Artikel/Berita

BERITA

Bupati Dodi Reza Alex serukan menjaga Kebersihan Lingkungan dan Waspada Penyakit Saat Musim Hujan

Admin TB

04 Januari 2020 06:35:55

3.034 Kali Dibaca

SEKAYU - Sehubungan kondisi cuaca saat ini perubahan iklim dari kemarau ke musim hujan, tentunya dilingkungan masyarakat terutama ditempat tempat genangan air banyak jentik-jentik nyamuk yang berakibat menimbulkan penyakit atas gigitan nyamuk.

Untuk menghindari dan meminimalisir perkembangan dan penyebaran penyebaran penyakit demam berdarah dengue (DBD), Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin menghimbau warganya agar mewaspadai penyebaran penyakit tersebut saat musim hujan tiba. Sebab, daerah Muba sebagai daerah endemik penyebaran penyakit yang disebabkan oleh nyamuk Aedes Aegypti.

"Untuk itu kita minta jajaran dinas kesehatan bersama jajaran layanan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di seluruh wilayah Muba untuk dapat menjalankan standart operasional prosedure guna mengantisipasi penyebaran penyakit yang disebabkan nyamuk Aedes aegypti saat musim hujan termasuk melakukan sosialisasi pencegahan bersama- sama stake holder terkait seperti wadah-wadah yang dapat menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk tidak dibuang sembarangan," ujar Bupati Musi Banyuasin H Dodi Reza Alex Noerdin.

Dodi Reza juga menginstruksikan camat, kepala desa/kelurahan bersama pimpinan puskesmas di seluruh kecamatan bersama jajaran untuk melakukan gotong royong bersama masyarakat membersihkan lingkungan diwilayah masing-masing, untuk menjaga kesehatan disaat musim hujan, masyarakat harus meningkatkan kehati-hatian terhadap beberapa penyakit pada musim hujan yang jumlah kasusnya meningkat dengan drastis.

"Upaya meningkatkan kehati-hatian adalah dengan cara meningkatkan pengetahuan tentang penyakit-penyakit yang sering banyak terjadi saat musim hujan dan banjir datang, serta prilaku pengobatan dan pencegahan yang tepat dan benar. Sehingga dapat bertindak secara tepat dan mencegah terjadinya endemik penyakit di wilayahnya dan meminimalkan angka kematian karena penyakit tersebut," imbuhnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Muba dr Azmi Dariusmansyah menjelaskan bahwa, gejala yang harus diketahui pada pasien yang dicurigai menderita DBD adalah deman tinggi tiba-tiba selama 2-7 hari (tetap tinggi walaupun sudah diberi obat penurunan panas), biasanya disertai rasa mual, muntah, sakit kepala dan persendian, serta sangat perlu diketahui bahwa gejala adanya bintik-bintik merah pada tubuh tidak sering muncul di awal-awal penyakit.

"Sebaiknya ketika ada seseorang dengan gejala-gejala DBD tersebut, harus segera dilakukan pemeriksaan darah lengkap di puskesmas atau rumah sakit terdekat untuk memastikannya dan dapat segera diobati dengan tepat serta menghindari kematian. Pada masyarakat seharusnya dilakukan gerakan pemberantasan sarang nyamuk (Aedes aegypti) secara aktif berupa menguras bak mandi secara rutin, mengubur kaleng dan ban-ban bekas supaya tidak menjadi tempat genangan air pasca hujan dan banjir serta membersihkan lingkungan sekitar secara rutin," tutur dr Azmi.

Lanjutnya setiap individu harus berupaya untuk menjaga daya tahan tubuhnya dengan cara makan minum yang sehat dan istirahat, serta melakukan prilaku hidup bersih dengan baik, seperti kebiasaan mencuci tangan menggunakan sabun dengan air bersih yang mengalir juga memperhatikan kebersihan tempat tinggal dari sarang nyamuk Aedes aegypti berkembang biak.[***]

--------------

Agar anda tidak ketinggalan informasi terbaru seputar BERITA, anda bisa join di Channel WA Tenggulangbaru.id dengan KLIK DI SINI. Selain itu Anda dapat menyimak update berita lainnya di tenggulangbaru.id dengan mengakses Google News.

Kirim Komentar

Komentar Facebook

Media Sosial

Facebook Twitter YouTube Instagram WhatsApp

Advertisement

Advertisement

Komentar

Azriel Maulana Al-Walid
21 Mei 2024 16:43:18
Saya pingin dapat PIP tahun 2024... selengkapnya
Azriel Maulana Al-Walid
21 Mei 2024 16:40:20
Butuh ... selengkapnya
Lestari marganinhrum
26 April 2024 09:40:01
Saya terdaftar pkh baru dan blom punya kks apakah bisa... selengkapnya
Zaky
25 April 2024 00:36:07
Saya mau dapat PIP, bagaimana cara mengajukannya?... selengkapnya
Topani Sahara
02 April 2024 21:28:46
Semoga artikel ini bermanfaat, ... selengkapnya
Topani
27 Maret 2024 18:33:27
Semoga bermanfaat... selengkapnya
Naning
21 Maret 2024 02:55:45
Kenapa kok dana pip yg lain keluar ini punya anak saya... selengkapnya
Topani
08 Maret 2024 16:10:05
Makasih pak Dafris... selengkapnya
Dafris
08 Maret 2024 15:16:52
Sukses ya...... selengkapnya
Sokewih
08 Maret 2024 10:46:14
Kenapa bpnt saya tidak cair?... selengkapnya

Sinergi Program

Lapak Tenggulang Baru
OpenDesa
PCNU Musi Banyuasin
The Express
SMP Hidayatut Thullab

Statistik Pengunjung

Hari ini:5.098
Kemarin:6.543
Total Pengunjung:232.504
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:172.70.43.142
Browser:Tidak ditemukan