Artikel/Berita

BERITA

PILKADES PERIODE 2020-2026

Admin TB

15 Februari 2020 08:05:22

1.762 Kali Dibaca

Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Muba menyelenggarakan sosialisasi Panitia Pemilihan Kades Serentak di Muba 2020, di Ruang Rapat DPMD Muba, Rabu (6/2/2020).

Kepala DPMD Kabupaten Musi Banyuasin, Provinsi Sumsel, Richard Cahyadi menyatakan, sosialisasi pemantapan pelaksanaan pemilihan kepala desa tahun 2020 serta pemahaman pelaksanaan pilkades serentak tersebut digelar untuk mengeliminasi kesalahan yang mungkin terjadi dalam Pilkades.

Dalam Pilkades yang tahapannya tengah berjalan saat ini, katanya, Kabupaten Muba baru pertama kali menerapkan sistem seleksi dengan memberikan penilaian. Hal ini berdasarkan saran dan masukan dari Ombusman, sekaligus membantu panitia sebelumnya tidak ada acuan penilaian.

“Kenapa pengalaman menjadi aparat desa terkait diberikan penghargaan alias penilaian, karena mereka sudah berkontribusi terhadap desa tersebut disaat yang lain belum ada ketertarikan untuk mengurus masyarakat,”imbuhnya.

Kemudian, lanjutnya, tingkat pendidikan, kenapa harus diberikan nilai, karena untuk mendapatkan ijazah tidak mudah sehingga dapat menarik minat generasi muda yang berpendidikan tinggi untuk turut membangun desa. Hal ini bisa terjadi karena ijazah mereka dihargai alias diberi nilai untuk dicalonkan.

Selain itu juga ada soal umur yang mendapat penilaian, pertimbangan dinilainya faktor umur, karena manusia ada masa sangat produktif dan produktif terus kurang produktif . Hal itu juga menjadi alasan diberikan penilaian .

”Muba baru pertama kali menerapkan sistem ini sedangkan Kabupaten lain sudah ada yang melakukannya,”urainya.

Ia juga menyampaikan amanat Bupati agar bisa mengumpulkan panitia penyelenggara yang kandidatnya lebih dari 5 juga karna ada beberapa hal yang harus ditegaskan ke seluruh panitia.

Seluruh camat dan pejabat kepala desa diharapkan bisa mengatasi pelaksanaan pemilihan kepala desa dan sebagai pemegang wilayah karna ini diberi mandat menjadi pejabat kepala desa juga karna ada embel - embel ASN, di sini dituntut kinerja untuk dapat mengatasi pelaksanaan pemilihan kepala desa serentak.

Richard juga menyampaikan keinginan bupati bahwa dalam pemilihan kepala desa ini agar sesuai koridor yang telah ditentukan dan pemilihan kepala desa ini diharapkan dan sangat dipertegas harus jauh dari peta konflik, bagaimana agar PJ kepala desa bisa merangkul segala lini dan seluruh elemen masyarakat.

Dan juga seluruh pejabat kepala desa dan seluruh Camat untuk menetralisirkan keadaan bahwa pemilihan kepala desa ini adalah bentuk demokrasi untuk memilih putra putri terbaik bukan memilih siapa sang juara dan disini PJ kepala desa di uji.

Pihaknya juga memberikan pemahaman dan arahan tekhnis dengan tujuan agar panitia pelaksana bisa menjalankan tugas ini dengan benar secara tekhnis.Mulai dari teknis administrasi serta pelaksanaan pemilihan kades serentak,” imbunya.

Sebelumny,a Taisir Gunawan, Kabid Pemerintahan PMD dan dalam laporannya menuturkan bahwa yang akan melaksanakan pemilihan kepala desa serentak terdiri dari 12 kecamatan dan 65 desa di kabupaten Musi Banyuasin.

Tujuan dari acara ini adalah sinkronisasi dalam pelaksaan Pilkades serentak dan menyamakan persepsi antara panitia tingkat desa panitia tingkat kecamatan dan panitia tingkat kabupaten juga dalam pelaksanaan Pilkades agar tetap dalam keadaan kondusif.[***]

--------------

Agar anda tidak ketinggalan informasi terbaru seputar BERITA, anda bisa join di Channel WA Tenggulangbaru.id dengan KLIK DI SINI. Selain itu Anda dapat menyimak update berita lainnya di tenggulangbaru.id dengan mengakses Google News.

Komentar

ARIPKI

27 November 2022 02:24:47

Kenapa saya tidak ada dapat BLT mau pun PKH padahal saya hidup di gudang ikan orang tua saya jauh smua seharus nya saya dapat la setidaknya meringankan beban saya yg hidul sendiri mohon bantuan nya yg pak supaya beban saya ringan sikit..

Kirim Komentar

Komentar Facebook

Media Sosial

Facebook Twitter YouTube Instagram WhatsApp

Advertisement

Advertisement

Komentar

Azriel Maulana Al-Walid
21 Mei 2024 16:43:18
Saya pingin dapat PIP tahun 2024... selengkapnya
Azriel Maulana Al-Walid
21 Mei 2024 16:40:20
Butuh ... selengkapnya
Lestari marganinhrum
26 April 2024 09:40:01
Saya terdaftar pkh baru dan blom punya kks apakah bisa... selengkapnya
Zaky
25 April 2024 00:36:07
Saya mau dapat PIP, bagaimana cara mengajukannya?... selengkapnya
Topani Sahara
02 April 2024 21:28:46
Semoga artikel ini bermanfaat, ... selengkapnya
Topani
27 Maret 2024 18:33:27
Semoga bermanfaat... selengkapnya
Naning
21 Maret 2024 02:55:45
Kenapa kok dana pip yg lain keluar ini punya anak saya... selengkapnya
Topani
08 Maret 2024 16:10:05
Makasih pak Dafris... selengkapnya
Dafris
08 Maret 2024 15:16:52
Sukses ya...... selengkapnya
Sokewih
08 Maret 2024 10:46:14
Kenapa bpnt saya tidak cair?... selengkapnya

Sinergi Program

Lapak Tenggulang Baru
OpenDesa
PCNU Musi Banyuasin
The Express
SMP Hidayatut Thullab

Statistik Pengunjung

Hari ini:509
Kemarin:8.438
Total Pengunjung:263.999
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:172.70.43.160
Browser:Tidak ditemukan