati Nomor 863/DPMD/XII/2019 dan keputusan bupati Nomor 919/DPMD/XII/2019. Pelaksanaan Pilkades serentak tahun 2020 Kabupaten Muba ini di 65 desa pada 12 Kecamatan, yaitu Kecamatan Sekayu 8 Desa, Kecamatan Lais 7 Desa, Kecamatan Sungai Keruh 6 Desa, Kecamatan Jirak Jaya 2 Desa, Kecamatan Plakat Tinggi 9 Desa, Kecamatan Sanga Desa 5 Desa, Kecamatan Sungai Lilin 7 Desa, Kecamatan Keluang 5 Desa, Kecamatan Babat Supat 6 Desa, Kecamatan Lawng wetan 2 Desa, Kecamatan Batang Hari Leko 7 Desa, Kecamatan Tungkal Jaya 1 Desa.

Deklarasi2

Adapun 65 Desa yang akan habis masa jabatan Kades di tahun 2019 yakni diantaranya Tanjung Selatan Lais, Sukarami, Bailangu, Muara Teladan, Bandar Jaya, Sungai Medak, Sungai Batang, Rimba Ukur, Lumpatan II, Pagar Kaya, Sukalali, Kertayu, Sindang Marga, Tebing Bulang, Gajah Mati, Rukun Rahayu, Talang Mandung, Sidorahayu, Suka Makmur, Bangun Harja, Bukit Indah, Warga Mulya, Air Putih Ulu, Sialang Agung, Cinta Karya, Air Putih Ilir, Keban II, Kemang, Ngunang, Tanjung Raya, Sri Gunung, Berlian Makmur, Mulyo Rejo, Bumi Kencana, Sumber Rejeki, Cinta Damai, Panca Tunggal, Tanjung Dalam, Mekar Jaya, Sumber Agung, Karya Maju, Cipta Praja, Tenggulang Baru, Supat, Tanjung Kerang, Bero Jaya Timur, Jud II, Ulak Teberau, Karang Ringin I, Langkap, Tenggulang Jaya, Letang, Lubuk Buah, Saud, Ulak Kembang, Bukit Selabu, Bukit Pangkuasan, Sako Suban, Pengaturan, Danau Cala, Teluk, Petaling, Teluk Kijing I, Epil, dan Rantau Keroya,
 
Deklarasi3

Untuk pelaksanaan pemantauan dan pengawasan terhadap pesta demokrasi tersebut telah di bentuk Tim Pemantau dari Kabupaten dari unsur perangkat daerah dan Kecamatan serta melibatkan Kejaksaan Negeri Sekayu, dengan jumlah pemantau 325 orang yang di bagi masing-masing desa sebanyak 5 orang.

Pengamanan pada pemungutan dan penghitungan suara akan di bantu anggota polri dari polres Musi Banyuasin dan anggota TNI dari Kodim 0401 Musi Banyuasin.

Wabup Muba Beni Hernadi pada sambutannya mengatakan pada hari ini seluruh Calon Kepala Desa melaksanakan Deklarasi Damai Pilkades Serentak Tahun 2020 yang di ikuti sebanyak 254 para calon kepala desa dari 65 desa di Kabupaten Musi Banyuasin.

Beni menyebutkan bagi para calon kepala desa untuk bersama-sama siap mensukseskan pelaksanaan pilkades serentak 2020 dalam Kabupaten Muba secara langsung, umum, bebas, rahasia, adil, damai, aman, tertip demokratis, dan bermanfaat demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat desa.

Wabub mengharapkan para Calon Kepala Desa untuk berkompetisi dengan tetap menjunjung Tinggi Kejujuran, Spotifitas dengan mengedepankan sikap santun serta damai, di katakannya seluruh calon kepala desa harus siap untuk kalah siap untuk menang, bagi calon kepala desa yang terpilih, untuk tidak terlalu bereuporia dan bagi yang belum terpilih harus sabar dan tetap menghormati jalannya proses demokrasi, ungkapnya.

Oleh karena itu kuncinya diminta agar seluruh calon Kades bisa berkomitmen menjaga keamanan dan kondusifitas wilayah selama tahapan Pilkades serentak berlangsung.

“Jangan sampai padu (bertengkar-red) dengan tetangga dan saudara sendiri gara-gara beda pilihan dan beda dukungan. Pada dasarnya seluruh pemilihan itu ada yang menang dan ada yang kalah, semuanya harus siap menang dan siap kalah. Pileg dan Pilpres di Muba berjalan lancar, maka selanjutnya Pilkades serentak juga harus bisa lancar, aman dan kondusif,” tutur Wabup.

Wabup juga menjelaskan, demokrasi penuh dinamika, memang ada kebebasan tapi demokrasi dalam pancasila harus terpandu sesuai dengan norma dalam butir-butir Pancasila, maka Pilkades ini suatu momentum untuk semangat membangun jiwa demokratis dalam jiwa masing-masing.

“Kades bukan satu-satunya alat untuk mengabdikan diri ke bangsa, banyak jalan lainnya. Intinya siapa yang terpilih itulah yang dipercayakan rakyat. Setelah selesai Pilkades serentak nanti diharapkan tidak ada gejolak, harus saling rangkul dan yang kalah mengakui. Niatnya sama untuk kebaikan wilayah masing-masing, dengan begitu insya’allah desa anda akan maju,”pungkas Wabup, Beni Hernedi.

(admin-TB)

 

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Safelinku

SafelinkU | Shorten your link and earn money

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Info Media Sosial

Aparatur Desa

Wilayah Desa

Peta Desa

Agenda

Sinergi Program

OpenDesa

Komentar Terkini

Lokasi Kantor Desa


Alamat : SP 5, Tenggulang Baru Kec. Babat Supat Kab. Musi Banyuasin Prov. Sumatera Selatan
Desa : Tenggulang Baru
Kecamatan : Babat Supat
Kabupaten : Musi Banyuasin
Kodepos : 30755
Telepon : 082372672003
Email : [email protected]

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Tenggulang Baru di Youtube