Minal Aidin Wal Faizin Mohon Maaf Lahir dan Batin Selamat Hari Raya Idul Fitri. Semoga hari kemenangan ini membawa kehangatan dan kedamaian bagi seluruh insan di dunia. Selamat Hari Raya. Semoga Idul Fitri kita mendapat limpahan berkah oleh Allah. Mari kita rayakan dengan menebar cinta dan kebahagiaan kepada sesama. Eid Mubarak 2024! May this Eid be the best one yet for all of us. Selamat Hari Raya Idul Fitri. Semoga Idul Fitri tahun ini menjadi yang terbaik bagi kita semua.

Artikel/Berita

BERITA

Musrendes Tahun Anggaran 2020 Desa Tenggulang Baru

Admin TB

02 November 2019 17:59:35

2.718 Kali Dibaca

Musrenbang Desa adalah forum musyawarah tahunan desa untuk menyepakati Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKP) pada tahun anggaran yang disetujui. Setiap desa diamanatkan untuk menyusun dokumen rencana 5 tahunan yaitu RPJM Desa dan dokumen rencana tahunan yaitu RKP Desa.

Musrendes 2020-3  

Musrenbang adalah forum perencanaan (program) yang diprakarsai oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan pemerintah desa, bekerja sama dengan warga dan para pemangku kepentingan lainnya. Musrenbang yang mendukung akan membangun kesepahaman tentang kepentingan dan kemajuan desa, dengan cara memotret potensi dan sumber-sumber pembangunan yang tidak tersedia baik dari dalam maupun luar desa.

Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 114 tahun 2014, Rencana Kerja Pembangunan Desa yang selanjutnya disingkat ( RKP - Desa) adalah dokumen perencanaan untuk periode 1 (satu) tahun dan merupakan penjabaran dari RPJM-Desa yang meminta informasi tentang rencana pembangunan desa sesuai dengan kebutuhan yang diminta. Yang diputuskan yaitu program prioritas pembangunan desa, rencana kerja dan persetujuan serta prakiraan maju, baik yang dilaksanakan langsung oleh pemerintah desa maupun yang dilaksanakan dengan mendorong partisipasi masyarakat dengan rencana kerja Pemerintah Daerah dan RPJM-Desa.

Musrenbang Desa Tenggulang Baru dilaksanakan pada tanggal 2 November 2019 bertempat di Balai Desa Tenggulang Baru. Acara dimulai pukul 14.00 dihadiri oleh 58 orang terdiri dari Unsur BPD, Pemerintahan Desa, Bhabinkamtibmas Kecamatan Babat Supat, RT, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Unsur Pendidikan, Unsur Kesehatan dan Stunting, Posyandu, dan Karang Taruna.

Acara dipandu oleh Sdr. Pardiyono anggota BPD dibuka dengan pembacaan basmallah dilanjutkan dengan sambutan dari Bapak Samsul Muarifin selaku Ketua BPD. Acara dilanjutkan dengan sambutan Kepala Desa Tenggulang Baru Bapak M. Khusnan. Beliau mengemukakan pelaksanaan Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes)tahun 2019 ini pelaksanaan pembangunannya pada tahun 2020. Sebab. Musrenbangdes ini runtutan dari musyawarah dusun (Musdus) dan dibawa ke Musyawarah desa (Musdes). Namun masih banyak yang tidak memahami.

Bapak M. Khusnan juga menjelaskan Musrenbangdes itu tahapan perencanaan yang setiap tahun dilaksanakan pemerintah desa guna menyusun kegiatan pembangunan yang sedang, akan dan belum dilaksanakan. Seluruh usulan kegiatan pembangunan yang diusulkan 2019 akan dilaks­anakan Tahun 2020. Sebab musrenbangdes yang merupakan runutan dari musdus dan musdes tetapi masih ada yang tidak memahami. Musrenbangdes ini pelaksanaanya nanti ditahun 2020. Jadi ketika ada usulan tahun lalu yang belum terlaksana bisa dimasukan kembali di Tahun 2020. Bapak M. Khusnan juga menjelaskan kira-kira besaran anggaran yang dapat dipergunakan berdasarkan pagu anggaran pada tahun 2019.

Sambutan selanjutnya adalah sambutan dari Kepolisian dalam hal ini disampaikan oleh Bhabinkamtibmas Kecamatan Babat Supat, Brigpol Miswadi. Beliau menjelaskan keikutsertaan polisi dalam pengawasan keberlangsungan pembangunan yang menggunakan dana desa baik pusat maupun daerah. Beliau juga mengajak untuk meningkatkan keamanan desa yang akhir-akhir ini banyak terjadi tindak kriminal dengan mengaktifkan Siskamling, sekaligus mengusulkan untuk dibuatkan rumah dinas untuk Bhabinkamtibmas agar pelajayan polisi dapat berlangsung cepat. Bapak Brigpol Siswadi juga menghimbau untuk menjaga agar tidak terjadi kebakaran, baik lahan maupun hutan yang dampaknya sangat luas.

Acara dilanjutkan dengan Musyawarah, yang dalam hal ini dipimpin langsung oleh Ketua BPD, Bapak Samsul Muarifin.

Pertama-tama adalah mendengarkan berbagai usulan kegiatan dari peserta musyawarah. Ada banyak terdapat usulan-usulan, diantaranya :

  1. Bapak Budi Santoso (Ketua RT 10) mengusulkan pembersihan saluran sekunder sekaligus mempertinggi tanggul, guna untuk mengatasi banjir seperti yang sudah dialami pada bulan April 2019 kemarin.
  2. Bapak Sukamdi (Tokoh Agama) mengusulkan pengadaan air bersih, karena jika musim kemarau seperti saat ini sangat sulit untuk mendapatkan air bersih untuk menjaga kesehatan masyarakat.
  3. Bapak Wahyudi M.S (Tokoh Masyarakat) mengusulkan selain penanggulan parit sekunder, juga mengusulkan pembuatan saluran ke sungai alam di daerah perbatasan Desa Tenggulang Baru dengan Desa Sumber Jaya dan Tabuan Asri.
  4. Bapak Andi Mattang, S.K.M (Kesehatan) mengusulkan pembangunan gedung posyandu, sesuai instruksi dari Dinas Kesehatan agar gedung Posyandu tersendiri dan tidak bergabung dengan Pustu. Selain itu juga, beliau mengusulkan kesejahteraan Linmas untuk memberi semangat kepada Linmas untuk menjaga keamanan desa.
  5. Ibu Eva Nilda (Direktur Bumdes) mengusulkan penambahan modal Usaha Bumdes bidang DO Sawit.
  6. Bapak Sarwani (Ketua RT 11) mengusulkan pembuatan penyeberangan dengan kapasitas besar antara Dusun III dan Dusun IV dengan alasan saat ini hasil sawit dari lahan sebelah timur sudah mulai banyak.
  7. Bapak A. Qodirun Najib (Karang Taruna) mengusulkan untuk mengusahakan menstabilkan harga DO Sawit milik Bumdes ke pihak PT. Hamita Utama Karsa.
  8. Bapak Slamet Nurkholis (LPM) mengusulkan pengadaan saluran air bersih kerumah-rumah, karena selain bisa menjaga kesehatan warga dengan adanya air bersih, juga bisa meningkatkan PAD dan menyerap tenaga kerja.
  9. Bapak Karis (Unsur Kependidikan) mengusulkan Tanah Timbun untuk halaman SDN Tenggulang Baru.
  10. Ibu Dasma Tuti, AM. Keb. (Bidan Desa) mengusulkan untuk perlengkapan Pustu.

Setelah dimusyawarahkan dengan berbagai tanggapan dari peserta musyawarah, akhirnya disepakati kegiatan yang menjadi prioritas untuk tahun 2020 adalah pengadaan air bersih. Adapun untuk usulan yang lain akan tetap menjadi prioritas jika ada anggaran perubahan ataupun dimasukkan dalam usulan kegiatan tahun berikutnya.

Acara ditutup denga do’a yang dalam hal ini dipimpin oleh Bapak Kiyai Husnul Huda.

Semoga program-program yang sudah disetujui dapat membawa kemajuan, kebaikan serta keberkahan kepada seluruh kalangan masyarakat Desa Tenggulang Baru. Aamiin.

Kirim Komentar

Komentar Facebook

Hosting Murah se Indonesia

Statistik

Media Sosial

Facebook Twitter YouTube Instagram WhatsApp

Hosting Gratis

MHosting Gratis Rp.0

Komentar

Topani Sahara
03 April 2024 04:28:46
Semoga artikel ini bermanfaat, ... selengkapnya
Topani
28 Maret 2024 01:33:27
Semoga bermanfaat... selengkapnya
Naning
21 Maret 2024 09:55:45
Kenapa kok dana pip yg lain keluar ini punya anak saya... selengkapnya
Topani
08 Maret 2024 23:10:05
Makasih pak Dafris... selengkapnya
Dafris
08 Maret 2024 22:16:52
Sukses ya...... selengkapnya
Sokewih
08 Maret 2024 17:46:14
Kenapa bpnt saya tidak cair?... selengkapnya
Satria setiawan wijaya
06 Maret 2024 23:47:49
Bagaimana cara mndaftarkan ank saya dpet pip... selengkapnya
Risdiyana
02 Maret 2024 22:48:40
Mohon bantuannya ..utk bisa mendapatkan PIP..Anak saya... selengkapnya
Risdiyana
02 Maret 2024 22:47:46
Mohon bantuannya ..utk bisa mendapatkan PIP..Anak saya... selengkapnya
Risdiyana
02 Maret 2024 22:44:08
Bagaimana cara mendapatkan PIP..suami terkena PHK..... selengkapnya

Sinergi Program

Lapak Tenggulang Baru
OpenDesa
PCNU Musi Banyuasin
The Express
SMP Hidayatut Thullab

Statistik Pengunjung

Hari ini:1.538
Kemarin:5.756
Total Pengunjung:12.173
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:172.70.100.194
Browser:Tidak ditemukan