Artikel/Berita

BERITA

Sosialisasi Penyusunan Profil Sosial Ekonomi Teknis Dan Kelembagaan (PSETK)

Admin TB

20 Februari 2020 20:04:07

2.349 Kali Dibaca

PSETK adalah gambaran informasi atau data mengenai keadaan sosial, ekonomi, teknis, dan kelembagaan pada suatu daerah irigasi yang dibutuhkan oleh Kelembagaan Pengelola Irigasi (KPI) untuk proses perencanaan program dalam meningkatkan kinerja pengelolaan irigasi partisipatif.

 

Dalam pertemuan Sosialisasi Penyusunan Profil Sosial Ekonomi Teknis Dan Kelembagaan (PSETK) pada Program Integrated Participatory Development And Management Of Irrigation Program (IPDMIP) oleh PT. Maxitech Utama Indonesia KSO PT. Karya Utama Citramandiri pada PPK Perencanaan dan Program, Satuan Kerja BBWS Sumatera VIII Tahun Anggaran 2019-2020, yang dilaksanakan Pada Hari Kamis, Tanggal 20 Februari 2020 di Balai Desa Tenggulang Baru Kecamatan Babat Supat Kabupaten Musi Banyuasin, yang dihadiri oleh Kepala BPP Dinas Pertanian Kecamatan Babat Supat kab. Musi Banyuasin, Camat Kecamatan Babat Supat Kab. Musi Banyuasin, Koordinator Penyuluh Kecamatan Babat Supat Kab. Musi Banyuasin, Danramil Kecamatan Kecamatan Babat Supat Kab. Musi Banyuasin, Dansek Kecamatan Kecamatan Babat Supat Kab. Musi Banyuasin, Koordinator Babinsa, Kepala Desa Tenggulang Baru, Kepala Desa Sumber Jaya, Kepala Desa Bandar Tenggulang, Kepala Desa Tenggulang Jaya, GP3A (Gabungan Perkumpulan Petani Pemakai Air) D.I.R Air Tenggulang Kab. Musi Banyuasin, P3A (Perkumpulan Petani Pemakai Air)di D.I.R Air Tenggulang Kab. Musi Banyuasin, Gapoktan D.I.R Air Tenggulang Kab. Musi Banyuasin, Poktan D.I.R Air Tenggulang Kab. Musi Banyuasin, Tokoh Tani/Tokoh Masyarakat, TPM (Tenaga Pendamping Masyarakat).
.

Pelaksanaan kegiatan PSETK perlu dilaksanakan secara tepat sehingga diperoleh informasi yang akurat, aktual dan tepat untuk merencanakan suatu program menuju peningkatan kinerja pengelolaan irigasi partisipatif pada suatu daerah irigasi. yang dibutuhkan oleh Kelembagaan Pengelola Irigasi (KPI) untuk perencanaan program pemberdayaan kelembagaan  P3A/GP3A/IP3A , Poktan/Gapoktan dalam meningkatkan kinerja pengelolaan  irigasi-pertanian partisipatif.

 

Kegunaan PSETK

  1. Kegunaan bagi masyarakat petani (P3A/GP3A/IP3A dan Poktan/Gapoktan KWT) sebagai dokumen perencanaan  pengelolaan irigasi pertanian secara berkelanjutan
  2. Kegunaan bagi Komisi Irigasi sekurang-kurangnya adalah sebagai dasar pertimbangan dalam ; koordinasi  perencanaan pengelolaan irigasi-pertanian ; pola dan  rencana tata tanam ; rencana tahunan pembagian dan  pemberian air ; rekomendasi prioritas alokasi Dana  Pengelolaan Irigasi-pertanian (DPI), dll
  3. Kegunaan bagi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang terkait dengan irigasi-pertanian sekurang-kurangnya  adalah sebagai dasar pertimbangan dalam penyusunan  RP2I
  4. Kegunaan bagi pemangku kepentingan lainnya terkait dengan irigasi-pertanian sekurang-kurangnya adalah sebagai dasar pertimbangan dalam Memberikan fasilitasibantuan sesuai kebutuhan kelembagaan petani kerjasama berdasarkan kesetaraan dan kemitraan.

 

Maksud di adakannya pertemuan untuk sosialisasi Penyusunan Profil Sosial Ekonomi Teknis Dan Kelembagaan, Agar semua Tim yang melaksanakan kegiatan ini Meningkatkan pemahaman Kelembagaan Pengelola Irigasi dan pengguna lainnya terhadap pelaksanaan kegiatan PSETK dan pemahaman terhadap prinsip-prinsip pelaksanaan kegiatan PSETK, Meningkatkan kemampuan Kelembagaan Pengelola Irigasi dan peng  guna lainnya dalam persiapan, pelaksanaan, dan tindak lanjut hasil kegiatan PSETK, Meningkatkan kemampuan Kelembagaan Pengelola Irigasi dan peng  guna lainnya dalam merumuskan program kerja pemberdayaan kele  mbagaan irigasi.

 

--------------

Agar anda tidak ketinggalan informasi terbaru seputar BERITA, anda bisa join di Channel WA Tenggulangbaru.id dengan KLIK DI SINI. Selain itu Anda dapat menyimak update berita lainnya di tenggulangbaru.id dengan mengakses Google News.

Kirim Komentar

Komentar Facebook

Media Sosial

Facebook Twitter YouTube Instagram WhatsApp

Advertisement

Arsip Artikel

Advertisement

Komentar

Azriel Maulana Al-Walid
21 Mei 2024 16:43:18
Saya pingin dapat PIP tahun 2024... selengkapnya
Azriel Maulana Al-Walid
21 Mei 2024 16:40:20
Butuh ... selengkapnya
Lestari marganinhrum
26 April 2024 09:40:01
Saya terdaftar pkh baru dan blom punya kks apakah bisa... selengkapnya
Zaky
25 April 2024 00:36:07
Saya mau dapat PIP, bagaimana cara mengajukannya?... selengkapnya
Topani Sahara
02 April 2024 21:28:46
Semoga artikel ini bermanfaat, ... selengkapnya
Topani
27 Maret 2024 18:33:27
Semoga bermanfaat... selengkapnya
Naning
21 Maret 2024 02:55:45
Kenapa kok dana pip yg lain keluar ini punya anak saya... selengkapnya
Topani
08 Maret 2024 16:10:05
Makasih pak Dafris... selengkapnya
Dafris
08 Maret 2024 15:16:52
Sukses ya...... selengkapnya
Sokewih
08 Maret 2024 10:46:14
Kenapa bpnt saya tidak cair?... selengkapnya

Sinergi Program

Lapak Tenggulang Baru
OpenDesa
PCNU Musi Banyuasin
The Express
SMP Hidayatut Thullab

Statistik Pengunjung

Hari ini:4.942
Kemarin:6.543
Total Pengunjung:232.348
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:172.70.43.142
Browser:Tidak ditemukan