AdminTB on Berita
16 Jul 2024 12:30 - 3 minutes reading

Gibran Rakabuming Raka Resmi Mengundurkan Diri sebagai Walikota Surakarta dan Boyong Keluarganya ke Jakarta

Gibran Rakabuming Raka resmi mengajukan surat pengunduran dirinya dari jabatan Walikota Surakarta pada hari Selasa, 16 Juli 2024. Pengunduran diri Gibran dikonfirmasi oleh Wakil Walikota Surakarta, Teguh Prakosa. Keputusan ini diambil karena Gibran akan segera dilantik sebagai Wakil Presiden terpilih mendampingi Prabowo Subianto dalam waktu dekat.

“Hari ini (16 Juli 2024) jam 14.00 Waktu Indonesia Barat saya mengantarkan Pak Walikota ke DPRD untuk menyampaikan surat pengunduran diri beliau,” ujar Teguh Prakosa.

Teguh menjelaskan bahwa pengunduran diri Gibran merupakan ranah DPRD Surakarta dan akan dibahas oleh DPRD bersamaan dengan rapat badan anggaran. Namun, Teguh belum memberikan keterangan terkait diskusi dirinya dengan Gibran perihal tugas-tugas dan posisi depannya sebagai pengganti sementara.

Teguh juga menolak untuk berkomentar mengenai koordinasi dengan partai politik yang mendukung kepemimpinan Gibran di Surakarta.

Saat diwawancarai di Kabupaten Sukoharjo pada Senin, 15 Juli lalu, Gibran juga enggan mengomentari pengunduran dirinya.

Baca Juga: Asal Usul Pemindahan Ibu Kota Negara (IKN)

“Nanti aja ya. Soal itu nanti lihat saja ya,” ujar Gibran Rakabuming Raka, Wakil Presiden terpilih RI 2024.

Di sisi lain, Sekretaris Daerah Kota Surakarta, Budi Martono, mengaku belum mengetahui soal pengunduran diri Gibran. Menurutnya, Gibran sebenarnya diperbolehkan untuk menjabat sampai hari dirinya dilantik sebagai Wakil Presiden pada 20 Oktober 2024 mendatang.

“Saya belum tahu beliau mengundurkan diri kapan atau bagaimana. Cuma kemarin intinya kami diminta konsultasi mekanisme ke Kemendagri,” ujar Budi Martono.

Baca Juga: Gibran Belum Tahu Progres Fasilitas di IKN: Saya Bisa Tidur di Mana Saja

Gibran Rakabuming Boyong Keluarganya ke Jakarta

Gibran Segera Boyong Keluarga ke Jakarta Usai Resmi Mundur dari Wali Kota Solo (@tempo)
Gibran Segera Boyong Keluarga ke Jakarta Usai Resmi Mundur dari Wali Kota Solo (@tempo)

Setelah mengundurkan diri dari jabatan Wali Kota Solo, Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka akan memboyong keluarganya pindah ke Jakarta.

Gibran mengatakan, dirinya beserta istri, Selvi Ananda, dan kedua anaknya yaitu Jan Ethes dan La Lembah Manah akan berangkat ke Jakarta besok.

Gibran mengaku akan pindah domisili di Jakarta dan akan menjadi pemilih Pilkada di Jakarta, bukan lagi di Solo.

“Seperti ya pindah domisili Jakarta. (Pilkada Jakarta?) Mungkin KTP-nya pindah Jakarta,” kata Gibran, Selasa (16/7/2024).

Putra Gibran yaitu Jan Ethes juga akan pindah sekolah di Jakarta.

Baca Juga: Gibran Belum Tahu Progres Fasilitas di IKN: Saya Bisa Tidur di Mana Saja

“Berangkat besok. Anak-anak sudah mulai sekolah juga besok Senin. Ethes pindah sekolah. Masa aku neng (ke) Jakarta anakku tak (saya) tinggal,” ucapnya.

Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu mengaku sudah punya rumah di Jakarta. Tapi dia tak mau menyebut alamatnya.

“Sekolah dekat rumah, belum dilantik kok tinggal di rumah dinas. Udah ada kediaman kecil-kecilan,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Gibran Rakabuming Raka siang tadi mendatangi Gedung DPRD Solo untuk menyerahkan surat pengunduran diri sebagai Wali Kota Solo. Gibran datang bersama Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa dan Sekda Solo Budi Murtono.

Kemudian, Gibran langsung mengemasi barang-barang termasuk sejumlah mainan di kantornya. Gibran menyebut dirinya juga telah pamitan ke sejumlah tokoh.

Baca Juga:

Follow Berita Tenggulangbaru.id di Google News